Fitur Asuransi Pengiriman Shopee Tidak Sesuai yang Dijanjikan!

Perkenalkan, kami adalah penjual di Shopee yang sudah bertahun-tahun menjual barang di Shopee. Mulai dari saat biaya berjualan di Shopee masih 0%, sampai dengan saat ini yang biaya berjualannya sudah sebesar 12% (untuk toko saya). Selain itu toko kami juga mengikuti beberapa fitur yang ditawarkan Shopee, yang salah satunya adalah Asuransi Pengiriman Shopee. Yang mana asuransi pengiriman ini bertujuan untuk mengamankan dana, jika sampai ada kejadian kehilangan/kerusakan barang yang diakibatkan oleh pihak jasa kirim.

Kasus yang ingin saya sampaikan di sini berkaitan dengan barang yang hilang oleh jasa kirim JNE. Yang mana dana yang dikembalikan tidak penuh, dan pihak Shopee berusaha berkelit, dengan hanya mengirimkan biaya penggantian sebesar 10x biaya kirim (yang mana ini sudah kewajiban dari pihak jasa kirim). Yang namanya asuransi pengiriman Shopee itu tidak ada gunanya sama sekali. Mereka hanya mengambil uang premi, tapi tidak ada perlindungan atas kehilangan barang yang terjadi.

Kasus saya adalah berkaitan dengan pesanan dari Shopee, dengan nomor pesanan: 231220P5T8EDEW dan total nominal sebesar Rp342.500. Pesanan ini kami kirimkan ke pihak jasa kirim per tanggal 21 Desember 2023, nomor resi pengiriman: JT73410987191. Namun sampai dengan 28 Desember 2023, pesanan tidak update waktu dilacak. Padahal hanya pengiriman dalam kota Surabaya – Surabaya, yang harusnya selesai tidak lebih dari 5 hari kerja.

Setelah tanggal 28 Desember 2023, pembeli marah karena barang tidak kunjung datang dan menyalahkan kami sebagai penjual tidak niat berjualan. Padahal barang sudah di pihak JNE dari tanggal 21 Desember 2023. Seperti biasa, bagi konsumen, biang kerok barang tidak sampai di tujuan adalah toko yang berjualan. Mau kami jelaskan bahwa barang yang sudah dibeli itu sudah di jasa kirim, konsumen tidak mau tahu, pokoknya harus toko yang salah. Akhirnya pembeli ini mengajukan komplain minta dana kembali dan mengatakan bahwa toko lari tanggung jawab. Padahal barang toko ini sudah dibawa JNE dan toko ini tidak dapat uang apa pun, malah sudah dipotong asuransi.

Akhirnya pada tanggal 2 Januari 2024, kami ditelepon oleh pihak JNE Pusat Surabaya (bukti tidak bisa terlampir karena via telepon). Mereka bertanya kepada kami, ini barangnya mau dikembalikan atau bagaimana? Saya selaku pihak pengirim bertanya, barang mau diretur apakah barangnya sudah diketahui keberadaannya di mana? Pihak JNE mengatakan bahwa status di Shopee itu bisa diubah, nanti mereka tinggal merubah saja statusnya dari menunggu ke retur. Tidak butuh waktu lama, hanya tinggal ubah-ubah status pengiriman di Shopee itu bisa.

Saya sebagai penjual tetap bertanya, kalau retur itu barang ada di mana? Jawaban dari pihak JNE tetap sama, berputar-putar di perihal rubah status pengiriman. Kalau penjual bersikeras dikirim, ya tidak apa-apa kami kirim saja, kata JNE. Jadi dari tanggal 21 sampai 28 Desember 2023 itu status barang tidak jalan, kemudian tanggal 2 Januari 2024 malah bilang tinggal ubah status. Jika tidak mau dibuat statusnya menjadi retur, ya diteruskan barangnya, tapi barangnya di mana tidak bisa menjelaskan.

