Komplain Barang Hilang di Tokopedia Sangat Lambat dan Terkesan Menunda-nunda

Terima kasih karena saya sudah diizinkan memuat cerita saya di sini terkait komplain barang hilang di Tokopedia.
Di sini saya mau sharing bagaimana lambatnya proses komplain barang hilang.

Awalnya pada tanggal 3 November 2023, saya membeli sepeda mini uk 12 Centrum 207 di Toko @Distributorsepeda. Nomor invoice: INV/20231103/MPL/3545112214 dan nomor resi SiCepat: 005228614583. Saya cek status tracking baru pada tanggal 4 ada permintaan pickup. Namun pada pukul 22:52 ada notifikasi barang gagal pickup oleh pihak kurir.

Tanggal 6 November 2023, saya coba cek statusnya masih menunggu pickup. Kemudian saya menanyakan ke pihak penjual dan pihak penjual menjawab malam ini akan di-pickup oleh kurirnya.

Tanggal 7, karena saya lihat statusnya masih menunggu pickup, saya coba cancel. Namun ditolak oleh pihak penjual dengan alasan barang sudah diambil oleh kurir. Karena saya pikir ada kejanggalan, saya tetap keukeuh untuk cancel. Lalu pihak penjual mengirimkan bukti chat WhatsApp dengan pihak SiCepat, berupa screenshot percakapan bahwa kurir sudah ambil barang 5 paket, tetapi 1 paket dengan nomor resi: 005228614583 tidak di-scan oleh pihak SiCepat.

Karena gagal cancel, saya coba menunggu proses komplain. Baru tanggal 9 saya mengajukan komplain agar pihak Tokopedia investigasi pengiriman. Saat diskusi, awalnya pihak penjual bilang pada tanggal 7 sudah mengajukan komplain ke SiCepat pusat dengan nomor pelaporan: P-3440831. Sampai sini masih terlihat normal, pihak penjual masih memberikan bukti bantahan bahwa kesalahan ada di pihak penjual.

Hingga tanggal 16 November 2023, karena sudah sampai batas investigasi, pihak Tokopedia menyarankan kepada penjual melengkapi berkas klaim barang hilang untuk diteruskan ke pihak asuransi. Dari sini mulai berjalan lambat, baik pihak Tokopedia maupun pihak SiCepat. Karena sampai saat surat ini dibuat tanggal 24 November 2023, pihak SiCepat belum melengkapi berkas untuk diteruskan ke pihak asuransi barang hilang.

Saya sudah coba hubungi Tokopedia Care ataupun media sosial SiCepat, tetapi jawabannya terkesan template atau balasan robot. Yang saya heran, kenapa pihak Tokopedia terkesan lambat atau tidak memberikan batas waktu ke pihak SiCepat untuk melengkapi berkas? Karena jawabannya hanya menunggu pihak SiCepat melakukan BAP, sedangkan batas waktu tidak diberikan.

Pihak SiCepat pun terkesan menunda-nunda masalah ini atau bahkan tidak benar-benar ingin melengkapi berkas pengajuan klaim ke pihak asuransi. Di sini saya sangat kecewa karena dampaknya uang saya tidak balik-balik. Memang uang tidak seberapa, tapi bagi saya itu uang sudah cukup besar dan memang uang itu mau saya gunakan untuk membeli sepeda anak saya.

Saya mohon agar pihak Tokopedia dan pihak SiCepat segera melengkapi berkas klaim tersebut agar uang saya bisa saya terima secepatnya. Terima kasih sebelumnya.

Ray Handy
Cilacap, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia:
[Total:5    Rata-Rata: 1/5]
Tanggapan perihal “Komplain Barang Hilang di Tokopedia Sangat Lambat dan Terkesan Menunda-nunda”

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Ray Handy dengan judul “Komplain Barang Hilang di Tokopedia Sangat Lambat dan Terkesan Menunda-nunda”...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “Komplain Barang Hilang di Tokopedia Sangat Lambat dan Terkesan Menunda-nunda

    • 26 November 2023 - (16:19 WIB)
      Permalink

      Iya mas, kudu lebih hati2 lagi milih ekspedisi kalo mau belanja online.. Mungkin mereka mikirnya ada asuransi jd bs se enak jidat hilangin barang orang..

