Tokopedia Menghindar Membayar Rp1.196.000 Kompensasi Jaminan Pasti Ori

Saya mengenal Tokopedia sudah cukup lama. Salah satu yang membuat saya suka belanja di Tokopedia ini, karena user interface yang lengkap dan mudah digunakan, promo dan jangkauan GoPay, gratis ongkir dan ditambah dengan adanya jaminan perlindungan kepada customer-nya.

Yang membedakan Tokopedia dengan marketplace lain, salah satunya adalah “Jaminan Pasti Ori”. Yaitu jaminan kepada pengguna Tokopedia untuk mendapatkan produk original atas pembelian di Official Store Tokopedia. Pelanggan akan mendapatkan uang kembali (refund) sebesar 100% dan kompensasi 200% dari harga barang, dengan maksimal pengembalian senilai Rp20.000.000 (dua puluh juta rupiah), jika barang yang dibeli di toko Official Store terbukti tidak asli. Makanya saya selalu berbelanja elektronik di official store, dan selama ini tidak pernah ada kendala dengan produk yang saya terima.

Sampai pada tanggal 8 Agustus 2023, saya membeli kabel charger iPhone di Tokopedia, dengan total pembelian Rp598.000 INV/20230808/MPL/3391231260. Saya memerlukan kabel original ini, karena perlu mengganti 2 kabel yang hilang. Jadi saya perlu kabel yang benar-benar original. Saya sudah mencoba ke online store iBox dan Digimap, tapi saat itu sedang kosong.

Akhirnya saya memutuskan membeli di toko official store Tokopedia dengan nama Uniphone Indonesia. Karena toko tersebut menjual iPhone (saat ini sudah dihapus), di deskripsi pun mencantumkan TAM dan iBox, serta di produknya tercantum stiker TAM (belakangan saya tahu, ternyata stiker TAM banyak diperjualbelikan di Tokopedia dan marketplace lain). Pesanan saya terima pada tanggal 11 Agustus 2023. Namun setelah dicek, ternyata apa yang saya beli merupakan barang palsu/KW.

Saya melakukan komplain ke toko bersangkutan. Namun pihak toko tidak berani merespons komplain saya, sehingga komplain diselesaikan otomatis oleh sistem.

Ini menjadi jelas bahwa barang tersebut palsu. Karena adanya pengurangan kata yang disengaja, yang memungkinkan pihak pembuat/pabrik barang palsu menghindari tuntutan dari pemegang merek produk yang asli dan bahkan mungkin untuk menghindari tuduhan plagiarisme desain. Karena cacatnya terlihat jelas, hal itu juga dapat membuat dijadikan alasan supaya tidak dituntut (lagian sejak kapan Apple yang saat ini merupakan perusahaan pertama dengan evaluasi USD 3 Triliun bisa lupa meletakkan tulisan “Apple” di bagian “Design By Apple In California“?).

Ini adalah celah yang terus dieksploitasi oleh para pembuat barang KW. Misalnya kesalahan ejaan merek yang disengaja, seperti Adidas menjadi Adibas, Puma menjadi Kuma, Balenciaga menjadi Balenciada, dll. Belum lagi dari kualitas fisik kabel, kualitas box kabel yang berbanding jauh dari original Apple. Bahkan lucunya, alamat pengiriman paket tersebut dikirim ke suami saya yang pekerjaannya bersinggungan dengan produk Apple. Yang mana suami saya langsung mengetahui bahwa produk tersebut tidak ori.

Total ada 166 orang yang saya “duga” telah tertipu oleh toko ini.

Karena kurangnya review beserta foto dan komentar, saya mencoba membuka toko tersebut di marketplace lain, dan keyakinan saya bertambah. Cek di sini  dan  Cek di sini.

Setelah komplain saya selesai otomatis, saya melanjutkan dengan mengklaim kompensasi yang seharusnya saya terima. Perlu diingat, kompensasi ini bukan atas ide atau kemauan pembeli, tapi pihak Tokopedia sendiri lah yang memberikan fitur ini untuk seluruh pembeli di official store. Saya pun mempercayai pihak Tokopedia, karena fitur yang diberikan ini. Jadi sudah hak dan keharusan saya mengejar apa yang sudah di tulis dan dijanjikan oleh pihak Tokopedia.

