Tokopedia Lepas Tangan Atas Komplain Barang Palsu

Halo,

Saya biasa berbelanja bahkan dalam jumlah besar tanpa ada masalah di Tokopedia. Tapi kali ini saya diberi barang palsu (bahkan sudah di-confirm ke pihak pabrik kalau itu palsu), tapi pihak CS Tokopedia hanya lepas tangan dengan berbagai alasan yang tidak masuk akal (saya disuruh chat ke penjual yang cuma jawab iya iya iya saja).

Ketika barang sampai, saya sedang di luar kota tapi saya sudah kurang sreg dengan jawaban pihak toko waktu saya tanya soal expired dan makanya waktu sudah kembali saya kontak pihak produsen. Lalu dijawab kalau produk dengan tanggal expired itu harus memiliki batch number sekian dan ternyata itu tidak cocok dengan info dari produsen. Jadi saya kirim foto botol dan labelnya dan produsen sudah confirm kalau barang tersebut palsu

Barang palsu

Ini barang yang dikirim ke saya yang saya cek ternyata palsu

Saya kontak customer service tapi dari awal pihak CS Tokopedia sudah seperti malas-malasan handle kasus ini (apa jangan-jangan hal seperti ini sudah sering terjadi?) Dan terkesan anggap enteng saja.

Sekarang saya stuck dengan barang palsu yang tidak bisa saya kembalikan dan CS toped juga tidak bisa memberikan alamat pengiriman dengan alasan privacy.

Saya mau barang palsu (yang masih disegel) tersebut dikembalikan saja ke penjualnya atau ke Tokopedia dan uang saya dikembalikan. Buat saya tidak ada gunanya memegang barang palsu yang belum tentu bisa saya gunakan.

Michael Widjaja
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Tokopedia Lepas Tangan Atas Komplain Barang Palsu

  • 20 Maret 2023 - (17:10 WIB)
    Permalink

    Lha sudah selesai belum transaksinya? Kl belum ya tidak usah hubungi cs, langsung minta pengembalian barang pakai sistem yg ada. Cs tdk bisa membantu pengembalian barang, tp gunakan sistem yg ada sesuai prosedur. Nah nanti anda beberkan bukti2 yg ada kalau barang itu palsu. Nah nanti akan direspon oleh seller, setuju tidak, kl tidak nanti akam diputuskam tim mediasi. Gitu pak. Kl sudah selesai ya tdk bisa lagi kembalikan. Kalaupun bisa ya sulit. Ingat yg jualan bukan tokopedia, tokopedia hanya memfasilitasi saja.

    9
    1
    • 20 Maret 2023 - (19:53 WIB)
      Permalink

      Setuju selesaikan dulu lewat mediasi. Sertakan bukti bukti yg dibilang pembeli saya jamin pembeli menang. Kalo ada keterangan dari pabrik langsung. Tp mesti jalur resmi emang lewat mediasi jalur komplen yg ada disistem Tokopedia. Cepet kalo lewat mediasi asal ada bukti yg kuat

      5
      1
  • 20 Maret 2023 - (17:37 WIB)
    Permalink

    harga 27.5jt, sedangkan produk asli sekitaran 37.5-40an juta. harga lumayan berbeda jauh. harusnya sudah curiga. tokopedia harus tegas sama penjual nakal seperti ini.

        • 27 Maret 2023 - (09:22 WIB)
          Permalink

          1.) Dimana mana dunia internet/online itu dasar nya maya, bedanya meskipun maya tp msh bs kita berinteraksi menjadikan maya mjd real. Tp sesungguhnya itu adalah maya krn kita tdk tau apa apa dgn orang yg kita hadapi. Krn itu kita harus sadar bahwa dunia online PASTI BISA utk sarana kecurangan atau kejahatan. Dgn begitu kita harus siap dgn segala konsekuensi nya.

          2.) Barang palsu. Jgn kan dunia online, di toko nyata aja banyak penjual barang palsu dan si penjual ngaku asli. Itu toko nyata, apalagi toko online. Harusnya kita mikir kesitu dan hrs siap dgn konsekwensinya kl mau belanja online.
          Kl gak siap, ya jgn belanja online. Kl bukan anda sendiri yg proteksi diri anda, mana ada orang yg perduli dgn anda.

          3.) Kl kita makan, piring adalah wadah tempat makanan. Kl makanan nya basi, apakah kita menuntut piringnya utk tanggung jawab? Hanya orang yg terlalu jenius yg lakukan itu. Harusnya kita minta tanggung jawab pd orang yg menyediakan makanan tsbt kedalam piring, bukan pd piring nya.
          Sama hal nya dgn Tokopedia. Tokopedia itu wadahnya ibarat piring. Barang yg anda beli itu ibarat makanan nya. Dan penjual itu ibarat orang yg menyediakan nya. Harusnya kl barang nya palsu, nuntut nya ke si penyedia nya yaitu penjual nya, bukan wadah nya. Wadah itu cuma sarana dan fasilitas berkumpul nya para pedagang.

