Tertipu Belanja HP Palsu dari Penjual di Shopee

Semoga pihak Shopee membaca ini dan bisa membantu. Saya tertipu belanja hp di Shopee. Niat hati membeli barang murah ternyata barangnya palsu.

Bagi yang membaca ini mohon tidak men-judge, karena tidak semua orang tahu mengenai hp refurbish/kw/palsu. Kejadian saya membeli hp di Shopee untuk isi barang di toko karena baru mulai buka toko aksesoris hp, pulsa, fotokopi dan printing. Karena melihat di Shopee ada yang menjual hp murah Oppo A31 Ori RAM 6GB/128GB harga sekitar 700.000, akhirnya saya berdiskusi dengan teman usaha untuk patungan membeli hp di Shopee.

Sebelum membeli kami sudah tanyakan kepada penjual mengenai harga, keaslian barang. Menurut penjual, hp yang dijual “ORIGINAL OPPO”. Akhirnya kami memesan 15 hp. Tapi ternyata yang datang hanya 13 hp Oppo A31 dan 1 dus buku hp Oppo A57 kosong tidak ada isinya.

Beli tanggal 27 Desember 2023 sampai saat ini tanggal 14 Januari 2024 belum ada titik terang. Nomor pesanan 231227APCXEFQM. Hp yang diterima kurang 2 pcs. Dan ada 2 pcs hp juga bermasalah, LCD tompel bagian bawah dan sinyal tidak muncul. Jadi saya langsung klik komplain untuk hp yang bermasalah. Tapi karena tidak kunjung ada keputusan dari pihak Shopee, dan penjual yang tidak pernah muncul di diskusi (solusi diinvestigasi pihak ekspedisi) jadi saya berinisiatif membawa hp yang bermasalah ke Oppo service center karena merasa bahwa masih masa garansi.

Ternyata saat saya bawa ke Oppo service center, ditolak mentah-mentah oleh pegawainya karena ternyata hpnya REFURBISH. Di sini saya kaget dan tidak tahu apa itu refurbish. Akhirnya pegawai Oppo menjelaskan bahwa hp refurbish itu hp kw.

Dan saya diberi tahu beberapa penanda hp refurbish dengan mengecek IMEI hpnya di web Oppo coverage. Saat IMEI dicek, IMEI tidak muncul/tidak ditemukan. Kemudian dicek lagi lewat IMEI info ternyata yang muncul bukan IMEI Oppo A31 tetapi F9pro.

Saat dicek penyimpanan menggunakan aplikasi CPU-Z, Device Check, ternyata kapasitas hp hanya 3GB/32GB. Nah di sini saya dan teman langsung lemas. 13 hp kw semua dan penyimpanan hanya 3GB/32GB. Kami sampaikan keluhan kami di diskusi mengenai hp yang kw dan penyimpanan tidak sesuai. Tapi tidak ada tanggapan dari pihak penjual maupun Shopee.

Sudah chat CS Shopee untuk menginfokan perihal penipuan barang palsu dan tidak sesuai. Arahannya hanya menunggu di diskusi. Nah akhirnya pada tanggal 13 Januari 2024 pukul 18.30, Shopee meminta konfirmasi saya mengenai WA yang dikirimkan ke nomor saya (tapi saya tidak menerima WA sama sekali).

Tiba-tiba hari ini tanggal 14 Januari 2024 pukul 10.30, komplain saya dibatalkan oleh pihak Shopee dengan alasan saya tidak ada konfirmasi. Bagaimana saya mau konfirmasi balas WA kalau WA-nya saja tidak ada yang masuk. Dan juga notif Shopee telat masuknya. Entah karena jaringan saya yang buruk mangkannya notif Shopee telat, entah karena Shopee yang sedang gangguan. Notif Shopee baru muncul pada tanggal 14 Januari 2024 sekitar pukul 12 siang, setelah komplain dibatalkan oleh Shopee.

Langsung lemas saya. Sudah saya ajukan komplain cuma 5 hp saja. Jadi yang 8 hp terpaksa saya terima dan saya jual dengan harga 700 ribu (rugi) karena takut kalau harus jual ke orang dengan harga lebih dari 700 tapi ternyata isinya cuma 3GB/32GB. Saat jual ke orang kami jujur kalau ini hanya tulisan saja 6/128GB aslinya 3/32GB karena itu kami jual modal saja.

