Tim Mediasi Shopee Tidak Sportif

Terima kasih kepada mediakonsumen dan para pembaca.

Berikut adalah keluhan saya terhadap team Shopee yang saya anggap tidak profesional. Kronologi berawal saat saya membeli produk dengan NO. PESANAN. 220701A2V2XXXX pada tanggal 1 Juli 2022 tetapi produk yang saya beli tidak sesuai deskripsi.

1.Saya membeli ukuran sama-sama S tetapi yang dikirim beda ukuran (sudah saya kirim video dan foto )
2 Kualitas premium tapi jahitannya ngawur dan bahan sangat tipis
3 Saya diblokir penjual

Saat mediasi tim Shopee saya meminta pengembalian barang dan uang tetapi penjual ajukan banding mengembalikan uang hanya 200 PERAK dan itu langsung di ACC Oleh Shopee dan saya harus mengupload kerusakan kembali

Berikut adalah bukti-buktinya

Berikut salah satu bukti ukuran (berupa foto) membeli 3 produk pada toko yang sama. Ukuran S lebih besar daripada ukuran M

Berikut video produk:

https://drive.google.com/file/d/1HNLRyXDdfqVa2CQ0csJYfZN8sHXVfcgw/view?usp=sharing

Rudy Pradana
Sidoarjo

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

34 komentar untuk “Tim Mediasi Shopee Tidak Sportif

  • 3 Juli 2022 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Coba cek deskripsi ada ukuran P×L tidak ?
    Bila tdk jelas penjual menang karna pembeli tdk bisa ksh ukuran Real yg diterima dgn ukuran deskripsi, terus itu baju branded kah harga 300k kalo bkn berarti anda sdh ditipu lagi

    1
    1
    • 3 Juli 2022 - (19:59 WIB)
      Permalink

      Saya membeli produk beberapa 1 Tuko Ukuran sama tapi datang nya beda semua. Dari foto dan video sudah sy jelaskan tetapi pihak shopee entah gimana kok langsung banding di tolak. Lucunya banding yg di terima saya kembalikan barang dan sy cuma dapat 200 atau 300 perak bukan rb

      • 5 Juli 2022 - (01:37 WIB)
        Permalink

        Maaf melenceng , sy Seller jamu dua singa, dipinterin ma team shopee jamu yang saya jual katanya tidak berijin bpom.. Saya yg jual masa team shopee yang pandai.. Menurut saya BPOM urusan BPOM dan pasti saya sebagai seller mengantongi ijin bpom dari pabrik.. Dibilang ga terdaftar.. Apa team shopee ngeCek nya ke kantor pos kali yah.. Balas chat ulang ulang gitu terus intinya tidak terdaftar, diemail dijelaskan di tlp saya ga angkat lha wong jelas cuma mc asal bunyi.. Krn dapat poin atau bayaran kali jd main nuduh nuduh seenaknya dan ga adil. Harus diganti manusia manusia seperti itu kalau shopee mau maju bukan menjadi citra shopee ambruk.

    • 5 Juli 2022 - (01:22 WIB)
      Permalink

      Ah team shopee mang aneh.. Banyak kecewa seller maupun penjual.. Ntar juga bangkrut kl ga di rubah manusia nya..

      3
      1
  • 3 Juli 2022 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Di deskripsi penjual sudah menulis:

    Jadilah Pembeli Yang Menganut Prinsip
    ” Ada Harga Ada Rupa “

    1
    1
    • 3 Juli 2022 - (20:30 WIB)
      Permalink

      Harga berpa rupa seperti apa.
      Yg kurang bijak saya atau pembeli sampai di blokir akun saya dan tidak bisa chat

      3
      3
  • 3 Juli 2022 - (23:00 WIB)
    Permalink

    Dah kapok beli produk baju & sepatu di shopee, byk reseller & brand gk jelas, blm lg barang aspal. Sekrg klo fashion sukanya beli di zalora, original, wlo tanpa fitur chat tp no drama. Juga wlo gk ada cashback tp diskonnya lumayan, lbh murah jatuhnya drpd di MP lain wlo sama2 official store. Return & refund mah gampang, asal tag msh ada, bungkusnya dbuka rapi. Dan sptnya zalora gk ada reseller, hanya merek & distrubutor resmi yg ada.

    Prinsipnya skrg sih klo beli barang elektronik jutaaan di Tokopedia, asuransi jelas. Beli pakaian $ sepatu di zalora. Ke shopee ya beli barang dibawah 100ribuan, freong tanpa minimun transaksi wlo skrg kebanyakan minimal 120rb, msh silver di shopee, klo di Tokopedia mah udeh diamond.