      • 27 November 2023 - (08:04 WIB)
        Permalink

        Sama pak, saya SEPENDERITAAN menunggu seperti bapak entah berapa lama komplaim bisa selesai. Tgl 3 Nov 2023 saya lapor ke TOKOPEDIA – bahwa “barang saya cancel,” karena sampai batas akhir tgl barang sampai, TIDAK ADA SAMA SEKALI tgl pengirimam tertera di invoicenya , ANEH kan ( saya ikutin terus status nya ), sampai akhirnya penjual ajukan “barang hilang”.
        Jadi sampai hari ini – saya masih menunggu proses VERIFIKASI DOKUMEN, karena menyangkut ke pihak asuransi.
        Kurirnya sama Sicepat.
        Saya hanya bisa menghibur diri saja sambil menunggu prosesnya : “kasihan Tokopedia terlalu banyak yg komplain – sedangkan tangan CUMA DUA dan hanya bisa bantu 2 kasus setiap hari” silahkan yg lain antri dengan tertib.
        Saya tidak berani lagi beli barang-barang diatas Rp 200 K di Tokopedia – terlalu lama menunggu bila ada komplaim dan TIDAK TAHU / ADA KEPASTIAN kapan bisa diselesaikan dana yg sudah ada ditangan Tokopedia.
        Itulah sebabnya saya malas ajukan komplaim ke Media Konsumen tetapi turut bersama dgn rekan-rekan SEPENDERITAAN agar suara kita-kita didengar baik-baik oleh TOKOPEDIA dan Tokopedia bisa berbuat yg lebih baik/sempurna kedepannya, bila ada komplaim barang hilang. Terima kasih.

        • 27 November 2023 - (10:03 WIB)
          Permalink

          Bener pak, rata2 nyangkut di bagian administrasi kelengkapan dokumen ngajuin asuransi.. Yaa karena di situ tidak ada batas waktunya pak.. Dan pihak sicepat jg entah niat atau gak mau lengkapin dokumennya.. Di tanyakan jg lempar2an pak di piham sicepat..

    • 26 November 2023 - (16:24 WIB)
      Permalink

      Yang saya heran knp pihak tokopedia seolah2 menutup mata mas dg hal hal macam ini.. Dan lebih herannya lg pengembalian dananya itu lama bgt.. Emng lah buat ngajuin asuransi butuh dokumen2 dr sicepat.. Tp klo gk di kasih batas waktu yaa sama aja mas.. Apa lagi cs sicepat mau di WhatsApp, di ig, atau email sekalipun mereka jawab kaya udh di setting robot.. Gk ada yg bener2 jawab pertanyaan kita

  • 27 November 2023 - (03:06 WIB)
    Permalink

    Saya juga proses komplain, beli di tokopedia, kurir sicepat.
    Lama banget prosesnya. Sicepat sempat hubungi saya, tapi belum ada kabar lagi. Prosessss terooosss..

    Saya rekomendasi ke toko-toko langganan saya agar tidak pakai ekspedisi ini lagi.

    • 27 November 2023 - (06:46 WIB)
      Permalink

      Waaah banyak komplainan tp kok tokopedia tutup mata yaa mas.. Gak pernah mau buat perbaikin sitemnya.. Komplain bs sampai berlarut2 itu menurut saya pribadi krn pihak tokopedia terlalu longgar ke pihak kurir.. Dg alasan perlu kelengkapan data untuk mengajukan asuransi.. Di pihak sicepat malah santai2.. Akhirnya kita pembeli dan penjual yg di korbankan waktu,, Di hubungi lewat WhatsApp atau ig terkesan kek ngmong sama robot.. Mutar muter jawabe kek gt aja..

      • 27 November 2023 - (07:39 WIB)
        Permalink

        iya entah knp saya rasa tokped akhir2 ini kok ngawur gitu pelayanannya trs saya pun beralih ke shope ditempat saya walau digoogle map shopee expres dpt rating jelek tetapi selama saya belanjan pake shopee express Alhamdulillah gk pernah ada kendala semua kurir2nya amanah orangnya….sejak punya masalah gabisa cancel barang ditokped saya jadi males belanja di sana

  • 27 November 2023 - (07:08 WIB)
    Permalink

    Tokopedia makin gimana gitu 😀 belanja di toped HARUS TELITI !!! Saya biasa belanja di shopee dan toped, paling banyak ya lewat shopee. Nah di toped dan shopee ada penawaran asuransi kerusakan dll, bukan asuransi barang ya. Bedanya di shopee tidak tercentang otomatis dan bisa dilihat dengan jelas kl itu pilihan. Sedang di toped itu tercentang otomatis, kl anda tidak teliti, anda otomatis beli asuransi itu. Kl anda tidak memerlukan asuransi spt itu, belanja di toped HARUS TELITI !!! misal kita beli barang bergaransi, sekalian asuransi kerusakan. Apakah anti kalau rusak bisa dobel klaim? Mungkin ada yg sudah pengalaman.

  • 27 November 2023 - (08:14 WIB)
    Permalink

    Saat si “ijo bermasalah”, semua bilang buruk, saat si “oren” bermasalah, semua juga bilang buruk, saat si “ungu” bermasalah, ya sama juga. Begitu juga dengan semua ekspedisinya. Intinya, gak ada sesuatu yang sempurna. Semua pasti ada plus minusnya. Kita yang seharusnya menyadari resiko belanja maupun berjualan secara online. Harus jeli dan teliti. Seperti halnya pinjol. Semua orang mengeluh diteror debt colector, tapi tetap saja masih meminjam uang lewat pinjol.
    Ibarat kata, Kalau bermain api, janganlah menyalahkan api kalau terbakar.
    HATI-HATI ATAU HINDARI!!