Setelah telepon dari pihak JNE PUSAT Surabaya selesai, malamnya tiba-tiba status komplain yang saya ajukan banding di Shopee sudah diselesaikan Shopee, dengan pengembalian dana ke pembeli dan pihak penjual menunggu barang dikembalikan (retur). Saya sebagai penjual tidak bisa menerima keputusan tersebut, akhirnya saya coba mencari informasi dari CS JNE.

Dari jawaban-jawaban pihak CS JNE dapat dilihat bahwa semua mengatakan harusnya refund, tetapi pihak JNE yang telepon saya malah bilang retur barang. Setelah saya dapat bukti, saya sampaikan ke pihak CS Shopee temuan ini. Saya marah akan hal ini, karena barangnya saja tidak ada tapi Shopee kok bersikeras barang retur?

Akhirnya setelah berdebat panjang, pihak CS mau menindaklanjuti masalah ini. Beberapa hari kemudian pihak JNE Pusat Jakarta telepon kami untuk menanyakan hal ini. Dari awal mereka langsung berkata,”Bbapak beli asuransi JNE tidak?”. Bagaimana kita mau beli asuransi JNE? Karena asuransi JNE itu kan harus bayar terpisah harus ke agen, sedangkan saya sudah ada asuransi pengiriman Shopee.

Jawaban dari pihak JNE intinya, salah sendiri tidak menggunakan asuransi JNE. Kok enak sekali yang menghilangkan barang itu mereka, malah berbalik menyalahkan customer-nya. Meskipun kami menggunakan jasa JNE itu via Shopee, jika tidak mau menerima customer via Shopee, ya tidak usah buka kerja sama dengan pihak Shopee saja. Setelah telpon dari pihak JNE, kira-kira tanggal 8 Januari 2024 saya ditelepon pihak Shopee bahwa klaim akan diganti dengan waktu 5 hari kerja.

Hari ini tanggal 11 Januari 2024, saya cek di saldo penyesuaian dan mendapati bahwa nilai yang diberikan, totalnya hanya Rp225.000 dari total Rp 342.500 nilai barang yang hilang.

Padahal saya ini sudah membayar asuransi pengiriman Shopee. Jadi ada kekurangan sebesar Rp120.000-an yang belum dibayarkan oleh pihak Shopee,

Kemudian hal ini saya tanyakan kembali ke pihak CS Shopee dan dinyatakan bahwa penggantian tersebut sudah final. Jadi gunanya apa kami ini penjual (user) mengaktifkan asuransi pengiriman Shopee? Apa bedanya dengan tidak membayar asuransi? Kami sebagai penjual tidak mendapatkan proteksi apa-apa.

Hal ini beda jauh dengan Tokopedia, sudah yang bayar asuransi itu pihak pembeli, jika ada kehilangan barang Tokopedia itu tidak pernah mempersulit baik penjual dan pembeli dalam mengembalikan dananya sesuai dengan nominal pembelian. Tapi Shopee?

Saya harap dengan surat pembaca ini masih mau dibaca oleh pihak Shopee. Yang pasti untuk pembeli di Shopee, hargailah toko-toko yang jujur. Karena dengan membaca ini kalian bisa tahu, kami ini para toko selalu ditekan habis oleh pihak marketplace. Uang Rp120 ribu saja mereka tidak mau bertanggung jawab marketplace-nya, padahal sudah membeli asuransi pengiriman dari Shopee itu sendiri.

Bagi para pelaku usaha yang ada di Shopee, harap hati-hati juga dan bersiap-siaplah. Karena tulisan 100% garansi dari Shopee itu masih tanda tanya, benar atau tidak? Untuk saya saat ini, garansi yang dituliskan oleh Shopee itu tidak berlaku. Barang sudah hilang, premi asuransi sudah dipotong (bahkan dari uang penggantian barang hilang, itu masih dipotong biaya layanan dan premi), kurang hebat apa Shopee ini? Di mana perlindungan bagi kami sebagai konsumen yang sudah mengikuti cara main Shopee, tapi masih dipermainkan???

Alexander R.
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Fitur Asuransi Pengiriman Shopee Tidak Sesuai yang Dijanjikan!