Jaminan Pasti Ori dan kompensasi ini tertuang di website blog Tokopedia Care, dengan alamat: Link Jaminan Pasti Ori. Berikut hasil tangkapan layarnya:

Jaminan Pasti Ori ini kembali disebutkan di alamat : Link Ketentuan Jaminan Pasti ORI. Berikut hasil tangkapan layarnya:

Karena penjual/toko tidak merespons dan komplain terselesaikan secara otomatis, maka sesuai dengan “prosedur pengajuan klaim” di website Tokopedia, seperti yang tertera di point no. 10, saya menghubungi customer care melalui pesan bantuan.

Saya menekankan 2 hal, yaitu meminta toko diberikan sanksi tegas dan meminta kompensasi sepeti yang dijanjikan Tokopedia. Sayangnya operator customer service yang menjawab terkesan seperti menghindari klaim mengenai kompensasi. Chat yang dibalas hanya yang menekankan tentang sanksi ke toko penjual. Sedangkan chat saya mengenai kompensasi seolah-olah tidak terlihat/terbaca di mata mereka. Apakah memang Tokopedia sengaja men-training staf mereka seperti ini?

Dari kesimpulan jawaban staf mereka inilah, saya berasumsi bahwa Tokopedia enggan membayar/memberikan kompensasi yang mereka janjikan dari transaksi saya sebesar Rp598.00 x 2 = Rp1.196.000.

Fitur kompensasi ini saya analogikan seperti garansi handphone. Sedangkan Tokopedia saya analogikan sebagai iPhone. Saya tertarik membeli iPhone karena pihak iPhone/Apple menjanjikan garansi 1 tahun ketika ada kerusakan. Lalu saat saya mau klaim garansi, pihak iPhone/Apple malah pura-pura tidak melihat keluhan saya dan enggan memberikan janji mereka berupa garansi 1 tahun ke saya. Begitu pun Tokopedia, saya tertarik belanja di Tokopedia karena salah satunya mereka menjanjikan kompensasi jika barang yang saya terima tidak ori. Apakah saya salah meminta klaim garansi iPhone? Apakah saya salah menagih kompensasi ke pihak Tokopedia?

Saya masih menunggu kejelasan dari pihak Tokopedia, apakah kompensasi ini benaran akan dibayar atau tidak? Jika tidak, langkah-langkah selanjutnya perlu saya pikirkan. Sambil menunggu hasil dari keluhan saya, sebaiknya kalian mulai berhati hati berbelanja di Tokopedia, meskipun di official store. Karena customer care yang menjadi penyambung antara pembeli dan Tokopedia, masih belum dapat dengan jelas menginterprestasikan apa yang ditulis di website Tokopedia dengan menghubungkan apa yang dikeluhkan pembeli.

Kiki Nopiani
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

129 komentar untuk “Tokopedia Menghindar Membayar Rp1.196.000 Kompensasi Jaminan Pasti Ori

  • 18 Agustus 2023 - (14:33 WIB)
    Permalink

    Tulisannya bagus, enak dibaca, toko seperti itu mesti di berikan sangsi, di tutup aja sekalian, penipuan namanya

    51
    1
        • 20 Agustus 2023 - (07:25 WIB)
          Permalink

          Surat yg luar biasa.
          Bahasa dan analisanya bagus.
          Point-point nya jelas dan terukur.
          Saya juga pernah punya pengalaman buruk dengan namanya ‘ori’ di online.
          Jika saya mau beli barang ori, saya beli offline. Karena marketplace online banyak yg tidak bisa dipercaya karena ‘hanya berada di dunia maya’ sehingga mudah kabur dari tanggung jawab.

      • 19 Agustus 2023 - (05:32 WIB)
        Permalink

        Tokopedia harus tegas jangan main dua kaki, atau alasan asuransi, masalahnya dia sudah tulis di term untuk official store, kecuali store biasa mungkin bisa ngelak. Kemarin saja yg jam tangan palsu sdh 1 tahun lewat dari blibli mereka siap ganti infonya, masa tokopedia kalah. Si official store antar dua dia juga ketipu atau tau tapi pura2 ngak tau tapi kalau dari cerita sudah di banned oleh tokped ya mungkin dia tau itu kw super

      • 19 Agustus 2023 - (22:30 WIB)
        Permalink

        Pantas harga sahamnya hancur GOTO, saya sendiri sudah mulai mengurangi berbelanja di tokped selain harga barangnya yang mahal2 ongkir juga muahal ,mending di toko sebelah yang orange atau yang biru masih banyak promonya sekarang.