  • 4 Juli 2022 - (02:06 WIB)
    Permalink

    Nama tokonya apa?
    Kasih Taulah biar tersebar, biar bangkrut itu tokonya. Dana dikembalikan 200 perak itu namanya penghinaan.

    10
    • 4 Juli 2022 - (22:30 WIB)
      Permalink

      Kalau menurut saya belanja fashion di Tokopedia aja karena barang original sesuai pesanan dan pengiriman cepat kurir ramah si penjual jujur sesuaikan barang si konsumen yang ingin di beli, kalau di shopee saya tidak berani beli barang fashion karena sudah banyak korban karena harga murah dan tergiur jadi lah ke cekcokan para konsumen

  • 4 Juli 2022 - (04:56 WIB)
    Permalink

    Jarang sekali liat komplain tokped di media konsumen. Mayoritas shopee baik seller maupun pembeli

    • 4 Juli 2022 - (07:34 WIB)
      Permalink

      Saya jga pernah ngalamin beberapa kali hal yg serupa d mp yg sama.. Alhamdulillah selalu menang..karena memang saya ga salah malahan pihak yg dirugikan..
      Intinya klo kita udh masuk k ranah ‘Sidang’.. kita harus sudah siap kan semua bukti.. dan musti ngotot sengotot nya..hehe..
      Itu berdasarkan pengalaman saya aza sih?

      1
      1
      • 4 Juli 2022 - (16:32 WIB)
        Permalink

        Ini bukti udah ada dan sepihak shopee memutuskan tanpa minta kinfirmasi Tau bukti lain. Pdhl bukti da jelas bget

        • 4 Juli 2022 - (22:33 WIB)
          Permalink

          Memang bang pihak shopee tidak mau banyak cekcok karena takut rugi beda jauh sama Tokopedia karena Tokopedia bisa di return barang meskipun sudah di lihat oleh si pembeli tapi bukti sudah ada Poto sama video bisa di kirim langsung ke kantor pengiriman dan sampaikan ke penjual nya

  • 4 Juli 2022 - (05:35 WIB)
    Permalink

    Kampret memang kelakuan penjual & pihak mediasi dimarketplace ini kalau ada masalah dgn jualannya. Ke MP ini cm buat komper harga aja.

  • 4 Juli 2022 - (06:27 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya pihak pembeli bisa ubah pengajuan jadi ke pengembalian barang lagi. Jangan pernah klik minta banding. Krn admin shopenya itu gak akan menengahi permasalahan komplain secara fair. Beda sama tokopedia sumpaf fair banget. Ampe curiga admin shope lulusan esde. Kirain permasalahan banding begini hanya merugikan penjual, ternyata pembeli juga yam parah sumpag

    2
    1
    • 4 Juli 2022 - (16:31 WIB)
      Permalink

      Yg minta banding seller dan banding uang di balikan 300 perak dan barang di balikin. Dan langsung di close dan di terima shopee

  • 4 Juli 2022 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah kasus yang sama di Shopee. Ngaku kaos premium underarmour, keluarnya barang abal-abal! Untung waktu itu penjual mau mengembalikan barangnya. Setelah itu uangnya dikembalikan.

    1
    1
  • 4 Juli 2022 - (09:49 WIB)
    Permalink

    MP China, sudah pasti yang dijual yah produk branded KW made in China lah, penjualnya senang karena cuan nya gede, MP nya juga dapat image bagus karena barang yang di jual oleh seller nya branded ?

    Saya sudah lama putus hubungan sama MP yang satu ini. Cukup pake si Ijo dan si merah aja……..

    1
    5
    • 5 Juli 2022 - (22:11 WIB)
      Permalink

      Ngomong ngaco anda itu bos. Market place isinya orang dari mana2, rasnya juga macem, kok anda generalisasi MP cina jual kw cina, mabok anda? Saya dan istri orang jawa, istri reseller dan mitra shopee, jual baju dan kebutuhan rumah tangga lain, yg dijual istri saya ya barang lokalan seperti bandung, yogya, surabaya dsb, dan tdk jual kw cina sperti omonganmu itu.
      Di MP manapun pasti ada penipu atau promo yg samar/menjerumuskn, saya pengguna tokped ya sering juga nemu yg kayak gtu. Kalau anda merasa tokped lebih baik dari shopee itu sah2 aja, saya pun setuju untuk bbrp hal. Tapi kalau anda label shopee sbg MP cina yg dagangannya kw asal cina, anda salah besar bos… Krn MP lain juga banyak penipu n barang kw bahkan MP yg slogannya ‘pasti ori’ itu.

