Hati-hati Belanja di Shopee

Saya adalah member Shopee dengan username: kurniawan189, yang kecewa dengan sikap Shopee yang sangat berpihak kepada seller, yang jelas-jelas salah dan telah menipu pembeli.

Pada tanggal 17 Mei 2021 saya melakukan pembelian pada seller thinshu berupa Black Nitril Nitrile Hitam Sarung Tangan Gloves Glove Pack, dengan Nomor Pesanan: 210517SWX8492Q senilai Rp.475.000. Pada judul tertulis jelas Black Nitril Glove, dimana saya ingin membeli sarung tangan hitam nitril. Namun barang yang saya terima pada tanggal 20 Mei 2021 bukan sarung tangan hitam, melainkan sarung tangan beraneka warna dengan berbagai macam ukuran dan jumlahnya kurang dari yang dijanjikan.

Lalu saya mengajukan pengembalian barang dan dana pada kolom komplain Shopee, pada tanggal 20 Mei 2021. Setelah saya melampirkan foto bukti barang yang dikirim, ternyata bukti yang saya ajukan ditolak oleh admin Shopee tanpa alasan yang jelas.

Padahal pada foto bukti yang saya ajukan jelas barang yang dikirim tidak ada yang berwarna hitam dan pada kolom chat saya dengan penjual, penjual mengatakan bahwa bila saya tidak berkenan warna lain, silakan saya mengajukan pengembalian dana.

Jelas dalam hal ini Shopee berpihak pada penjual, dimana dampak dari kasus ini adalah semakin banyak pembeli yang akan tertipu oleh penjual dan Shopee pun memfasilitasinya. Seharusnya penjual-penjual yang merugikan seperti ini akunnya ditutup guna mencegah banyak pembeli yang tertipu sekaligus menjaga citra Shopee sebagai online store no. 1 di Indonesia.

Hormat saya,

dr. Lo Kurniawan
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Mediasi Shopee:
[Total:427    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

37 komentar untuk “Hati-hati Belanja di Shopee

  • 25 Mei 2021 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Disini banyak juga lho seller yang yang menulis surat pembaca yang mengatakan sopi berpihak pada pembeli.

    27
    5
    • 25 Mei 2021 - (21:41 WIB)
      Permalink

      Intinya shopee ini menimbang dan memilih mana bukti yang paling kuat. Aku selama belanja di shopee ga pernah kecewa. Aku sering dapet entah itu produk yg dikirim salah, barang pesanan kurang lengkap atau salah warna. Yang penting kita ada bukti chat, video dan foto, itu pasti jadi bukti yang kuat.

      15
      13
      • 25 Mei 2021 - (23:48 WIB)
        Permalink

        Itulah pentingnya merekam saat unboxing karena hanya dengan bukti foto, mudah untuk dimanipulasi

        9
        1
      • 26 Mei 2021 - (07:36 WIB)
        Permalink

        Zalora aman nyaman original lagi kaga abal” prodaknya,kalo salah barang fast respond cs nya,cepat pula ngebalikin duit kita😄

        4
        6
      • 26 Mei 2021 - (19:04 WIB)
        Permalink

        Ya shopee bener lah.. pembeli seenaknya aja, transaksi udah selesai baru komplain. 2 hari batasnya Bos.

        Kecuali penjualnya mau terima di luar shopee, dan pembeli mau retur tanpa camour tangam shopee

    • 26 Mei 2021 - (06:19 WIB)
      Permalink

      Shopee tidak memihak siapapun, yang penting komisi untuk mereka sudah masuk, masalah yang terjadi ya biarkan saja. Saya pernah beli & jualan juga di shopee pernah merasakan tidak enaknya jadi di kedua sisi, mending ke tokopedia & bukalapak aja , kebetulan aplikasi dalam negeri kedua marketplace tersebut.