      • 21 Agustus 2023 - (02:02 WIB)
        Permalink

        HATI HATI, di SOPIMOL NE TOKO MASIH BERKELIARAN… KABEL YANG SAMA MAU DI ADAIN FLES SEL.
        JADI BUAT YG BANDINGIN IJO SAMA ORANGE, SAMA AJA… PINTER2 DAN HATI2 AJA PILIH TOKO.
        HAMPIR SEMUA TOKO, APALAGI YG TIPU2 ITU PUNYA AKUN DI SEMUA MARKETPLES

    • 19 Agustus 2023 - (05:54 WIB)
      Permalink

      gemes juga lihat kelakuan ecommerce begitu, jaminan yg mereka ucapkan hanya sebatas bahasa promo, bahasa promo menipupun sah2 saja.
      yg jelas itu munafik, berbisnis asal untung dgn menghalakan segala cara, termasuk tdk menepati janjinya..jadi yg ori itu cuma ” Lambe” nya. Semoga pihak toped tdk lari dr tanghungjawab dan menyelesaikan kewajibannya.

    • 19 Agustus 2023 - (08:04 WIB)
      Permalink

      Tokopedia lebih banyak yang jual barang palsu drpd barang orinya, lebih parahnya yang jual barang kw pake power merchant dngn harga yang beda tipis ama orinya, liat di review pembeli juga ga jaminan krna ga semua orang bisa bedain ori sama kw, mereka taunya barang dateng dan berfungsi otomatis dpt bintang 5, tipsnya sih kalo ada review jelek lebih dr 3 orang mending lngsung cari toko lain

      7
      1
    • 11 September 2023 - (20:50 WIB)
      Permalink

      sudah ditutup dan kompensasi sudah diberikan oleh tokopedia senilai 598.000

  • 18 Agustus 2023 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Mari kita duduk manis sambil menunggu kelanjutan drama ini. Seru kayaknya.
    Toped, hayoo looo…

    20
      • 18 Agustus 2023 - (19:31 WIB)
        Permalink

        Tokped lg goyang, ada yg jual barang palsu ajah di pelihara, padahal jelas riviewnya sdh banyak, klo kebanyakan belanja , akun di blokirin katanya terindikasi penipuan…pea mmg

        • 19 Agustus 2023 - (08:51 WIB)
          Permalink

          waduh padahal saya percaya sama tokopedia…pernah belanja power bank xiaomi dapat kw…lalu saya kirim bukti xiomi asli…akhirnya barang kw saya kirim ke toko dan uang saya kembali..adminnya lebih cerdas dan netral..gak kayak admin shope…kalo sampai tokopedia aja gak pegang prinsip…bingung belanja di mana lagi ..seharusnya dana toko penipu di tahan aja bair kapok….yang bener2 ori cuma di jdid…sayang uda tutup

          9
          5
    • 11 September 2023 - (20:50 WIB)
      Permalink

      toko tersebut sudah ditutup dan kompensasi sudah diberikan oleh tokopedia senilai 598.000

  • 18 Agustus 2023 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Uang pembelian barang sudah dikembalikan ke Kiki Nopiani tapi masih minta uang lagi ke tokped dengan alasan barang kw, beginilah cara Kiki Nopiani cari uang dengan cara yang sangat buruk

    6
    143
    • 18 Agustus 2023 - (17:03 WIB)
      Permalink

      kalau ini terjadi oleh saya atau ente, pasti dikejar juga lah janji jaminan ganti uang 2 kali lipat

      17
      0
      • 18 Agustus 2023 - (21:13 WIB)
        Permalink

        Maksud komen ini apa yah?? Baca pelan² dong, konsumen khan memakai aplikasi Tokopedia agar merasa aman bahwa barang yg akan di beli pasti ORI dan kalau ga ORI maka akan di beri kompensasi, kok konsumen yg menuntut janji Tokopedia malah anda bully?? Wait² jgn² anda kerabat atau karyawan di sana, aneh anda ini

