Blibli Memihak Kepada Penjual Tidak Jujur

Saya adalah pelanggan yang sudah beberapa kali belanja di Blibli, tetapi baru kali ini mengalami hal cukup aneh terkait keputusan Blibli.

Pada tanggal 29 April 2022 saya melakukan pembelian 1 unit produk smartphone Samsung Galaxy note 10 Plus 256 GB SNAPDRAGON Aura white, melalui metode VA Mandiri karena ada Edisi Snapdragon pada produk tersebut.

Pada tanggal 28 April 2022, saya menerima paketnya yang dikirim oleh kurir JNE Cashless. Seperti biasanya saya unboxing paket tersebut sambil direkam, agar punya bukti jika paket tidak sesuai yang dipesan.

Begitu saya cek IMEI-nya, ternyata smartphone sangat meragukan tidak sesuai dengan Website Samsung yang saya lihat unboxing aksesorisnya warna putih akan tetapi warna hitam semuanya dan sudah diaktivasi garansinya. Yang berarti saya dikirimkan barang hasil repack dan bisa dikatakan sebagai barang second karena segel sudah pernah dibuka dan garansinya sudah aktif. Padahal saat ditanya ke toko, dikatakan itu barang baru bukan repack.

Berikut hasil video unboxing dari saya:

Lalu saya langsung berniat mengajukan pengembalian produk yang tidak sesuai tersebut ke Blibli dengan pilihan refund voucher. Karena pilihan yang ada hanya ada “Refund Voucher” atau “Penukaran Produk”. dengan Nomer Pengembalian RMA542417

Saya tidak memilih penukaran produk, karena tidak ada jaminan bahwa produk akan diganti dengan yang benar-benar baru dan saya tidak mau direpotkan untuk membuat video unboxing berkali-kali.

Berikut hasil screenshot dengan toko sebelum barangnya dikirimkan:

dan berikut screenshot dari tokonya yang mau retur 1 juta karena mengaku barang repack:

Seharusnya dari pihak Blibli.com sudah bisa memutuskan bahwa totokeren sudah mengakui barang repacking dan bahwa totokeren mau mengembalikan uang saya 1 juta rupiah akan tetapi dari hasil tinjauan Blibli.com menyatakan:

Saya mengajukan komplain ulang agar ditinjau ulang, karena ini merugikan pihak pembeli, dimana unit tersebut telah terbukti adalah repack dan saya jawab semua pernyataan Blibli.com:

Blibli sebaiknya bijaksana dalam mengambil keputusan jangan mau percaya kepada penjual yang tidak jujur karena saya sudah mempunyai bukti dan sudah di cek juga oleh QC dari blibli.com dengan bukti email dari blibli.com sebagai berikut:

Ini adalah bentuk kekecewaan berat saya sebagai pihak konsumen Blibli yang telah dirugikan oleh totokeren kemungkinan besar saya tidak akan pernah belanja lagi selamanya di Blibli.com.

Semoga jangan sampai terjadi kejadian ini lagi untuk konsumen berikutnya.

Yoyok Prasetyo
Kabupaten Mempawah, Kalbar

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat Tanggapan Blibli Memihak Kepada Penjual Tidak Jujur

Pertama-tama kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Yoyok Prasetyo sudah mempercayakan pemesanan smartphone di Blibli.com. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Kami selalu konsumen olshop akan ikut memonitor kasus ini. Apabila tidak diselesaikan, kami akan menyampaikan boikot Blibli karena tidak mampu menjamin konsumen. Pasti... 2x24 jam saham hancur..

  • dusun blibli, dari pihak penjual saja sudah ngaku rekond dan siap return 1jt. berarti hpnya bukan segel dan new dan bisa dibawah harga 7jtaan. refund full sajaa gan

  • @BlibliCare Mantap jadi benar harus di ungkap ,kecewa dengan blibli ,penipuan dong

  • Wah....Blibli bikin kecewa lagi...mana tim terkait...blok aja penjual yg curang,

    • Tokonya namanya rosanshop? Di toko ijo juga ada itu.. Memang jualan nya hp non resmi setahu saya..