  • 4 Juli 2022 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Kl beli barang branded, ori ya di mall. Kl di toko biasa banyak palsunya, tp ada juga toko biasa yg jujur, misal menulis barang KW, dll.

  • 4 Juli 2022 - (16:15 WIB)
    Permalink

    Menurut saya, Kekalahan pada proses komplain karena buyer tidak bisa menunjukkan bukti unboxing yg terdapat resi pengiriman. Bukti video unboxing itu yg paling penting. Yg kedua, alasan pengembalian itu penting. Saat membuat suatu alasan komplain, buat narasi yg menggiring opini admin Shopee sesuai tujuan kita. Kalau barang size S lebih besar dari size M, maka narasinya itu adalah barang Palsu. Memalsukan dan menjual suatu brand itu pelanggaran ketentuan jual beli di Shopee.
    Sebelum komplain, diskusi dgn cs, bisa pakai akun lain untuk menanyakan sesuatu mengenai produk tersebut. Dan jika hasil diskusi menguntungkan bisa dijadikan bukti.

    Masalahnya saat ini bukan hanya penjual yg nakal, pembeli pun ada yg nakal.
    Ada pembeli yg ganti isi paket sebelum video unboxing dilakukan, kemudian komplain. Untung dia serakah, hampir semua pesenan dia di toko lain pun dikomplain hal yg sama, akhirnya saya berhasil mencari bukti kecurangan dia.

    • 4 Juli 2022 - (16:29 WIB)
      Permalink

      Bukti unboxing ( Melalui Grap dan hanya si kasoh tas kresek ) dan sdh sy video
      Alasan Komplain ( Sudah jelas Jahitan amburadul dan ukuran tidak sesuai . Kenapa tidak sesuai. Saya beli 3 Produk yg sama di toko yg sama )

      Pembeli nakal ( Klo pembeli nakal knpa chat di blokir dan hanya mengembalikN uang 300 perak dan barang harus di balikin ) jadi klo pembeli g teliti klik konfirmasi alamat pembeli hanya terima 300 perak

  • 4 Juli 2022 - (22:05 WIB)
    Permalink

    Saya setuju dengan opini ini, kemungkinan yang salah ada di proses komplaint. Jika memang pembeli mengajukan pengembalian dengan alasan barang tidak sesuai harusnya bisa memberi bukti ketidak sesuaian nya. Kalau dilihat chat pembeli dan penjual di sana penjual memang sudah mengirimkan pesanan yang sesuai ukuran. Disini pembeli memberikan opini pribadi merasa ukuran s yang dikirim terasa kebesaran, harusnya pembeli memberikan bukti berupa ukuran baju menggunakan meteran dan bandingkan dengan deskripsi foto sehingga bukti jelas tidak hanya sekedar opini pribadi dari pihak pembeli yang kurang puas. Dan disini juga pembeli merasa barang yang dibeli tidak orisinil karena jaitan amburadul. Jaitan amburadul bukan bukti yang valid menyatakan barang orisinil harusnya bisa memberikan perbandingan jelas barang yang dibeli dan barang asli dan berikan perbandingan keduannya. Saya sebagai orang awam pun bisa menyimpulkan barang yang dikirim sudah sesuai kalau seperti ini. mungkin seharunya pembeli mengajukan pengembalian dengan alasan barang yang di terima rusak den bisa menunjukan bukti dengan melampirkan foto jaitan yang amburadul. Sulit memang berbelanja online terkait ukuran karena di MP mana pun jarang sekali yang bisa melakukan penukaran karena salah ukuran, jika pun bisa ini merugikan pihak penjual karena rawan sekali terjadi penipuan. Semoga ada jalan keluar yang baik, sedikit saran untuk pembeli terkusus pembuat surat pembaca bisa lebih ramah dan tidak menyalahkan dan merasa benar sendiri. Dan satu lagi kedepannya saya sarankan penulis atau pembeli lebih baik beli langsung ke pasar aj deh kasian kalau gini penjual bisa di rugikan karena tidak ada sensor dan sama saja menyebar data pribadi. Semoga juga untuk media konsumen bisa lebih bijak menerbitkan surat pembaca menjaga privasi data yang nantinya merugikan orang lain.
    Terima kasih

    • 5 Juli 2022 - (12:06 WIB)
      Permalink

      cek postingan. saya membeli produk yg sama ukuran sama di toko yang sama dan yg datang beda jahitan acak2an jg

 Apa Komentar Anda?

Ada 34 komentar sampai saat ini..

Tim Mediasi Shopee Tidak Sportif

oleh SLD Management dibaca dalam: 1 menit
34