Uang Pembayaran COD Diambil Kurir, Shopee dan J&T Lepas Tangan

Saya adalah salah satu seller di Shopee, yang dirugikan sebesar Rp793.900,00 dengan nomor order: 220511UA1DT6JF dan nomor resi J&T: JP1759854928. Saya telah menjadi korban kenakalan kurir J&T, uang pembayaran COD hasil penjualan barang saya diambil oleh kurir J&T.

Kronologinya, salah satu pembeli saya melakukan pembelian produk di Shopee dengan menggunakan metode COD. Pembeli ini memang sering melakukan pembelian menggunakan sistem COD. Sebelumnya tidak ada masalah, tetapi kali ini saya bingung, kenapa barang saya belum juga sampai ke pembeli? Padahal pengiriman dari Jakarta menuju kota Depok, Jawa Barat, biasanya hanya 1-2 hari barang tersebut sudah sampai. Saya kirim barang tersebut dari tanggal 11 Mei 2022.

Karena merasa ada yang aneh (status kiriman dari tanggal 13-17 Mei selalu gagal), maka saya menghubungi pihak pembeli pada tanggal 19 Mei 2022 untuk menanyakan ada kendala apa. Alangkah terkejutnya saya, karena pembeli mengatakan bahwa barangnya sudah diterima dari beberapa hari yang lalu (asumsi saya sebenarnya barang tersebut sudah diterima pada tanggal 12-13 Mei 2022).

Namun di sistem Shopee, barang tersebut gagal antar terus. Ketika saya menghubungi call center J&T, mereka mengatakan bahwa barang tersebut dinyatakan HILANG. Bagaimana bisa dinyatakan HILANG? Barang tersebut sudah diterima dengan baik oleh pembelinya.

Saya pun memberitahu kepada pihak J&T bahwa barang tersebut sudah diterima dengan baik oleh pembeli saya dan memberitahu bahwa uang COD-nya sepertinya diambil oleh kurir mereka.

Adisti Maulida
Cilacap, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir J&T Express di Shopee:
[Total:598    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan J&T Express atas Surat Pembaca Ibu Adisti Maulida

Sehubungan dengan surat pembaca Ibu Adisti Maulida dengan judul “Uang Pembayaran COD Diambil Kurir, Shopee dan J&T Lepas Tangan” ,...
Baca Selengkapnya

50 komentar untuk “Uang Pembayaran COD Diambil Kurir, Shopee dan J&T Lepas Tangan

  • 23 Mei 2022 - (17:10 WIB)
    Permalink

    Kak, minta pembeli tersebut foto stiker resi pada paket barang yang diterimanya untuk dijadikan bukti. kalau memang kurir codnya nakal, mustinya bakal kena itu kalau ada bukti paket sudah diterima oleh pembeli.

    16
    • 24 Mei 2022 - (19:00 WIB)
      Permalink

      Saya pernah bayar ongkir transfer tp tetep di mintain cod sama kurir sampai debat krn di sistem jne pembayaran di pihak pembeli,sampai akhirnya tlfon cust servis jnt emang begitu di sistemnya berati yg salah di jnt nya bukan di kurir nya

  • 23 Mei 2022 - (18:17 WIB)
    Permalink

    klu gk ada bukti / foto paket n no resi percuma gan. banyak OKNUM NAKAL BUKAN CUMAN D J&T AZ. SHOPEE SUDAH BOBROK. BANYAK YG CUCI TANGAN.

    19
    5
    • 23 Mei 2022 - (23:37 WIB)
      Permalink

      Sama saya udah korban seller nakal pembayaran COD di j&t tp tdk ada tanggapan sama sekali dari seller dan j&t

    • 24 Mei 2022 - (06:08 WIB)
      Permalink

      Mungkin kronologinya bsa lebih lengkap. Karena hanya diakhiri dengan kalimat “Saya pun memberitahu kepada pihak J&T bahwa barang tersebut sudah diterima dengan baik oleh pembeli saya dan memberitahu bahwa uang COD-nya sepertinya diambil oleh kurir mereka.” belum menggambarkan judul “lepas tangan” apakah setelah ada laporan seperti itu gak ada tindak lanjut dari shopee dan j&t?