      19
      4
    • 26 Mei 2021 - (08:08 WIB)
      Permalink

      Saya juga seller plus buyer di shopee. Sebagai seller, saya juga pernah refund dana buyer bahkan pernah juga rugi akibat kesalahan kurir atau buyer itu sendiri yg kadang ga baca deskripsi, ekspektasi terlalu tinggi pengen kualitas wah tp harga murah, dll. Sebagai buyer pun sering pula dirugikan. Intinya, seller itu ada yg jujur, responsif, ada juga yg sebaliknya. Buyer pun sama saja. Klw dari shopeenya sih saya kira tergantung bukti.
      Di kasus ini seller salahnya mengirimkan barang gak sesuai tp sebetulnya kooperatif. Cuma bukti dari buyer kurang kuat, harus ada video unboxing, meskipun sebetulnya seller bisa saja mengiyakan. Masalahnya ketika diiyakan, dana otomatis langsung balik ke buyer padahal barang yg sudah terlanjur dikirim belum bahkan tidak dikirim dikembalikan ke alamat seller. Mestinya dana baru bisa balik ketika buyer konfirmasi barang sudah diretur via kurir yg sama. Ini pernah saya alami. Jadi gak benar klw shopee terlalu pro sama seller. Saya diminta kembalikan dana, tp barang ga diretur sama buyer. Udah uang dia balik, dapat barang pula. Ini sistem shopee yg kacau.

      11
      2
    • 26 Mei 2021 - (14:18 WIB)
      Permalink

      Saya pernah kejadian seperti ini,seller kirim barang tidak sesuai,sy tidak klik selesai pesanan,lgs sy komplain ke pihak seller via wa dan inbox lalu sy lapor jg ke pihak shope..disarankan klik pengembalian dana,dan ada pilihan barang akan dikirim balik sy klik.jangan ga dibalikin yah barangnya sama aja kita juga merugikan seller meski sellernya salah(gratis ongkirnya dan ada petunjuk dr shope)sy pilih kurir yg terdekat dr rumah,setelah barang sampai ke seller,pengembalian dana lgs masuk ke akun sy cuman catatan..ada cs cowok yg cuek bgt,sy lebih suka cs yang cewek..mereka malah sangat membantu sekali..selama sy menggunakan shope,sy tidak pernah dirugikan masalah pembelian barang.

      6
      3
  • 25 Mei 2021 - (17:06 WIB)
    Permalink

    Kalau dilihat dari chat nya, disitu penjual sudah mengatakan hitam kosong pukul 13 dan ditunggu konfirmasinya sampai jam 17, jika tidak akan dikirim warna lain, tapi pembeli membalas jam 20, berarti otomatis barang sudah dikirim. Menurut saya agak sulit kalau melakukan pengembalian karena alasan diatas cukup kuat juga. Semoga lain kali lebih berhati-hati.

    35
    4
    • 25 Mei 2021 - (19:47 WIB)
      Permalink

      Nah iya, penjual juga sudah konfirmasi hal itu. Jika ada konfirmasi begini, pasti si pembeli tidak aktif mengecek chat dengan penjualnya sehingga tidak reaktif ketika ditanya sedangkan penjual kehabisan waktu. Penjual juga tak bisa langsung main tolak pesanan karena pasti dihukum oleh ecommerce. Makanya produk tetap dikirim.

      Selain itu, penjual juga sudah berniat baik dengan menyatakan bahwa “kalau tidak berkenan, silakan ajukan pengembalian barang”. Berarti penjual menghimbau pembeli untuk mengajukan pengembalian lewat Shopee. Biasanyakan di e-commerce pasti ada forum penengah antara penjual – tim e commerce – pembeli. Dalam forum ini mereka akan berdiskusi untuk mencapai mufakat (pengalaman sy di tokopedia ini ada koq, pastilah shopee juga punya). Pertanyaannya adalah: apakah pembeli aktif di forum itu? apakah bukti semacam video unboxing, foto-foto paket sebelum dan setelah dibuka sudah diberikan dalam forum itu? biasanya nih ya, kalau sebuah bukti tidak lengkap, yaah you knowlah akhirnya gmn

