Barang Hilang Saat Pengiriman, Dana Klaim Tidak Diteruskan Lazada Lebih dari 2 Bulan

Surat pembaca ini kami tujukan kepada Lazada, yang masih menahan dana atas penjualan kami lebih dari 2 bulan, sejak tanggal 1 Juni 2022 dan tidak ada kejelasan hingga saat ini. Besar harapan kami agar permasalahan yang kami hadapi bisa segera diselesaikan dan dana penjualan yang merupakan hak kami pun bisa segera dibayarkan.

Kasus ini bermula ketika toko online kami di Lazada, dengan nama Jims modern living, ID Toko: ID103RR, diberitahu bahwa kami mendapatkan pesanan dengan nomor pesanan: 865402318335992 dan resi pengiriman Ninja Xpress: NLIDAP1445277333. Setelah pesanan diproses dan dikirimkan, terdapat kendala oleh jasa kirim yang menyatakan bahwa produk tersebut dinyatakan hilang.


Namun sehari setelah dikonfirmasi atas kehilangan tersebut, tiba-tiba toko kami dinonaktifkan dan dikenakan pelanggaran sebanyak 48 poin, tanpa alasan yang jelas dan pembayaran atas transaksi kami pun di tahan oleh Lazada.

Pihak Lazada pun meminta kami untuk mengajukan banding atas penonaktifan toko serta penahanan pembayaran atas transaksi tersebut. Kami sudah mengirimkan banyak email banding dari tanggal 3 Juni 2022. Namun dana atas pesanan dengan nomor pesanan: 865402318335992 dan resi pengiriman Ninja Xpress: NLIDAP1445277333, masih ditahan oleh pihak Lazada.

Padahal info dari pihak Ninja Xpress telah menyatakan bahwa memang benar mereka yang menghilangkan barang tersebut dan sudah meneruskan dana klaim kehilangan sebesar Rp4.282.000 kepada Pihak Lazada. Kami sudah konfirmasi langsung melalui CS Ninja Xpress Call Center dan pihak Ninja Xpress meminta kami untuk melampirkan bukti last tracking resi kami pada web mereka untuk membantu proses penerusan dana atas barang hilang kami kepada pihak Lazada.

Kami sudah mengikuti arahan baik dari Ninja Xpress maupun Lazada itu sendiri, hingga pada tanggal 27 Juni 2022, email banding tersebut dibalas. Namun ajuan banding kami ditolak dan dana kami tidak akan dibayarkan oleh Lazada, dikarenakan kami dituduh melakukan penipuan dan kecurangan yang tidak dijelaskan atas dasar apa dan tanpa melampirkan bukti apa pun.

Hingga hari ini kami pun masih terus mengajukan banding dan mengirimkan bukti bahwa kami sudah memproses transaksi kami sesuai dengan pesanan yang ada (sesuai gambar terlampir) dan tidak melakukan penipuan apa pun. Lalu apa yang membuat pihak Lazada tetap menolak ajuan banding kami?

Di sini kami sebagai seller sangat merasa dirugikan, karena barang kami hilang, akun kami dinonaktifkan dan dana atas barang hilang kami pun tidak dibayarkan. Padahal sudah jelas bahwa barang kami hilang atas kelalaian dari pihak jasa kirim dan pihak jasa kirim juga sudah mengganti rugi. Namun mengapa penjual yang dirugikan dan saldo kami masih tetap ditahan oleh Lazada hingga saat ini?

Mohon kepada Lazada untuk itikad baiknya dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dan segera memberikan hak atas pesanan kami yang mana sudah dibayarkan oleh pihak Ninja Xpress itu sendiri.

Netty Sutanto
Balikpapan, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:23    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Lazada perihal Surat Pembaca “Barang Hilang Saat Pengiriman, Dana Klaim Tidak Diteruskan Lazada Lebih dari 2 Bulan”

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen tertanggal 25 Agustus 2022, mengenai “Barang Hilang Saat Pengiriman, Dana Klaim...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Barang Hilang Saat Pengiriman, Dana Klaim Tidak Diteruskan Lazada Lebih dari 2 Bulan

  • 26 Agustus 2022 - (14:21 WIB)
    Permalink

    Wow, sadis amat itu Lazada. Itu marketplace calon bangkrut. Paling setahun lagi gulung tikar.

    7
    1
  • 28 Agustus 2022 - (14:26 WIB)
    Permalink

    Jualan di si ijo masih aman bozzz pengeklaiman juga enak asal Uda ada verifikasi dari pihak jasa antar

    Moga cepet selesai masalahnya

  • 28 Agustus 2022 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Marketplace bobrok Customer Service-nya juga bobrok, jangan heran kualitas marketplacenya begitu.

  • 30 Agustus 2022 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Update : 30 Agt 2022

    Pihak Lazada sudah menghubungi kami, tapi tetap tidak ada itikad baik untuk mengembalikan barang kami yang hilang, ataupun mengembalikan Dana yang telah Di bayar kan oleh pihak ekspedisi.

    Pihak Lazada malah menuduh kami atas pesanan sebelumnya yang sudah selesai bahwa kami melakukan tindakan penyalahgunaan klaim, di lain posisi kami sama sekali tidak melakukan klaim apapun dikarenakan transaksi tsb langsung terupdate otomatis saat pihak ekspedisi mengupdate jika barang kami dinyatakan hilang dalam pengiriman. Seharusnya pihak Lazada melakukan investigasi kepada pihak Ekspedisi yang mana sudah berulang kali melakukan kesalahan yang sama bukan malah menuduh seller dan menahan dana atas penjualan kami yang mana barang sudah dikirim sesuai dengan pesanan yang ada dan kami yang harus menganggung kerugian karena biaya ganti rugi atas kelalaian yang dilakukan ekspedisi tidak diteruskan kepada kami dan barang yang sudah kami kirim sesuai pesanan namun hilang juga tidak bisa di kembalikan.

    • 5 September 2022 - (18:07 WIB)
      Permalink

      Bakalan kalah haaha mereka punya sumberdaya melimpah susah kalo kita seller kecil yg lawan

  • 1 September 2022 - (10:45 WIB)
    Permalink

    @Lazada, tolong dikembalikanlah uanganya..Khan dana sudah dikembalikan juga oleh Ninja Express….Kalau tidak, ane males lah belanja di Lazada lagi..

  • 5 September 2022 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Jangan harap uang dibayar mau komplain dimana2 juga gak akan dibayar yang ada malah dapat surat somasi dari lazada suruh hapus postingan kita yg menyudutkan lazada haha saya sudah mengalami nya sampai dikirim 2x surat somasi dari pihak ke3 yg mengaku sebagai lawyer eksternal lazada haha, uang saya ditahan 1.2 jt saya pikir daripada meladeni lazada yang kuat secara finansial dijalur hukum pun percuma saya akan kalah dan buang waktu saya ikhlaskan saja , cukup beritahu pengalaman kita ke org2 terdekat atau seller lain dan hasilnya banyak seller lain di grup saya yg berhenti jual di lazada.

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Barang Hilang Saat Pengiriman, Dana Klaim Tidak Diteruskan Lazada Lebi…

oleh Jims dibaca dalam: 2 menit
11