          4.) Tokopedia gak mgkn tanggung jawab akan barang yg dijual itu palsu atau asli. Krn Tokopedia gak akan pernah tau barang yg dijual itu asli atau palsu. Sedangkan toko nyata aja yg jelas kita bisa pegang dan cek barang nya, msh bisa terkecoh dgn barang palsu yg mirip asli, apalagi cuma wadah.
          Ibarat anda pemilik ruko, lalu penjual nyewa ruko anda, tp jual barang palsu, apakah mgkn pembeli nuntut ke anda selaku pemilik toko?

          5.) Anda bilang anda sering belanja di Tokopedia, tp koq bs anda kena dirugikan dgn barang palsu? Kl mmg anda sering belanja di Tokopedia, harus nya anda sdh paham betul, apa tindakan kita bila barang yg kita Terima tdk sesuai dgn pesanan. Harusnya tdk di selesaikan, tp di komplain. Dgn begitu anda berurusan lgsg dgn penjual sampai selesai. Kejar itu penjual nya. Jgn di selesaikan orderan sblm benar benar selesai masalahnya.
          Tokopedia memberi fasilitas rekening bersama yg mana uang pembayaran masuk nya ke rekening bersama dulu, tdk lgsg ke rekening penjual. Setelah orderan selesai, barulah uang pembayaran di transfer oleh Tokopedia ke rekening penjual. Jd kl orderan bermasalah sblm di selesaikan, maka uang pembayaran masih ketahan, dan bila mmg ternyata anda yg benar, maka uang anda dikembalikan oleh Tokopedia ke rekening anda.

          Saran saya, kita yg hrs hati hati. Pakai logika saja.
          Kl mmg selisih harga sdh jauh, logika nya sdh hrs nya kita curiga dgn ke asli an barang itu.
          Banyak orang yg bodoh nya kelewatan, harga beda jauh malah kesenangan seolah dapet rejeki nomplok. Begitu diterima ternyata barang nya palsu baru teriak.
          Harusnya curiga, knp barang itu harganya jauh dibawah harga pasaran asli nya. Maka kita hrs curiga kl barang tsbt palsu, ya jgn dibeli.
          Jgn lupa kl dunia online itu rawan penipuan, jadi utk transaksi yg berharga lumayan, Baik nya jgn secara online, tp lgsg tatap muka, apapun alasannya, tdk ada kompromi. KL MAU AMAN YA SEPERTI ITU.

        • 21 Maret 2023 - (11:24 WIB)
          Permalink

          Semacam coating perhiasan ya? Mahal juga ya rhodium, pantesan banyak juga maling yang ngincer catalytic converter di mobil.

  • 20 Maret 2023 - (18:44 WIB)
    Permalink

    Transaksi sdh selesai susah paling seller runing tutup toko, garansi uang saat msh ditahan toped kalo dah ditarik seller gak bisa apa² lagi

    • 21 Maret 2023 - (22:58 WIB)
      Permalink

      Saya rasa klo masalah produk mau asli ato palsu yg di jual dan di kirim, bukan lg urusan tokopedia,, toko pedia hanya sbg online shop untuk seller2 yg akan brjualan,, dan pihak toko pedia tidak bertanggung jawab terhadap barang tp hanya mengarahkan dan memberi solusi.

  • 20 Maret 2023 - (21:43 WIB)
    Permalink

    Pertanyaan buat ts:
    * Wtk komplain, pesanan sudah selesai?
    Kl sudah selesai susah, kecuali tokonya amanah mau tanggung jawab krn jual produk palsu
    Saran buat ts:
    * Seharusnya kl beli produk nominal besar, pastikan diterima langsung biar kl kenapa2 bisa komplain langsung

    Setaun saya, kl seller jual produk palsu maka dana akan ditahan sama halnya dgn gestun

    4
    1
  • 21 Maret 2023 - (05:03 WIB)
    Permalink

    DANA BELUM JATUH KE SELLER . . !?
    KALAU ANDA TIDAK KLIK SUDAH TERIMA BARANG DAN MEMASTIKAN BARANG SUDAH SESUAI . .!??

  • 22 Maret 2023 - (01:40 WIB)
    Permalink

    Biasanya ada klik terima produk. nah klu misal komplain barang tidak asli, jangan diterima dulu ajukan komplain kayak saya kemarin karena pengiriman, barang mengalami kerusakan komplain. Untungnya penjual baik di follow up dibantuin claim asuransi ke tokped.

 Apa Komentar Anda?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Lepas Tangan Atas Komplain Barang Palsu

oleh Michael dibaca dalam: 1 menit
23