      16
      4
      • 25 Mei 2021 - (21:49 WIB)
        Permalink

        Menurut saya penulis sudah aktif di forum pembahasan tapi si penulis ini belum mengklik UPLOAD BUKTI. Karena ada tulisan “periode pengumpulan bukti kamu sudah ditutup”. Dia hanya melampirkan foto di forum itu aja padahal sebenernya harus klik “UPLOAD BUKTI” lalu disitu kita diarahkan untuk mengupload bukti berupa video saat membuka paket,bukti chat dengan penjual,foto dsb bisa dicantumkan disitu. Aku pernah mengalami,asalkan kita punya bukti kuat,shopee pasti mengembalikan dana kita

        21
        3
        • 26 Mei 2021 - (06:46 WIB)
          Permalink

          benar kak, aku bbrp kali bermasalah dg seller dalam dan luar negeri, setiap “upload bukti” selalu dikembalikan kok dananya.

          5
          1
      • 26 Mei 2021 - (14:21 WIB)
        Permalink

        Ada forum diskusinya dishope ..setelah klik pengembalian barang ada kolom forum diskusi antara seller dan buyer

    • 25 Mei 2021 - (19:58 WIB)
      Permalink

      wajar shopee menangin penjual, ada bukti chat nya, lain kali pembeli harus hati² dalam pemesanan, tulis di keterangan batal jika tidak ada warna hitam

      18
      3
      • 25 Mei 2021 - (20:39 WIB)
        Permalink

        Bukti Chat penjual kuat gan, sudah info ke agan dan meminta konfirmasi. Malah menawarkan pembatalan sebelum barang dikirim.

        Apalagi kalau di deskripsi nya juga ada pernyataan , ” apabila stok warna kosong, akan dikirim warna lain/random” .
        Penjual lebih menang telak lagi.

        Sebagai pembeli, Lain kali biasakan tulis juga catatan order:
        “Warna / varian yg dipilih tidak ada= cancel”

        20
        2
      • 25 Mei 2021 - (21:26 WIB)
        Permalink

        Sy sebagai seller jg di shopee dan menurut sy Ini bukan mslh shopee berpihak sama siapa.klu kasus begini klu seller sdh setuju pengajuan pengembalian brg,cust harus mengajuannya dlm batas waktu itu 1x24jam sebelum sistem otomatis pelepasan dana ke seller.klu dana di lepas ke cust,pengembalian barang tdk berlaku lagi kecuali seller baik ht mau melakukan retur diluar shopee.Kecuali cust sudah mengajukan pengembalian dana tapi tidak di tanggapi seller dan mendadak shopee menolak sndr tanpa tanggapan seller baru namanya shopee memihak seller.Klupun cust sudah mengajukan pengembalian barang dan seller tdk merespon dlm batas waktu yg telah di tentukan maka shopee akan menyetujui pengembalian dana ke cust secara sepihak.Disini seller terlalu terburu2 jg mengirimkan pesanan,ya harusnya klu tdk ada tanggapan barang bisa di pending 1hr krn batas waktu yg diberikan msh lama,kecuali sameday yach(pengalaman pribadi sebagai seller).yaa…klu menurut saya salah cust sm seller sndr bukan salah shopee 😄

        8
        3
  • 25 Mei 2021 - (18:41 WIB)
    Permalink

    Wah cukup menarik, pantes menang penjual ada bukti bahwa hitam kosong dan jika tdk ada konfirmasi dikirim warna lain. semoga ada titik temunya setelah di post di MK gan.

    7
    2
  • 25 Mei 2021 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Ini sih salahnya penjual. Seharusnya penjual ga berhak memutuskan sepihak mau kirim brg yg beda dgn yg dibeli oleh customer sebelum ada persetujuan bersama. Walaupun ada batas waktu tp itu kan penjualnya yg menentukan sepihak jg & gimana kl customernya sibuk? Lebih baik penjual cancel daripada main putus sendiri kirim brg lain kyk gt.

