Tokopedia Membela Penipu yang Unboxing Packing Ulang Paket Berisi Logam Mulia Senilai 12 Juta Rupiah

Saya seller aktif di Tokopedia dan saya memiliki 2 toko di Tokopedia. Reputasi saya sejauh ini bagus, dari banyak transaksi yang terjadi, review jelek saya hampir tidak ada, karena saya mengirimkan barang sesuai pesanan. Kalaupun ada kesalahan yang saya lakukan, saya selalu berusaha memperbaiki dan yang menjadi kesalahan saya pada saat ini adalah saya tidak pernah video boxing pengiriman.

3 tahun lebih saya berjualan, baru kali kejadian, yang dimulai 2 hari yang lalu (tanggal 15/3/2023). Pada tanggal 16 Maret 2023, pembeli melakukan komplain pengajuan pengembalian dana, pengiriman menggunakan Gojek. Produk berupa logam mulia 3 gram 4 keping, seharga Rp12.800.000 dan BOX LM seharga Rp15.000, dengan nomor invoice: INV/20230315/MPL/3112111948 telah diterima (dari GOJEK).

Foto pick up dari Gojek:

Foto serah terima ke pembeli dari Gojek:

Namun pada hari Kamis (tanggal 16 Maret 2023), pembeli mengajukan pengembalian dana, dengan alasan dan foto serah terima sebagai berikut (saya lihat banyak perbedaan dari Gojek):

Assallamuallaikum, sya mohon maaf sebelum nya jika saya baru konfirmasi hari ini,di karnakan kemarin saya buru buru untuk pergi ke luar kota (malang) seperti yg sdh sy sampaikann sebelum nya ke seller untuk menghadiri acara lamaran kaka saya dan ada kejadian kemarin saat saya ingin komplain hp saya tercebur yg mengakibatkan hp sy ngehang/blank tidak bisa di touchscreen alhamdullah skrg sudah agak normal,saya ingin konfirmasi bahwa barang yg pesan kurang/tidak lengkap yang seharus nya berisi antam 3gr 4pcs+1 box antam namun yg ada hanya box nya sj

Entah seller lupa karna permintaan sy buru buru atau ada hal lain yg mengakibatkan barang yg saya pesan atau kurang.

Berikut saya lampirkann foto sebelum unboxing dan video unboxing beserta rincian tanggal pembuatan video dan foto .terimakasih

Untuk kenapa saya ga langsung komplain ? Sedikit saya cerita sesaat paket sampe ada jeda waktu beberapa menit dari 15:32 ke 15:36 logis dong selsih waktu 4 menit untuk saya ambil pakeny nya dan foto terlebih dahulu ? saya langsung foto dl itu paket dan masukin dl ke tas yg menyatu dengan baju dan barang bawaan lain karna saya tau barang sensitif makanya harus agak di jaga dan ada jeda tuh dari setelah saya take foto kurang lebih 10 menit

Nah jeda 10 menit itu untuk siapin proses video unboxing nah setelah take video saya ke toilet dl lah sambil bawa hp dengan maksud agar langsung terkonfirm klaim nya,tp dengan kondisi sy kaget dan gemeter karna paket isinya hanya pas lagi typing hp sy tercebur ke bak.

Di sini sebagai seller sangat dirugikan. Saya hilang barang dan sepertinya pembeli dapat barang (dan itu bukan harga yang murah), juga dapat uang refund.

Ketika saya mau mengunjungi pembeli yang masih satu daerah, dia bilang ke Jakarta, terus ke Malang. Saya minta live location (tapi hanya share loc saja, dan itu bisa dimanipulasi oleh fake GPS). Sungguh aneh sekali, asuransi saya sebagai seller bagaimana? Jelas terlampir bahwa kirimannya menggunakan asuransi.

Erwin Firmansyah
Bandung, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 22/3/2023): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

101 komentar untuk “Tokopedia Membela Penipu yang Unboxing Packing Ulang Paket Berisi Logam Mulia Senilai 12 Juta Rupiah

  • 21 Maret 2023 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Jualan barang mahal di eccomerce apalagi gak ada video boxing maka yg terjadi kalau paket diklaim bukan barang yg dipesan maka penjual akan kalah bukti, dan pemenang adalah pembeli, apabila hilang dalam pengantaran maka penjual juga akan rugi, begitulah konsekuensi jualan di online dan tidak ada nya buktin

    37
    5
    • 21 Maret 2023 - (11:20 WIB)
      Permalink

      saya percaya tokped punya tim invenstigasi fraud yang handal, INV/20221217/MPL/2907246021 dan   INV/20230315/MPL/3112111948 memiliki modus operandi yang sama, dari alasan dan nomer penerima sama (menggunakan 2 akun berbeda). masa tim tokped akan membiarkan modus operandi begini terus berkeliaran.