      15
      1
        • 25 Mei 2022 - (00:00 WIB)
          Permalink

          Maaf kak, di jnt peraturannya sangat ketat, saking ketatnya buanyak peraturannya dan wajib ijasah asli sebagai jaminannya,
          Kalo ente bilang jnt mengerjaka kan kurir saya sebagai mantan kurir saya gak terima kak,
          Biasanya langsung di ganti kok kak yg sabar aja telfon cs jnt lagi biar di potongin gajinya kurirnya buat gantiin uang kakak

          9
          2
        • 25 Mei 2022 - (21:44 WIB)
          Permalink

          Bang itu Kya maling kasar Lo…kita ga tau kan sistem jnt JNE cicepat antaraja klw boleh saran jgn lah pake Kya yg kasar kita kan ga tau kronologinya Kya apa sampean mau ga di ktain maling walaupun kenyataannya ga melakukan terimakasih

      • 25 Mei 2022 - (02:22 WIB)
        Permalink

        bener nih, sepertinya ada kesalahpahaman juga, klo dari yg saya baca di atas, kemungkinan kurir merasa paketnya hilang, mungkin lupa klo sudah diantar, soalnya klo di tempat sy kurir j&t paling rame barangnya

    • 24 Mei 2022 - (07:48 WIB)
      Permalink

      Wah kasihan seller nya kalau seperti ini..harus nya pihak shopee dan pihak j&t bisa lebih teliti

  • 23 Mei 2022 - (22:47 WIB)
    Permalink

    Pembelinya kenapa tidak klik pesanan selesai padahal sudah terima barangnya? Kan bisa selesaikan pesanan meskipun status pengiriman blm delivered.

    15
    6
    • 23 Mei 2022 - (23:22 WIB)
      Permalink

      Ini paket COD, harus menunggu statusnya delivered terlebih dahulu baru bisa di klik terima. Beda kalau kamu belanja pakai non COD.

      20
      • 24 Mei 2022 - (08:40 WIB)
        Permalink

        Shopee udah mau bangkrut jadi semua keluhan seller atau customer shopee ga bertanggung jawab,akun gw aja di bekukan setelah komplain keras padahal ada dana shopee pay,jadi buat yg lain hati2 karena keseringan komplain nanti akunnya di bekukan luh,soalnya pemilik shopee lagi turun merugi jadi akun2 yg saldonya banyak akan di bekukan untuk menutupi kerugian

        12
        4
    • 24 Mei 2022 - (07:27 WIB)
      Permalink

      Klu sistem cod tidak semuda yg anda pikirkan bosku. Trgantung update dri kurir yg antar paket.

    • 24 Mei 2022 - (07:49 WIB)
      Permalink

      Emang bisa klik selesai kalau dari pihak pengirim belum update status barang sudah diterima?

    • 24 Mei 2022 - (09:35 WIB)
      Permalink

      Ga bisa boskuh. Ane sering belanja pake cod. Ga bisa klik . Nunggu laporan dari kurir sedang menuju ke pembeli.tulisan diterima ga ada klo cod. Ente ga pernah cod ia. Males siapin uang . Kalau saya pke cod enaknya karena klo barang hilang diperjalanan kurir namanya orang pasti ada apesnya. Ga saya pikirkan. Kadang klo anter nya bisa sampai seminggu saya tolak. Saya suruh retur biar kapok bagian ekspedisinya.saya bisa beli tempat lain. Kalau terlalu lama banget. Kadang sama2 jakarta lama sampai seminggu w ga terima. Enaknya cod begitu. Klo kita lagi butuh barang bisa beli tempat lain. Klo kelamaan ga wajar . Jne aja sehari belanja besok pasti sampai klo masih dekat jakarta . Kayak tanggerang depok bekasi . Bertahun2 belanja di online paham

