Tokopedia Tidak Mengembalikan Dana Secara Utuh kepada Pembeli, Padahal Paket Diasuransikan

Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Media Konsumen, karena telah menjadi jembatan bagi kami untuk menyampaikan semua permasalahan dari berbagai sumber. Saat ini saya mengalami pengalaman buruk sebagai seller di Tokopedia. Yang mana pihak Tokopedia tidak mengembalikan secara utuh dana kepada pembeli atas paket yang tertukar oleh pihak jasa kirim JNE. Padahal pembeli sudah menggunakan asuransi, yang seharusnya dapat dijamin pengembalian dananya sebesar 100% dari harga paket jika barang dinyatakan hilang.

Kronologinya, pada tanggal 2 Februari 2024, pembeli membeli 2 buah barang. Yaitu 100 gram Palo Santo Stick dan 2 buah white sage di toko kami, dengan nomor invoice: INV/20240202/MPL/3716499378. Saat diterima, pembeli mengajukan komplain melalui pihak Tokopedia, karena paketnya tertukar (criss cross), dengan nomor resi lain (TLJR35X8CJY4VYJY). Salah tempel label adalah oleh pihak jasa kirim. Oleh pihak Tokopedia, diputuskan hanya disetujui pengembalian dana sebesar Rp87.500 dari harga total Rp373.000.

Berikut adalah foto dokumentasi paket yang kami kirimkan kepada pembeli:

Berikut adalah foto paket yang diterima pembeli dari nomor resi TLJR35X8CJY4VYJY:

Setelah kami mengajukan komplain, mengapa pembeli hanya mendapatkan dana refund yang sangat jauh dari harga total, pihak Tokopedia hanya memberikan laporan kepada tim terkait, tanpa ada solusi hingga saat ini surat diterbitkan. Sebagai penjual, kami sungguh merasa dirugikan, terutama pembeli yang merasa sangat kecewa dan  terus menerus meminta kami mengembalikan dananya secara utuh.

Kami pun sebagai seller komplain langsung melalui call center JNE untuk meminta penjelasan. Namun pihak JNE mengatakan bahwa pihak mereka telah menyetujui pengembalian dana secara full kepada pihak Tokopedia.

Anehnya, mengapa dana refund tersebut dipangkas jauh sekali dari total harga paket yang diasuransikan oleh pihak Tokopedia? Saat ini kami sebagai seller tidak tahu harus komplain ke mana, karena pihak Tokopedia tidak punya customer service yang bisa dihubungi langsung secara telepon. Seller hanya bisa komplain via Virtual Assistant TANYA yang dioperasikan oleh bot.

Mohon agar pihak Tokopedia dapat bertindak adil dengan memberikan kompensasi yang seharusnya kepada pihak pembeli dan menjelaskan kepada kami alasannya. Kami menunggu pertanggungjawaban dari Anda. Terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatiannya.

Shierly Maria
Jakarta Utara


Update (31 Maret 2024): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak JNE Express sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Tokopedia Tidak Mengembalikan Dana Secara Utuh kepada Pembeli, Padahal Paket Diasuransikan

  • 8 Maret 2024 - (19:36 WIB)
    Permalink

    Gimana jne salah pasang label tp barang yg diterima kurang, berarti itu barang Anda cuma isi yg kurang kan ?

    • 8 Maret 2024 - (20:07 WIB)
      Permalink

      Tertukar dgn no resi lain

      Pembeli yg satunya cuma pesan kayu itu dlm jumlah sedikit. Yg paket yg dia pesan ada 2 macam barang kekirim ke no resi satunya.

      • 8 Maret 2024 - (20:08 WIB)
        Permalink

        Itu di atas kan sdh sy sertakan isi packingan sy sudah lengkap dan sesuai pesanan. Emang ketuker sama jne

      • 8 Maret 2024 - (23:40 WIB)
        Permalink

        Berarti pembeli 1 lagi dpt pkt isi 2 ya, kalo seperti itu memang tdk diganti full tp sesuai barang yg kurang setelah dikurangi diskon voucher yang digunakan

  • 11 Maret 2024 - (06:19 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami refund di tokped, dana yang dikembalikan tidak utuh dari pembayaran pertama kalinya. Setelah saya cek ternyata ongkir dan biaya layanan tidak di refund. Padahal dari hasil resolusi dijelaskan ongkir sepenuhnya ditanggung penjual dan saldo penjual dipotong sesuai dengan jumlah ongkir. Berarti dr penjual kepotong, dr pembeli juga kepotong. Walaupun dalam ribuan cuma tetep gak utuh. Ada kebijakan baru kali ya?

    • 12 Maret 2024 - (12:18 WIB)
      Permalink

      Wah kl ini sy kurang tau tuh gan.

      Kasus sy ini ada item sy yg ga direfund pdhl harusnya direfund total.
      Gak ada info dr pihak Tokopedia, sdh satu bulan ditunggu bilangnya “masih diinvestigasi pihak asuransi”

      Makin kesini makin parah. Itu pun kl diganti, refundnya nunggu 1 bulan dulu dananya br cair.

      Tokopedia udah beda dr Tokopedia yg dulu

  • 11 Maret 2024 - (07:48 WIB)
    Permalink

    Parah bener tokopedia kesalahan pihak ekspedisi seharusny dia berkordinasi sama ekspedisi, ko dibebankan potongan ke pembeli, sheller juga ga tau apa2..

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Tidak Mengembalikan Dana Secara Utuh kepada Pembeli, Padahal…

oleh Shierly dibaca dalam: 1 menit
8