      47
      5
        • 21 Maret 2023 - (15:28 WIB)
          Permalink

          Kali ini Tokopedia harus dilaporkan ke pihak berwajib. Perhatian, penipuan di e-commerce jangan dianggap remeh. Tokopedia harus diberikan ultimatum. Terkait tingkah karyawannya. Memalukan sekali kinerja Tokopedia kalau begini

          42
          4
          • 21 Maret 2023 - (23:24 WIB)
            Permalink

            Aduh gua reseller Tokopedia jadi ngeri2 juga nih . Tapi syukur sih gua selalu simpen bukti BOXING nya . Karena giliran gua pernah nyampe ke kejadian gini ..

            3
            1
        • 21 Maret 2023 - (19:43 WIB)
          Permalink

          Barang mahal sebaiknya dipacking spesial yg hanya toko anda bisa… jd ketika mau direpacking tak mungkin dilakukan.

          23
          1
          • 22 Maret 2023 - (14:02 WIB)
            Permalink

            iya kak.. makanya pembeli komplain besoknya.. mungkin dia meniru semirip mungkin..

            kalau teman saya apesnya 1 jam di komplainnya..

      • 22 Maret 2023 - (10:11 WIB)
        Permalink

        hallo juragan. buat pengalaman aja dan pembelajaran utk toko2 olshop yg jual barang2 premium. klu bisa sblm serah terima kurir itu wajib disaksikan baru dipacking walalupun butuh waktu paling tidak kasi tips buat kurir utk menunggu sesaat setelah dilihat barangnya dan dipacking. Krn hal tersebut bisa membuat kurir menjadi care terhadap barang bawaanya ke penerima. otomatis setelah sampai dipenerima kurir akan meminta penerima utk unboxing. ini hanya saran aj utk kedepannya supaya tidak merugikan penjual. smoga bermanfaat.

        8
        2
        • 22 Maret 2023 - (14:03 WIB)
          Permalink

          betul kak tepatnya 17 desember 2022..

          saya sudah sertakan invoicenya..

          alasan sama.. hpnya kecempung air.. dan nomer yg di gunakan sama.. tetapi nama penerima

      • 22 Maret 2023 - (13:46 WIB)
        Permalink

        Jangan percaya sudah sama tokopedia sekarang tokopedia admin2 atau team2 nya tidak seperti dlu ini sya juga ada keluhan sama tokopedia cuma blm sya upload aja ke media konsumen malahan sya sudah kasi rating bintang 1 di playstore

        1
        1
    • 22 Maret 2023 - (09:18 WIB)
      Permalink

      salah ente selain ga ada video boxing, ente juga ga kasih pengaman di packingan ente. seperti yg dibilang beberapa orang disini, ente ga menghargai barang yg ente kirim. barang senilai 12jt packingnya kayak barang harga dibawah 100rb.

      saran ane aja, kalo emang ente males buat bikin video boxing. setidaknya ente modal dikit untuk bikin/beli segel pengaman. entah itu berbentuk sticker atau segel locis, kalo cuma modal amplop coklat sama solatip bening gitu ya emang gampang diakalin. dan buktinya beneran kejadian kan?. kita ga bisa tau kapan hal-hal yg ga kita inginkan itu bakal terjadi, tapi setidaknya kalo ente udah tambah segel pengaman, itu bisa mengurangi atau mencegah hal-hal kayak gini.

      CS tokopedia itu ga bisa diandalkan, dan sekarang makin parah pelayanannya. memberatkan ke seller dan asuransi juga ga guna. ane bilang begini karena pernah mengalami juga, saat itu ane ga bisa berbuat apa-apa selain nerima kenyataan. semoga bisa jadi pelajaran untuk kedepannya.

      8
      2
        • 27 Maret 2023 - (09:25 WIB)
          Permalink

          Ya jangan salahin penjual Mas. Penjual ga cuman nglayani 1 pembeli. Masak harus ada video pengemasan waktu dia penjual packing? Kan ga cuman nglayani 1 pembeli to. Namanya musibah, penjual juga udah mentok pasti sampe share di sini.