Untungnya masa garansi Shopee masih ada. Jadi saya klik komplain 5 hp lagi karena yang 8 sudah saya jual. Dan kembali lagi penjual menolak. Padahal penjual tidak memiliki bukti jelas kalau sudah mengirim 15 hp. Penjual hanya mengirim bukti video packing saat membungkus hp, tapi tidak diperlihatkan nomer pesanan dan resinya jadi tidak tahu itu benar packing orderan saya atau bukan.

Dan penjual juga hanya membahas mengenai kekurangan 2 hp. Saat saya tanya mengenai hp palsu, penjual sama sekali tidak merespon. Tolong Shopee saya sudah lama menunggu uang saya dikembalikan, dan saya juga sudah kena tipu penjual. Jadi tolong dikomplain saya yang baru tolong segera diberi keputusan. Jangan kesalahan dilimpahkan ke ekspedisi. Karena paket saya terima dalam kondisi bagus rapi baik tidak ada rusak sedikitpun. Jadi saya sangat yakin tidak ada kesalahan kurir di kasus ini.

Kasus ini murni 100% kesalahan penjual yang sudah menipu. Tolong pihak Shopee agar penjual barang palsu begini diblokir agar tidak bisa menjual barang lagi di Shopee. Berapa banyak orang yang tertipu dengan embel-embel ORI SEDANG PROMO kalau seperti ini. Karena tidak semua orang tahu apa itu hp REFURBISH.

Kode Permintaan Komplain 2401140TM1QHN7U. Ini video unboxing paketnya full jelas paket semua sisi tertutup rapat dan rapi, tidak ada satupun bagian yang rusak/terbuka dan jelas terlihat isi paket hanya ada 13 dus warna putih hijau (dus Oppo A31) dan 1 dus Oppo A57 kosong.

Rizky Anita
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

26 komentar untuk “Tertipu Belanja HP Palsu dari Penjual di Shopee

  • 15 Januari 2024 - (17:47 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin atas yg dialami TS. Semoga ini jg menjadi pelajaran untuk kita semua agar tidak tergiur oleh harga miring.

    Berarti ini ada 2 pasal pidana. Pemalsuan dan penipuan. Ini tergantung pada TS apakah mau dilanjutkan ke jalur hukum atau diselesaikan oleh Shopee.

    Semoga dilancarkan semua urusannya.

    4
    7
  • 16 Januari 2024 - (05:16 WIB)
    Permalink

    hp KW ada dimana pun gak sope aja cuma orang waras tdk akan tergiur karna tau spek palsu sangat disayangkan TS langsung beli banyak mungkin dikira Flasale kali takut kehabisan, harga mengalahkan logika makanya penjual hp gituan menjamur diberbagai MP

    4
    5
    • 22 Januari 2024 - (15:07 WIB)
      Permalink

      Iya kak dikira lagi event yg diskon gede2an. Soalnya ada video livenya juga ditokonya. Gak taunya ini saya tonton berhari2 videonya tetep gak ganti2. Padahal tulisannya Live tapi kok bisa yah videonya sama

  • 16 Januari 2024 - (07:30 WIB)
    Permalink

    kayaknya pembeli baru terjun di usaha hape atau tidak mempelajari isi nya padahal kan niatnya untuk usaha seharusnya sudah mengerti lah apabila mungkin ada pembeli yang ingin membeli hpnya, masa tidak bisa menjawab kaloa ada pembeli yang bawel.
    saya sih sudah tau dari dulu shopee itu salah satu biangnya banyak barang KW karna tidak ada pengawasan , bukan hanya HP saya tapi hardisk juga. saya ssih liat dari fisiknya juga sudah tau itu kw atau asli apalagi setelah dicek pakai software sudah keliatan dan apalagi jika sudah dibongkar makin keliatan, jadi jangan tertipu dengan harga murah, pastikan sebelum beli liat kolom komentar bintang 1 nay dulu.

