Penggantian Dana Sebagian atas Barang Jualan yang Rusak dalam Pengiriman

Pada tanggal 2 Januari 2023, saya mendapat balasan email dari CS Shopee, dengan nomor laporan: 2212250K937F8AR, bahwa tidak ada pergantian full karena barang tidak dikirim oleh Anteraja (nomor resi: 10006382240061). Padahal penerima mendapatkan chat WhatsApp bahwa barang sudah ada di kurir, tapi diubah laporannya menjadi barang hilang. Padahal di bawah sudah ada bukti bahwa barang ada oleh kurir.

Kami tunggu itikad baik lewat email, tapi sampai 2 minggu tidak ada perkembangan lewat email untuk diganti full, hanya balasan sudah diganti sesuai harga ongkir. Saya sangat kaget, kok bisa sebesar Shopee dan Anteraja dengan seenaknya ganti uang dengan nominal seperti ini? Padahal yang menghilangkan dan rusaknya barang dalam proses pengiriman oleh kurir.

Harga barang sebesar Rp103.900, tetapi tidak diganti full, padahal kami sudah packing dengan aman. Hasil penjualan kami diambil oleh pihak Anteraja dan Shopee sebesar Rp95.011. Bukti invoice terlampir.

Bayangkan kalau hal ini terjadi sehari terjadi kepada 1.000 penjual di Indonesia. Saya pun tidak pernah diberikan opsi asuransi, berbeda dengan toko sebelah yang bisa memilih asuransi. Ini hal paling membuat penjual kesal dengan Shopee, caranya terlalu curang.

Saya cukup kaget, dari pihak Anteraja bisa buat laporan palsu dan mengklaim mengganti hanya sebesar ongkos kirim saja. Saat kami cek lagi di CS Anteraja ada perubahan status, menjadi komplain customer bahwa barang tidak terima. Padahal di statusnya sudah barang rusak.

Cara Shopee dan Anteraja memang cara terparah. Kurir JNE tidak sampai segininya mengurus kerusakan barang yang dirusak oleh kurir sendiri. Semoga para pembaca di sini diberikan pencerahan untuk berpikir lagi di Shopee. Sampai sekarang tidak ada pergantian yang sesuai dengan nominal kerusakan barang.

Irvan Panggih
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir Anteraja di Shopee:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Penggantian Dana Sebagian atas Barang Jualan yang Rusak dalam Pengiriman

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Shopee?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Penggantian Dana Sebagian atas Barang Jualan yang Rusak dalam Pengirim…

oleh irvan irvan dibaca dalam: 1 menit
2