      • 22 Maret 2023 - (14:05 WIB)
        Permalink

        memang ada segel pengaman kak, di dalam box LM..

        karena tidak ada videonya jadi tidak kuat buktinya..

        tetapi ada byk tumpukan lakban, yg berbeda dengan foto dari gojek waktu unboxing..

        terima kasih sarannya

        • 22 Maret 2023 - (14:30 WIB)
          Permalink

          ya di bagian paling luar harusnya ada juga bang, supaya mereka mikir lg buat bongkar dan repacking lg. misal contoh pake segel locis yg ada nomor serinya. kalo di rusak kan pasti susah gantinya karna nomor seri nya berbeda-beda. ya minimal bisa di foto lah sama nomor serinya kalo pun memang ente males videoin. setidaknya ada foto yg diambil dari beberapa sisi dan menampilkan nomor seri segelnya.

          btw semoga bisa dapat jalan keluar yg terbaik. ane paham kalo di kondisi ky gitu, walaupun emang kesalahan ada di ente juga.

          • 22 Maret 2023 - (14:33 WIB)
            Permalink

            wah baru tau saya om ada segel locis..

            siap om terima kasih sarannya..

    • 23 Maret 2023 - (08:05 WIB)
      Permalink

      Masih aja ada seller yg belom sadar kalo jualan di marketplace ijo Oren biru itu lebih mementingkan pembeli . Hak seller siapa anda. anda itu NUmpang jualan aja. Sebagus apapun Reting kamu tetap aja.cuma numpang .

      2
      3
    • 26 Maret 2023 - (21:31 WIB)
      Permalink

      Untuk pembeli dan penjual bisakah mendapatkan data kurir yang jelas seperti nama dan no telpon yang bisa dihubungi? dan saat paket diserahterimakan bukankah biasanya si penerima difoto jelas mukanya ya? bukan hanya tangannya saja? dan juga sebaiknya no telpon penerima serta nama penerima harus jelas. Jika terjadi yang punya paket ga dirumah maka yang punya paket juga mudah melacak siapa penerima paketnya.

  • 21 Maret 2023 - (11:10 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin kak, karena saya juga seller. Hanya bisa menyarankan packingnya ditingkatkan, mengingat jual barang berharga… Jangan pelit modal hanya pake amplop coklat dan label pengiriman nya pun hanya hitam putih print-an kertas hvs yg sangat mudah dipalsukan dan dipacking ulang. Pertimbangkan dus khusus dan wrapping stretch film serta label pengiriman print warna diatas sticker. Serta lakban toko custom khusus (jangan yang diperjualbelikan scr umum).

    24
    1
    • 21 Maret 2023 - (11:19 WIB)
      Permalink

      saya percaya tokped punya tim invenstigasi fraud yang handal, INV/20221217/MPL/2907246021 dan   INV/20230315/MPL/3112111948 memiliki modus operandi yang sama, dari alasan dan nomer penerima sama (menggunakan 2 akun berbeda). masa tim tokped akan membiarkan modus operandi begini terus berkeliaran.

      12
      14
      • 22 Maret 2023 - (10:50 WIB)
        Permalink

        Benarnya lagi apes aja ketemu buyer nakal, lain kali kalau jual barang mahal, pastiin modalin boxing ntah dari nama toko tertera di dlm packingannya, atau lakban khusus packingannya, biasa suka beli barang premium dan kebanyakan toko kasih boxing yang ada logo toko, warna berbeda dengan pasaran maupun lakban toko mereka, jadi kemungkinan di akalin lagi sangat tidak mungkin.

  • 21 Maret 2023 - (11:11 WIB)
    Permalink

    entah lah siapa yang benar dan salah, yang pasti keputusan MP biasa nya benar 🙂

    1
    36
  • 21 Maret 2023 - (11:22 WIB)
    Permalink

    saya dan toko teman saya.. mengalami hal yang sama.. toko teman saya malah ada video boxing.. tp tetep pembeli dapat barang dan uang refund..
    kejadian teman saya 17 desember 2022 INV/20221217/MPL/2907246021 dan   saya sendiri INV/20230315/MPL/3112111948 memiliki modus operandi yang sama, dari alasan dan nomer penerima sama (menggunakan 2 akun berbeda). masa tim tokped akan membiarkan modus operandi begini terus2an

    28
    2
      • 22 Maret 2023 - (04:37 WIB)
        Permalink

        lain kali pake lakban”custom’ kertas label pengiriman bikin yg khusus, jangan yang polos, jika anda punya toko offline anda bisa melaporkannya kepolisi. toko offline bisa memperkuat aduan anda di kepolisian. jika anda merasa BENAR,, silahkan kejar hak anda kembali.. yg dikejar bukan topednya, karena toped itu hanya wadah”market”, tapi yg dikejar orang yang anda duga melakukan klaim palsu. seller di amazon saja banyak sekali yg gak mau kirim barang ke indonesia, karena masih ada yang suka menganti isi paket dgn yang lain agar dana balik. kasus ini bisa terjadi ke keseller dan buyer.