  • 15 Januari 2024 - (11:41 WIB)
    Permalink

    Namanya juga ASUransi, ASUransi kan cari untung, kok kita sebagai juga mengharap untung

  • 15 Januari 2024 - (18:18 WIB)
    Permalink

    Saya juga jualan di shopee dan tokopedia
    Setau saya skrg shopee sudah tdk menyediakan layanan asuransi. Inilah kekurangan dari shopee,tdk seperti tokopedia. Ketika barang hilang yg mana nilainya lebih dari 10 x ongkir pihak seller yg dirugikan. Yg dilindungi hanya pihak buyer aja, tetapi perlindungan kepada pihak seller tdk ada. Beda sama tokopedia yg mana ketika seller mengaktifkan asuransi, barang hilang diganti 100%

    2
    3
    • 15 Januari 2024 - (21:14 WIB)
      Permalink

      asuransi ada di shopee di bagian program penjual namanya, yang pasti kita tidak mencari untung dari asuransi, jika hilang di pihak jasa kirim dan di klausa di tulis hal tersebut di tanggung, maka sudah sewajarnya pembayaran atas kehilangan barang itu dilakukan, tapi memang shopee ini berusaha untuk tidak mau membayar dengan memperumit klaim nya, memang beda sekali dengan TOKOPEDIA. Padahal di shopee di tulis jika ada kendala bisa kontak ke bagian CS mreka, sedangkan kita kontak ke CS, jawabannya hanya normatif yaitu sudah di jawab oleh tim terkait yaitu pengembalian ongkir dari pihak jasa kirim saja, waktu kita tanya terus buat apa kita bayar premi, jawaban CS kembali berputar bahwa sudah ada jawaban dari tim terkait dan itu final. Apakah kami mencari untung dari asuransi? tentu tidak.

      Buat Para Seller jangan lupakan shopee sudah merubah kebijakan pengembalian barangnya, dengan membuat kita para seller ini tidak bisa menolak pengembalian barang, meskipun kita sudah mengirim barang yang benar, dimana pihak pembeli tinggal masukkan foto barang, klik pengembalian barang makan 100% akan di setujui shopee, kemudian jangan lupa juga, jika kita seller setelah barang kembali dari buyer, dan kita komplain kenapa barang itu kembali dan kita di kalahkan, maka kita seller harus bayar biaya ongkos pengiriman yang di bayarkan buyer (yang tentunya kebanyakan di cover oleh ongkir) dan biaya kirim balik barang dari buyer ke seller. Jadi shopee ini keliatannya berusaha menaikkan GMV nya dengan mengambil buyer sebanyak-banyaknya dengan mengorbankan seller-sellernya.

      4
      1
  • 16 Januari 2024 - (20:10 WIB)
    Permalink

    Sampai dengan hari ini tanggal 16 januari, Pihak shopee tidak ada satupun yang menanggapi permasalahan ini, Bisnis yang sudah sangat monopoli memang tidak memerlukan pelanggan (seller), beda dengan beberapa tahun lalu dimana shopee dan tokopedia masih bersaing ketat, suara pembaca di media konsumen pasti di tanggapi… Seandainya ada marketplace lain yang bisa menghapus dominasi shopee, kita para penjual di marketplace ini bakalan lebih di perhatikan.

  • 17 Januari 2024 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Memang sepertinya ada oknum jne di surabaya sidoarjo, barang saya hilang Rp.1825.000 tetapi sudah diganti full karena posting di MK, memang shopee dan jne lebih takut MK daripada takut hilang konsumen dan seller 😂

  • 17 Januari 2024 - (20:09 WIB)
    Permalink

    Shopee lagi gak heran, mangkanya sampai sekarang saya tidak pernah mau berjualan di Shopee, jauh kualitas dan pelayanan nya dengan Tokopedia

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi pengiriman Shopee?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Fitur Asuransi Pengiriman Shopee Tidak Sesuai yang Dijanjikan!

oleh Alexander Martinus dibaca dalam: 4 menit
8