Paket Berisi iPhone 15 Hilang, Klaim dari Bulan Oktober Tidak Kunjung Selesai

Kepada Tokopedia dan Anteraja,

Saya ingin menyampaikan kekecewaan saya terhadap Tokopedia dan juga Anteraja mengenai penanganan proses klaim dan investigasi yang sangat lambat. Berawal dari transaksi iPhone 15 Pro yang dikomplain oleh pihak pembeli, pada tanggal 28 Oktober 2023. Nomor invoice Tokopedia: INV/20230919/MPL/3465093125, nomor resi Anteraja: 10007794887048 dan nomor pelaporan Tokopedia: 51310448.

Kronologinya:

  • Paket dikirimkan oleh seller pada tanggal 06 Oktober 2023.
  • Tanggal 11 Oktober 2023, paket tiba di airport kota tujuan.
  • Dari tanggal 11 Oktober 2023 sampai 28 Oktober 2023, paket tidak juga diterima oleh pihak pembeli.
  • Tanggal 28 Oktober 2023, pihak pembeli mengajukan komplain di Tokopedia, dan pihak Tokopedia memberikan waktu estimasi 7×24 jam untuk proses investigasinya.
  • Tanggal 05 November 2023, diinfokan oleh CS Tokopedia bahwa kendalanya bisa diajukan klaim dan pihak seller serta pembeli sudah melengkapi berkas klaim yang diminta.
  • Dari tanggal 06 November 2023, kami mendapatkan info berkas klaim hanya menunggu BAP dari pihak jasa kirim (Anteraja)
  • Tanggal 06 November 2023 hingga saat ini, masih menunggu berkas BAP dari pihak jasa kirim (Anteraja)
  • Saya sudah menghubungi pihak Anteraja pada tanggal 25 dan 27 November 2023, tetapi hanya mendapatkan info ketidaktahuan pihak mereka jika ini memerlukan proses klaim. Karena dari pihak Tokopedia hanya follow up mengenai investigasi pengiriman saja.
  • Tanggal 28 November 2023, saya mendatangi kantor Tokopedia Care, berharap ada kemajuan. Namun jawabannya tetap sama, masih menunggu berkas BAP dari pihak jasa kirim (Anteraja).

Saya beserta pihak pembeli seperti sedang menghadapi tembok yang hanya bisa menjawab, “Kami masih menunggu berkas BAP dari pihak jasa kirim”. Bayangkan saja, kecelakaan pesawat saja ada tenggat waktu untuk kasusnya, tapi untuk kasus kami tidak ada tenggat waktu yang disampaikan oleh pihak Tokopedia dan Anteraja.

Ini barang dengan nominal puluhan juta rupiah, tetapi terkesan pihak Tokopedia dan Anteraja tidak ada itikad baiknya sampai saat ini untuk memproses komplain kami di Pusat Resolusi Tokopediadan hanya membalas dengan jawaban template.

Saya follow up Customer Service Anteraja pada tanggal 25 November 2023, mengenai dokumen dan BAP yang diminta oleh Tokopedia untuk proses klaim, tapi mereka tidak mengetahui prosesnya. Lalu saya dijanjikan 3×24 jam kerja untuk informasi lebih lanjut. Kemudian, Senin, 27 November 2023 melalui sambungan telpon, CS Anteraja menyampaikan bahwa kasus ini belum ada pelaporan atau permintaan berkas BAP dari pihak Tokopedia.

Saya sangat kecewa dengan kinerja tim Tokopedia, yang katanya tinggal menunggu BAP, tapi dari pihak Anteraja tidak ada info dari pihak TOKOPEDIA mengenai permintaan berkas BAP.

Media Konsumen, please do your magic!

Aji Puji Muhammad
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

20 komentar untuk “Paket Berisi iPhone 15 Hilang, Klaim dari Bulan Oktober Tidak Kunjung Selesai

  • 6 Desember 2023 - (14:36 WIB)
    Permalink

    byk kasus sprti ini.. ujungnya² tidak ada ujung.. secara maling aja gak pernah ditangkep makin mengurita iya tiap cabang ada maling

  • 6 Desember 2023 - (16:35 WIB)
    Permalink

    apakah penerima paket sudah pernah cek dibandara takutnya paketnya tertahan dibandara ?

  • 6 Desember 2023 - (18:00 WIB)
    Permalink

    tokopedia… emang lemot bangettt klaim asuransi, ga mau kasih estimasi jelas , cuman disuruh nunggguu, nunggu ampe kiamat ga kelar2

  • 6 Desember 2023 - (18:00 WIB)
    Permalink

    Jahat banget. Marketplace dan ekspedisi terkesan tidak mau tanggung jawab. merugikan pihak seller dan customer.