    3
    6
    • 16 Januari 2024 - (17:29 WIB)
      Permalink

      Kalau belanja barang serius, tokped/blibli. Shopee banyak barang gak jelas asal usulnya. Saya aja ragu kalau belanja nominal diatas 1jt. Shopee juga seolah tutup mata atau main juga jangan jangan. 😂

      1
      5
  • 16 Januari 2024 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Saya turut prihatin dan miris. Ini cobaan anda, pasti ada hikmahnya. Tuhan pasti akan membalasnya, baik yg menipu maupun yg tertipu. Kebaikan dibalas kebaikan, kejahatan dibalas keburukan. Anda kurang berhati -hati dan kurang teliti, anda pastinya belum lihat rating tokonya.
    Kalau untuk klaim kekurangan barang semestinya prosesnya mudah, karena ada bukti video unboxingnya. Meskipun didiskusi penjual tidak muncul, tetapi ada batasan waktu yg apabila penjual tidak menyangkal, maka dana otomatis dikembalikan oleh sistem. Untuk masalah hp Palsu, itu yg sulit jika minta pengembalian barang/dana, karena nggak ada bukti yg cukup kuat dan mesti lapor kepolisian dulu, dan itu akan butuh waktu lama dan ribet.

    2
    6
  • 16 Januari 2024 - (13:33 WIB)
    Permalink

    di shipee buanyyaaakkkk seller beginian. embel2 original padahal kw, bukan kw super, tp kw2, kw3, yg kualitasnya jauh sekali dr ori.
    Ciri2nya ya hp dgn spec tinggi dijual murah, dibawah 1jt, hal yg tak mungkin. Dan jangan terjebak dgn review bagusnya. Semua itu akal2an, semua reviewnya itu buatannya sendiri. kalo mau sort review di bintang 1-2, itu penilaian yg jujur

    1
    3
    • 16 Januari 2024 - (19:46 WIB)
      Permalink

      Saran saya ke depannya untuk:
      1. Cek review berdasarkan rating terjelek yang bintang 1,2,3.
      2. Cek harga resmi berapa, kalau beda jauh sampai beberapa ratus ribu, lebih baik lupakan.
      3. Sebisa mungkin bertransaksi dengan seller yang ada wujud online nya juga misal toko atau alamat fisik, atau mau sesekali diajak transaksi offline atau COD. minimal juga ada buyer atau netizen yang rekomendasi di platform lain.

      1
      4
  • 16 Januari 2024 - (21:57 WIB)
    Permalink

    Saya sering memberi kredit hp, klo ada org yg mau hp ga wajar harganya di marketplace pasti saya tolak. Karena saya biasanya menyuruh kreditur mencari sendiri hpnya.
    Karena banyak hp refurbish/kw terutama dari yg pake nama oppo dan vivo, pasti saya langsung bandingkan dengan harga hp garansi resmi, rata2 hp tersebut harganya hanya sekitar ⅓ dari harga hp ori.

    1
    4
  • 18 Januari 2024 - (08:14 WIB)
    Permalink

    Dulu shopee rajin nendangi akun bodong, sekarang mungkin sudah capek, meski banyak akun palsu yang saya laporkan, tapi akun tersebut aman-aman saja.
    Bahkan akun penipu pun sudah berani LIVE.

    Ciri-ciri akun penipu.
    Harga produk baru, terlalu murah dari harga aslinya.
    Yang harus kita amati di sini adalah sudah laku berapa produk terjual, biasanya di kisaran 19, 30, Cek juga berapa orang yang kasih rating di bawah, jika ada 5 – 7 atau sekitarnya. Jika mereka kasih 5 bintang/review yang bagus, biasanya itu ulah komplotan si penipu.
    Coba tandai nama-nama mereka, lalu masuk etalase toko tersebut & fokus pada penjualan produk yang sudah laku.
    Buka produk yang sudah beberapa laku, lalu coba amati siapa saja pembelinya, biasanya nama pembeli nya itu-itu saja.

    Jika produk sudah laku 100an pasti ada pembeli lain yang sudah tertipu, coba cek rating yang kasih satu bintang & apa kata kata mereka, pasti sumpah serapah.

    Cara itu paling efektif untuk mengetahui akun penjual nipu.

    Untuk cek lebih lanjut, lihat data di profil nya, sudah seberapa lama toko itu di buat, biasanya baru saja anatara 4 minggu dan sekitar itu.
    Baca juga dengan seksama Tulisan nama produk, yang biasanya (Promo Cuci gudang) Atau jika produk yang di jual nya jenis HP biasanya penjual hanya menulis type produk saja, bukan merk.
    Di judul juga di cantumkan spek HP yang sangat tinggi, misal RAM 8GB ROM 300GB misal, tapi harga di bawah 800 ribu. nah ini fix HP palsu. Fisik HP biasanya butut setelah di terima tidak secantik di gambar etalase.

