Tokopedia: Premi Mahal, Klaim Asuransi Pengiriman Tanpa Kejelasan

Yth. Media Konsumen,

Saya merupakan pembeli produk di Tokopedia. Pada tanggal 6 Januari 2024, kode transaksi INV/20240101/MPL/3655397462. Saya mengajukan klaim atas barang yang hilang ke fitur komplain Tokopedia.

Berdasarkan bukti dan proses yang diminta pihak Tokopedia selama proses berlangsung, akhirnya pihak Tokopedia dan Asuransi menyetujui klaim asuransi atas kehilangan barang senilai Rp 1.520.000 per tanggal 16 Februari 2024. Namun sampai saat ini tanggal 25 Februari 2024, tidak ada dana pengembalian kepada saldo pembeli.

Padahal, berdasarkan bukti, pihak Tokopedia menjanjikan 2×24 JAM setelah klaim disetujui, maka dana akan dikembalikan ke saldo pembeli. Sehingga saya menanyakan kepada pihak Tokopedia lewat TANYA. Tidak ada jawaban pasti, seolah-olah klaim tersebut bukan tanggung jawab pihak Tokopedia.

Sehingga saya merasa dirugikan oleh pihak Tokopedia dan PT Asuransi Tokio Marine. Tidak seharusnya dengan premi asuransi lebih mahal namun kinerja mengecewakan. Untuk para pengguna Tokopedia, pastikan kalian siap dengan risiko bayar asuransi mahal namun kinerja mengecewakan.

Mohon Tokopedia segera memberikan hak saya.

Arie Setyo
Sidoarjo

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Tokopedia: Premi Mahal, Klaim Asuransi Pengiriman Tanpa Kejelasan

  • 27 Februari 2024 - (13:14 WIB)
    Permalink

    sering sering main ke MK sini ya mas.. biar anda tahu, anda tidak sendiri… buanyaaaaaaak kasusnya… dan nilainya lumayan.. sudah pakai asuransi, sudah klaim, pihak tokio marine ditanya sudah dicairkan ke tokped.. tp tidak diberikan ke penjual, pembeli.. ditilep kali nunggu pada lupa…
    Semoga bisa diperbaiki SOPnya, biar aman belanja onlinenya

  • 28 Februari 2024 - (00:59 WIB)
    Permalink

    Sama saya jg lagi nungguin klaim asuransi Tokopedia barang hilang di ekspedisi sejak tanggal 13 februari 2024 katanya 14 hari kerja Sabtu Minggu dan libur nasional tidak dihitung jadi nanti tanggal 5 atau 6 cek lagi kalo blom cair jg baru komplain lagi …..saya malah parah pembelian dari 10 Desember 2023 pengajuan klaim susah karena dari pihak jnt (kurir)gak melengkapi berkas …..tdi nya mah cuma disuruh nunggu tanpa batas akhirnya saya inisiatif chat jnt bagian komplain minta no nya sama kurir….trus di oper lagi ke JNT Tanggerang karena katanya hilangnya barang di sana pokok nya ribet banget proses barang hilang sampe hampir 3 bulan itu pun blom cair jg asuransinya masih menunggu

    • 28 Februari 2024 - (07:01 WIB)
      Permalink

      Saya juga sependeritaan tunggu terus dari TOKOPEDIA, pengembalian dana karena barang TIDAK PERNAH DIKIRIM oleh penjual / kurir dgn alasan dokumen dari kurir.
      INV/20231030/MPL/3535982080 – dikomplain dari tgl 3 Nov 2023 beli “ditoko BERKEBUN” tokonya bilang tunggu keputusan dari platform, jadi hampir 4 bulan “PENANTIANNYA belum terwujud”

      • 28 Februari 2024 - (12:12 WIB)
        Permalink

        Kita nya harus aktif pak untuk komplain kurir nya …….tanya ke penjual ekspedisi nya apa ……kalo ada kurir ekspedisi yg nganter barang disekitar rumah tanya2in aja dari ekspedisi mana trus minta chat wa untuk komplain…pertama chat mungkin respon 2 sampe 3 hari baru dapet balasan kitanya harus bawel trus chat kalo perlu ngomel2 tp jgn PK kata yg terlalu kasar ya…..nanti kalo Udeh di tanggapi komplain kita sama kurir yg bersangkutan otomatis dari tokped nya nanti akan berjalan lagi proses klaim nya

 Apa Komentar Anda?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Tokopedia: Premi Mahal, Klaim Asuransi Pengiriman Tanpa Kejelasan

oleh Arie Purnomo dibaca dalam: 1 menit
8