Barang Tidak Sampai, Sudah 3 Bulan Menunggu Pengembalian Dana

Awalnya saya transaksi via Tokopedia, pada tanggal 22 September 2023 sekitar pukul 22.00. Total transaksi sekitar Rp350 ribuan dan payment melalui VA Bank Mandiri. Keesokan harinya, penjual mengirimkan pesanan melalui kurir SiCepat Ekspres.

Setelah 3 – 5 harian, saya cek posisi paket ada di Surabaya dan sangat lama sekali. Kemudian update lagi, bahwa paket ada di Sidoarjo, sedangkan posisi saya di Cirebon. Keesokan harinya dicek lagi, posisi keterangan di aplikasi bahwa paket rusak dan akan dikembalikan ke penjual.

Selang 2 hari kemudian, sekitar tanggal 12 Oktober 2023, di aplikasi tertera bahwa paket sudah diterima oleh penjual. Namun penjual juga katanya tidak menerima barangnya. Masalah berlarut larut, walaupun sudah masuk ke Pusat Resolusi Tokopedia, tapi gak ada jawaban jelas tentang pengembalian uang saya. Sampai saat ini sudah lebih dari 3 bulan. Perusahaan sebesar Tokopedia dan SiCepat, sistem kalian masih lemah? Saya harus nunggu apalagi?

Aga Satya Utomo
Indramayu, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Barang Tidak Sampai, Sudah 3 Bulan Menunggu Pengembalian Dana

  • 26 Desember 2023 - (06:12 WIB)
    Permalink

    Sekarang pusat Resolusi Tokopedia hanya mengandalkan robot. Tidak bisa menyelesaikan masalah

    2
    7
      • 28 Desember 2023 - (16:29 WIB)
        Permalink

        Ya klo ini si cepat yg ga jelas. Paket saya hilang di Anteraja, dan Anteraja mengakui paket hilang. Asuransi mengganti, proses hampir sebulan. Posisi saya sebagai seller.
        Tokopedia hanya sebagai perantara, status dari kurir klo ga jelas ya bakal gantung prosesnya.

  • 26 Desember 2023 - (16:43 WIB)
    Permalink

    hari gini masih pake tokped, market place lokal tapi sangat merugikan orang Indonesia sendiri, udh kapok saya, 300rb ilang sia” order sepatu tapi ga saya terima , dana refund ga balik” sampai berbulan” tidak ada kejelasan sampai aplikasi saya uninstall..

    2
    5
  • 27 Desember 2023 - (19:05 WIB)
    Permalink

    Hmmm menurut saya harus aktif antara seller dan buyer dlm hal klaim, saat komen ini saya ketik, Alhamdulillah dlm proses refund , kasus saya hampir sama hilang barang dri tggal komplain 27 November 2023 (1 mggu dri kirim BRG) sampai saat ini baru disetujui asuransi, saran saya harus cerewet Tya setiap hari ke cs Tokped, konfirm juga ke expedisi kelengkapan BAP nya gmn udah lengkap blm… Itu hal kita lho JD harus diselesaikan dlm hal refund dana…

    • 3 Januari 2024 - (09:50 WIB)
      Permalink

      saya juga…pengembalian dana saya 3.600.000 udah 2 bulan lebih dana saya belum dikembalikan pihak tokopedia….

  • 27 Desember 2023 - (21:26 WIB)
    Permalink

    sudah di cek saldo Tokopedia belum bang? Tokopedia biasanya uang tefund masuk ke saldo Tokopedia, setelah itu baru bisa ditarik ke rekening yang terdaftar atau digunakan untuk check out barang lain🙏🏻

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Barang Tidak Sampai, Sudah 3 Bulan Menunggu Pengembalian Dana

oleh Aga dibaca dalam: 1 menit
10