Beli iPhone 14 Pro Max, Isinya Hanya Boks dan Case

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah memberikan ruang untuk kita semua para konsumen agar lebih didengar suaranya. Izinkan saya berbagi pengalaman tidak mengenakkan, ketika berbelanja di salah satu seller Shopee.

Pada tanggal 31 Januari 2024, saya memesan iPhone 14 Promax 256 GB SU seharga Rp13.230.000. Nomor pesanan Shopee: 240131B1F3TVHQ. Tanggal 2 Februari 2024 pukul 18:26, paket saya terima. Pukul 18:28, saya melakukan unboxing dengan divideo.

Paket yang saya terima terasa enteng dan bunyi klotak-klotak. Awalnya saya kira enteng, karena iPhone 14 Pro Max tidak dapat charger dan headset, jadi pasti enteng. Untuk suara klotak-klotak, saya khawatir jangan-jangan ada kerusakan pada hp saat pengiriman. Karena packing-nya hanya plastik seperti balon + plastik packing, kayak orang jualan baju di olshop.

Namun ternyata saat dibuka isi paket hanya ada 1 dus boks iPhone 14 Pro Max 128 GB warna black dan 1 pelindung iPhone 14 Pro Max . Di sini saya agak panik dan langsung berusaha menghubungi penjual di nomor yang tertera di paket, tapi hanya centang.

Tanggal 03 Februari 2024 pukul 10.54, saya chat penjual di Shopee dan mengirimkan video unboxing + bertanya bagaimana. Namun tidak ada respons dari penjual. Akhirnya saya chat CS Shopee dan diarahkan untuk klik komplain.

Pukul 12:12, setelah saya klik komplain, baru penjual merespon chat saya. Di situ saya menanyakan bagaimana solusi dan kenapa dus boksnya juga tidak sesuai orderan saya. Saya juga meminta nomor IMEI HP yang dikirim (karena biasanya konter/toko penjual hp pasti punya data IMEI HP yang laku terjual untuk proses garansi). Namun tidak ada respons. Saat saya chat di diskusi komplain pun, penjual tidak muncul sama sekali sampai hari ini. Padahal saya butuh konfirmasi mengenai dus boks dan IMEI.

Kemudian penjual mengirim bukti packing, yang mana penjual berkata kalau packing yang mereka kirim berbeda dengan yang saya terima. Nah, di sini aneh, karena nyatanya packing yang saya terima kondisi baik, tidak ada rusak secuil pun. Di sini sempat curiga ke penjual. Bisa jadi penjual membuat video packing yang sengaja dibedakan dengan paket yang sudah saya terima. Karena sebelumnya penjual sudah melihat video unboxing dari saya. Jadi bisa saya dibuat berbeda dengan yang saya terima.

Padahal di bukti pengiriman Shopee Express (saat saya difoto oleh kurir Shopee), bentuk, warna dan besar paket sama 100% antara di foto kurir dengan yang saya unboxing. Di sini penjual sempat mencurigai ekspedisi. Namun menurut saya aneh, karena tidak mungkin kurir/ekspedisi bisa membongkar paket tanpa ada rusak/sobek secuil pun. Sedangkan packing hanya kantong plastik seperti kresek dan yang mempunyai akses untuk cetak resi invoice Shopee pun hanya penjual. Kalau memang ekspedisi/kurir, gimana cara nyetaknya? Resi yang tertempel di paket semuanya normal, tidak ada yang janggal seperti bekas dikelupas atau lain-lain. Semuanya normal. Maka dari itu kecurigaan saya semakin besar ke penjual.

Waktu itu tim mediasi Shopee meminta waktu 3 hari sampai tanggal 7 Februari 2024 untuk investigasi. Namun nyatanya sampai tanggal 9 Februari tim Shopee dan penjual tidak kunjung muncul. Dalam sehari saya sampai belasan kali chat CS Shopee, menanyakan dan meminta follow up kasus saya. Namun tetap tim Shopee tidak juga muncul sampai saat ini.

Kalau saya terkesan terburu-buru, mohon dimaklumi karena ini uang Rp13,2 juta, pasti saya tidak tenang kalau ada kejadian begini. Terlebih penjual juga tidak kooperatif dengan tidak muncul dan tidak menjawab setiap pertanyaan di diskusi. Bahkan saya sudah japri penjual meminta info nomor IMEI HP yang dikirim (jika memang benar HP dikirim), agar saya bisa melacak posisi HP menggunakan IMEI. Karena kebetulan adik saya ada di reskrim dan sudah bilang “Kirim aja imeinya biar tak bantu lacak”. Namun tetap saja tidak ada respons dari penjual setelah saya ungkapkan niat itu.