        10
        3
      • 22 Maret 2023 - (13:50 WIB)
        Permalink

        Apakah ini play victim ? Kok saya merasa aneh dengan penjualnya. Mengapa saya merasa aneh dengan penjualnya ?

        1. Penjual bukan seller power merchant

        2. Pembeli memberi ulasan buruk dengan memberi bintang 1, dan ulasan pembeli untuk agar orang berhati hati dengan toko ini penipu cuma mengirimkan box kosong.

        3. Tidak adanya video cctv ketika boxing pengemasan produk sebelum di kirim. Padahal seller menerima orderan senilai 12 jutaan, kok santai saja seperti memang tau kalau yang akan di kirim cuma kotaknya saja.

        4. Packing cuma asal asalan saja, padahal seller menjual produk yang total pembeliannya seharga 12 jutaan. Seperti ingin cuma mengirimkan kotak kosong saja

        5. Jumlah penjualan yang bisa di hitung jari tapi sudah bermasalah ada yang komplain dan ulasan rating toko jelek cuma 4.4 sedangkan toko lain yang memang jualan emas Antam bisa ratusan ribuan emas yang sudah di jual dan rating toko mereka masih bagus rata rata 4.8 ke atas bahkan ada yang ratingnya 5.0

        6. Di komen seller memberi keterangan kalau temanya juga di tipu oleh si penipu, benarkah ? Tau dari mana ? Karena namanya sama ? Bukankah Tokopedia sudah memblur nama alamat pembeli ? Seller bilang di komen karena seller dan temannya kebetulan sama sama mempunyai foto si pembeli ? Kok ketika lihat di ulasan produk yang bermasalah yang mana pembeli memberikan rating dan ulasan jelek untuk toko, akun pembeli tidak memakai fotonya sendiri, lalu anda dapat foto pembeli dari mana ?

        7. Di surat pembaca yang dibuat oleh seller, seller mengatakan pembeli mendapatkan uang refund, sedangkan di komen seller bilang masalah sudah selesai ada indikasi fraud jadi pembeli tidak dapat uang refund ? Kok bisa ada orang yang menipu tetap membiarkan saja dana pengembalian refund tetap ada di Tokopedia ? Kenapa gk langsung di tarik oleh si pembeli padahal jumlahnya sangatlah besar, aneh ?

        Mohon maaf kalau saya salah, buat seller kalau anda merasa apa yang saya katakan ternyata tidak benar agar orang gk berpikiran ini adalah play victim, silahkan anda membuat surat pembaca lagi untuk menjelaskan kalau permasalahan di surat pembaca yang anda buat ini sudah selesai sertakan bukti berupa screen shoot di mana admin Tokopedia menyatakan kalau masalah sudah selesai ada indikasi fraud dan dana dikembalikan ke penjual, silahkan anda buat surat pembacanya kalau masalah ini sudah selesai.

        Mohon maaf sebelum kalau saya salah, karena dari surat pembaca yang anda buat ada indikasi play victim mungkin karena bukti anda sertakan kurang gk lengkap atau baaimana, tapi itu penilaian saja dari surat pembaca yang anda buat.

        • 22 Maret 2023 - (14:15 WIB)
          Permalink

          siap kak.. tidak masalah kalau dia mau kasih bintang 0 juga..

          yang penting masalah dengan tokped sudah selesai..

          dan ini toko biasa saya, bukan power merchant..

          pelaku juga sudah jadi DPO kepolisian..

          terima kasih argumennya… kalau saya playing victim setidaknya alasanya saya logis.. tidak hp kecelmpung air 🙂

          6
          2
        • 22 Maret 2023 - (15:13 WIB)
          Permalink

          Sebaiknya anda buat surat pembaca lagi untuk menjelaskan kalau di surat pembaca ini dengan judul ”

          “Tokopedia Membela Penipu yang Unboxing Packing Ulang Paket Berisi Logam Mulia Senilai 12 Juta Rupiah”

          Sudah selesai dan dana sudah dikembalikan ke seller, kalau dana sudah di kembalikan ke anda itu berarti T*kop*dia tidak membela penipu. Ini semua untuk nama baik anda dan Tok*p*dia yang anda tuduh membela penipu. Upload bukti screen shot chat juga di mana admin Tok*ped*a telah menyelesaikan masalah dan ada indikasi fraud yang di lakukan pembeli sehingga dana di kembalikan ke seller, kalau anda tidak membuat surat pembaca kalau masalah sudah selesai, maka akan terjadi seperti yang saya tulis di komen sebelumnya ada indikasi play victim dari anda sebagai seller dan anda bisa di tuduh sebagai penipu itu sebenarnya bukan pembeli

