Beli iPhone 14 Pro Max, Isinya Hanya Boks dan Case

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah memberikan ruang untuk kita semua para konsumen agar lebih didengar suaranya. Izinkan saya berbagi pengalaman tidak mengenakkan, ketika berbelanja di salah satu seller Shopee.

Pada tanggal 31 Januari 2024, saya memesan iPhone 14 Promax 256 GB SU seharga Rp13.230.000. Nomor pesanan Shopee: 240131B1F3TVHQ. Tanggal 2 Februari 2024 pukul 18:26, paket saya terima. Pukul 18:28, saya melakukan unboxing dengan divideo.

Paket yang saya terima terasa enteng dan bunyi klotak-klotak. Awalnya saya kira enteng, karena iPhone 14 Pro Max tidak dapat charger dan headset, jadi pasti enteng. Untuk suara klotak-klotak, saya khawatir jangan-jangan ada kerusakan pada hp saat pengiriman. Karena packing-nya hanya plastik seperti balon + plastik packing, kayak orang jualan baju di olshop.

Namun ternyata saat dibuka isi paket hanya ada 1 dus boks iPhone 14 Pro Max 128 GB warna black dan 1 pelindung iPhone 14 Pro Max . Di sini saya agak panik dan langsung berusaha menghubungi penjual di nomor yang tertera di paket, tapi hanya centang.

Tanggal 03 Februari 2024 pukul 10.54, saya chat penjual di Shopee dan mengirimkan video unboxing + bertanya bagaimana. Namun tidak ada respons dari penjual. Akhirnya saya chat CS Shopee dan diarahkan untuk klik komplain.

Pukul 12:12, setelah saya klik komplain, baru penjual merespon chat saya. Di situ saya menanyakan bagaimana solusi dan kenapa dus boksnya juga tidak sesuai orderan saya. Saya juga meminta nomor IMEI HP yang dikirim (karena biasanya konter/toko penjual hp pasti punya data IMEI HP yang laku terjual untuk proses garansi). Namun tidak ada respons. Saat saya chat di diskusi komplain pun, penjual tidak muncul sama sekali sampai hari ini. Padahal saya butuh konfirmasi mengenai dus boks dan IMEI.

Kemudian penjual mengirim bukti packing, yang mana penjual berkata kalau packing yang mereka kirim berbeda dengan yang saya terima. Nah, di sini aneh, karena nyatanya packing yang saya terima kondisi baik, tidak ada rusak secuil pun. Di sini sempat curiga ke penjual. Bisa jadi penjual membuat video packing yang sengaja dibedakan dengan paket yang sudah saya terima. Karena sebelumnya penjual sudah melihat video unboxing dari saya. Jadi bisa saya dibuat berbeda dengan yang saya terima.

Padahal di bukti pengiriman Shopee Express (saat saya difoto oleh kurir Shopee), bentuk, warna dan besar paket sama 100% antara di foto kurir dengan yang saya unboxing. Di sini penjual sempat mencurigai ekspedisi. Namun menurut saya aneh, karena tidak mungkin kurir/ekspedisi bisa membongkar paket tanpa ada rusak/sobek secuil pun. Sedangkan packing hanya kantong plastik seperti kresek dan yang mempunyai akses untuk cetak resi invoice Shopee pun hanya penjual. Kalau memang ekspedisi/kurir, gimana cara nyetaknya? Resi yang tertempel di paket semuanya normal, tidak ada yang janggal seperti bekas dikelupas atau lain-lain. Semuanya normal. Maka dari itu kecurigaan saya semakin besar ke penjual.

Waktu itu tim mediasi Shopee meminta waktu 3 hari sampai tanggal 7 Februari 2024 untuk investigasi. Namun nyatanya sampai tanggal 9 Februari tim Shopee dan penjual tidak kunjung muncul. Dalam sehari saya sampai belasan kali chat CS Shopee, menanyakan dan meminta follow up kasus saya. Namun tetap tim Shopee tidak juga muncul sampai saat ini.