  • 6 Desember 2023 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Ini sih parah yaa, masa belum ada pelaporan dari marketplace nya ke Ekspedisi padahal komplain nya sudah dari bukan Oktober, bener-bener ini kinerja CS marketplace nya, kalo ga ada pelaporan dari pihak marketplace ke ekspedisi gimana mau selesai kasus nya??? Aneh bin ajaib, kayak disepelein padahal bukan uang kecil,

    • 7 Desember 2023 - (08:36 WIB)
      Permalink

      Saya dulu pernah belanja di toped dgn kurir rekomendasi anteraja sempat ketar ketir, update lambat susah di lacak. Kapok.

  • 7 Desember 2023 - (02:11 WIB)
    Permalink

    Rugi puluhan juta rupiah layak diviralkan, tayang di tektek, dibahas di yutup, diberitakan di kompos dan detox, serta melibatkan puleci.

  • 7 Desember 2023 - (04:24 WIB)
    Permalink

    Cara ngakalin supaya engga dicuri. Saat proses packing pake kardus yang ukurannya cukup besar, kalo bisa dipacking kayu. Sama pake pembungkus dng warna mencolok seperti kuning/merah. Supaya si maling kesulitan buat bawa paketnya karena ukurannya gede dan susah buat bongkarnya karena packing kayu. Banyak kasus pencurian karena HP ini ukurannya kecil. Kalo bisa sih diresinya tdk dicantumkan nama barang atau disensor aja.

  • 7 Desember 2023 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Hampir tiap ekspedisi jika kiriman brand Apple baik iPad , iPhone, etc pasti hilang apa lagi jika dikirim tidak diasuransikan dan packing kayu pasti kurir yg tau celah ini gasak aja brg nya kapan lagi dpt brg mewah, toh jika expedisi hilang di ganti 10x dr ongkir kebijakan yg aneh, tp jika packing kayu dan asuransi pasti sama kurir nya disayang2 dan dijaga dg baik, 3x kirim iPhone ke Lampung dari Jatim pakai JNE pasti saya minta packing kayu dan asuransi dan brg dicek oleh petugas JNE nya klu hilang atau rusak saya diganti 100% dg barang yg sama atau seharga brg tersebut.

    Dari situ bisa dipelajari bahwa kirim brg apa asuransi expedisi pasti kemungkinan besar jika brg mewah digasak kurir nya, saya aja pny pengalaman ditawari kurir expedisi merah, iPhone 12 128GB segel iBox wrn blue box cmn seharga 8,5jt dijaman pandemi 2021cmn saya gak brani bayarin takut brg panas pas diusut pihak berwajib dituduh jd penadah. Mana profesi saya jual beli hp new/ bekas.
    Padahal gaji kurir UMK di kota saya cmn 2jtan kecil, mau nabung tuh kurir tanpa makan dan jajan 2jt x 7bulan = 14jt jika hrg Bru nya 14jt dia butuh nabung selama itu padahal pas saya tanya2 ke kurir yg lain dia baru msuk kerja dpt 3-4bulan istimewa kan…..

  • 7 Desember 2023 - (11:34 WIB)
    Permalink

    Tokopedia udah banyak kasus sama ekspedisi yang kerjasama hp saya Dimaling sama sicepat aja bulan Oktober sampai sekarang belum ada dana dikembalikan sama pihak asuransi padahal batas estimasinya udah lewat parah dah pokok y Tokopedia

  • 7 Desember 2023 - (12:55 WIB)
    Permalink

    Gw dah kapok belanja di ijau,komplain aja bisa makan waktu kurleb 2 bulan,padahal tinggal bap aja, yang nyesek nya itu ekspedisi nya ga dikasih tenggat waktu untuk melampirkan berkas ke si ijau jadinya berlarut” dah , saran saya bang coba datengin langsung kantor anter aja soalnya permaslaahn terakhir ada di dia, kalo lapor ke cs yang ada gondok sendiri, kalo permintaan bap push aja terus ke ekspedisi yang bersangkutan..

  • 7 Desember 2023 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Mengerikan sekali jaman sekarang…konsumen selalu dirugikan dan penyedia jasa online dan biro pengantarannya kalau hp pasti hilang

  • 7 Desember 2023 - (20:53 WIB)
    Permalink

    saran aja buat teman-teman sekalian saya juga hampir tiap hari kirim ipad iPhone tab dan android, kalau bisa pake jne aja terus bayar asuransi (dari jne) murah cuman 0.5% an kalau ga salah dijamin aman seandainya hilang asal oleh expedisi diganti full saya sudah mengalaminya, kalau asuransi toped itu mahal dan ribet serta kadang ga logis anggap aja pasti ditolak dengan alasan sepihak

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Paket Berisi iPhone 15 Hilang, Klaim dari Bulan Oktober Tidak Kunjung…

oleh Aji dibaca dalam: 2 menit
20