Saat saya chat CS Shopee, CS juga mengatakan adanya kecurigaan kecurangan yang dilakukan penjual, dengan pertimbangan bukti chat saya dan penjual dan bukti-bukti pendukung lainnya. Namun sayangnya sampai saat ini belum ada kabar baik yang sampai kepada saya.

Saya mohon bantuannya kepada Media Konsumen. Semoga surat pembaca saya ini bisa dibaca oleh pihak Shopee dan pihak Shopee membantu mengembalikan uang saya sesegera mungkin. Karena saya benar-benar stress kena masalah ini. Dan juga semoga kurir tidak kena imbas buruk perkara kasus ini. Jujur saya kasihan banget kepada kurir yang kebingungan. Karena menurut kurir, kalau ada apa-apa, yang kena pasti kurir. Meskipun asuransi tetap kurir yang wajib ganti + denda + kena SP. Semoga Shopee lebih bijak dan bisa mempertimbangkan semua kejanggalan-kejanggalan yang ada pada penjual.

Saya sudah mendatangi 2 hub transit SPX di kota saya untuk mengurus kasus ini. Dari bukti-bukti SPX, paket diterima SPX Hub sini memang 100% sama dengan yang saya terima, tidak ada satu pun bedanya. Jadi Insya Allah kasus ini bukan karena kecurangan kurir/SPX di kota saya.

Claryza Ayudya
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

104 komentar untuk “Beli iPhone 14 Pro Max, Isinya Hanya Boks dan Case

  • 17 Februari 2024 - (15:28 WIB)
    Permalink

    Sepertinya kak TS kena toko yg mix Gestun. Jadi setahu ane dan beberapa buyer lain di forum, toko bojun88 selain jual iphone2 an second, juga jual jasa Gestun. Khusus gestun, Barang yg diposting emg gambar iphone lengkap dgn deskripsinya, tp bisa dibuat gestun jg (request by chat or WA only).
    Jadi ya, menang2 an kak, TS Si Dropshipper VS Seller si Gestun Mix Real Product. Pihak yg paling dicurigai yg akan kalah. Yg kalah yg rugi. Kalo udah begini, udah bukan soal keamanan lagi (udah jelas nggak aman belanja di Shopee), namun soal gimana kak TS meyakinkan Shopee CS dgn elegan dan tenang. Spam Komplain dan Ngomel2 nuntut hak tidak jamin CS memenangkan hak kak TS.
    Kalo memang punya saudara kepo lisian, minta bantuannya buat memproses hukum, jgn lupa kasih uang penggerak awal dan akhir (mesin tanpa bensin ngga bakal gerak). Kalo dirasa lama, minta lembaga bantuan hukum / pengacara yg kak TS kenal bt kirim Somasi ke Seller via no hp yg tertera di paket (biasanya ini lbh soft dan lbh murah).

    2
    4
  • 17 Februari 2024 - (17:51 WIB)
    Permalink

    Info dari kurir shopee yg ngantar pesanan kesaya. Kurir tidak pernah mengatakan kepada shopee seperti yg shopee tuduhkan kesaya “sering pesan hp,komplain pakai 3akun”
    Dari pihak shopee juga tidak ada proses investigasi ke kurir/spx setempat perihal adanya komplain saya.

    2
    2
  • 17 Februari 2024 - (17:56 WIB)
    Permalink

    Saya juga dapat ancaman dari tin mediasi shopee yg bernama AGUNG karena saya memposting masalah ini di media konsumen

  • 17 Februari 2024 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Saya lebih curiga ke Buyer.

    Saya bukan pro Shopee tapi saya bicara fakta. Perhatikan baik-baik. Di gambar ibu-ibu megang paket resinya terletak di tengah-tengah.

    Kenapa resinya sekarang terletak paling atas? Wkwkwk benar kata Shopee.

    4
    1
    • 17 Februari 2024 - (20:50 WIB)
      Permalink

      Wkkwkw itu resi ada coretan 52. Di SPX pasti ada itu. Lah itu resi stiker tempelan. Tidak bisa di print ulang. Kalau stikernya berpindah, tidak bisa utuh pasti sobek. Awas angle kamera menentukan posisi.