Kalau saya terkesan terburu-buru, mohon dimaklumi karena ini uang Rp13,2 juta, pasti saya tidak tenang kalau ada kejadian begini. Terlebih penjual juga tidak kooperatif dengan tidak muncul dan tidak menjawab setiap pertanyaan di diskusi. Bahkan saya sudah japri penjual meminta info nomor IMEI HP yang dikirim (jika memang benar HP dikirim), agar saya bisa melacak posisi HP menggunakan IMEI. Karena kebetulan adik saya ada di reskrim dan sudah bilang “Kirim aja imeinya biar tak bantu lacak”. Namun tetap saja tidak ada respons dari penjual setelah saya ungkapkan niat itu.

Saat saya chat CS Shopee, CS juga mengatakan adanya kecurigaan kecurangan yang dilakukan penjual, dengan pertimbangan bukti chat saya dan penjual dan bukti-bukti pendukung lainnya. Namun sayangnya sampai saat ini belum ada kabar baik yang sampai kepada saya.

Saya mohon bantuannya kepada Media Konsumen. Semoga surat pembaca saya ini bisa dibaca oleh pihak Shopee dan pihak Shopee membantu mengembalikan uang saya sesegera mungkin. Karena saya benar-benar stress kena masalah ini. Dan juga semoga kurir tidak kena imbas buruk perkara kasus ini. Jujur saya kasihan banget kepada kurir yang kebingungan. Karena menurut kurir, kalau ada apa-apa, yang kena pasti kurir. Meskipun asuransi tetap kurir yang wajib ganti + denda + kena SP. Semoga Shopee lebih bijak dan bisa mempertimbangkan semua kejanggalan-kejanggalan yang ada pada penjual.

Saya sudah mendatangi 2 hub transit SPX di kota saya untuk mengurus kasus ini. Dari bukti-bukti SPX, paket diterima SPX Hub sini memang 100% sama dengan yang saya terima, tidak ada satu pun bedanya. Jadi Insya Allah kasus ini bukan karena kecurangan kurir/SPX di kota saya.

Claryza Ayudya
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

104 komentar untuk “Beli iPhone 14 Pro Max, Isinya Hanya Boks dan Case

  • 16 Februari 2024 - (10:19 WIB)
    Permalink

    nah itu dia, seharusnya wajib ada stamp di vidio supaya jelas waktu dan hari apa vidio itu dibuat, kayaknya sih emang kecurigaaan ada dari si penjual yang ingin dapat untung juga belasan juta. moga ada titik terang dari kasus ini, biasanya sih dari oknum kurir gudang yang menggelapkan barang, tp ini kasus baru yang, moga ada yang bisa membantu dari pembaca yang lain

    32
    38
      • 17 Februari 2024 - (11:48 WIB)
        Permalink

        Kak itu gampang tinggal ditambahkan aja screenrecord di hp kan di bagian diteail video ada tanggal dan waktunya, dari video bawaan sudah ada

        2
        3
    • 17 Februari 2024 - (02:35 WIB)
      Permalink

      Padahal Rating toko 4.9 tapi pelayanan after sales 2.0 sungguh terlalu… Apalagi barang yang dijual sungguh murah dibanding toko lainnya dan tidak ada keterangan apakah Inter atau ibox. Proses ke kantor polisi kalau gak ada itikat baik dari toko selalu penjual.

      9
      12
  • 16 Februari 2024 - (10:55 WIB)
    Permalink

    biasanya sih kalo seller individu seperti itu, seharusnya panik juga
    secara duit segitu nyangkut di aplikasi
    dan ada resiko kagak cair ke saldo seller

    lah ini seller nya rasanya santuii bener ya

    15
    20
    • 18 Februari 2024 - (11:42 WIB)
      Permalink

      Sudah ada informasi bang, di komenan surat ini, bahwa toko bojun88 menjual jasa Gestun(gesek tunai) dengan cara manipulasi paket, nah pembeli ini dikorbankan penjual. Bisa saja penjual melakukan dengan pihak expedisi atau penjual melakukan sendiri Gesek tunai alias tidak mengirimkan barang. Atau penjual melakukan hal itu dengan pegawai shopee.