        16
    • 18 Agustus 2023 - (17:06 WIB)
      Permalink

      unlike…. ini karyawan Tokopedia yang membuat ide kompensasi Jaminan Ori keknya… takut dimarahi bosnya wkwk

      16
      1
    • 18 Agustus 2023 - (17:38 WIB)
      Permalink

      Anda **** bgt.itu udah aturan yg dibkin toped.masa dia langgar sndiri.yg jualan brg hilang aja diganti 10x ongkir.itu kan dah aturan.kalo ***** g usah ditampakin.bkin malu lu

      6
      1
      • 18 Agustus 2023 - (21:31 WIB)
        Permalink

        Yang ganti kan ekspedisi nya sebagai kompensasi bukan Marketplace. 10 x nilai ongkir juga nggak bisa nutupi kerugian. Yang ada kalau diasuransikan, yang dibayar Buyer pas transaksi.

        • 19 Agustus 2023 - (13:19 WIB)
          Permalink

          Yg dikomplain apa ente ngebahas apa.. Yg dikomplain tentang jaminan pasti ori dan kompensasinya klo ternyata tdk ori, ente malah ngebahas asuransi klo barang hilang dipengiriman gan.. hadeh.. kgk nyambung pisan gan..

          • 19 Agustus 2023 - (21:44 WIB)
            Permalink

            Itu si 82 lagi ngebales komen si Dewa soal kalo barang hilang pas dikirim, itu cmn diganti 10x lipat dari harga ongkir. Makanya rugi. Mending di asuransi.

            Jadi maksud si Dewa, sekelas Toped aja masa kalah sama Expedisi. Expedisi aja mau kok ganti 10x ongkir kalo barang hilang.

          • 12 September 2023 - (16:49 WIB)
            Permalink

            Lihat dulu aku balas nya ke komen siapa

      • 20 Agustus 2023 - (14:28 WIB)
        Permalink

        Dalam hal ini bukan masalah uang, yg di kedepankan adalah jaminan perlindungan terhadap konsumen, jika ecommerce sekelas Tokopedia berani menjamin originalitas product, artinya customer tidak ada keraguan untuk membeli product yg dinyatakan asli/ori 100% oli Tokopedia, dan jika ternyata barang yg telah dijamin keasliannya oleh Tokopedia itu palsu/kw artinya Tokopedia wajib mengganti sesuai dengan yang telah di jaminkan oleh Tokopedia untuk menjaga kepercayaan customer terhadap Tokopedia, dan sebagai jaminan bahwa Tokopedia tidak sembarangan mendaftarkan toko yg tidak terverifikasi oleh Tokopedia dalam daftar Official store, jika Tokopedia tidak tanggap akan hal ini tidak menutup kemungkinan sebagian besar di Tokopedia banyak toko yang menjual barang KW/PALSU diloloskan sebagai Official store dan kita sebagai konsumen Tokopedia wajib berhati-hati atau carilah ecommerce yang benar2 menjamin keaslian product yang ingin kita beli

        • 11 September 2023 - (20:51 WIB)
          Permalink

          toko tersebut sudah ditutup dan kompensasi sudah diberikan oleh tokopedia senilai 598.000

      • 19 Agustus 2023 - (16:07 WIB)
        Permalink

        bukan. itu dia penjual nya langsung,, bahkan dia tanpa sadar.bilang klw.Tokonya udah di sanksi.

    • 19 Agustus 2023 - (00:50 WIB)
      Permalink

      Ya kalo berani bikin iklan ya harus siap dgn segala masalah yg timbul ya. Jadi kalo bunyi iklannya ganti 2 kali ya harus konsekuen ya.

      • 11 September 2023 - (20:51 WIB)
        Permalink

        toko tersebut sudah ditutup dan kompensasi sudah diberikan oleh tokopedia senilai 598.000

    • 19 Agustus 2023 - (10:08 WIB)
      Permalink

      Salah sendiri brani jamin barang ori. Ya konsumen ada hak utk klaim jaminan tsb. Sy juga pernah tuh d toped pakai asuransi utk pembayaran tagihan internet indih*me. Janjinya, jika ada kendala pada internetnya selama sebulan kedepan, bakal diganti duit kompensasi 250k utk 2jam kendala, 500k utk 4jam kendala. Sejak pakai asuransi itu, sy jd seneng klo internet lg down berjam jam. Saya klaim dgn cara Kirim bukti lapor. Hampir tiap bulan sy dpt kompensasi😅, karna indih*ome d tmpat sy emang sering trouble. Jadi sering cuan jadinya. Beberapa lama kemudian kebijakan asuransi tersebut di hapus sama toped. Hehe.. Klo ga ada janji2 tsb, ya ga mungkin kita klaim kan?

