War Event Tokopedia TV TCL Hanya Gimmick!

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya menyampaikan keluhan kepada Tokopedia. Pada tanggal 25 September 2023, saya berhasil mendapatkan TV TCL.

Namun ketika sudah selesai melakukan pembayaran, tidak lama dibatalkan sepihak dengan alasan stok produk habis.

Di sini mulai keanehan terjadi dan saya merasa ada indikasi penipuan. Seharusnya jika stok produk habis, tidak mungkin bisa dibeli dan dibayar. Dari situ, saya langsung chat dengan CS Tokopedia dan akhirnya saya mendapatkan kompensasi voucher.

Masalah muncul, ketika sampai 7×24 jam hari kerja, voucher belum dikirim juga. Pada tanggal 4 Oktober 2023, saya mendapatkan info dari Media Konsumen ada konsumen dengan kasus seperti saya dan masalahnya sudah selesai. Dari situ, saya kembali chat dengan CS Tokopedia dan mendapatkan jawaban, tetapi hingga tanggal 4 Oktober, saya masih menunggu, seperti yang dijanjikan.

Sudah ditunggu sampai batas tanggal tersebut, di-chat lagi kayak gini:

Setelah itu, tidak lama, ada chat melalui Tokopedia Care, saya dikirim kode voucher untuk bisa klaim barang dengan harga promo.

Namun masalah muncul ketika saya memasukkan kode promo tersebut, tidak bisa, dan CS mengatakan bahwa kode tersebut yang dikirim telah kedaluwarsa pada tanggal 26 September 2023.

Di situ, saya komplain kenapa dikirim atau diberikan kepada saya pada tanggal 4 Oktober 2023. Di sini, CS berdalih bahwa kode tersebut di-“inject” ke email, padahal akun saya tidak terkait dengan email. Saya bertanya ke email mana kode tersebut dikirim, karena setiap notifikasi baik promo dan gift card serta VC diberikan melalui notifikasi di aplikasi ataupun pesan WhatsApp serta SMS, karena itulah yang saya ketahui.

Dari situ, saya disuruh menunggu terus karena dalam pengecekan dan koordinasi tim.

Dari sini, letak penipuan atau gimmick-nya. Mereka tahu bahwa saya tidak terkait dengan email, sehingga bisa mencari alasan bahwa kesalahan ada pada saya. Mereka juga meminta saya mengaitkan email untuk mengirim kode gift card. Sejak awal chat tersebut, saya tidak bersedia karena merasa sudah ditipu.

Namun, mereka memberikan gift card senilai Rp100 ribu melalui WhatsApp, yang seharusnya tidak melalui email. Hal ini menjadi alasan penipuan. Mereka bisa mengirim informasi gift card melalui WhatsApp, tetapi mereka tidak mengirimkan kode voucher melalui WhatsApp, malah mengirimkannya melalui email yang tidak saya kaitkan, sehingga bisa menjadi alasan untuk tidak memberikan voucher tersebut.

 

Semoga sharing ini bisa membantu kasus-kasus yang seperti saya alami. Terima kasih.

Juwita Bulan
Bandar Lampung, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “War Event Tokopedia TV TCL Hanya Gimmick!

  • 16 Oktober 2023 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Terlepas dr gimmick atau bukan, jika war event… Pembayaran VA (tidak langsung lunas di detik itu, masih butuh proses login mbanking dll), sudah pasti kalah gercep dgn yg pake gopay (ini lg ngomong tokopedia ya). Katakanlah event rebutan start 00:00, pembayaran kamu berhasil di 00:24 dah pasti keburu habis keduluan yg pembayaran masuk duluan/realtime (walau mgkn timing checkoutnya stlh kamu). Pengalaman saya rebutan promo bank yg rata2 start 10:00 WIB (dulu standby terus di JD.id dan Blibli), jangankan 24 menit, di menit pertama kalah sepersekian detik aja promo code yg berhasil di apply keburu habis kuota… Bener” kudu sat-set sblm perubahan detik 21:59 ke 22:00 nya.