      1
      1
  • 16 Februari 2024 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Iphone SU itu gak bisa pakai kartu provider indo biasanya, mesti beli alat RSIM dan itu susah, gak selalu berhasil, kalaupun bisa sinyalnya ilang ilang terus, gak enak pokok nya, mending beli yang resmi sini aja, iphone yg ini buat ganjel pintu aja

    5
    10
  • 16 Februari 2024 - (14:45 WIB)
    Permalink

    1. Harganya terlalu murah untuk iphone 256 pro max.
    2. Ini tipu daya penjual, karena pernah ngalamin kasus ini, penjual kekeh bilang expedisi udah nuker, ini kasusnya disblh pas itu, akhirnya penjual menang, pembeli pun menang, yg dirugikan asuransinya. biasa makan waktu lama bisa 1bln untuk kasus gini.
    3. Lain kali kalau harga nya gak masuk akal, gak usah beli daripada repot-repot gini, emang video unboxing dkk ada. tapi liat2 juga harga pasaran.

    7
    11
  • 16 Februari 2024 - (16:21 WIB)
    Permalink

    Saya cek tokonya si shopee,barang jualannya banyak dan ulasannya juga banyak meski ada ulasan palsu.

    4
    10
    • 16 Februari 2024 - (16:41 WIB)
      Permalink

      karena dia tahu, calon pembeli pasti melihatnya ke situ. kalau dari saya lebih baik ulasan sedikit, barang sedikit, tapi ulasannya dibuat dengan sungguh-sungguh (pasti terbaca perbedaan dari yang buat ulasan bikin-bikinan dan yang sungguh-sungguh)

      5
      10
  • 16 Februari 2024 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Yang. Namanya kejahatan Di dunia online bisa saja pelaku dari pihak kurir penjual pembeli,seharusnya pada saat vidio unboxing itu di perlihatkan bagian resinya biar jelas nama pengirim nama penjual dan no resi,itu paling penting setelah itu baru kepakingannya seperti apa setelah semuanya ok,baru di bongkar,kalo liat vidio unboxingnya kurang mendukung,dan kalo di kolom diskusi atau di cs jangan sungkan sungkan untuk memarahi kinerja tim shopee yang leled,biasanya tim shopee akan meminta bukti ke penjual dua kali ke pembeli dia kalo,kita harus bener bener jeli di kolom diskusi mulai batas waktu penyelesaian dan batas waktu pengiriman bukti baik dari penjual dan pembeli,intinya harus bisa adu argumen dengan para sindikat. yang ada di Shopee,

    2
    5
  • 16 Februari 2024 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf saya komen langsung jadi 1disini tidak reply satu2.
    -Update hari ini tgl 16 Februari 2024 penjual masih belum respon dan tidak membalas sama sekali pertanyaan saya didiskusi maupun chatt.mohon maaf tapi ini mencurigakan sekali,masak dari awal komplain hingga detik ini cuma sekali ngerespon saya saat tannya kenapa ngajukan pengembalian dana
    -Dari pihak shopee katanya masih investigasi ekspedisi terus. 2minggu gak kelar2 pdhal banyak kejanggalan penjual yg uda saya jembrengin. Ya allah shopee tolong saya minta uang saya balik hari ini bisa kagakkkk😭😭 dan tolong shopee lihat kejanggalan penjual dg mata terbuka
    – iPhone yg saya beli Second kakak2 jadi tidak ada segel
    -untuk yg bully.kebetulan ini untuk hp kedua saya, jadi bukan karena ngebet pengen miror selfi pake boba terus tergiur harga murah. Iphone 14pm Software unlock memang segitu pasarannya kalau saya cek di marketplace/forum iphone fb. Dan saya uda 4th pakai ip11pm ibox 256gb tpi gegara memori full. Mangkannya butuh hp kedua yg kamera lebih cucok+penyimpanan gede.untuk jaringan emang uda diniatin wifi only kalau mentok gak bisa pake rsim. Soalnya hp daily ttep di11pm. Cuma butuh hp tambahan buat simpen data+kamera aja🙏🏻
    -Untuk video unboxing aslinya jelas terlihat resinya kak, cuma gak tau masuk yutub kok jadi burik gak kebaca resinya. Kalau saya upload didiskusi shopee kualitas videonya masih lumayan bagus jadi bisa kebaca resinya. Mungkin karena saya gak ngerti setting video waktu upload diyutub jadi burik gitu. Divideo menit pertama saya deketin kamera keresi itu terlihat+kebaca resinya kak sebenernya🙏🏻