          Kalau alasan pembeli handphone tercebur ke bak, saya masih bisa saya percaya, sering kali orang suka membawa handphone ke kamar mandi, saya pernah handphone saya tertinggal di kebun jeruk saya, saya lupa ambil handphone yang ada di kebun di luar lagi gk ada atap pelindung, ketika saya mau pulang hujan turun sangat derasnya, ketika dalam perjalan pulang kira kira gk sampai 3 menit mungkin sekitar 5 km an saya teringat handphone saya lupa saya ambil, lalu saya kembali lagi, dan handphone saya ternyata sudah basah kuyup, gk langsung saya hidupkan, dulu masih hp yang baterainya belum tanam, saya cabut baterai, saya keringkan pakai lap, setelah sampai saya pakai kipas angin untuk mengerikan hp, baru keesokannya setelah yakin kering lalu saya pasang baterai dan dihidupkan, ternyata hp saya masih bisa nyala., Apalagi kasus seperti pembeli yang kemungkinan hp tercebur ke bak cuma dalam hitungan detik gk sampai 3 detik, saya kira akan masih bisa nyala, kata pembeli layar touch screen yang sedikit bermasalah itu pun saya kira masuk akal karena ada air tadi maka layar touch screen akan sedikit susah untuk di sentuh biasanya layar touch screen nya akan ngacak pencet pencet sendiri karena terkena air.

          Untuk nama baik anda dan T*kop*dia yang ada tuduh melindungi pembeli yang penipu, segera buat surat pembaca kalau masalah ini sudah selesai berserta screen shoot chat dari admin tok*p*dia yang mengatakan ada indikasi fraud dari pembeli dan dana sudah di kembalikan ke seller

      • 22 Maret 2023 - (14:12 WIB)
        Permalink

        sudah beres dengan tokopedianya kak dan segala bukti bahwa ini fraud.

        untuk pelaku saya sudah masukan kan ke kepolisian dan sudah menjadi DPO di bandung

      • 23 Maret 2023 - (13:21 WIB)
        Permalink

        Resign krn attitude buruk,engg bisa kerja dan ngomong kejelekan serta bongkar aib ke semua orang, curhat keluh kesah , mengeluarkan uneg uneg di facebook, instragram. Akhirnya rejeki serek dan engg punya teman aplg saudara

    • 22 Maret 2023 - (22:47 WIB)
      Permalink

      Ketahuan dari jejak digital kasus dan alasan sama, terus pelakunya dipolisikan? Bagaimana dgn temen nya yang kejadian sebelumnya dana di refund ke buyer penipu?

      Buyer2 penipu tengik kaya gini memang mesti di sel, biar nyaho.

  • 21 Maret 2023 - (11:25 WIB)
    Permalink

    Cara packingnya ditingkatin, kamu ini jualan logam mulia bukan jualan kerupuk. Hargailah barang daganganmu sendiri sebagai barang mahal bukan barang murahan.
    Minimal kasih dus, tempelin lakban fragile, kasih stiker unboxing / segel pecah telur.
    Jadi pembeli yang mau curang pun susah buat ngakalinnya.
    Ibaratnya, kamu punya rumah, lebih baik tingkatin safety rumah kamu untuk mempersulit maling masuk daripada kamu berharap rumahmu ga ada yang maling.
    Tapi karena kamu juga ga punya bukti packing, saya juga ga bisa bilang pembeli yang curang dari kasus ini. Tergantung kebaikan hati dari admin Tokopedia.

    13
    33
      • 21 Maret 2023 - (11:31 WIB)
        Permalink

        Ya tapi lakbanmu cuma bening aja. Itu banyak stoknya. Kamu packing barang 12 juta cuma dengan modelan begitu.
        Saya beli barang 100 ribuan aja ada penjual yang kasih box + lakban khusus (custom) + stiker unboxing buat buka segel.
        Lihat disini perbedaannya, yang mana penjual menghargai dagangannya sendiri dan yang tidak.
        Kamu hanya menyudutkan pembeli, tapi tidak mengakui keteledoran kamu sendiri, kalau kamu gak teledor, masa iya packing barang 12 juta ga punya bukti dokumentasi sama sekali? Tokomu setelah saya cek juga polosan, ga ikut power merchant atau apa, review dan ulasan baru 27 rating.

        – udah packing seadanya
        – ga ada bukti packing
        – toko juga masih seadanya

        Lantas kamu up ke media konsumen kamu berharap pihak Tokopedia dan netizen percaya begitu aja ke kamu?