      5
      32
    • 24 Mei 2022 - (09:52 WIB)
      Permalink

      Enaknya cod mencegah dari penipuan. W pernah hampir ketipu waktu mau beli kipas angin judulnya cuci gudang lihat dikomen bagus kipasnya kasih lihat digambar. Seharga 25rb. Tahu donk cuci gudang itu apa
      .barangnya ada minusnya bisa jadi tombol pecah atau kipas pengok w pahamlah barang cacat pasti cuci gudang. Pas dateng bentuknya kecil diraba gantungan kunci. Lu mau harga gantungan kunci 2rb. Dibeli 25rb itu namanya nipu. Kan ada berita kemaren viral kurir selamatin pembeli cod . Jam tangan dipegang kempes angin doank. Bisa dibalikin. Itulah gunanya cod biar ga ribet di resolusi. Makan waktu . Belum pernah beli cod jangan asal ceplas ceplos aja. Klik diterima .koplak

      3
      27
      • 24 Mei 2022 - (09:59 WIB)
        Permalink

        Bacot lu banyak bener. Aku ga pernah bilang klik pesanan selesai kalau barangnya bermasalah. Ini kan pembeli sudah menyatakan terima barang & ga ada masalah jadi aku pikir kenapa ga klik pesanan selesai saja ternyata ga bisa kalau cod. Aku memang ga pernah pakai sistem cod jd apa salahnya bertanya?

        9
        1
        • 24 Mei 2022 - (22:57 WIB)
          Permalink

          Setau gw kalo pake COD itu meski pembeli langsung klik selesai saldo gak bakal masuk ke seller, prediksi gw sih berarti 100% nunggu update dr ekpedisi Terima uang baru di serahin ke marketplace baru dr marketplace saldo di serahin ke seller itu maka nya kalo jualan pake sistem COD kadang gak langsung masuk malah pernah saldo penjualan gw sampek lebih dr 1×24 jam baru masuk setelah pembeli klik selesai

  • 24 Mei 2022 - (00:11 WIB)
    Permalink

    samperin aja kak,gak terlalu jauh kan jakarta depok. buat pelajaran kurir kalo emang bgtu faktanya,bawa pembelinya cari kurirnya. ngandelin orang j&t mah gak ada solusinya. kalo adapun pasti lama.

    • 25 Mei 2022 - (10:04 WIB)
      Permalink

      Kalo hilang biasanya si kurrir nlpn ke pihak pembeli. Saya pernah beri barang online, waktu pengiriman paket saya hilang, dan si kurrir bersedia ganti. Artinya si pembelu gk usah bayar, terus saya di suruh pesan ulang.
      Itu

  • 24 Mei 2022 - (04:38 WIB)
    Permalink

    Heran…J&T kok doyan piara maling…jgn cm bs bilang itu cm oknum…selidiki trs naikin jabatannya🤣

  • 24 Mei 2022 - (05:56 WIB)
    Permalink

    coba kakak suruh pembeli untuk terima pesanannya, siapa tahu bisa. klo ga bisa kaka minta tlong pembeli untuk foto paketnya yg ada resinya trus gugat ke shopee, semoga berhasil

  • 24 Mei 2022 - (06:53 WIB)
    Permalink

    Saya pernah kyk gni ka yg ke cek ma saya 2-3x itu keterangan nya paket hilang klo saya Alhamdulillah diganti full seharga barang ke saya nya. Jd cust info klo udah bayar barang cod nya tp statusnya ga brubah diterima lama² stsusnya hilang klo g slah klo lebih dari estimasi pgriman.

    Saya udah info ke cs shopee & jnt nya nya slnya takutnya ke enakan itu kurir nya tau klo lbih dr estmasi pket dnytkan hlang n duitnya buat dia.

    Klo ke saya sih g rugi slnya dganti full tp g tau klo ke cust nya saya lupa nanya 😁

  • 24 Mei 2022 - (07:05 WIB)
    Permalink

    Saya juga kirim paket dari bali ke sulawesi paketnya selalu gagal, padahal sudah smpai dri tgl 18 mei, tetapi admin dsna tdk mau tau

  • 24 Mei 2022 - (07:44 WIB)
    Permalink

    Sabar bang kemarin lebaran ja paket saya juga hilang sudah 1 bulan belum sampai pakai jnt?