    10
    34
    • 25 Mei 2021 - (20:49 WIB)
      Permalink

      Beberapa penjual menuliskan di deskripsi produk kadang suka di tulis: “warna kosong akan dikirim random, membeli = setuju”

      Kalau sebagai pembeli melihat tulisan itu, dan kalau memang preferensi warna sangat penting, mending cari toko lain yg tidak ada kalimat itu di deskripsi nya

      Pembeli adalah raja, tapi tiap toko juga punya aturan masing-masing. Ga bisa kita sebagai pembeli yg ngatur2, toko lu harus nya gini, harus nya gitu.

      18
      5
      • 25 Mei 2021 - (20:54 WIB)
        Permalink

        Oo ya sudah kalau bersikap kayak ga butuh pelanggan kayak gt. Faktanya apakah banyak konsumen yg merasa puas dengan kebijakan seperti itu? Kalau memang tidak peduli konsumennya kecewa & ga mau order di sana lagi ya silahkan saja.

        2
        22
        • 25 Mei 2021 - (22:25 WIB)
          Permalink

          Wkwk ya banyak kali bos yg beli kalo kayak gitu, seller HP contohnya, rata2 80% pasti buat jualan lagi jadi gak banyak mempermasalahkan soal warna, kalo gak mau cari deskripsi kek gitu ya cari toko lain, tapi nyatanya malah banyak yg milih toko yg warna random

          3
          1
        • 25 Mei 2021 - (22:27 WIB)
          Permalink

          Lagian kalo buyer sudah tau sibuk dan ada deskripsi kek gitu ya jngn maen tinggal aja, pesan kalo lagi gak sibuk, ini ibarat lu beli makan tapi belum ada kesepakatan malah maen ninggal aja

          5
          1
          • 26 Mei 2021 - (05:58 WIB)
            Permalink

            Sepertinya buyer tidak mengerti alur pengembalian barang, banyak sekali buyer yg tidak mau mengirimkan barangnya kembali karena selain bayar ongkir sendiri juga sdkit ribet harus mondar mandir ke expedisi membuat mrka ambil kputusan sndri shopee bla bla bla …

            4
            1
  • 25 Mei 2021 - (21:23 WIB)
    Permalink

    Kedepannya ditanya dulu via chat ketersediaan barangnya, terlebih ketika melihat deskripsi barang yg bakalan akan merugikan kita. Lebih baik dipastikan dulu.

    4
    2
    • 26 Mei 2021 - (13:03 WIB)
      Permalink

      baru kemarin saya juga mengalami hal yg sma barang kosong, akan tetapi penjual menghubungi saya lewat WA dan menginfokan barang kosong lalu saya jawab ya sudah cancel saat itu juga ada notifikasi pembatalan.

  • 25 Mei 2021 - (21:35 WIB)
    Permalink

    Sekedar berbagi pengalaman aja nih ya. Saya pernah mengajukan pengembalian dana di shopee karena pesanan saya tidak lengkap. Waktu itu Shopee mengembalikan dana saya dan langsung disetujui oleh seller. Menurut saya shopee adalah e-commerce yang tidak pernah mengecewakan. Dalam forum pembahasan diatas, sepertinya pembeli belum melampirkan bukti. Karena jika sudah tidak mungkin ada tulisan “Permohonan pengumpulan bukti kamu sudah ditutup”. Dalam forum pembahasan itu,harusnya klik UPLOAD BUKTI nanti ada form sendiri buat kita upload video dan foto. Disini pembeli hanya mengupload foto buktinya di forum itu saja jadi anda dianggap tidak melampirkan bukti apapun. Lagipula kalau dilihat dari kronologisnya, saya pun menilai seller juga sudah amanah.

    13
    4
    • 25 Mei 2021 - (23:10 WIB)
      Permalink

      Nah, indikasinya sy pikir juga begitu yaitu ketika pembeli dan penjual sudah dipertemukan oleh admin Shopee dalam forum diskusi, pembeli belum memberikan bukti yang diminta oleh admin Shopee sehingga penjual dimenangkan. Fyi ya gaez, sangat baik sekali bagi kita sebagai pembeli online shop untuk merekam foto dan video paket yang baru diterima dari kurir sebagai bahan bukti untuk naik banding jika ada masalah dengan paket yang diterima.