    • 18 Februari 2024 - (09:33 WIB)
      Permalink

      Jeli juga ente, ada bener pas foto bukti dr kurir itu resi tdk paling atas meski tampak buram tp msh keliatan bentuk resinya. terus kejanggalan lain pas unboxing ts merubah posisi yg awalnya mau robek resi malah robek bagian belakang ada kemungkinan yg ditutup resi itu ada bekas sobekan unboxing pertama. Ada yg bilang resi kalo dipindahkan bisa sobek, benar tp tidak selalu begitu sy kadang bisa melepas resi utuh tergantung kualitas kertas dan lemnya.

      1
      1
        • 18 Februari 2024 - (10:41 WIB)
          Permalink

          Silahkan simpulkan sendiri dr resi posisi aja sdh berubah kok yg diterima dan divideo, kenapa resi dipindah kemungkinan buat nutup bekas unboxing pertama plastik gituan cuma pake lem sy dah hafal jenis paking bro.. Sorry ye.. 😁

          1
          1
      • 18 Februari 2024 - (10:41 WIB)
        Permalink

        Plastik itu tidak dilem dengan isi jadi bergeser ke atas dan kebawah. Itu memakai fragile balon cukup besar. Kalau sobekan pertama di tutup bagaimana? Pasti nampak sobekan pertama sangat besar karena memakai fragile balon yang besar. Kwkwkwkwkwkkwkw antek antek sindikat

        • 18 Februari 2024 - (10:56 WIB)
          Permalink

          Kau belaga polos apa gimana, sobekan itu gak perlu besar dus ipon aja kecil, plastik luar itu pake lem double tape tinggal kelupas dikit lalu tempelkan lagi, sy rasa sope sdh punya bukti lbh dr ini jd silahkan laporkan ke polisi biar tau siapa yg benar

          1
          1
          • 18 Februari 2024 - (11:05 WIB)
            Permalink

            Kwkwkwkwkw nampak antek antek sindikat kau. Itu memakai balon tahan fragile cukup besar. Mengeluarkan itu harus sobek besar.

          • 18 Februari 2024 - (11:07 WIB)
            Permalink

            Udah tidak usah bacot kau. Tinggal imei hp itu saja berika ke polisi. Ngapain dus dus nya. Kwkwkkwwk

          • 18 Februari 2024 - (11:15 WIB)
            Permalink

            Woi antek antek sindikat. Sini ku kasih paham kau. Semua drama mu yang kau buat menyesatkan. Saya tahu kualitas itu plastik abu abu sangat kuat daya rekatnya, mau dibuka pun pasti sobek. Itu kuat, karena dari pengiriman jika tidak kuat maka akan lepas apalagi disabotase kurir.

        • 18 Februari 2024 - (11:23 WIB)
          Permalink

          Justru resi yg dipindah itu buat nutup sobekan kau baca lagi makanya mungkin kau komplotan sindikatnya kalo punya bukti lbh kuat silahkan laporan ke polisi jgn omon2 doang

          2
          2
          • 18 Februari 2024 - (11:28 WIB)
            Permalink

            Oh harusnya saya post juga foto kondisi paket setelah unboxing yah. Biar saya gak dituduh. Sampai hari ini packing paketnya masih ada disaya. Saya simpan. Dan tidak ada sobekan dibagian lem plastiknya. Silahkan mas dm saya di ig. Biar saya videoin packingnya. Biar tau kalau dibelakang resi itu packingnya 100% utuh tidak ada sobekan

          • 18 Februari 2024 - (11:30 WIB)
            Permalink

            Silahkan dm saya Jack. Biar saya kirim bukti untuk menyangkal tuduhan anda. Saya tunggu ya. Nama ig saya Claryza Ayudya. Biar gak jadi FITNAH

          • 18 Februari 2024 - (11:31 WIB)
            Permalink

            Dih kau memang penipu ulung, membuat drama alur. Kwkwkw

            Itu sobekan harus besar karena balon nya besar. Resi kok nutup sobekan kecil? Kau lihat balon itu ukurannya sama dengan itu plastik.

          • 18 Februari 2024 - (11:34 WIB)
            Permalink

            Eh Thaya
            Dih kau memang penipu ulung, membuat drama alur. Kwkwkw

            Itu sobekan harus besar karena balon nya besar. Resi kok nutup sobekan kecil? Kau lihat balon itu ukurannya sama dengan itu plastik.

