Aturan Pembatalan Pesanan Lazada Tidak Profesional

Pada tanggal 5 Agustus 2019 saya membeli sepatu di Lazada yang dikirimkan dari luar negeri (Cina). Sehari sebelum saya membayar pesanan,saya menanyakan ketersedian sepatu dan si penjual mengatakan sepatu tersedia. Lalu keesokan harinya saya tanyakan lagi dan meminta si penjual benar-benar menanyakan pihak gudang tokonya, si penjual juga menjawab sepatu tersedia. Lalu pada hari itu juga saya membayar pesanan saya.

Pada tanggal 6 Agustus 2019 si penjual memberikan nomor resi pengiriman barang ke Lazada. Status pesanan berubah menjadi “Pesanan anda akan diserahkan ke mitra logistik kami LGS”. Hampir setiap hari saya melihat status pengiriman pesanan saya. Pada tanggal 11 Agustus saya melihat status pengiriman pesanan tidak berubah juga, lalu saya menanyakan kepada si penjual kenapa status pengiriman pesanan tidak berubah juga. Si penjual mengatakan bahwa SEPATU TIDAK TERSEDIA dan meminta saya untuk membatalkan pesanan.

Lalu pada hari itu juga saya melaporkan ke Lazada melalui Customer Care Lazada dan memberikan bukti chat saya dengan si penjual serta meminta membatalkan pesanan. Setelah percakapan yang panjang, akhirnya pembatalan disetujui. Selang beberapa jam saya menunggu, tidak ada juga perubahan status pesanan saya. Lalu saya menghubungi Customer Care Lazada tapi dijawab oleh agent yang berbeda, terpaksa saya harus mengulangi kronologi kendala saya. Tapi agent yang ini menyuruh saya menunggu 3×24 jam untuk keputusan pembatalan.

Kenapa pihak Lazada malah mempersulit dan tidak membantu pembeli yang dikecewakan oleh penjual?
Lazada kan bisa melihat SEMUA BUKTI CHAT saya dengan si penjual. Kenapa Lazada tidak memeriksa nomor pengiriman yang di input oleh si penjual? Si penjual saja sudah mengatakan bahwa sepatunya tidak tersedia,berarti nomor pengiriman yang diberikannya itu adalah palsu/fiktif. Yang begini dikatakan online shop terbesar? Masalah seperti ini tidak bisa mereka periksa dengan cepat. Lagian uang yang mau dikembalikan itu adalah uang saya, bukan uang kalian (LAZADA).

Jeffry Napitupulu
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Penilaian Rata-rata: 2.7]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “Aturan Pembatalan Pesanan Lazada Tidak Profesional

  • 14 Agustus 2019 - (16:48 WIB)
    Terima kasih Lazada & Media Konsumen…
    Setelah surat/artikel keluhan saya dimuat di Media Konsumen dan segala keluhan yang saya sampaikan melalui chat CS Lazada,pihak Lazada menghubungi saya via telefon dan via email,mereka berjanji membantu menyelesaikan kendala saya.
    Pada tgl 13 Agustus saya di telefon oleh CS Lazada bernama Arfandi,dia mengatakan akan membantu membatalkan pesanan saya itu dan dana transaksi akan langsung di transfer ke rekening saya dengan estimasi 1×24 jam, PLUS saya mendapat voucher belanja senilai Rp75.000 masa berlaku voucher 30 hari sebagai kompensasi atas permasalahan saya.
    Dan pada hari itu juga pesanan saya dibatalkan dan saya mendapatkan voucher belanja Rp 75.000.
    Lalu pada tanggal 14 Agustus sekitar jam 15.48 dana transaksi saya sudah di transfer ke rekening saya.
    Penjual yang menyebabkan masalah ini sepertinya di blacklist oleh Lazada.Saya mencoba membuka daftar barang yg dia jual tapi semua produk yg dia jual kosong (tidak bisa dibuka).
    Saya berharap untuk ke depannya Lazada lebih cepat menanggapi keluhan pembeli karena barang yang dibeli oleh pembeli itu adalah penting/perlu bagi dirinya.Ketika barang yg dibelinya itu (berapa pun harganya) ada kendala,pembeli pasti merasa kesal atau kecewa apalagi jika pihak Lazada (aplikasi) kurang responsif mengatasi kendala itu maka si pembeli pasti akan merasa sangat kesal/kecewa.
    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Lazada & Media Konsumen.
  • 15 Agustus 2019 - (08:29 WIB)
    Ternyata Lazada memberi sanksi/blacklist kepada penjual (UKKS MALL) hanya 2 hari,jauh lebih ringan drpd rasa kesal dan kecewa yg saya alami selama 9 hari (menunggu pesanan, proses pembatalan pesanan sampai dana dikembalikan ke rekening bank saya).
    Kalau sanksi atau hukuman yg diberikan seringan itu, besok-besok bakal banyak penjual yg berbuat seperti itu (menyepelekan pesanan pembeli) maka semakin banyak lah pembeli yg akan kecewa.
    Dan pasti semakin banyaklah keluhan-keluhan pembeli di media sosial.
    Seharusnya sanksi yg diberikan Lazada kepada penjual itu harus berat agar tidak diulangi dan penjual lain tidak akan berbuat yg sama dan benar-benar serius menanggapi pesanan pembeli dan serius menanggapi pertanyaan pembeli tentang produk yg dia jual.
    Agar penjual mengerti bahwa barang yg dibeli pembeli itu adalah barang yg penting dan berharga (berapa pun harganya) bagi pembeli.

    Ini hanya sekedar saran dari saya kepada Lazada.

    Terima kasih Media Konsumen…

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Aturan Pembatalan Pesanan Lazada Tidak Profesional

Jeffry Napitupulu 1 menit
2