    6
    5
    • 16 Februari 2024 - (20:43 WIB)
      Permalink

      Halo Kak, kenapa gak urus saja ke kantor 👮🏼 kan duit yang hilang 13 jutaan usut terus sampai tuntas Kaka, bila perlu lapor juga si toko kalau emng betul toko penipuan. Saya harap agar kedepannya tidak ada korban kembali, hayuk kak usut sampai tuntas Aq dukung semoga cepat kembali dananya.

      3
      5
    • 19 Februari 2024 - (15:43 WIB)
      Permalink

      Perihal teknis rekaman, bukti, dsb, udah jadi kewajiban TS menyiapkannya dgn jelas agar mudah dipahami kronologis & momen of truth nya sblh mana oleh CS Shopee yg katanya bijak. Semoga hak TS bisa benar2 tercover oleh keputusan mereka yg katanya bijak itu.

      Menurut ane, kalo TS ingin agar si seller bojun88 bener2 kena penalty Shopee, TS perlu pastikan si seller direport banyak orang (sbg penipuan, barang fake, barang rusak anti refund, dsb). Di kolom review seller Shopee, kan ada banyak mantan customernya, nah TS chat satupersatu buat minta report bareng2 tuh seller. Jika bnyk yg report, Shopee bakal ambil tindakan tegas : penonaktifan akun seller, dana hasil penjualan diblokir nggak bisa withdraw (People power).

      Jujur, ane pribadi lbh suka seller itu jelas & gamblang, kalo jual gestun ya gestun, kalo jual real ya real, kalo campur2 jadinya campursari, makanati makan haknya orang tanpa pamrih, sindikat lagi. Yah selama gak ada respon seller di tulisan TS, anggap aja si Bojun88 itu makan duit TS. Kalo TS udah tau fakta modus operandi si seller ini, TS jangan cuma bikin tulisan keluhan gini, tp minta juga para pembaca utk report si seller via apps Shopee. (Dulu di mediakonsumen, pernah ada kasus report massal penipuan Subsidi Motor Listrik seller shopee GudangSepedaOfficial, dan terbukti akun seller dihapus, dana ditahan)

      Pada akhirnya, semoga saja si seller ini bukan serigala berbulu domba. Semoga seller bukan oknum karyawan shopee yg menggarong duit orang. Kalopun itu karyawan, ya wassalam, collusion will play a role.

  • 16 Februari 2024 - (19:13 WIB)
    Permalink

    Orang banyak ketipu belanja online itu kebanyakan terhipnotis harga murah. Tanpa cek toko dan review di toko tersebut. Begitulah resiko yg harus di tanggung pemburu harga murah yg gak masuk akal. Masak iya ada toko normal ip 14 pro max 14 256gb 13jt an? 😭😭😭

    10
  • 16 Februari 2024 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Barusan dapat tlp dari shopee malah bikin emosi
    Berikut percakapan shopee
    -Apakah baru pertama posting dimedia konsumen
    -Apakah hanya punya 1akun
    -Kok saya cek ada beberapa alamat pengiriman berbeda dishopee (lah akun shopee saya juga sering buat dropship jual make up,baju,skincare)
    -kenapa bilang jangan dibebankan kurir (padahal uda saya jelasin saya tanya kekurir uang syaa bisa balek gak.kata kurir bisa. Tapi kurir yg harus gantiin uangnya kalau dinyatakan hilang karena ekspedisi. Karena kurir yg terkahir pegang paket. Dan kurir bisa kena denda+sp juga. Maksud sayakan kasian kurir kalau jadi kena imbas gegara penjual nakal. Soalnya banyak kejanggalan dipenjual + penjual juga gak respon/muncul sama sekali sampai detik ini.
    -Saya tidak menjamin uang pembeli kembali (langsung saya ngegas dibilang gini)