    • 16 Oktober 2023 - (11:17 WIB)
      Permalink

      Pengalaman sya di Tokopedia kak.kita bicara event y kak.ketika masuk bisa masuk ke pembayaran dikasih waktu pembayran itu 5 mnt kak.5 mnt itu bukan dr kapan jam event itu berlangsung nya.kalo baru masuk chekout aj belum ke pembayran.dah pasti belum tentu dapet.tp kalo dah masuk kepembayaran seharusnya barang itu dapet.karena tuk masuk ke pembayaran tsb cepet2an.
      Sya pernah juga dapet event mulai jam 00.00 tp dapet itu barang jam 00.30 pembayaran via va.dan aman.ad pernah juga masuk 00.30 baru sampe checout aj.tp sya g masuk ke halaman bayar dah itu pasti gagal.

      • 16 Oktober 2023 - (11:58 WIB)
        Permalink

        Kalau dikasih tau ama yg jelas lebih paham jangan ngeyel. Ada saatnya kamu berhasil mungkin kebetulan stock nya mencukupi, dan bukan barang elektronik semacem TV yg jelas banyak diincer dan stock pastinya sangat terbatas.

        Berikut saya copas dr FAQ Tokopedia lsg:
        Berikut contoh kasus apabila pesanan di Tokopedia dibatalkan otomatis setelah melakukan pembayaran dikarenakan stok habis.
        Contoh Kasus:
        Penjual memiliki 1 stok tersisa di toko.
        Ada dua pembeli yang melakukan check out bersamaan.

        Pembeli A langsung melakukan pembayaran setelah check out.
        Pembeli B baru melakukan pembayaran 1 jam setelah check out.
        Pembeli B akan mendapatkan pembatalan otomatis karena ada Pembeli lain (Pembeli A) yang melakukan pembayaran langsung setelah check out (dengan metode bayar instan).

    • 16 Oktober 2023 - (12:24 WIB)
      Permalink

      Sya bukan ngeyel kak.kak nya kasih Saya FAQ.ok,tp dalem kasus sya yang mengalami kejadian kyk gni.ad kok di artikel surat pembaca juga dibatalkan karena stok habis menurut sistem y kak.tp akhirnya krn keslahan sistem akhirnya buyer tersebut dikasih lah vc buat beli hrga promo tsb.dr sini aj sistem Tokopedia udah saya bilang tertinggal dr ecommerce tetangga mengenai promo.yang mana cuma 1 buyer yang bisa masuk ke pembayaran.

  • 16 Oktober 2023 - (11:06 WIB)
    Permalink

    ini sebenarnya minus di sistemnya toped.
    kamu bayar menggunakan va bca, saat berhasil cekout, si penjual / seller belum menerima notifikasi orderan mu atau stock belum motong sampai kamu bayar.

    saat kamu bayar, baru sistem memotong stock, tp karena ketika kamu bayar di mbanking bca / klikbca, stock sudah kosong atau sudah keduluan dengan cust yang melakukan pembayaran instant seperti gopay / ovo / dll yang ketika cekout langsung memotong saldo dan memotong stock.

    sebenarnya itu bukan gimmick, karena saya pernah mengalami hal seperti itu.

    untuk kedepannya untuk tokped, sistemnya bisa di perbaiki lg, jangan metode pembayaran va atau manual transfer tidak mendapatkan hadiah dikarenakan ada kelemahan pada sistem kalian.

    untuk pembeli, di sarankan ketika mengikuti war, gunakan pembayaran yang langsung verifikasi otomatis seperti gopay, ovo, direct debit.
    bukan metode pembayaran yang menunggu pembayaran (pending payment)

    mudah2an masalahnya cepet selesai dan ada win win solution.

  • 16 Oktober 2023 - (11:27 WIB)
    Permalink

    Sebenernya event tv tcl ini sistem nya ngaco.kenapa sya bilang bgtu.kak nya bisa liat artikel dimedia konsumen yang Laen yang kasus nya sama yaitu pembatalan tcl padahal dia pembayaran gopay.dibbatalka juga.bedanya penyelesain nya dia diberikan vc tuk beli hrga promo lagi mungkin juga Krena dah viral.sedangkan sya di suruh tgu 7×24 jam diberikan saat sya komplain di tgl 4oktber yg kalo diitungan 6×24 jam.itu dikirim vc nya tp pas digunain expired.trus sya tanya kenapa gak bisa digunain dicek lagi expired tgl 26september.kan itu dah keanehan lagi.gak tau juga itu kode yg dikirim bener ap gak sya juga gak tau

 Apa Komentar Anda mengenai Promo Tokopedia?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

War Event Tokopedia TV TCL Hanya Gimmick!

oleh Mamaff dibaca dalam: 2 menit
7