Asuransi Tokopedia yang Dibayarkan Tidak Sesuai dengan yang Dijanjikan

Pada tanggal 3 September 2021, saya membeli 2 botol vitamin denga nomor invoice: INV/20210903/MPL/1556620769. Ternyata produk yang saya terima pecah 1 botol. Saya komplain melalui Tokopedia. Karena saya memakai asuransi Tokopedia, maka pada tanggal 10 September 2021, hasil resolusi dari Tim Resolusi Tokopedia adalah pengembalian dana sebesar Rp369.000 untuk 1 botol produk yang rusak/pecah. Dikabarkan dana akan masuk sekitar akhir September.

Pada tanggal 29 September 2021, dana yang masuk ke rekening saya dari Tokopedia adalah sebesar Rp250.000 (kurang dari yang dijanjikan, yaitu Rp369.000), selisihnya Rp119.000.

Saya melaporkan ke Tokopedia Care tanggal 30 September dengan nomor laporan: 31411560. Saya terus mem-follow up ke Tokopedia mengenai hasilnya, tapi dijawab masih dalam investigasi Tokopedia dan akan dikabari bila sudah ada hasil.

Sampai tanggal 12 Oktober 2021 hari ini, tetap tidak ada penyelesaian dan hasil dari Tokopedia. Malahan laporan saya tiba-tiba DITUTUP, dengan alasan tidak ada komplain lanjutan. Padahal saya menunggu kabar dari Tokopedia.

Bila saya mau komplain lagi, diminta buat laporan baru lagi, cerita ulang dari awal lagi dan kemungkinan akan ditutup lagi karena tidak ada kejelasan. Demikian seterusnya berulang-ulang, sampai capek sendiri.

Mohon Tokopedia lebih profesional. Pengembalian refund asuransi seharusnya sesuai dengan yang sudah diputuskan, dan bukannya pengembalian malah berkurang. Lalu saat ada laporan, tidak ada hasil dan tindak lanjut, malahan laporan ditutup sepihak.

Saya berharap dengan surat ini ada penyelesaian yang lebih PROFESIONAL. Refund asuransi yang SESUAI dan bukannya harus berulang-ulang buat laporan yang tidak mendapat hasil dan ditutup sepihak.

Ditunggu penyelesaiannya dari Tokopedia.

Imelda Kristanti
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Gw yakin RKI dari karyawan tokopedia itu 3 hari case closed. Klo keseringan lebih 3 hari case closed, naik gaji nya sedikit. Jadinya cepet2 deh case closed. Paham ente?

    • Kenapa harus komplain ke tokonya..?😥
      Saya rasa Sekarang penyelesaian masalah di tokped makin buruk..
      Bakar" uang tidak tepat sasaran..😂😂

    • Sellernya tidak mau menanggung kerugian seharga barang, karena pecah 1botol dalam pengiriman, dan karena pembelian pakai asuransi tokopedia, maka bisa klaim ke asuransi tokopedia. Sebenernya Sudah diputuskan oleh Tokopedia akan direfund utk 1 botol yang pecah, yang saya sayangkan, refund yang akhirnya saya terima kok tidak sesuai jumlahnya dengan yang sudah dikonfirmasi sebelumnya. Jumlahnya dikurangi. Saat saya tanyakan Tokopedia, tidak ada jawaban, hanya dijawab sedang investigasi, dan tiba2 ditutup laporannya.

  • Update hari ini, tadi Tokopedia care menelpon dan mengakui memang ada kesalahan dari Tokopedia, yaitu jumlah yang dibayarkan kurang. Menurut pihak Tokopedia, kekurangannya akan dibayarkan oleh Tokopedia dalam 2 minggu ke depan.
    Meskipun saya juga kecewa , refund kok lama nya pakai banget, Lebih dari 1 bulan , tetapi ya sudahlah saya tunggu saja. Semoga sesuai dengan yang dijanjikan, dan jumlah pembayarannya sesuai, tidak dikurang2i lagi.

    • turut prihatin. sebaiknya membeli barang pecah belah di platform marketplace, menggunakan kurir ojol instan/sameday, agar terhindar dr kasus tsb