    Nah waktu shopee saya tanyain perkara penjual yg gak mau respon itu gimana. Jawabnya itu kami yg urus. Waktu saya minta tolong buat push penjual biar mau ngasi imei buat dilacakin ke polres, jawabnya saya gak mau loncat bahas imei. Cukup saya tanya konfirmasi ke kakak mengenai pertanyaan kakak perkara akun tadi.

    Sumpah kocak banget shopee.. buat apa saya beli lewat shopee kalau gak ada jaminan keamanan gini. Kalau tau duit ilang mending saya tf langsung ke penjual. Ilang yauda laporan ke polisi/ikhlasin karena teledor pesan barang mahal gak pakai rekber.Nah ini lewat shopee niatnya biar aman malah dibilang gak menjamin uang kembali. Ya allah sopiii sopiiiii… gini amat. Mohon maaf bukan tergiur harga murah. Tapi memang harga iPhone 14pm second yg SU itu 13-13,7jt + review dari tokonya juga banyak bintang 5. Kalau masalah reviewnya palsu monmaap saya gak bisa bedakan review asli dan palsu🙏🏻

    5
    5
    • 16 Februari 2024 - (20:50 WIB)
      Permalink

      Halo Kaka, cukup prihatin dengan kejadian Kaka, ya semoga dana cepat kembali dan masalah terselesaikan ya.. usus tuntas Kaka sampai dananya kembali. Laporkan aja langsung tokonya ke Polres kan Kaka tau nama akun tokonya apa.

      1
      5
    • 17 Februari 2024 - (02:55 WIB)
      Permalink

      Sopi klo yg urusan uang agak gedek lelet sangat ngurusnya
      Klo penjual gak ada video pickup barang ts atau cctv pickup barang ts + foto timbang paket beserta foto resinya
      Udah jelas tokonya yg salah
      Harus balek tu uang ts ni
      Viralkan kak klo sopi gak mau tanggung jawab

  • 17 Februari 2024 - (07:58 WIB)
    Permalink

    beli hp sipon kok d olshop dan tidak melihat rating toko.beli ibox langsung om jangan tergiur harga murah .kadang beli d ibox saja banyak pihak kurir nakal .hp diisi batu .!!!🤦🤦🤦

    1
    3
  • 17 Februari 2024 - (09:12 WIB)
    Permalink

    Ini Aq liat banyak sekali yg jempol kebawah, bahkan komentar positif pun masih di jempol kebawah, ada indikasi penjual yang mantau ini hhaha.. woyyy SELLER kalo berani Lo komen lahh jangan hanya kasih jempol kebawah dasar DODOL GOB 🤣😆🤣😁

    7
    7
    • 17 Februari 2024 - (09:15 WIB)
      Permalink

      Kalau SELLER berani keluar lahh jangan di GOA mulu. Takut salah yaa makanya gak berani keluar takut di bully masyarakat hhaha.. Fukyu!!!! Gw dukung Buyer karena prihatin aja, kasihan butuh HP dan malah apes kena sial gara-gara SELLER BODOH. Kalo jualan itu yang AMANAH BOSS!!! GOB

      4
      5
  • 17 Februari 2024 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Tenang hbs ini tayang, bentar cair.
    Tapi diingat2 ya, jangan diulangi lagi main taroh duit segitu di MP, kalo nyatol bikin jantungen.
    Untung saya sekeluarga dah sejak lama kapok dan tobat gituan.