      • 11 September 2023 - (20:52 WIB)
        Permalink

        toko tersebut sudah ditutup dan kompensasi sudah diberikan oleh tokopedia senilai 598.000

    • 19 Agustus 2023 - (19:40 WIB)
      Permalink

      Tokpedny aja ga berisik kok elu yg berisik. Miskinkan penjual barang kw pokonya. Enak aja jual barang kw sedangkan semua barang apple dari luar tapi original kena begal imei tp ecommerce malah miara seller barang palsu.. gw klo jadi si nopi jg bakalan kejar itu kompensasi. Kaga terima lo mirja?? Dm guaaa *** klo gak terima wkk

    • 20 Agustus 2023 - (04:07 WIB)
      Permalink

      Yang koar koar bayar 200 % Siapa???? Buktikan sekarang! Itu sama dengan jilat muntah sendiri…

    • 20 Agustus 2023 - (06:18 WIB)
      Permalink

      Makanya jadi seller yg amanah. kan klo gini security deposit lu jadi minus 😪, bisa² masuk inkubasi 😵‍💫

  • 18 Agustus 2023 - (15:33 WIB)
    Permalink

    Kalau saya kejadian seperti itu bersyukur saja karena uang belanja sudah dikembalikan dan barang juga sudah dikirim kembali ke penjual, artinya tidak ada kerugian di pihak Kiki Nopiani, kecuali penjual menolak pengembalian barang dan tokopedia juga menolak komplain pengembalian barang, jika kasus seperti itu sangat pantas menulis surat seperti ini. Uang sudah dikembalikan malah minta uang lagi ke tokped

    3
    77
    • 18 Agustus 2023 - (17:00 WIB)
      Permalink

      Hampir ditipu masih bersyukur.
      Paling komplotannya ini.

      Lihat si penipu udh berkali2 nipu, berapa banyak dia dapat uang dr hasil jualan nipu. Sudah sepatutnya dikenakan sangksi tarik semua total penjualan barang palsunya dan berikan ke customer yang waktu itu beli.

      Sangat susah dan merepotkan loh bisa membuktikan barang tersebut palsu.
      Buktinya 160++ buyer berhasil menipu. Dengan adanya beliau bikin kapok buyer nakal

      16
      1
      • 18 Agustus 2023 - (17:12 WIB)
        Permalink

        Gak akan kapok, sama Allaah aja orang begitu tidak takut apalagi kapok, tokopedia sudah memberikan sanksi ke toko dengan menonaktifkan toko tersebut. Uang pembeli juga sudah dikembalikan sesuai harga barang.

        1
        30
        • 19 Agustus 2023 - (18:01 WIB)
          Permalink

          Iya kurang tegas.
          Harusnya semua uangnya diambil buat gantiin yang pernah beli barang kw biar kapok. Susah loh buktikan barang kw dan pasti menghabiskan banyak waktu untuk cek. Wajae sepatutnya diganti 10x lipat kalo bisa buktiin barang palsu.

      • 19 Agustus 2023 - (08:54 WIB)
        Permalink

        Nah lo, hayo Toped buruan di sangsi tuh toko udah bener2 merugikan Konsumen loh. Mari kita lihat apakah toko tersebut bakal di sangsi/hapus permanen oleh toped atau tidak ya kira2. Kan Toped udah kasih jaminan “Pasti Ori”, tapi sekelas Official Store masih jual barang KW, Toped Harus Tegas dong melindungi Konsumen. Semoga urusan TS segera kelas ya gan.

    • 18 Agustus 2023 - (18:33 WIB)
      Permalink

      Lucu kalo emang dijamin keorianya dan tiba² gak ori ya wajarlah cust komplain. Dan ada garansi uang kembali serta kompensasi 200%. Itu hak konsumen. Yang salah itu kenapa seller jual barang palsu.