  • 24 Mei 2022 - (08:08 WIB)
    Permalink

    Lbh baik sbg seller jagan pakai COD
    Kapok sya aktifin COD baik di orange maupun hijau
    Yg orange da 2x barang dikirim tp stts gagal terus, trakhr tnyk ke kantor j&t trnyata paket dibalikin krna tidak ada penerima ( tidak ada yg kabarin klo paket dibalikin ke kantor sampe berhari2 )
    Yg hijau jualan pompa galon cma 29rb
    Barang da diterima pembeli tp stts tdk sampe2 ( masih dalam 1 kota )
    Trakhr komplain ke CS baru dibayar
    29rb ( untung 4rb ) bolak balik mintak ke CS
    Memang gak kerjaan klo jualan COD, CARIK KERJAAN IYAH

  • 24 Mei 2022 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Hapus aja system COD kebanyakan masalah… kan sering juga kurir dimaki maki sama pembeli yg tidak faham aturannya… dan banyak juga kurir tidak membayarkan uang yg diterimanya… bilang hilang ganti rugi 10x lipat dari ongkir selesai… kalau barang mahal kasihan penjualnya walupun sudah pakai asuransi.. urusnya sulit dan lama..

  • 24 Mei 2022 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Sudah tidak aneh lagi, banyak oknum di JNT, banyak yang nyari sampingan dengan cara demikian di perusahaan expedisi yang menerima COD. Makanya saya TOLAK semua pemesan dengan sistem COD.
    Sistem shopee juga sudah bobrok parah, pemiliknya juga udah hampir bangkrut, barang sudah dikirim tapi masih dibatasi waktu pengirimannya, jika melebihi waktu tersebut maka uang hangus, padahal kan dia juga menyingkronkan status pengiriman dengan expedisinya langsung. Lah kenapa ada batas pengiriman kepada barang yang sudah dikirim? Jelas2 merugikan penjual. Lebih baik hengkang saja dari indonesia tuh si shopee. Dari dulu gw mah kagak suka jualan di situh.

  • 24 Mei 2022 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Apakah ada paguyuban/grup atau apapun yg bisa menaungi korban-korban (seller, buyer,/kurir) dari masalah yg diakibatkan oleh sistem jual beli di e-commerce??? Mungkin jika ada beberapa korban yg bisa membawa masalah-masalah seperti ini atau yg serupa ke ranah hukum/pengadilan, bisa menjadi efek jera bagi oknum-oknum nakal atau bahkan perusahaan itu sendiri. Dan bisa menjadi rujukan bagi majelis hakim untuk mengadili masalah yg serupa dikemudian hari. Kalau hanya dikasih ganti rugi (biarpun full) masalah yg serupa bukan tidak mungkin akan terulang kembali. Kalau dibawa ke pengadilan, korban kan bisa minta ganti rugi materiil dan non materiil karena waktu dan tenaga yg terbuang.

    4
    1
  • 24 Mei 2022 - (10:31 WIB)
    Permalink

    Kurir dari ekspedisi selain JNE itu bkn karyawan tetap dan pendapatan mereka mgkn tdk mencukupi, bs jadi dari situ mereka cari kekurangannya. Miris emg, di sisi lain banyak yg bnr2 ingin kerja walaupun nanti tdk mencukupi tp setidaknya tdk nganggur, tp ini yg sdh kerja malah ga bnr kerjanya karena gaya hidup jg.

    • 24 Mei 2022 - (12:55 WIB)
      Permalink

      Semua ekspedisi LG bnyk yg trouble smnjak bulan puasa ya karena bnyak kurir tetap dipecat2in buat ngurangin biaya THR ga sicepat, JNT, JNE, ya akhirnya kerasa kan ekspedisinya nyari freelance susah malah jdnya maling yg jd kurir. Bkn gmn2 tp klo dr bwh aja dah ancur siap2 keatasnya bubar. Yg belanja online bnyak yg nganter paketnya blm tentu ada. Pusing sendiri akhirnya

  • 24 Mei 2022 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya sebagai buyer kalau cod nilainya besar memang suka dimainin status pengirimannya, kadang bisa gagal kirim berhari-hari. Makanya pas barang diterima saya suka chat langsung ke seller pada hari itu juga, kasihan kalo mereka nunggu apalagi kalau nilainya diatas 500rb dan kalau ada masalah seller bisa langsung bertindak sebelum terlambat.