        • 18 Februari 2024 - (11:40 WIB)
          Permalink

          Ya kalo gak dirobek kemungkinan dilepas pelan2 kaya lepas resi itu kan bisa tanpa robek, terus klaim sope bilang resi ditengah dr mana kalo bkn dr foto pasti dia punya arsip dr seller/kurir buat jaga2 kalo dituntut balik sayang video seler tdk ada disini

          1
          2
          • 18 Februari 2024 - (11:46 WIB)
            Permalink

            Kwkwkwk itu pantulan cahaya. Resi dibalik. Kwkwkwwkwkwk robek pelan pelan gimana? Itu bakalan sobek resinya karena resi itu tipis. Kwkwkwkw kalau itu lem resi tidak kuat maka disabotase oleh expedisi dong. Wkwkwkwk

          • 18 Februari 2024 - (11:53 WIB)
            Permalink

            Ntar lihat video unboxing lalu pause dibagian pembeli memperlihatkan tampak belakang paket, lihat tepi samping plastik jika diperlihatkan dari belakang, lalu lihat itu bukti dari kurir. Pasti sama lekukan tepi samping plastik, dan menunjukkan itu yang difoto kurir adalah tampak belakang tanpa resi.

      • 18 Februari 2024 - (11:26 WIB)
        Permalink

        Awalnya mau robek resi tapi gak jadi karena bisa disobek plastiknya jadi gausah repot2 ngegunting. Kalau ngegunting jadi harus pakai tangan 2 buat pegang paketnya. Kan kagak bisa ngegunting kalau paket gak dipegang. Kurang kressss guntingnya. Jadi pilih sobek aja plastik gampang pake tangan 1

        • 19 Februari 2024 - (15:40 WIB)
          Permalink

          Perihal teknis rekaman, bukti, dsb, udah jadi kewajiban TS menyiapkannya dgn jelas agar mudah dipahami kronologis & momen of truth nya sblh mana oleh CS Shopee yg katanya bijak. Semoga hak TS bisa benar2 tercover oleh keputusan mereka yg katanya bijak itu.

          Menurut ane, kalo TS ingin agar si seller bojun88 bener2 kena penalty Shopee, TS perlu pastikan si seller direport banyak orang (sbg penipuan, barang fake, barang rusak anti refund, dsb). Di kolom review seller Shopee, kan ada banyak mantan customernya, nah TS chat satupersatu buat minta report bareng2 tuh seller. Jika bnyk yg report, Shopee bakal ambil tindakan tegas : penonaktifan akun seller, dana hasil penjualan diblokir nggak bisa withdraw (People power).

          Jujur, ane pribadi lbh suka seller itu jelas & gamblang, kalo jual gestun ya gestun, kalo jual real ya real, kalo campur2 jadinya campursari, makanati makan haknya orang tanpa pamrih, sindikat lagi. Yah selama gak ada respon seller di tulisan TS, anggap aja si Bojun88 itu makan duit TS. Kalo TS udah tau fakta modus operandi si seller ini, TS jangan cuma bikin tulisan keluhan gini, tp minta juga para pembaca utk report si seller via apps Shopee. (Dulu di mediakonsumen, pernah ada kasus report massal penipuan Subsidi Motor Listrik seller shopee GudangSepedaOfficial, dan terbukti akun seller dihapus, dana ditahan)

          Pada akhirnya, semoga saja si seller ini bukan serigala berbulu domba. Semoga seller bukan oknum karyawan shopee yg menggarong duit orang. Kalopun itu karyawan, ya wassalam, collusion will play a role.

          2
          1
          • 20 Februari 2024 - (01:38 WIB)
            Permalink

            Udah ku laporkan dari awal ini surat terbit. Kwkwkw

            Kalau kecondongan Tim Mediasi Shopee ke penjual itu, pasti group group mereka itu toko bojun88. Kwkwkw Ya begitulah celah jadi karyawan atau pegawai Shopee. Sambilan mereka.

    • 18 Februari 2024 - (11:23 WIB)
      Permalink

      Difoto bukti pengiriman kurir resinya gak kelihatan. Resinya ada dibaliknya. Itu fotonya buru2 sikurir karena lagi hujan+sudah malam. Jadi gak kelihatan posisi resi. Itu yg kelihatan putih gak rata pantulan cahaya bukan resi

      2
      1
      • 18 Februari 2024 - (11:38 WIB)
        Permalink

        Lah mana ada saya tuduh si ibu. Kwkwkw itu sudah ada informasi di atas, toko bojun88 juga jual jasa gestun (Gesek Tunai) dengan cara sindikat.

        1
        3
  • 17 Februari 2024 - (21:33 WIB)
    Permalink

    Klo blnja di s*opee yg kecil² aja barangnya ,biar gak di ilangin…klo nilai besar mending jgn…lngsung ke counter resmi saja

  • 18 Februari 2024 - (17:37 WIB)
    Permalink

    Itu saya lihat toko nya yg review panjang2 dan sudah star tokonya gada yg mencurigakan tapi koq bisa begitu? Serem amat skrg belanja di shopee

    • 18 Februari 2024 - (19:14 WIB)
      Permalink

      Wkwkkw biasanya itu Mix bang, jualan real sambilan menipu juga. Wkkwkw sudah dijelaskan di atas komentar ini.