    3
    4
  • 18 Januari 2024 - (20:01 WIB)
    Permalink

    mau untung jadi buntung.tergiur harga murah karena mau jual di offline dengan harga di up.coba belinya 1 dulu jangan langsung banyak jadi kalau ketipu gak banyak

    1
    3
  • 20 Januari 2024 - (07:50 WIB)
    Permalink

    memang hati2 kak kalau beli hp online 🙁 saya bulan ini beli hp samsung a34 4.3 jeti di tokped, itu diiklan new / baru, pas datangpun tersegel dan terwrap, namun saat sy buka dus, dibagian dalam hp kan ada plastik selubung hp lagi warna hitam, nah itu kusem dan lecek banget spt bekas, nekuk nekuk sana sini gak mulus spt selubung hp baru,

    sy sempatkan ke samsung utk cek itu, garansi sudah berjalan 6 bulan, jadi itu hp bekas yg sudah dipakai 6 bulanan, direset dan dikemas ulang oleh penjual, dijadikan seolah hp baru, segel dan wrap jaman skrg bukan jaminan barang asli sebab siapapun bisa bikin.. sy rugi besar 4.3jt itu banyak cuman dpt hp bekas.. penjual sy chat gak mau respon jg

    buat pengalaman sebaiknya kalo beli elektronik hp mending ke toko ofline langsung aja

  • 21 Januari 2024 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Semoga TS membawa ini ke jalur hukum.
    Biar kena batunya si seller dan jg platformnya karena melakukan pembiaran.

    • 22 Januari 2024 - (19:07 WIB)
      Permalink

      Mau bawa kejalur hukum bingung juga kak. Soalbya kemarin saya sempat beli ditokonya. Takutnya dikira jaringan jual beli barang elektronik palsu/ilegal🙈

  • 22 Januari 2024 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Terima kasih untuk semua teman2 pembaca atas suport,solusi dan informasinya.
    Untuk saat ini proses komplain masih berlangsung. Dan dari pihak shopee sudah memberikan solusi dengan mengirim 3hp ke penjual. Kemudian nanti jika sudah diterima penjual dana saya akan dikembalikan. Meskipun yg kembali hanya 5. Karena yg lainnya tidak bisa terlanjur dijual karena diawal dikira gak akan bisa retur refund. Saat ini 3hp sudah saya kirim kepenjual dengan menyertakan video saat packing+penimbangan+resi. Karena takut ada hal2 yg tidak diinginkan. Skrg masih nunggu konfirmasi penerimaan barang dari penjual. Terima kasih shopee sudah memperhatikan masalah saya ini dengan rajin tlp. Nanti stelah ada keputusan final dan hasil dari keputusan komplain saya. Saya akan membuat surat pembaca lagi dg bukti2 baru yg lebih lengkap. Agar mungkin bisa dipelajari oleh yg lain juga. Agar tidak tergiur dan tertipu oleh barang murah lagi🙏🏻

  • 22 Januari 2024 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Untuk nama tokonya CahayaCell89
    Saat ini muncul drama baru lagi dari penjual perihal jumlah hp retur yg dikirim🙈
    Semoga shopee cepat2 baca diskusi komplain. Heran sama shopee yg selalu nunggu 24jam buat ngasi tanggapan. Temen2 pembaca lain apa emang admin shopee gitu? Sekali muncul, dijawab, munculnya nunggu 24jam dulu

  • 28 Januari 2024 - (19:38 WIB)
    Permalink

    Terima kasih banyak kepada pihak Media Konsumen yg bersedia memuat surat pembaca saya dan menjadi sarana kami para pembeli dan penjual untuk mencari solusi dalam sebuah masalah. Terima kasih juga untuk tim shopee yg dengan sigap dan cepat menangani komplain pembelian saya. Terima kasih banyak untuk Mb CS Shopee yg bolak balek tlp saya megang kasus ini. Maaf saya lupa nama mbaknya🙏🏻🙏🏻
    Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi dan semoga pihak shopee lebih rajin lagi melakukan sweeping terhadap seller2 yg menjual produk palsu/ilegal/refurbish. Karena Shopee ada untuk melindungi custumer dalam jual beli online. Jadi sepatutnya custumer juga mendapat perlindungan dari shopee terkait penjualan barang palsu yg tidak semua penjual tau dan paham mengenai hp palsu/kw/refurbish. Terima kasih banyak sekali lagi untuk shopee dan media konsumen

 Apa Komentar Anda?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Tertipu Belanja HP Palsu dari Penjual di Shopee

oleh Rizky Anita dibaca dalam: 3 menit
26