    3
    6
        • 23 Februari 2024 - (12:09 WIB)
          Permalink

          haha lucu pak, emang kalau sudah gaptek sulit pak. saya rasa paling aman emang online

          kenapa ? kalau ada troubel kayak gini bisa komplain dan duit di tahan oleh marketplace ga langsung cair ke penjual. kalau terbukti penjual salah pasti duit balik.

          beli offline pun kalo gaptek ya sulit. di bohongi di depan mata iya iya aja pastinya haha… apalagi di struk ada tulisan barang yang sudah di beli tidak bisa di tukar / di kembalikan hehehe….

  • 17 Februari 2024 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Update terbaru baru aja saya ditlp cs shopee.
    Katanya kasus ditutup dengan dana dicairkan ke penjual🤣
    Sumpah ya allah shopee gini amat. Diminta bukti imei gak mau. Malah ngefitnah saya.
    Katanya saya yg melakukan kecurangan. Kurir SPX pun bangkaii… saya bantu ngomong ke shopee gegara dia bilang kalau ada paket hilang nanti kurir yg harus ganti+denda+sp/pecat. Lakok malah skrg kurirnya ngefitnah saya. Katanya saya uda sering beli hp dikirim kealamat saya pakai 3akun dan paketnya hilang. Pdhal baru kali ini saya beli hp dishopee dan dikirim kealamt saya. Dan kurirpun saat ada kasus ini gak pernah sama sekali dtaang kerumah untuk konfirmasi. Malah saya yg umek cari info ke spx. Kok bisa2nya shopee dan kurir bilang gitu. Saya tanya mana buktinya saya sering pesan hp kealamat saya dan pakai 3akun. Kata mereka gak perlu tau. Waktu saya tanya imei, kata shopee imei gak penting. Waktu saya tanya penjual sampai skrg gak respon. Jawab shopi itu penjual barusan respon didiskusi. Pdhal saya cek didiskusi penjual tidak muncul sama sekali sampai saat ini. Malah saya diancam shopee perihal postingan saya dimedia sosial ini. Dan juga kata shopee bukti dari spx paket yg diterima posisi resi ditengah, sedangkan posisi tesi yg saya terima diatas. Lah sayakan cuma nerima bukan nempel resi. Malah saya yg dituduh. Waduh bener2 gak sopan+banyak menuduh tlp shopee tadi. Waktu saya tanya mana bukti dari spx kalau barang saat dispx resinya ditengah. Jawab sopi anda tidak perlu tau. La terus gimana ini. Kata sopi semua sesuai fakta tapi saya minta buktinya dijawab gak perlu tau😭😭😭 ya allah sopiii sopiii

    6
    3
    • 17 Februari 2024 - (20:35 WIB)
      Permalink

      Biasanya itu toko milik orang shopee (orang yang kerja di shopee). Kalau tiba tiba dana diteruskan ke penjual. Kwkwkw

      8
      6
    • 18 Februari 2024 - (02:18 WIB)
      Permalink

      @Claryza
      Lapor ke polresta malang, lakukan upaya hukum. Bila perlu didampingi oleh orang LBH dari Univ brawijaya. Biasanya mau bantu kalau urusan begini.

      3
      2
    • 19 Februari 2024 - (04:47 WIB)
      Permalink

      Walau gw ga pernah bermasalah ama shoppey , ngerih juga ma shoppey liat kyk gini.. dah deh ga deh ke shoppey lagi, keluarga besar juga harus dibilangin… nherihhhhh pake shoppey…

      1
      1
    • 20 Februari 2024 - (22:05 WIB)
      Permalink

      Pelajaran buat siapa ajah,jngn beli online ,tolong kita makmurkan lagi toko offline yg bayar pajak ke negara buat pembangunan,dan tidak akan ada menipu toko offline langsung terima barang ,mau nyari baru ataupun second

      2
      1
      • 27 Februari 2024 - (11:48 WIB)
        Permalink

        Memang islam dari dulu bilang perihal jual-beli ya antum ada barang ane ada uang kalau deal lanjut.dah amann pahamm kan

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Shopee?

Ada 104 komentar sampai saat ini..

Beli iPhone 14 Pro Max, Isinya Hanya Boks dan Case

oleh Claryza Sasa dibaca dalam: 3 menit
104