  • @Blibli,
    Kembalikan dana konsumennya. Jangan bentuk voucher karena blm tentu yg bersangkutan belanja lagi di platform tsb setelah kejadian yg menyakitkan ini.
    Penjualnya curang. Besar kemungkinan refurbished.

  • Jadi ragu belanja di Blibli, mending uninstall nie aplikasi daripada ketipu dikemudian hari

    • Setiap ada yg complain soal olshop, selalu muncul komen "jadi ragu belanja di bli2/sopi/toped/dll"
      Sebenarnya tergantung kita memilih toko sih, jujur atau gk,, lihat review2nya, apalah harga relatif mahal..

    • Saya sering belanja hp di sana, selama tokonya pilih yang disediakan Blibli aman, ga pernah ada masalah. Ini jelas ts belanja bukan dari toko yang dikelola sama Blibli langsung, namanya penipu macam ini mau di online atau offline pasti ada. Kamu beli hp di konter pun belum tentu dapat barang segel baru, apalagi yang cod dari komunitas fjb setempat. Jangan salahkan cara belanjanya.

      • PINTAR. Saya juga demikian.
        Soalnya saya pakai Blibli dari 2015 sampai sekarang aman. Pernah retur sekali karena kesalahan penjual itupun cepat dan lancar tanpa biaya tambahan.

    • Semua ada resikonya Bos… Baik Offline maupun Online. Meskipun kalau Offline itu resikonya minim. Tapi kalau online harga jauh lebih murah, asal pintar-pintar aja… Selama ini saya udah beli hp puluhan kali, baik di Shopee, Lazada, Blibli, Akulaku, Alhamdulillah semua aman. Sebelum membeli pastikan dulu, official store apa bukan, kalau bukan official store, di teliti dulu, baca deskripsi baik-baik, lihat feedback dari pembeli, barang apa aja yg dijual oleh seller, apakah barang-barang yg dijual ada hubungannya dg hp, dan sudah berapa tahun seller berjualan di e-commerce tsb, dan satu lagi, pilih yg lokasinya deket, dg estimasi pengiriman 1-2hari.

    • Lah tetangga saya yg gaptek beli hp di offline
      Ditipu ama toko katanya ibox

      pas dibawa plg suruh saya cek ternyata 10000% inter, pas dibalikin ketoko nya, si toko malah bilang ga bisa terima kembali barang yg sudah dibeli, kmudian si gaptek tadi mau jual kembali, malah dihargai 50%. Jadi gak slama nya blanja hp online selalu rugi. Mgkn situ aja yg awam

      Usahakan beli di official store walaupun online, atau jika di toko personal, liat & baca bintang 1 nya paling banyak krn masalah apa.

      Jdi orang harus melek teknologi, dunia sudah maju masih saja nyalahi sistem yang sudah online. Semua balik ke orangnya lagi, jika apes ya bearti memang lagi belum beruntung. Ga harus di online, di offline juga banyak yg apes klo emg lagi sial

      Mohon maaf jika ada salah kata

  • Pernah belanja di shop dengan kejadian yg sama malah memenangkan penjual, ternyata beli juga sama, untung ngak pindah kesana. Alasan international dan dikirim dari luar negeri itu sering banget alasan seller untuk menolak refund.

  • Semua ada resikonya Bos... Baik Offline maupun Online. Meskipun kalau Offline itu resikonya minim. Tapi kalau online harga jauh lebih murah, asal pintar-pintar aja... Selama ini saya udah beli hp puluhan kali, baik di Shopee, Lazada, Blibli, Akulaku, Alhamdulillah semua aman. Sebelum membeli pastikan dulu, official store apa bukan, kalau bukan official store, di teliti dulu, baca deskripsi baik-baik, lihat feedback dari pembeli, barang apa aja yg dijual oleh seller, apakah barang-barang yg dijual ada hubungannya dg hp, dan sudah berapa tahun seller berjualan di e-commerce tsb, dan satu lagi, pilih yg lokasinya deket, dg estimasi pengiriman 1-2hari.

  • Harus diViralkan. Saya dukung anda, karena bukti-bukti sudah sangat jelas dan kuat. Semoga masalah anda cepat terselesaikan dengan hasil yg memuaskan.