    • 18 Agustus 2023 - (21:33 WIB)
      Permalink

      Kalau pun benar. Apa salahnya dia menuntut janji. Janji adalah hutang kan? Sudah jadi kebiasaan, yang ditagih hutang lebih ngegas.

    • 19 Agustus 2023 - (17:39 WIB)
      Permalink

      ***** amat…
      Makanya kenapa asuransi sangat tidak bisa di percaya di Indonesia?
      Ya karena gini ini…cuma main² aja

  • 18 Agustus 2023 - (15:34 WIB)
    Permalink

    Menurut sy official store asli cuma megang 1-2 brand kalo megang banyak brand berbagai barang ada ya sama ky seller biasa cuma beda badge aja buat gimick ke pembeli biar percaya

  • 18 Agustus 2023 - (15:56 WIB)
    Permalink

    Memberikan Jaminan Kompensasi adalah Hak Pembeli.. Kalau tidak diberikan, itu namanya wanprestasi.. jadi.. ayolah.. sanksi tokonya dan berikan kompensasinya.. tinggal comot aja Saldo Jaminan Penjual Official Store nya.. ada kan???

    13
    • 11 September 2023 - (20:58 WIB)
      Permalink

      toko tersebut sudah ditutup dan kompensasi sudah diberikan oleh tokopedia senilai 598.000

  • 18 Agustus 2023 - (16:29 WIB)
    Permalink

    Kiki Nopiani Tidak ada rasa malu, menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang lebih. Mudah-mudahan hidupmu selalu di persulit dan rezekimu seret.

    2
    72
    • 18 Agustus 2023 - (16:52 WIB)
      Permalink

      Yang tidak punya malu toko official.
      Sudah sepatutnya yang nipu diberikan denda besar agar kelakuan jangan kaya binatang.

      Orang mencuri di alfamart/indomaret jika ketahuan di dena 10x dr harga barang.

      Apalagi ini udh dapat 120+++ pembeli. Segera tarik semua uang penjualan tukang tipu. Kalo berhasil nipu aja diem, begitu dikomplain/dikenakan denda langsung koar2. Emang nggak cape orang komplain, cari tau, dll. harusnya tokopedia berikan kompensasi sesuai ketentuannya.

      17
    • 19 Agustus 2023 - (00:00 WIB)
      Permalink

      Tokonya sudah hilang kayaknya… jualan yg jujur makanya…

      Respon aja engga ud gelagat ga jujur….

  • 18 Agustus 2023 - (16:49 WIB)
    Permalink

    Tokopedia perlu menata ulang kategori toko agar tidak menimbulkan salah persepsi.

    Menurut Tokopedia , kategori Official Store adalah toko yg lolos verifikasi data penjual , yaitu KTP, NIB, NPWP.
    Sementara menurut customer , kategori Official Store adalah Toko yg memiliki hak distribusi resmi dari Principle / Pemegang merk atas barang yang dijual.

    Memang sebagian Official Store di Tokopedia adalah distributor resmi , namun sebagian besar lagi BUKAN Distributor resmi krn bagi tokopefia yg penting Data Penjual valid ( KTP, NIB, NPWP )

    Hal ini yang menjadi celah para penjual melakukan aktivitas yang merugikan pembeli .

    Parahnya .. Tokopedia berani menyertakan statement promo Jaminan 100% original pada Official Store versi Tokopedia…

    13
    • 18 Agustus 2023 - (17:11 WIB)
      Permalink

      Ya ini…. Saya berfikirnya official store adalah toko resmi dari si produsen, jadi nggak akan mungkin jual barang PALSU!

      • 19 Agustus 2023 - (18:56 WIB)
        Permalink

        dibatasi? kocak, bukti nya mana distributor resmi, lihat ajah sandisk official store, mana boleh selain astrindo atau datascrip yg boleh mengedarkan sandisk diluar itu, bukti nya ada toko official nya yg bukan resmi dari datascrip atau pun astrindo, jadi mau buat official itu gak susah, asal punya uang dan perputaran penjualan nya udah cukup untuk jadi official, jadi gw paham soal perdagangan, karena udah puluhan tahun main di distribusi dan jualan , jadi yg namanya official itu bukan wajib dari resmi perusahan pembuat atau distributor nya, kalau mau yg resmi datang ke offline, barulah ada surat dan dokumen nya dari pemerintah untuk membuka store dikota kota tertentu

