Barang Hilang Saat Pengiriman, Penjual di Shopee Menangung Kerugian Tanpa Adanya Kejelasan

Perkenalkan saya Septihani, seller di Shopee. Kejadiannya pada tanggal 31 Januari 2023, pembeli melakukan komplain atas pesanan 1.000 jack DC female yang dibelinya. Pengiriman menggunakan kurir SiCepat layanan Gokil, dengan ongkir Rp18.000, nomor resi: 004175424254, nomor pengajuan komplain: 2301310READVB6S dan nomor invoice: 2301247BHBUY7W. Pemesanan tanggal 24 Januari 2023 dan dilakukan pengiriman pada hari yang sama, yaitu tanggal 24 Januari 2023.

Bukti bahwa belum ada dari pihak sicepat menyatakan barang hilang

Tanpa adanya status lebih lanjut pada komplain Shopee, pihak Shopee langsung mengembalikan dana full ke pihak konsumen. Saat ini posisi barang tidak ada yang tahu di mana. Belum ada keterangan hilang atau keterangan lainnya.

Ketika saya menghubungi pihak SiCepat melalui telepon, ditanggapi bahwa “Pihak Shopee belum ada informasi ke pihak SiCepat mengenai paket ini. Begitu juga sebaliknya dengan pihak SiCepat, yang juga belum menyatakan bahwa paket ini HILANG”.

Saat ini tanggapan terakhir dari pihak Shopee adalah proses pengajuan klaim, yang mana ketika saya menghubungi SiCepat, pihak Shopee belum melakukan klaim apa pun. Hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai dana pengembalian untuk saya.

Saya berjualan di marketplace bukan hanya di Shopee, tapi ada di Tokopedia juga. Hal yang sama pun pernah terjadi, tapi dana penggantian full senilai harga produk. Barang sudah saya cek satu per satu, saya packing dengan rapi, berharap untung malah rugi.

Saya tidak berharap penggantian 10 ongkir (10 x Rp18.000). Saya cuma berharap, klaim kerugian sesuai nominal penjualan saya atau kembalikan barang saya. Semoga pihak Shopee dan SiCepat membaca artikel ini dan segera kembalikan dana sesuai penjualan saya.

Septihani Michella Wijaya
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir SiCepat di Shopee:
[Total:37    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Septihani

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Septhihani Michella Wijaya dengan judul “Barang Hilang Saat Pengiriman, Penjual di Shopee Menangung Kerugian...
Baca Selengkapnya

37 komentar untuk “Barang Hilang Saat Pengiriman, Penjual di Shopee Menangung Kerugian Tanpa Adanya Kejelasan

  • 7 Februari 2023 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Sopisicepat lagi. Sopi ga ada aduransi kecuali cod. Semoga saja barang muncul atau tiba2 sampai ke tangan pembeli. Atau next time arahkan pembeli utk transaksi ke toko sebelah & tambahkan asuransi. Ngelus dada kalau cuma dpt 180rb. Itu jg baru untung nya. Modal hilang

    9
    1
  • 7 Februari 2023 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Di Media Konsumen sudah banyak dan sering memberi saran untuk cuma berjualan barang remeh harga receh di marketplace satu ini. Neraca profit yang TS raih langsung runtuh cukup dengan mengalami satu kasus beginian. Ini mungkin fitur unggulan dia dibanding e-commerce lain. Sopi emang beda.

    7
    3
    • 7 Februari 2023 - (16:41 WIB)
      Permalink

      Aduh bosen dengernya kejadian kaya gini dari sopi.. tutup akun aja kak fokus ke aplikasi sebelah yg ada asuransi penggantiannya..

      12
      2
      • 7 Februari 2023 - (21:21 WIB)
        Permalink

        Pernah ngalamin juga, tapi kerugian ny ngg segede ini, beda nya paket sudah di nyatakan hilang itu pun saya sebagai seler yg cari2 info ke si cepat, dan penggantian refound ny pun 1 bulan setelah ada email dari si cepat bahwa telah mengganti kompensasi nilai barang kepada shope. Pesan itu saya teruskan ke shope,, dan TIDAK Pernah sampai itu dana ke seler,
        dari situ mulai aja pindah aja membuat toko di market place lain,, apalagi sekarang biaya admin +gratis ongkir +cashback ekstra klo di total lebih dari 10% dari harga barang.