        18
        45
          • 22 Maret 2023 - (03:03 WIB)
            Permalink

            Lebih aman jika pakai plastik polymailer jadi kalau dibuka kelihatan sobekannya. Aku selama ini ga rekam video saat packing tapi produk sebelum packing aku rekam dan kemasan barang sebelum aku kirim rekam juga jadi kelihatan misal klo sudah dibuka dibuka dan aku kasih sticker fragile juga sekelilingnya

            3
            1
        • 22 Maret 2023 - (16:50 WIB)
          Permalink

          Sok pintar lo!! Kalau penulis mau tulis dimanapun itu hak nya! Paham lo!? Orang kayak lo menjijikan tau gak? Kau lihat yg tidak suka ama komentar lo berapa bnyak!

          8
          13
          • 23 Maret 2023 - (00:34 WIB)
            Permalink

            Oh iya kah? Astaga ngerinya. Siap yang dapat banyak like. ?

            0
            7
  • 21 Maret 2023 - (11:28 WIB)
    Permalink

    update terbaru, semoga lancar “Kami turut menyayangkan atas kendala yang terjadi. Berdasarkan analisa kami repacking pada paket karena terdapat robekan tersebut ya Pembeli, maka kendala ini tetap kami arahkan dengan penerusan dana kepada Penjual. Batas waktu penyelesaian kendala ini maksimal hingga 20 Maret 2023 pukul 23:53 WIB dengan solusi penerusan dana ke Saldo Penghasilan Penjual.”

    13
    • 21 Maret 2023 - (12:20 WIB)
      Permalink

      Itu chat-an pembeli kok cengengesan bgtu ya.. seakan akan kondisi santai/bercnda pdhal sedang dalam msalah serius hrg 12jt. Klu ke pengadilan bisa tuh jdikan bukti pndkung.

      20
      1
  • 21 Maret 2023 - (11:36 WIB)
    Permalink

    Hahaha…. Mana orang2 tuh yg suka teriak teriak Toped lebih aman, lebih terjamin, lebih bla bla bla, kok gak ada yg nongol,,,

    Sulit deteksi modus gini, cz saat order via gosend alamatnya juga palsu Fake GPS pkek HP tuyul, bisa dilacak via akun pembayaran tapi sulit bin ribet.
    sedang asuransi hanya cover pengiriman aja

    4
    28
      • 22 Maret 2023 - (08:48 WIB)
        Permalink

        Waduh kudu diusut tuntas.kalo perlu buat laporan ke kepolisian kalo ini beneran kasus nya.bisa jadi peringatan buat seller juga packing nya dkudu ditingkatkan sama hal2 yang bisa dijadiin bukti bila ad maslaha.semnagt buta seller biar maslaah cpet selesai

  • 21 Maret 2023 - (12:18 WIB)
    Permalink

    senadainya penjual menang kasus ini, segera perbaiki sistem packingnya seperti saran diatas. beli cctv, lakban khusus /toko, atau stiker khusus lainnya.

    28
    4
    • 21 Maret 2023 - (12:49 WIB)
      Permalink

      alhamdullilah om.. kalau cctv diruang berangkas ada om makanya sebagai lampiran bukti kemarin.. cuman cctv di ruang packing tidak ada, sedang di usahakan. untuk segel kita memang ada om, cuman itu tidak ada proses video pas pemasangannya menjadi tidak ada buktinya

      8
      1
  • 21 Maret 2023 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Iyaa gan, tingkatkan packingnya, safety fragile seal, dll.. Kejar truzz buyernya, kalo kurirnya gimana, fix gk bermasalah.. Lacak truzz jgn menyerah bw k pihak kepolisian..

    9
    1
    • 21 Maret 2023 - (12:53 WIB)
      Permalink

      alhamdulillah kurirnya mau bekerja sama, karena kejadiannya sama dengan teman saya waktu 17 desember 2022. kami memiliki foto pelaku dan ke dua kurir gojek membenarkan bahwa dia yg menerima. sedangkan untuk alamat tujuannya, waktu teman saya bilang itu kantor tetap tidak ada pelaku bekerja di sana waktu di kroscek ulang, dan saya pun sama datang ke alamat tujuan tidak ada nama orang tersebut yang kos di situ. waktu bertemu dengan teman saya pun di minta KTP pelaku bilang hilang dan alasan macam2

      16
  • 21 Maret 2023 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Terlepas dr tuduhan buyer yg repaking itu karna paket mudah diakali bungkus cuma gitu doang irit bener dah, sy jual hp seken aja full buble, full lakban biar susah dibuka. INGAT “kejahatan bkn karna ada niat saja tapi kesempatan !!