    • 19 Agustus 2023 - (03:47 WIB)
      Permalink

      Sistem ‘official store’ ecommerce itu masalah ‘perputaran berapa ratus juta’ yang masuk ke mereka. Pengalaman saya pribadi daftar official store mencoba buat brand sendiri (UMKM) di ijo dan oren. Sudah lengkap semua data, ngurus ijin merk ke HAKI, ternyata harus buat surat rekomendasi UMKM ke dinas tempat sesuai KTP, bulak balik nunggu selesai tanda tangan kepala dinas bagian UMKM. Sampai akhirnya semua beres, isi data-data. Ditolak mentah-mentah karena ada syarat UMKM harus perputaran 100 atau 200 juta dalam 3 bulan (CMIIW).

      Jadi sudah gak aneh kalo UMKM yang baru gak maju-maju dan dianak tirikan sebelum ngasi perputaran ratusan juta.

  • 18 Agustus 2023 - (17:08 WIB)
    Permalink

    ayo viralkan ini guys, saya sudah share di Twitter juga…menarik ini

    Tokopedia vs everybody

    10
    1
    • 11 September 2023 - (20:55 WIB)
      Permalink

      toko tersebut sudah ditutup dan kompensasi sudah diberikan oleh tokopedia senilai 598.000

  • 18 Agustus 2023 - (18:14 WIB)
    Permalink

    Kejar terus om. Tokopedia berani membuat statement dan fitur seperti itu, maka harus berani bertanggung jawab!. Btw banyak buzer Tokped kayaknya ya wkwkwkwk

    • 11 September 2023 - (20:55 WIB)
      Permalink

      toko tersebut sudah ditutup dan kompensasi sudah diberikan oleh tokopedia senilai 598.000

  • 18 Agustus 2023 - (19:09 WIB)
    Permalink

    OS rasa power merchant kah….mungkin lebih pilih2 lagi walau badge OS. sepertinya tuh toko memiliki toko fisik yang memadai saja. tapi isinya dicampur2

    • 11 September 2023 - (20:55 WIB)
      Permalink

      toko tersebut sudah ditutup dan kompensasi sudah diberikan oleh tokopedia senilai 598.000

  • 18 Agustus 2023 - (20:17 WIB)
    Permalink

    Penipuan berkedok official store, mana nih Tokopedia, harus tindak tegas toko seperti itu.

    • 21 Agustus 2023 - (02:27 WIB)
      Permalink

      Mana dia berani nimbrung ke sini? Dia cukup sudah pakai buzzer.
      Buzzer yang ngebuzz sambil mempermalukan diri masing-masing

    • 20 Agustus 2023 - (04:18 WIB)
      Permalink

      Ayooook… Kayaknya seru deh.
      Mo beli apa ya? Beli 1jt, dapat kembalian 3jt…
      Ide yang briliant

  • 19 Agustus 2023 - (00:48 WIB)
    Permalink

    Sepengalaman saya, Tokopedia tidak menanggapi komplain dimedia konsumen. Saya juga penasaran apakah Tokopedia skrg akan menanggapi kasus yg dibawa ke media konsumen, dl di FB juga ada grup apa lupa saya mengenai marketplace shitposting kalo ga salah, tetap aja ga pernah ditanggapi pihak tokopedia, titip jejak, penasaran

    • 19 Agustus 2023 - (07:55 WIB)
      Permalink

      Heii Mirza kamu buzzer yg punya toko ya 😁😁. Buat Kak Kiki viralkan aja di twitter kak tag YLKI biar kapok tuh seller seller nakal….
      Saya tahu ini bukan masalah uang semata kok yg Anda kejar, tapi komitmen dan perlindungan konsumen yang dari Tokped. Lanjutkan terusss sampai dapat tanggapan dan komitmen ya….Semangattt….!!!

    • 11 September 2023 - (20:59 WIB)
      Permalink

      toko tersebut sudah ditutup dan kompensasi sudah diberikan oleh tokopedia senilai 598.000

 Apa Komentar Anda mengenai Jaminan Pasti Ori Tokopedia?

Ada 129 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Menghindar Membayar Rp1.196.000 Kompensasi Jaminan Pasti Ori…

oleh kiki dibaca dalam: 3 menit
129