      3
      1
  • 25 Mei 2021 - (22:18 WIB)
    Permalink

    Coba lihat, deskripsi barang Black Nitril, kok ada penawaran warna random, dan pembeli ditunggu konfirmasi. Dan…. Bunda bunda belain si penjual, Karen sudah bener. Bunda bunda waras?
    Helloooowwwh… Situ Waras?

    8
    19
    • 26 Mei 2021 - (06:53 WIB)
      Permalink

      biasanya yg suka teriak “situ waras” ya orang ga waras. disini orang diskusi dan sharing pengalaman utk pelajaran bagi konsumen kedepannya, ambil ilmunya lebih baik drpd komen asal ngejeblak kayak ga berpendidikan.

      12
      3
  • 25 Mei 2021 - (22:53 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai seller di shopee mengalami hal yang serupa pembeli mengajukan pengembaliam tapi dari semua pengajuan tidak semua nya dimenangkan oleh saya sebagai seller jadi kalau shopee memihak seller saya rasa tidak tepat karena shopee mengambil keputusan sesuai bukti yang ada

    10
    1
  • 26 Mei 2021 - (04:13 WIB)
    Permalink

    Saya pelanggan shopee yang udah bertahun2 belanja mulai dari puluhan ribu hingga jutaan, tapi selama ini alhamdulillah gak gimana2, paling dulu pernah beli sampo 2 botol yang dikirim 1 botol, langsung aaya kirim email ke pihak shopee dan besok y 1 botol y dkirim ulang oleh penjual, saran saya kalau mau kirim bukti unboxing video pak 🙏, shopee udah baik banget malah sekarang memfasilitasi spayletter dan spinjam

    4
    2
    • 26 Mei 2021 - (14:41 WIB)
      Permalink

      “shopee udah baik banget malah sekarang memfasilitasi spayletter dan spinjam”

      ladang yang dimanfaatkan para penipu ………

      3
      2
      • 28 Mei 2021 - (00:32 WIB)
        Permalink

        Ladang penipun Shopee kan udah ada informasi nih jangan ngasih kode OTP ke siapapun jadi kalo ada yang ketipu ya dia mengindahkan anjuran Shopee donk

  • 26 Mei 2021 - (16:58 WIB)
    Permalink

    Maaf sipenulis disini, kurang memahami alurnya. Harusnya dari awal memastikan dulu barang ready atau tidak. Dan mengajukan pertanyaan2 lainnya, baru setelah dirasa cukup pasti, langsung lakukan order.
    dan melakukan complain juga sepertinya sipenulis kurang mengetahui alurnya.
    saya pernah beberapa kali lakukan return dan maupun barang tidak ada masalah.

  • 28 Mei 2021 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Kebiasaan dan terlena dengan kata-kata bahwa pembeli adalah raja, abis klik pesan trus hape nya di buang jadi ketika seller chat kasih tau kalo warna hitam kosong, si pembeli udah ngga baca lagi, akhirnya dikirimlah barang yang ada, merah kuning kelabu hijau muda dan biru……….

    Meletus balon hijau doorrrrr si pembeli baru baca chat dan balasnya jam 20 dan ternyata barang sudah otw ke alamat pembeli.

    Lainkali kalo merasa pesan barang online, hape nya di perhatikan, jangan langsung di buang, jadi kalo sellernya ada kasih tau update informasi terkahir terkait barang pesanan kita jadi kita bisa tau……..

  • 3 Juni 2021 - (03:13 WIB)
    Permalink

    Shopee cepat tanggap dalam merespons keluhan saya. Dan permasalahan saya dengan Shopee telah selesai dengan baik. Terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Mediasi Shopee?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Hati-hati Belanja di Shopee

oleh Dr. dibaca dalam: 1 min
37