  • 24 Mei 2022 - (21:00 WIB)
    Permalink

    Itu spv jnt nya juga bermain, soalnya dia bisa tracking paket juga & dia tau kurirnya nyolong. Mungkin teman dekat spv nya atau ntahlah

    • 24 Mei 2022 - (21:52 WIB)
      Permalink

      Begini ini yang mencoreng nama baik kurir barang apalagi yang kerja jujur, yang salah jelas j&t yang ttp biarin kurir geblek kek gtu kerja. Laporin polisi klo perlu klo jnt ga ada tindakannya

    • 25 Mei 2022 - (00:12 WIB)
      Permalink

      Setuju.. emang banyak yang *******, gue pernah kejadian begitu, langsung bawa polisi lapor ke JNT pusat juga, langsung di pecah & penjara (penggelapan)

  • 25 Mei 2022 - (07:23 WIB)
    Permalink

    Sy pernah berkali2 di kecewain oleh pihak jasa kirim j&T, barang di taro di depan rumah padahal orangnya ada aj di rumah…yang terakhir bulan mei ini yg bikin kecewa adalah paket sudah sampai 3 hari yang lalu tp tidak diantar kemudian sy pantau di aplikasi Shopee bahwa pesanan diantar oleh pihak J&T kealamat sy, di tunggu dr pagi sampe malam tetapi tidak diantar, sy pantau lagi melalui aplikasi Shopee ternyata keterangannya sudah berganti menjadi paket sudah diterima oleh saya, padahal paket tersebut belum sy terima sama sekali…ketika sy labrak ke pihak J&T alasannya ada kesalahan tidak sengaja kepencet pesanan di terima oleh pihak J&T…jd sy protes keras masa 2 paket kok salah pencet semua apalagi 2 paket ini dari wilayah berbeda, satu dari jawa dn satu dari Kalimantan. Menurut sy kurangnya kepedulian dn tanggung jawab oleh pihak J&T terkait.

  • 25 Mei 2022 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Itulah kenapa saya ga pernah mau pake sistem COD toh sama2 bisa komplen jika produk bermasalah ini peringatan juga buat seller kl COD uda sering masalah..jd ngapain pake transaksi yg bnyk resikonya seperti ini..mending pake sistem pembayaran yg ada jauh lbh aman customer juga bisa langsung selesaikan order jika sdh di terima aman.

  • 26 Mei 2022 - (14:08 WIB)
    Permalink

    Dulu pernah punya pengalaman ketika menjadi buyer di shopee dengan system COD dan kebetulan ekspedisinya J&T.
    Jadi katakanlah si kurir A yang sering mengantarkan paket ke alamat kantor, tapi giliran ada paket system COD yang anter kurir B. Singkat kata barang diterima uang saya kasih.

    Selang beberapa hari resi pengiriman tidak berubah masih belum terkirim, sampai2 pihak seller bertanya via chat menanyakan apakah paket sudah sampai, karena memang sudah sampai saya bilang sudah sampai. Baru beberapa hari kemudian statusnya terkirim

    Iseng2 tanya ke kurir A ketika mengantar paket karena sudah kenal dan lumayan dekat kenapa bisa kayak gitu, di jawab lah klo hal semacam itu bisa jadi dilakukan oknum yang sedang “BU” Dengan modus dimainin (dipending) agar uangnya bisa di pakai dulu.
    Itu pengalaman saya sih.

    Tapi memang riskan sih saya juga kalo jualan di shopee apalagi jualan barang mahal, karena kurir tau kalo jualan di shopee gak ada asuransi, dan maksimal 10x pergantian aja.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 50 komentar sampai saat ini..

Uang Pembayaran COD Diambil Kurir, Shopee dan J&T Lepas Tangan

oleh adisti maulida dibaca dalam: 1 menit
50