Tokopedia Blokir Promosi Tanpa Alasan Jelas

Pada tanggal 18 November 2023, saya melakukan pesanan di Tokopedia dengan nomor invoice: INV/20231118/MPL/3572340908. Saya menggunakan promo gratis ongkir, tapi transaksi dibatalkan oleh Tokopedia pada tanggal 20 November 2023, karena penjual tidak terima pesanannya.

Kemudian saya mencoba untuk melakukan pesanan ulang keesokan paginya. Namun ketika saya mencoba untuk menggunakan promo, halaman daftar promo menampilkan pesan “Oops, kamu tidak bisa pakai promo! Kamu telah melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku untuk mengikuti promo.

Kemudian saya menghubungi Tokopedia Care untuk menanyakan, kenapa saya tidak bisa menggunakan promo. Tokopedia Care menjawab bahwa saya melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia poin M nomor 9.

Saya mencoba untuk menanyakan pelanggaran apa yang saya lakukan, tetapi pihak Tokopedia Care tidak bisa membuktikan pelanggaran apa yang saya lakukan. Pihak Tokopedia Care hanya mengulang kembali syarat dan ketentuan Tokopedia poin M nomor 9 dan langsung menutup tiket tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

Syarat dan Ketentuan Tokopedia Poin M nomor 9 tertulis beberapa alasan untuk melakukan pemblokiran promosi. Saya telah mencoba untuk menghubungi Tokopedia Care dengan pertanyaan berikut:

  • “Adanya manipulasi”: Jika ada, apa manipulasi yang dilakukan?
  • “Penggunaan resi yang tidak valid pada mayoritas transaksi”: Jika ada, bukankah seharusnya sanksi diberikan kepada penjual?
  • “Manipulasi berat barang pada deskripsi produk (aktual berat barang dan berat barang pada deskripsi Produk harus sesuai)”: Jika ada, bukankah seharusnya sanksi diberikan kepada penjual?
  • “Pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna”: Jika ada, pelanggaran apa yang dilakukan?
  • “Maupun indikasi kecurangan”: Jika ada, apa kecurangan yang dilakukan?

Namun sampai sekarang, 2 Desember 2023, saya tetap tidak bisa menggunakan promo dan Tokopedia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai pelanggaran apa yang saya lakukan.

Saya sudah mencoba untuk menghubungi Tokopedia Care melalui aplikasi Tokopedia dan Twitter tetapi tidak ada jawaban yang memuaskan.

Asoka Wotulo
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Tokopedia Blokir Promosi Tanpa Alasan Jelas

  • 5 Desember 2023 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Saya sering gtu, pakai promo dia yg tersedia…. Pas mau bayar kok duitnya kembali lg…. Tau2 ktnya saya mengakali. Ada2 saja emang toped sekarang….
    Jd saya klo belanja di toped hanya promo ongkir sama potongan dr seller saja.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Blokir Promosi Tanpa Alasan Jelas

oleh Asoka Wotulo dibaca dalam: 1 menit
1