    • 27 November 2023 - (08:40 WIB)
      Permalink

      Jaman dlu kita mau belanja sayuran itu harus ke pasar, jaman makin kesini makin berbeda, skrg di setiap perempatan2 jalan desa biasanya sudah ada yg jual sayuran sebut saja “pasar kaget” .. Mereka yg jual di “pasar kaget” itu rela bangun pagi2 buta untuk beli sayuran segar di pasar, kita sebagai konsumen di permudah meski selisih harga lebih mahal di “pasar kaget” setidaknya untuk waktu kita di untungkan. konsekuensi yg harus kita ambil adalah membayar lebih mahal agar waktu kita untuk ke pasar bisa buat ngelakuin yg lain.. Semakin kesini perkembangan jaman semakin maju banyak pilihan tempat untuk membeli sesuatu, dg berbagai resiko yg ada.. Namun “pasar kaget” itu tdk serta merta jor klowor mendagangkan barangnya, mereka akan merajakan pembelinya agar keberlangsungan mereka tetap terjaga, dg tetap memberikan pelayanan yg baik, barang dagangan yg masih segar dan menjaga dagangannya tetap higienis.. Jika penjual tdk melakukan itu pasti akan ada saja ibu2 yg datang di hari berikutnya langsung melakukan komplain ke penjual, tujuannya apa? Agar penjual melakukan perbaikan pd sistem dagangnya.. Disini kita diskusi saling tukar pengalaman agar lebih hati2 dan seandainya pihak toped atau si cepat membaca jg untuk membenahi sistem mereka.. Kalaupun mereka tdk membaca setidaknya memberikan wawasan ke yg lain agar memilah milah saat akan belanja online.. Bukan kita tidak tau bagaimana resiko belanja online tapi mari kita diskusi agar kedepannya lebih baik lagi.. Setidaknya jangan menjadi orang yg apatis, saling mendengarkan cerita orang lain itu bisa menambah wawasan kita.. Terimakasih.

  • 27 November 2023 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Saya aja dari tanggal 1 Oktober sampai sekarang tanggal 27 November lom ada kejelasan dana balik y kapan paket hp saya juga di maling sama kurir sicepat diganti sama madu…

  • 27 November 2023 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Saya udah kapok belaja di ijau,beli hp seharga 5jt proses klaim sampai 2 bulan,tiap ditanyain serasa horror,maksimalkan,koordinasi,menunggu bap
    Argh ga mau” Lagi dah belanja di sono, klaim nya sih cair cuman itu tadi kendala di gantung yang bikin sakit hati

  • 27 November 2023 - (15:54 WIB)
    Permalink

    Update terbaru 27 nov 2023 jam 15.50

    Mohon maaf meluruskan informasi sebelumnya, kami menerima informasi dari pihak kurir bahwa membutuhkan data tambahan dari Penjual dikarenakan foto yang dilampirkan Penjual tidak terlihat full nomor plat mobil dan untuk muka kurir tidak terlihat jelas. Silakan Penjual dapat lampirkan bukti tambahannya berupa:

    – Nama kurir yang pickup
    – Foto bukti saat penyerahan paket ke kurir atau CCTV penyerahan paket
    – Detail kronologi pick up berupa bukti serah terima barang
    – Nama Gerai yang melakukan pick up

    Kami tunggu konfirmasi Penjual ya.

    Pihak tokopedia baru menanyakan bukti penyerahan paket kepada penjul.. Padahal komplain dr tanggal 16 nov..
    Dr kemaren kemana aja??? Isine mbulet muter muter ra jelas..

    • 27 November 2023 - (15:58 WIB)
      Permalink

      Maaf maksd saya komplain dr tanggal 9 november, dan tanggal 16 nov harusnya sudah tinggal melengkapi dokumen pengajuan komplain.. Udh lewat dr batas waktu investigasi.. Tp nyatanya masih saja menunggu investigasi dari secopet.. Dah lah bener2 cape urusan sama tokopedia dan sicopet..

  • 8 Desember 2023 - (00:31 WIB)
    Permalink

    Update sampai hari ini tanggal 8 desember 2023 uang masih belum di balikin.. Sumpah demi apapun saya tidak ikhlas.. Terimakasih

    • 10 Desember 2023 - (08:48 WIB)
      Permalink

      Sama, sy belanja tgl 28 oktober dan di nyatakan hilang. Namun hingga saat ini masih proses investigasi terus. Ga habis2 nya. Tokopedia tidak bertanggung jawab dan ga da rasa kemanusiaan dan tidak ada rasa malu nya.

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Komplain Barang Hilang di Tokopedia Sangat Lambat dan Terkesan Menunda…

oleh ray dibaca dalam: 2 menit
23