        5
        1
        • 8 Februari 2023 - (07:21 WIB)
          Permalink

          Bingung gue sama ekspedisi yg cm ganti 10 x ongkir aja.
          Krn gue kerja sebagai kurir oren.. Sop nya klo paket itu hilang atau rusak.. Kurir hrs mengganti senilai paket tersebut 100 persen…

          Asli deh… Jangankan cuma hilang… Buyer udah Terima aja tp ngaku belom diterima… Tetep kurir hrs ganti sampe buyer cabut laporan…

          4
          1
    • 7 Februari 2023 - (19:31 WIB)
      Permalink

      Kok ga ada komen “hapus aplikasi dan pindah ke market sebelah”…

      Biasanya klo ad yg pny masalah di tokopedia selalu ad yg komen gtu. Apa tim sukses dari market lain ya?

      3
      3
    • 8 Februari 2023 - (02:30 WIB)
      Permalink

      @joni.. Td pagi pas saya baca paket seller blm tahu keberadaannya pas di cek resi statusnya masih unknown . Tapi pembeli sdh request & approved pengembalian full dana dr tgl 31, ga taunya paket tiba ke tangan pembeli tgl 7 siang hari jam 1. Paket tdk hilang. Next tunggu semoga ada tindak lanjut sopi

  • 7 Februari 2023 - (22:23 WIB)
    Permalink

    Tracking number 004175424254
    Delivered ☑️

    February 07, 01:37PM
    Paket diterima oleh [Karyawan – (KEL) Keluarga Serumah]
    Ga sabar nunggu seller. Keburu curhat di MK

    1
    3
    • 7 Februari 2023 - (22:48 WIB)
      Permalink

      saya disini sebagai penjual, saya menerima komplain dari pembeli dan dari pihak Shopee mengembalikan dana ke pembeli.

      • 7 Februari 2023 - (22:52 WIB)
        Permalink

        Barang sdh di tangan pembeli , semoga di kembalikan uang nya oleh pembeli jika pembeli punya itikad baik

        1
        1
        • 8 Februari 2023 - (01:36 WIB)
          Permalink

          Mana mungkin balikin. Itu tanggung jawab shopee yg melepas Dana refund me pembeli. Jd walau pembeli dapet Dana maupun barang, shopee yg mesti ganti full.

          • 8 Februari 2023 - (09:20 WIB)
            Permalink

            @penjual pedagang, semoga uang nya kembali full oleh mereka jika sopi lepas tangan, krn pembeli adl toko” 3 serangkai teknik” (search di google ada kok alamat lengkap dan no contact.) pembeli sebenarnya jualan juga di sopi, toped dan BL

      • 8 Februari 2023 - (01:34 WIB)
        Permalink

        Wah sis itu pembeli dapet double. Barang dapet, Dana refund juga dapet… Shopee emang kurang ajar….

    • 7 Februari 2023 - (23:03 WIB)
      Permalink

      Kalau saya baca pak henryh salah paham.yang terima barang itu pembeli.
      Pembeli dapat double dong .uang pengembalian di shopee dan barang dari penjual .yang saya lihat penjual di rugikan atas tindakan shopee yang semana mena .
      Kalau dari awal tim shopee sabar pasti selesai .
      Next time shopee mesti bertidak bijaksana
      Terima kasih

  • 7 Februari 2023 - (23:47 WIB)
    Permalink

    sy jg pernah di ganti 10x ongkir dan itu jauh dr harga barang,, pdhl barang masih ada tidak hilang, hanya di tahan di outlet sicepat dgn alasan broken, cs sicepat pertama bilang bisa direturn tp nunggu dulu lg di investigasi, lalu pembeli minta pengembalian dana, paket belum jg diproses return, sampai akhirnya status di shopee paket dinyatakan hilang dan di ganti 10xongkir, aku telp cs sicepat cuma suruh nunggu terus itu hampir 3 mingguan, sy sgt menyayangkan dgn SOP sicepat (kurir foto paket ke pembeli sebelum paket sampai ke pembeli dan menginfokan paket broken, tidak memproses return paket tsb, tiap x di WA direspon awalnya tp tiap sy tanyain tentang paket yg broken, minta foto paket itu selalu diabaikan, semoga bisa diperbaiki lg pelayanan kedepannya supaya tidak merugikan penjual2 lainnya)

  • 8 Februari 2023 - (01:33 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah sbg seller spt ini di shopee. Jd shopee dahuluin konsumen dulu walau blum diputuskan pihak ekspedisi barang Ada di Mana Dan blum dinyatakan hilang (proses investigasi). To shopee gitu jahanam biasa lgs terusin Dana ke pembeli balik. Trus penjual biarin ampe pihak ekspedisi memutuskan bisa 1 minggu , 1 bulan suka suka shopee 😆. Males gue sama shopee… Cape ati.. was was gt loh … Ini aja td Ada komplen lg gue ke shopee tp males gue masukin sini lagi.. pegel 😆

    • 8 Februari 2023 - (07:30 WIB)
      Permalink

      Shopee memang enggak jelas saat ini .tidak paham masalah asal pembeli senang penjual di korbankan .kasihan penjual uang hilang untung ada media konsumen yang support .
      Tanggung jawab sicepat tidak ada .mestinya sicepat bisa cek dan infokan ke shopee .agar shopee tidak kembalikan uang pembeli .
      Pembeli sangat di untungkan dengan sistem shopee .

