Laptop Dinyatakan Hilang dalam Pengiriman, Tanpa Investigasi ke Pihak Ekspedisi

Dengan ini saya menyatakan kekecewaan terhadap sistem Shopee, yang telah merugikan pihak penjual tanpa ada pertanggung jawaban sama sekali.

Pada tanggal 21 November 2023, di akun Shopee saya ada orderan 1 buah laptop Asus seharga Rp7.250.000, dengan tujuan pengiriman ke Sejangkung, Kab. Sambas, Kalimantan Barat. Nomor resi SiCepat: 004256647332, dikirim tanggal 22 November 2023. Status tracking pengiriman selalu update sampai tanggal 03 Desember 2023 pukul 01:51, yang mana status pesanan sedang dilanjutkan ke alamat tujuan.

Namun pada tanggal 06 Desember 2023 pukul 20:57, saya mendapat notifikasi bahwa paket saya dinyatakan hilang oleh pihak SiCepat. Total penggantian biaya dari ekspedisi seharga Rp1.000.000 (padahal harga barang Rp7.250.000), dengan alasan paket tidak tercover asuransi! Tanpa ada konfirmasi apa pun kepada kami pihak penjual.

Besoknya saya langsung hubungi CS SiCepat untuk memastikan keberadaan paket. Diinfokan bahwa pada tanggal 29 November 2023 pukul 8:28, paket kami berada di Pontianak sortstation. Dari pihak ekspedisi tidak bisa memastikan jika paket tersebut hilang, dikarenakan pada tanggal 06 Desember 2023 pukul 11:56, pihak Shopee sudah mengklaim asuransi ke pihak SiCepat, dengan nominal Rp1.000.000 dan nomor laporan Shopee: shopee-2132727.

Kemudian saya menghubungi CS Shopee untuk meminta bantuan pelacakan paket kami. Jika masih di posisi terakhir paket itu berada, agar dikembalikan ke toko kami tanpa perlu klaim asuransi yang nominalnya sangat jauh dari harga paket kami. Pada laporan telpon saya dengan CS Shopee, mereka pun mengakui bahwa ada kesalaham sistem dari pihak Shopee yang menyatakan paket kami hilang.

Besar harapan saya bahwa paket tersebut memang tidak hilang. Lalu saya dibuatkan nomor pelaporan oleh pihak Shopee. Namun balasan-balasan email tersebut mempermainkan kami, dengan alasan penggantian dana sudah sesuai ongkos kirim 10x, dikarenakan tidak tercover asuransi!

Berkali-kali saya balas email dan telepon pihak Shopee, agar membantu investigasi keberadaaan paket kami di ekspedisi SiCepat. Namun respons Shopee tidak ada bantuan sama sekali dan hanya membalas bahwa paket tidak tercover asuransi.

Untuk pihak Shopee, tidak ada pertanggung jawaban sama sekali kepada kami pihak penjual, yang kami selalu bayar premi, potongan biaya admin, dll. Jika kalian bilang paket kami tidak diasuransikan, lalu bagaimana kami bisa pastikan barang kami aman berjualan lewat platform Shopee?? Jika pengiriman kami dalam 1 bulan ada 100 paket, apa kami bisa pastikan aman dengan cover asuransi yang kalian inginkan?? Atau kami harus masukkan asuransi satu-satu dengan total 100 paket yang kami kirimkan??

Saya hanya meminta bantuan pihak Shopee untuk investigasi ke ekspedisi SiCepat tentang keberadaan paket kami. Sesuai konfirmasi saya dengan pihak SiCepat, bahwa barang tersebut berada di Pontianak. Sampai saat ini pihak Shopee tidak ada itikad baik untuk membantu kami, harga barang Rp7.250.000 hanya diganti Rp1.000.000!!!

Yunia Apriliana
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

55 komentar untuk “Laptop Dinyatakan Hilang dalam Pengiriman, Tanpa Investigasi ke Pihak Ekspedisi

  • 18 Desember 2023 - (22:46 WIB)
    Permalink

    Jne jg trkhir kali sama ksus. Ad barang yg ilang.rusak juga ada ,yg d gudang sidoarjo
    Krir jg pnya pulsa mrip spx

    4
    1
  • 19 Desember 2023 - (07:49 WIB)
    Permalink

    Jual beli di platform online tanpa asuransi adalah tindakan yang sangat beresiko. Pengalaman saya beberapa tahun pakai toko hijau alhamdulillah tenang. Baru beberapa hari yg lalu saya membelikan adik saya sebuah laptop seharga 7,8jt via kurir J&T, Jakarta – Jember cuma butuh 3 hari, laptop aman. Bulan lalu bos saya beli laptop seharga 16jt juga lewat toko hijau, kirim via JNE dan dinyatakan hilang, tapi setelah beberapa hari uangnya dikembalikan dan beliau beli laptop lagi. Saya pun beli laptop 13jt, hp 8jt, tv 1,8jt, tws 1,2jt belakangan ini alhamdulillah aman. Kalau pun hilang saya tidak risau karena toko hijau menerapkan wajib asuransi dan pada praktiknya asuransi tersebut benar2 terbukti profesional apalagi preminya juga kecil sekali.
    Saya juga beberapa kali jual PC, monitor, sepatu ya harganya tidak sampai 4jt tapi alhamdulillah aman dan tidak risau karena saya aktifkan opsi wajib asuransi. Walaupun saya punya akun shopee saya tidak pernah berani jual lewat platform ini karena sebatas pengetahuan saya platform ini tidak menyediakan opsi wajib asuransi.

  • 19 Desember 2023 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Smua jg prnh nglami .artiny slektif aj pilih kurir
    Trkhir pke j&t , jne , spx trouble

  • 19 Desember 2023 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Bener bener parah banget sekarang oknum kurir ya, sering banget nemuin kejadian kaya gini. Masa iya itu status terakhir sedang dilanjutkan ke alamat tujuan, tiba tiba barang dinyatakan hilang. Ini bisa aja permainin dari oknum kurirnya.

    Semoga lekas ada solusi dari pihak expedisi maupun marketplacenya.

    1
    3
    • 21 Desember 2023 - (17:40 WIB)
      Permalink

      Kalo kasus kaya gitu bukan permainan kurir mas, karena kalau hilang dan sudah di tangan kurir,kurir nya kena ganti sesuai harga barang. Klo by sistem brarti memang murni hilang.

  • 19 Desember 2023 - (16:11 WIB)
    Permalink

    Waduuh shopee lagi , memang aneh shopee ini, banyak trouble Cs juga Bad banget .

    1
    3
  • 21 Desember 2023 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Ini kasus lucu sih, saya kerja 7 tahun dan 5 tahunnya di ekspedisi si oren, anggap paket hilang di bagian gudang atau di kurir, karyawan yg bersangkutan harus ganti sesuai nominal harga paket (potong gaji langsung). Tp kenapa bisa balik ke seller cuma 10x ongkir?

    • 21 Desember 2023 - (17:52 WIB)
      Permalink

      Nah itu dia mba.. Kita juga bingung nasib 6juta kita yg juga cuma karyawan disni bagaimana
      Aneh nya itu di sistem Shopee masih ada update pengiriman di ekspedisi nya tp kenapa Shopee langsung menyatakan barang hilang dan tidak ada investigasi sama sekali

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 55 komentar sampai saat ini..

Laptop Dinyatakan Hilang dalam Pengiriman, Tanpa Investigasi ke Pihak …

oleh Yuniaa Yuniaa dibaca dalam: 2 menit
55