  • 19 Februari 2024 - (17:34 WIB)
    Permalink

    Kalo diliat² bukti penerimaan foto paket tempelan resi itu memang berada tengah², tapi kenapa pas di Unboxing itu resi terlalu keatas? Begitu juga resi tidak terlalu menempel dengan packaging plastiknya. Ntah mana yang benar saya pun tidak bisa memastikan, hanya tuhan yg tau.

    • 19 Maret 2024 - (22:00 WIB)
      Permalink

      Kalah ini pembeli gan
      Viral ini kasusnya ada di ig,twitter,fb
      Info dari ts dipostingan yg viral ts diancam sama pihak shopee karena memviralkan kasusnya disemua sosmed
      Akun shopee ts juga dihapus sama shopee gegara ts neror tlp cs,chatt cs

  • 24 Februari 2024 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Laporkan shopi ke penegak hukum kalau kata katanya kasar seperti itu, banyak orang yang mendukung. Biar gak se enak jidat mereka ngatain konsumen, karena shopi pihak ketiga yang harus extrak bijaksana dalam menentukan dan bertutur kata.

    Semoga pemerintah bisa melihat pelanggaran ecommerce seperti ini.

  • 18 Maret 2024 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Wah ini yg kasusnya viral di facebook,IG,Twitter ya
    Kalau gak salah ini akhirnya pembeli kalah dan diancam oleh pihak shopee akan diproses hukum pencemaran nama baik
    bahkan akun pembeli dinonaktifkan sama shopee gara2 pembeli spam chatt cs,tlp,viralkan dimana2
    Jadi pembeli gak bisa follow up kasus ini lg
    Coba cari deh yg mau tau perkembangan kasusnya di fb,ig,twitter rame ini
    Dan ada yg komen juga ternyata korban dari seller gak cuma ts aja
    Ada pembeli lain yg kena juga.Untuk pembeli lain saya baca ip12promax dan sudah nulis review di tokonya tapi tiba2 reviewnya hilang ntah dihapus oleh seller/shopee
    Kemudian ts juga ngasi info kalau ts chatt sama beberapa korbannya dishopee.
    Ngeri juga shopee.. ternyata uda masuk media konsumen tetep zonk
    Kayagnua emang ini yg punya toko org shopee deh dan jelas sindikat
    Oh ya info juga menurut ts bojun88 ini punya banyak toko ada linda818shop , anggun818, zyphone dan masih banyak lagi
    Yg uda saya sendiri masih 3toko itu
    Di linda818shop saya lihat juga ada korbannya barang kosong nulis review

    • 18 Maret 2024 - (21:45 WIB)
      Permalink

      Yaelah typo
      Yg uda saya cek sendiri tokonya linda818,anggun818,zyphone itu produknya semua sama. Harganya cuma selisih 100rban
      Lokasi toko sama
      Bentuk packing dari review semuanya sama

      • 20 Maret 2024 - (22:41 WIB)
        Permalink

        Ngeri ya gan kalau gitu
        Niatnya belanja dishopee biar aman eh malah banyak sindikat
        Pantes aja sayakan gabut jadi rajin mentengin livenya zyphone,linda818 tiap saya tanya lokasi tokonya dimana saya juga jakbar mereka selalu bilang hanya terima online tidam ada toko
        Terus ada yg pernah beli hp dimereka tanya dilive hpnya rusak apanya gitu bisa gak dibenahin disana. Jawab hostnya bisa . Dijawab lagi kalau benahin dimana tokonya. Dijawab lagi sama hostnya “wah ini kakaknya sengaja pura2 rusak biar tau lokasi kita ya”
        Disini langsung curiga lah emang kenapa kalau ada yg tau lokasinya aneh banget masak jualan online disembunyikan tempatnya
        Ada lagi yg tanya kapan returan saya selesai an bla bla bla. dijawab host nanti kita ambil dulu paketnya ke ekspedisi ya kak karena paket retur kita alamatnya diekspedisi diambil sendiri. Sumpah aneh sih apa karena mereka ini jual barang ilegal atau karena sindikat itu mangkannya takut banget ada yg tau alamatnya

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Shopee?

Ada 104 komentar sampai saat ini..

Beli iPhone 14 Pro Max, Isinya Hanya Boks dan Case

oleh Claryza Sasa dibaca dalam: 3 menit
104