Barang Tidak Diterima, Tokopedia Menahan Dana Saya Sudah Lebih dari 3 Bulan

Pada tanggal 17 Oktober 2023, saya melakukan transaksi pembelian barang di Tokopedia, dengan nomor invoice: INV/20231017/MPL/351466655. Barang tersebut dikirimkan penjual dengan nomor resi SiCepat: 005226902847, pada tanggal 19 Oktober 2023.

Dikarenakan status pengiriman barang adalah: “Paket ditolak bandara dan akan dikirimkan kembali kepada pengirim”, maka saya mengajukan refund pada tanggal 23 Oktober 2023. Status tracking terakhir di situs/aplikasi SiCepat dan Tokopedia: “Paket sudah dikembalikan ke pihak pengirim (return to shipper)”, pada tanggal 13 November 2023 pukul 18:52.

Namun hingga hari ini, sudah lebih dari 3 bulan, saya diminta untuk terus sabar menunggu tanpa batas waktu dan aktif di pusat resolusi tanpa perkembangan atau kejelasan.

Karena sudah jelas bahwa paket tidak diterima pembeli, maka sudah menjadi hak pembeli untuk menerima refund. Mohon segera proses pencairan dana ke pembeli, karena kasus ini sudah berbulan-bulan dan tracking record SiCepat sudah terhapus dari sistem.

Nelly
Pontianak, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Barang Tidak Diterima, Tokopedia Menahan Dana Saya Sudah Lebih dari 3 Bulan

  • 29 Januari 2024 - (17:28 WIB)
    Permalink

    Yah begitulah tokped….udah mau bangkrut duit org ditahan2 ga jelas….saya urusan refund tiket sampe harus nunggu 180hari padahal oleh maskapai udah di refund seminggu doang. Meskipun maskapai sudah menunjukkan bukti refund tetep tokped masa bodo harus 180 hari baru dikembalikan, itupun setelah tiap hari saya maki2. Sampe tobat setobat2nya pake ini e commerce

  • 30 Januari 2024 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Saya juga punya kasus yg sama, Tokopedia belum kembalikan dana saya karena barang tidak saya terima dan kurir nya tidak pernah kirim / toko nya, karena tidak pernah muncul tgl pengiriman nya – INV/20231030/MPL/3535982080 – kata penjual barang hilang – daaah 30 kali chatting dgn Tokopedia Care + TANYA hasilnya tunggu dokumen persyaratan dari kurir. Aneh urus dokumen hampir 3 bulan belum selesai. Saya ter pikir mungkin uang dipakai oleh TOKOPEDIA buat modal operasional nya.
    Barang nya saya pakai asuransi dan kurirnya rekomendasi TOPED.
    Apakah kondisi Tokopedia perlu bantuan tambahan modal ??????? Itulah yg saya pikirkan sekarang. Tks

    • 30 Januari 2024 - (10:30 WIB)
      Permalink

      Tulis d MK Bro. Kemaren gw kejadian gitu 1bulan 4hari klaim baru kelar dan masih nunggu 2*24jam dana refund ke pembeli…

      Makin parah tokopedia

      • 4 Februari 2024 - (05:42 WIB)
        Permalink

        Tks pak informasinya, bikin tambah gemes / ogah saya utk belanja di Tokopedia, semaki lama semakin rese jadi pindah deeeh belanja ketoko sebelah.
        Mungkin Tokopedia daaah enggan buka toko dgn baik, jujur, dan disayang pembelinya.
        Rencana dana yg tidak dikembalikan saya mau beliin sisa saham yg tidak dibeli sama Tik Tok supaya tidak terlalu banyak nyanyi sayanya.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Barang Tidak Diterima, Tokopedia Menahan Dana Saya Sudah Lebih dari 3 …

oleh Nelly dibaca dalam: 1 menit
7