    12
    4
  • 21 Maret 2023 - (14:34 WIB)
    Permalink

    Saya jualan hp seken di tokped aja bubble Segede gaban Blm lagi packing dusbox coklat diluar ditambah segel pecah telor dan segel khas lapak saya dibagian lakban dan stiker fragile terus saya gak pernah mau krm pakai gosend/grab , jika buyer maksa terpaksa ngirim anak toko buat ngawal kang ojol nya, dan brg dibawa anak toko jd kang ojol cmn ke toko saya konfirmasi Nerima brg trs nganter tp brg di bw anak toko saya, kalau sudah sampai lokasi pengiriman anak toko langsung nemenin si buyer unboxing sambil terus direkam dan di tes jd gak ada drama2 modus oper paket2 begini.

    Untung tokonya cmn hp bekas gak tiap hari ada order masuk gosend jd bisa maksimal kan SDM karyawan dr pd diem di toko mrk sosmedan WiFi an kan bisa seklian mrk jalan2 liat luar toko nganterin brg sama kang ojolnya….

    Belajar dr pengalaman2 seller disini yg apes kena modus kang ojol kirim…. Wlu brg ada asuransi tp proses nya ribet berbelit-belit dan lama makan waktu buat klaim nya itu pun blm tentu sukses klaim sepengalaman saya jual beli di tokepd.

    Semoga kedepannya lebih baik lagi proses packing nya om sama siapkan penyimpanan hardisk min 1TB soalnya saya pakai 2TB hardisk buat nyimpen file dokumentasi video packing dan QC tiap brg… Klu pas ada hp bagus yg bisa buat jd bahan review bisa naik ke YT saya Mayan cr tambahan duit ads receh hehehe….
    Itu saja saran saya om

    10
    6
    • 21 Maret 2023 - (16:13 WIB)
      Permalink

      terima kasih om idenya benar juga ya om, pakai kurir pribadi.. gojek kirim kuitansi saja

      12
      2
      • 21 Maret 2023 - (16:34 WIB)
        Permalink

        Jgn lupa tanda terima dan foto selfie bareng sama pembelinya . Sy pun bgt kl jual brg diatas 1jt via kurir instan .
        Atau kita yg bawa sendiri brgnya nanti bang ojol ngikut dibelakang.

        6
        28
  • 21 Maret 2023 - (15:45 WIB)
    Permalink

    Alhmdllh sudah aman tu bg.. Semoga dpt diambil hikmahnya dan di perbaiki packingnya..

    5
    2
  • 21 Maret 2023 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Fix pembeli nakal itu, klo jd ane, dah ku kejar sampai keujung dunia ****** tu pembeli, tinggal nyawa jg gpp

    9
    3
    • 22 Maret 2023 - (06:00 WIB)
      Permalink

      sudah beres dengan tokopedianya kak dan segala bukti bahwa ini fraud.

      untuk pelaku saya sudah masukan kan ke kepolisian dan sudah menjadi DPO di bandung

      14
      • 22 Maret 2023 - (06:09 WIB)
        Permalink

        Sipp sip, jadikan pelajaran barang mahal harus ada packing yg baik stiker seal dan video boxing. Setidaknya media Konsumen sudah membantu.

        6
        1
        • 22 Maret 2023 - (06:19 WIB)
          Permalink

          iya kak untuk seal khusus toko sudah ada, cuman.video boxing saja tidak ada kak.

          tp skrg di ruang packing pasang cctv.

          terima kasih masukannya kak

          3
          1
  • 21 Maret 2023 - (22:38 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin atas kejadian ini,, mudah2an jd pembelajaran buat penjual untuk kedepannya,, bahwa kejahatan itu selain sdh di rencanakan juga karena ada nya kesempatan. Untuk itu harus ttp waspada dan berhati hati dalam hal apapun,, saya hanya mendoakan semoga tidak lagi terjadi hal2 spt ini . Karena saya tahu beliau berjualan untk mencari rezeki, semoga dengan kejadian ini akan ada hikmah dan berkah yg beliau dapat., dan saya yakin klo beliau penjual org jujur pasti akan di tambah rezekinya oleh Allah SWT., dan akan di gantikan lebih dr apa yg telah hilang.

    9
    1
  • 22 Maret 2023 - (00:12 WIB)
    Permalink

    Turut berduka cita
    Ini pelajaran mahal
    Trims sharingnya
    Kedepan saya akan berhati juga jadinya kalau jual atau beli barang.
    Saya selalu video unboxing kalau barang diatas 500rb.

    Dan kalau beli atau jual, selalu minta videoing sipenerima mukanya sampe jelas.
    Sekalian ajah foto Buyer ya pasang di ari gan? Bisa?

