Paket Diretur ke Penjual, Dana Belum Dikembalikan ke Pembeli

Kepada pihak Tokopedia, ID Express, dan seller Tokopedia Dacia Jaya Computer. Transaksi saya dengan nomor invoice: INV/20240520/MPL/3917633721, pembelian berupa Laptop Lenovo Thinkpad X270 bekas, yang saya beli  tanggal 20 Mei 2024, menggunakan kurir rekomendasi dari pihak Tokopedia yaitu ID Express. Nomor resi pengiriman: TKP01-N96MXPNX. Diawali dengan pelayanan gak mengenakan dari pihak seller Tokopedia Dacia Jaya Computer, yang cukup lamban untuk drop barang ke pihak kurir, hingga berujung seminggu lebih barang yang saya beli tidak kunjung tiba juga.

Saya sudah komunikasi dengan seller-nya yang terkenal terlalu santai, gak mau ribet untuk peduli tentang barang dagangannya yang seminggu lebih tak sampai ke alamat yang dituju. Akhirnya saya inisiatif bertanya ke ID Express cabang kota saya untuk tracking paket saya, juga menanyakan kendalanya kenapa. Rupanya barang tersebut belum ada menginjakkan kaki di bandara kota saya. Barang tersebut masih nyangkut di MH ID Express cabang Jakarta, ditolak berangkat di bandara, karena dianggap laptop adalah barang berbahaya karena memiliki baterai di dalamnya. Entah peraturan ini baru atau tidak, yang jelas saya baru mengetahui rule ini dan gak diedarkan luas. Karena sebelumnya saya pernah beli HP baru dan laptop bekas menggunakan ID Express, ya fine-fine aja sih.

Mengetahui hal tersebut, saya komunikasikan ke pihak seller. Namun pihak seller masih selalu santai, tanpa mau peduli akan nasib barang dagangannya. Saya minta pihak seller paralel kerja sama komunikasi ke pihak-pihak terkait, tapi ya seller-nya hanya usaha santai hanya dengan cek resi. Itu doang, gak mau ribet.

Saya inisiatif tanya ke cabang ID Express, pihak bandara, juga buat komplain ke pihak Tokopedia untuk investigasi ke pihak kurir. Berhari-hari saya push komplain agar itu barang di-tracking, karena gak gerak di MH ID Express cabang Jakarta. Hasil push komplain akhirnya barang itu bergerak, diretur ke penjual agar segera bisa proses untuk pengembalian dana.

Akhirnya barang dikembalikan, sudah sampai di MH ID Express cabang Bandung, lalu lanjut sampai di ID Express cabang Kiara Condong. Namun setelahnya gelap kembali, barang gak bergerak di ID Express cabang Kiara Condong Bandung.

Mengetahui barang sudah di ID Express cabang Kiara Condong Bandung dan akan diretur kembali ke pihak seller, saya mencoba beli laptop bekas kembali ke seller lain menggunakan kurir TIKI. Alhamdulillah sudah sampai di tangan saya pada tanggal 4 Juni 2024.

Saya juga push komplain lagi ke pihak Tokopedia untuk investigasi lagi ke pihak kurir, karena barang tak bergerak kembali, juga paralel minta tolong ke pihak seller. Namun seller-nya masih aja malas, yang cuma bisa bekerja dengan cek resi saja. Di sini saya marah dan sangat benci dengan pihak seller yang bikin penanganan masalah menjadi lamban, di samping penanganan Tokopedia juga lamban.

Secara tracking sudah jelas barang tersebut tak menyentuh kota saya dan saya tidak punya kapasitas untuk menangani masalah ini. Secara tracking sudah jelas barang tersebut sudah berada di kota pihak seller Tokopedia Dacia Jaya Computer, di ID Express cabang Kiara Condong Bandung. Apa susahnya seller push paralel ke pihak ID Express cabang Kiara Condong Bandung? Kalau gak mau ribet, seller tinggal datang ke ID Express cabang Kiara Condong Bandung dan terima retur barang tersebut. Daripada hanya ongkang-ongkang kaki menunggu tracking cek resi, tanpa pengen tahu ketidakjelasan keadaan barang dagangannya sendiri, seakan-akan ingin memperlama case tersebut.

Pihak Tokopedia lamban dalam menangani case ini, menjanjikan tanggal 4 Juni 2024 akan proses pengembalian dana tapi diulur ke tanggal 7 Juni 2024. Lalu sekarang diulur lagi entah sampai kapan. Semuanya diulur, karena pihak seller menolak proses pengembalian dana, karena pihak seller merasa belum menerima barangnya. Padahal pihak seller saja yang terlalu malas untuk mempercepat komplain ini selesai, tanpa mencoba usaha lebih untuk push barang dagangannya sendiri agar bisa kembali lebih cepat kepadanya.

Barang sudah di depan mata, di kotanya sendiri, cobalah usaha ambil sendiri! Daripada menunggu kerja ID Express yang lemot seperti itu. Pihak seller Tokopedia Dacia Jaya Computer malah lebih sibuk untuk menjadi polisi moral, dengan menyuruh pihak Tokopedia menilai marah-marah saya tentang komplain tersebut.

Herru Ristian
Balikpapan, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Paket Diretur ke Penjual, Dana Belum Dikembalikan ke Pembeli

  • 11 Juni 2024 - (15:38 WIB)
    Permalink

    “Secara tracking sudah jelas barang tersebut tak menyentuh kota saya”

    maksudnya bagaimana yah?

    di gambar terlihat pada tgl 28 mei 2024 12.25 – Pesanan sampai di gerai BALIKPAPAN (MH BALIKPAPAN). (ID EXPRESS)

    • 11 Juni 2024 - (16:22 WIB)
      Permalink

      Kata org IDExprees balikpapan gini pak
      “di system ada status di Balikpapan
      karna sebelum di kirim ke bandara kita ada nama nya bagging,
      nah paket bpk ikut salah satu bangging tersebut namun ditolak krn dianggap barang berbahaya”

    • 11 Juni 2024 - (16:34 WIB)
      Permalink

      itu karna ikut bangging di coly barang lain yg udah sampe di Balikpapan makanya dia ada status di balikpapan

  • 12 Juni 2024 - (05:43 WIB)
    Permalink

    Semenjak Tokopedia berganti ganti kepemilikan & management, jadi aneh2.
    Saya juga sebagai penjual, ada barang tertukar karena kesalahan kurir sudah 1 bulan tidak kunjung selesai. Padahal hampir tiap hari kami penjual & pembeli komen2 aktif kayak pengemis. Rusak, yang jawab komen di pusat RESOLUSI kebanyakan RObot, mohon menunggu mohon menunggu doang.

    • 12 Juni 2024 - (12:09 WIB)
      Permalink

      Gak papa gan. Yg penting seller dan buyer sama2 aktif untuk memecahkan masalah krn kesalahan bukan dari seller atau buyer, kecuali seller satu ini sih, pasif banget

 Apa Komentar Anda?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Paket Diretur ke Penjual, Dana Belum Dikembalikan ke Pembeli

oleh Muhammad dibaca dalam: 3 menit
6