Help Center Shopee Tidak Profesional

Saya pengguna aplikasi Shopee sebagai pembeli dan penjual. Bahkan status saya sebagai penjual sudah level “Star” di Shopee, dengan nama akun “angela.co”. Namun akun saya telah dibatasi sejak tanggal 10, karena indikasi melakukan pembelanjaan menggunakan promo dengan 2 akun yang berbeda.

Saya memang melakukan itu, tapi saya melakukannya dengan akun istri saya dan akun saya sendiri. Akun kami berdua asli dan aktif dipakai berbelanja dan berjualan. Semenjak ShopeeFood launching, kami berdua sama sekali belum pernah menggunakan ShopeeFood. Namun pada pagi hari tanggal 10 Oktober 2021, karena sedang ada promo Cashback 100% maksimal Rp20 ribu, saya mencoba untuk melakukan order ShopeeFood. Pada sore harinya, istri saya juga melakukan order dan menggunakan voucher cashback tersebut.

Keesokan harinya, akun kami berdua diblokir, dengan alasan menggunakan promo cashback dengan 2 akun yang berbeda. Padahal saya dan istri saya memang mempunyai akun Shopee yg berbeda, memang salah jika kami suami istri mempunyai akun masing-masing? Apa salah 2 akun yang berbeda menggunakan jaringan internet yang sama?

Tanggal 11 Oktober 2021, saya mencoba mengajukan banding untuk mengembalikan akun saya dan istri saya. Setelah saya mengirimkan form banding, saya mendapatkan email bahwa pengajuan banding telah diterima dan diproses 3 x 24 jam oleh admin bernama “Aldo”. Namun dalam balasan email yang saya terima, ditujukan ke atas nama akun “Figobonfilio”. Namun tidak saya pedulikan, mungkin salah kirim email.

Beberapa menit kemudian, saya mendapatkan email kembali (ke atas nama “Angela.co”), bahwa pengajuan banding sedang diproses 3 x 24 jam, dengan nama admin “Kama”. Nah ini betul akun saya, berarti yang pertama mungkin salah email.

Keesokan harinya, 13 Oktober 2021, saya mendapatkan email kembali bahwa akun saya tidak dapat dipulihkan. Namun lagi-lagi email yang saya terima atas nama “Figobonfilio”, dengan admin yang sama atas nama “Aldo”. Di sini saya merasa semakin aneh. Admin “Aldo” ini mengirimi saya email atas nama “Figobonfilio”, ketika saya balas email tersebut, barulah admin “Aldo” ini membalas dengan nama akun saya “Angela.co”, tapi dengan isi email yg sama, bahwa akun saya tidak dapat dipulihkan.

Sepertinya ada ketidakprofesionalan admin Help Center Shopee dalam menangani kasus seperti ini. Nama akun jelas-jelas satu hal yang tidak boleh salah, tapi saya 2x mendapatkan email dengan nama pengguna yang salah, dengan admin yang sama yaitu “Aldo”.

Pada hari yang sama, akun istri saya sudah bisa digunakan kembali, tapi akun saya dengan nama “Angela.co” tidak juga dikembalikan. Saya masih memiliki transaksi penjualan yang belum terselesaikan sekitar 2-3 juta rupiah.

Saya masih menunggu tanggapan dari pihak Shopee. Silahkan Shopee tutup akun saya, tapi tolong kembalikan dana yang ada di akun tersebut. Dana yang saya dapatkan hasil dari jerih perih saya. Saya berjualan halal, tidak merugikan siapa pun. Saya masih menunggu tanggapan Shopee sampai detik ini.

Christian Pardamean
Kab. Bandung, Jawa Barat


Update (16 Oktober 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut dari pihak Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Help Center Shopee Tidak Profesional

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Help Center Shopee Tidak Profesional

oleh C dibaca dalam: 2 menit
4