      • 8 Februari 2023 - (10:08 WIB)
        Permalink

        @haryati ya maklum Shopee lg kejer nama baik pencitraan ke konsumen. Tp Shopee lupa. Tanpa penjual sebuah marketplace hanya remah rengginang tumpukan sampah 😁

  • 8 Februari 2023 - (04:22 WIB)
    Permalink

    Semoga yg beli akan balikin uangnya, apalagi itu utk usaha, buat sellernya semangat y.. Dihubungin aja yg beli..

  • 8 Februari 2023 - (08:12 WIB)
    Permalink

    Saya sempat punya pengalaman dengan marketplace ini juga, tapi bedanya saya di posisi pembeli.

    Di J&T status barang saya diterima. Penerimanya nomor telpon kurir. Padahal saya di rumah walau tutup pintu. Tetangga juga tidak ada yang terima.

    Jadi saya ajukan refund ke Shopee dan sudah di-acc. Pas dana sudah masuk, eh barang baru sampai. Saat itu lebih dari 3 hari sesudah status diterima.

    Saya hubungi Shopee agar dilakukan tindakan penarikan pada saldo Shopee Pay jika memungkinkan.

    Tahu apa yang terjadi? Saya dapat balasan Shopee kalau penjual belum terima dana karena sudah direfund ke saya dan saya harus urus sendiri ke penjual.

    PenjuLnya official shop. Lalu saya jelaskan situasi saya dan diminta menunggu. Karena tidak direspon, saya chat seller lagi yang malah kebingungan dan mengira saya mau minta refund.

    Saya sampai harus menjelaskan dan kirim screenshot serta menekankan : “Saya justru mau transfer shoepepay buat pesanan saya yang pengembaliannya terlanjur di-acc dan saya disuruh chat langsung ke penjual sama CS ”

    Baru dikasih username ShopeePay dan saya langsung ttansfer.
    Namun tetap saja membuang waktu dan tenaga saya. Seandainya Shopee langsung tarik saldo saya, bakal lebih mudah.

    Coba kalau pembelinya tidak punya itikad baik, ya seller paling dirugikan.

    Begini kualitas pelayanan Shopee, padahal status keanggotaan Shopee saya Platinum, yang katanya ada Chat Prioritas Platinum.

    • 8 Februari 2023 - (10:13 WIB)
      Permalink

      @fannie bener makanya banyak pembeli kalangan bawah yg ngejer ke Shopee utk belanja bisa curangin itu…

      Shopee lupa… Jk penjual sudah mulai malas jualan di Shopee. Shopee hanya sebuah tumpukan sampah jadi nya tanpa penjual… Atau mungkin emang niat Shopee utk jadilanarketplace nya nanti kedepan sbg di isi penjual sub sub dari Shopee sndiri yg menginport dari China? Jd ga butuh seller seller lagi? Maybe who knows?

      • 10 Februari 2023 - (17:23 WIB)
        Permalink

        Bisa jadi?
        Seharusnya Shopee punya fitur asuransi kayak Tokopedia. Saya nggak tahu sudah ada belum, ya? Kalau sudah, sebaiknya ada opsi untuk dibuat wajib.

        Jadi kalau barang hilang, kedua pihak akan dapat ganti setara harga barang.

        Saya sendiri pernah berjualan di Shopee maupun Tokopedia, mostly barang preloved. Nah, di Tokopedia saya selalu set wajib asuransi.

        Saya malah pernah dapat buyer nego nggak pakai asuransi, saya tolak. Lalu dia kekeuh nggak mau asuransi dengan alasan dia jualan barang branded lebih mahal dari punya saya, semuanya no insurance.

        Saya tidak peduli, saya blokir dia karena saya tidak berkenan bertransaksi dengan dia (baik selaku penjual maupun pembeli). Dan Tokopedia memfasiltasi saya untuk ngotot wajib asuransi, tidak dengan aplikasi tetangga.

  • 9 Februari 2023 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Kasus sudah selesai, Shopee telah mengembalikan uang saya. Terima kasih atas support dan bantuan nya

  • 9 Februari 2023 - (22:56 WIB)
    Permalink

    Kasus sudah selesai, Shopee telah mengembalikan uang saya. Terima kasih atas support dan bantuan tim Shopee khusus nya Bapak Jono yang telah membantu saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Barang Hilang Saat Pengiriman, Penjual di Shopee Menangung Kerugian Ta…

oleh Michella dibaca dalam: 1 menit
37