Klaim Asuransi di Tokopedia Sudah 2 Bulan Tidak Ada Kepastian

Saya membeli hp di Tokopedia pada tanggal 11 Desember 2023, dari toko bernama Oppo Official Store. Namun hingga tanggal 14 Desember 2023, barang tidak di-pick up. Saat saya meminta pembatalan, pihak toko menolak dengan alasan barang telah dikirim sejak tanggal 12 Desember 2023.

Pada tanggal 15, saya cek resi. Namun nomor resi awal: TKD01-VPD2494N tidak valid. Saya terus chat toko, tetapi jawabannya tetap sama, bahwa barang sudah di-pick up sejak 12 Desember 2023. Pada tanggal 19 Desember 2023, yang seharusnya menjadi batas akhir pengembalian dana jika penjual tidak mengirim barang, tiba-tiba nomor resi berubah menjadi sudah di-pick up.

Meskipun begitu, barang tetap tidak bergerak. Saya merasa ditipu, entah oleh penjual atau ekspedisi (J&T). Karena tidak ada barangnya, tetapi nomor resi berubah dan sudah di-pick up, padahal seharusnya batas akhir Tokopedia untuk pengembalian dana. Akhirnya saya melakukan komplain melalui aplikasi dengan alasan barang tidak sampai/tersasar.

Tokopedia menindaklanjuti komplain saya dengan menyuruh saya menunggu 7 hari untuk investigasi intern pihak kurir JNT. Pada tanggal 25 Desember 2023, Tokopedia menyatakan bahwa barang hilang, dan penjual sudah dapat mengajukan klaim. Pada tanggal 26 Desember 2023, pihak penjual telah melampirkan dokumen yang dibutuhkan untuk klaim asuransi, dan tinggal menunggu pihak ekspedisi, yaitu J&T, untuk melengkapi BAP-nya.

Namun, sejak tanggal 26 Desember hingga sekarang, 5 Februari 2024, pihak J&T tidak melengkapi BAP, sehingga proses klaim asuransi tidak bisa dilanjutkan. Sampai saat ini, prosesnya masih menggantung, resolusi tidak bisa memberikan jawaban pasti, dan hanya menyuruh menunggu tanpa batas waktu.

Saya sudah melakukan komplain melalui J&T Jakarta, tetapi mereka mengatakan nomor resi masih Tangerang. Saya juga mengajukan komplain ke J&T Tangerang. Awalnya hanya disuruh menunggu, tetapi karena tidak ada tindak lanjut, sampai sekarang chat saya tidak direspons.

Kerugian saya adalah saya membeli menggunakan GoPay Later dengan 3x cicilan. Untuk cicilan pertama saya bayar, karena saya tidak menyangka prosesnya akan sepanjang ini. Sekarang sudah masuk cicilan kedua, saya tidak bayar, dan sudah kena denda. Padahal, dana sudah ada di Tokopedia, dan GoPay Later sudah menagih lewat WhatsApp dan telepon. Mohon pihak J&T dan Tokopedia untuk menindaklanjuti komplain saya.

Rika Zahara
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia:
[Total:4    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan perihal “Klaim Asuransi di Tokopedia Sudah 2 Bulan Tidak Ada Kepastian”

Selamat siang, Ibu Rika Zahara Salam dari J&T Express Indonesia. Sehubungan dengan keluhan Ibu Rika kepada J&T Express yang disampaikan...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Klaim Asuransi di Tokopedia Sudah 2 Bulan Tidak Ada Kepastian

  • 12 Februari 2024 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Gitulah kalo pake asuransi pihak ke-3 kurir serasa tdk bertanggung jwb jadi pembeli yg dikorbankan dah bayar barang tdk ada, miris sekali UUD perlindungan konsumen juga tdk berguna utk hal kaya gini terjadi terus

  • 13 Februari 2024 - (07:03 WIB)
    Permalink

    Pengiriman jnt perlu dihindari jika pesan elektronik mending jne atau tidak gojek instan

    1
    1
  • 13 Februari 2024 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Parah lah emang ga ada kepastian kayanya lebih sabar sy jg mengalami kasus yg sama sepertinya tdk ada kejelasannya padahal paket ilang di ekpedisi apa susahnya tinggal ganti aja gtu kan beres

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Klaim Asuransi di Tokopedia Sudah 2 Bulan Tidak Ada Kepastian

oleh Rika dibaca dalam: 1 menit
3