    4
    1
    • 22 Maret 2023 - (06:04 WIB)
      Permalink

      sudah beres dengan tokopedianya kak dan segala bukti bahwa ini fraud.

      untuk pelaku saya sudah masukan kan ke kepolisian dan sudah menjadi DPO di bandung

      5
      1
      • 22 Maret 2023 - (12:53 WIB)
        Permalink

        Dan terbukti bahwa Tokopedia jauh lebih baik & aman ☺ Ikut lega Saya mendengarnya bahwa dana diteruskan ke saldo penjualan

        1
        2
  • 22 Maret 2023 - (06:00 WIB)
    Permalink

    sudah beres dengan tokopedianya kak dan segala bukti bahwa ini fraud.

    untuk pelaku saya sudah masukan kan ke kepolisian dan sudah menjadi DPO di bandung

    6
    1
  • 22 Maret 2023 - (06:04 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas dukungan semuanya di sini bahkan sampai chat saya di tokopedia.

    terima kasih atas semua masukannya untuk semuanya.

    terima kasih orang2 baik di luar sana yang tidak bisa saya sebutkan satu2.

    kasus sudah clear karena terdapat indikasi fraud, untuk kejadian saya pelaku tidak dapat uang refund (beda dengan case teman saya)

    untuk pelaku sudah menjadi DPO di bandung, karena foto nya sudah tersebar..

    terima kasih semuanya ?

    7
    2
    • 22 Maret 2023 - (08:01 WIB)
      Permalink

      Bagus jika sudah ada penanganan, saya juga penjual di tokopedia lebih dari 4 tahun, berberapa waktu terakhir ini memang semakin banyak pembeli yang aneh, mulai dari chat minta no wa yg nanti akan dikirim link apk malware, pembeli barang jenis umum baru terima bilang rusak, dll, lsg masuk komplain dan penjual sulit menang jika di masukan menu komplain, akhirnya ada masalah ini yang merupakan salah satu dari kasus penipuan oleh pembeli, kedepan nya tokopedia bisa melihat dari kedua sisi lebih adil

      1
      2
  • 22 Maret 2023 - (08:24 WIB)
    Permalink

    Ini buyer bohongnya kelihatan, ngapain konfirmasi dikamar mandi? Mau c0li apa mau konfirmasi? Udah jelas tuh ngibulll

    “Nah jeda 10 menit itu untuk siapin proses video unboxing nah setelah take video saya ke toilet dl lah sambil bawa hp dengan maksud agar langsung terkonfirm klaim nya,tp dengan kondisi sy kaget dan gemeter karna paket isinya hanya pas lagi typing hp sy tercebur ke bak.”

    2
    2
  • 22 Maret 2023 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah ketemu pembeli rese kaya gini. Dia si pembeli punya video dokumentasi. Terus waktu itu admin tokopedia minta video dokumentasi juga dari seller. Saya gak ada. TAPI meskipun begitu, jangan terang2an bilang gak ada videonya. Anda langsung kalah.

    Kalo kasusnya seperti itu, seharusnya anda buat video dokumentasi dadakan aja. Anda rekam pake HP. Tinggal di print ulang label pengirimannya lalu tempel. Meskipun itu bukan video dokumtasi real. Tapi itu cukup buat menandingi bukti video si penipu itu. Saran kedua, ini kan barang mahal. Paling gak, dipakein bubble tebal. Kalo cuma amplop koran gitu mah sangat mudah di manipulasi. Tinggal beli aja amplop yg sama di tempat fotokopi. Lalu dipack ulang beres.

    1
    4
  • 22 Maret 2023 - (11:34 WIB)
    Permalink

    Jual emas seharga 12 juta kok kayak bungkus kacang goreng… Harusnya pesan lakban khusus yang ada logo toko kita.. kotak kardusnya juga yg berlogo toko kita…

    Kalau pembelinya niat amat menipu sampai bikin lakban yang sama.. dia tetap kesulitan untuk menempel dengan posisi sama persis. Dan terlalu lama untuk komplain seharusnya menjadi bahan pertimbangan Tokopedia untuk menentukan siapa yg menipu . Si pembeli penipu pasti butuh waktu lama untuk meniru packaging.

    1
    7
    • 22 Maret 2023 - (14:08 WIB)
      Permalink

      di dalam box LM saya ada segel khusus kak..

      tp memang tidak ada videonya jadi tidak bisa menjadi bukti..

      terima kasih sarannya kak

      1
      1
  • 22 Maret 2023 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Seller adalah konsumen dr Tokopedia. Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 101 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Membela Penipu yang Unboxing Packing Ulang Paket Berisi Log…

oleh chawa dibaca dalam: 2 menit
101