Status Pesanan Senilai Rp1,4 Juta Sudah Diterima, tapi Dinyatakan Hilang dan Hanya Diganti Rp320 Ribu

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas terbitnya surat pembaca ini. Saya David, selaku penjual di Shopee. Pada tanggal 1 Agustus 2023, saya menerima 1 pesanan senilai Rp1.485.000, untuk pengiriman ke daerah Bali via kurir SiCepat, dengan nomor order: 230801GDPKNJMM. Barang sudah saya kirimkan melalui kurir SiCepat dengan nomor resi: 004228883499.

Pada tanggal 16 Agustus 2023, barang sudah dinyatakan telah sampai dan diterima oleh yang bersangkutan. Namun pada tanggal 18 Agustus 2023, pembeli komplain di Shopee dan menyatakan barang belum diterima. Di sini agak janggal, bagaimana bisa barang yang status pengirimannya sudah diterima oleh pembeli, malah dibilang belum diterima?

Lalu pada tanggal 23 Agustus 2023, pihak Shopee mengabarkan paket kiriman hilang dan akan diproses penggantian dana. Setelah saya tunggu, pada tanggal 28 Agustus 2023, saya coba cek di dompet penjualan Shopee saya, telah masuk uang Rp320.000 untuk penggantian barang yang hilang.

Di sini saya sebagai penjual merasa sangat dirugikan sekali, barang harga Rp1,4 jutaan hanya diganti Rp320 ribu, dengan alasan pergantian 10 kali biaya pengiriman. Kalau memang pihak SiCepat tidak bisa menjaga paket kiriman barangnya sampai ke pihak pembeli, jangan buka ekspedisi pengiriman!

Misalkan sehari ada 100 kasus kehilangan bernilai Rp1 juta, sudah ada kerugian Rp100 juta, terus pihak SiCepat dengan seenaknya mengganti cuma 10 kali ongkir. Bilamana mau aman, mesti bayar lagi asuransi pengiriman. Yang mana itu seharusnya sudah menjadi kewajiban pihak ekspedisi untuk menjaga keamanan barang kiriman.

Saya juga sudah komplain ke pihak Shopee, tapi seakan Shopee lepas tangan, minta langsung hubungi pihak SiCepat. Harusnya, kalau ekspedisi pengiriman sering hilang barang, pihak Shopee tidak usah kerja sama lagi dengan pihak ekspedisi tersebut, karena sangat merugikan pihak penjual maupun pembeli.

Di sini saya mau minta hak saya sebagai penjual untuk mendapat penggantian full seharga harga barang yang saya jual. Terima kasih.

David Saputra
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Status Pesanan Senilai Rp1,4 Juta Sudah Diterima, tapi Dinyatakan Hilang dan Hanya Diganti Rp320 Ribu”

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak David Saputra dengan judul “Status Pesanan Senilai Rp1,4 Juta Sudah Diterima, tapi Dinyatakan Hilang...
Baca Selengkapnya

27 komentar untuk “Status Pesanan Senilai Rp1,4 Juta Sudah Diterima, tapi Dinyatakan Hilang dan Hanya Diganti Rp320 Ribu

  • 30 Agustus 2023 - (18:14 WIB)
    Permalink

    SnK kehilangan PKT cuma 10x ongkir makanya sering dimaling, sope mewajibkan seller daftar asuransi terlebih yg jualan mahal

    • 31 Agustus 2023 - (06:55 WIB)
      Permalink

      Om selama saya jualan online, harusnya marketplace kasih rasa aman buat penjual untuk jualan ditempat nya. Asuransi buat penjual cm modus aja sih kyk nya, lah pembeli jg uda asuransi, kok penjual mesti asuransi lg?
      Market place uda dpt 4% dari penjualan, masa mau 0.5% lg dr penjual buat iming2 “asuransi” 😁😁

      • 2 September 2023 - (20:46 WIB)
        Permalink

        Tapi kan anda numpang jualan di marketplace jadinya wajar dong klo marketplacce dapet pembayaran, kek kalian ngontrak di mall2 gitu, untuk sicepat setau saya sih 10x ongkir max 1 jt klo di website. Klo itu saya suka beli asuransi sih ke sicepatnya dan harga product tokonya naekin dikit untuk product high value. Tipis sih tp saya juga mau aman

  • 30 Agustus 2023 - (23:03 WIB)
    Permalink

    Sudah sangat sering kasus seperti ini terjadi,
    Pihak Market place selalu berdalih sesuai ketentuan.barang hilang tanpa asuransi di ganti 10x ongkir.
    Mangkya kasus seperti ini terus berulang-ulang karena mungkin banyak pihak yg bermain.

  • 31 Agustus 2023 - (01:05 WIB)
    Permalink

    Baru-baru ini sudah 2 kali saya lihat postingan tentang sicepat di MK.

    Hmmmm….

    5
    1
    • 31 Agustus 2023 - (04:35 WIB)
      Permalink

      Penipuan berkedok barang hilang diganti 10 ongkir,saya awal bulan kejadian yang sama,4.4jt cm balik 620rb

      • 20 Oktober 2023 - (19:53 WIB)
        Permalink

        PENGALAMAN SAYA KASUSNYA SAMA SEPERTI INI.KEJADIANYA BARU KEMARI 3 HARIAN DARI SAYA MEMBACA BRITA INI.SAYA BELI BARANG DARI SHOPI TAPI BARANG BELUM SAYA TRIMA SEDANG DI APLIKASI SHOPI TERTULIS BARANG SUDAH TERKIRIM KE YANG BESANGKUTAN.SAYA LANGSUNG HUBUNGI PIHAK PENJUAL KALO BARANG BELUM SAYA TRIMA DAN SAYA KIRIMKAN BUKTI KALO KURIRNYA PAKAI FOTO BUKAN LOKASIKU.DI SITU TERTULIS NAMA SERTA NOMER HP KURIRNYA.DAN AL HAMDULILLAH AHIRNYA BARANG SAMPAI JUGA KE SAYA.JADI MENURUTKU KURIR BAGIAN PENGIRIMAN HARUS TERDATA DG BAIK AGAR JIKALAU ADA PERMASALAHAN BIAR CEPAT TAHU SAAT BARANG HILANG ITU HILANG DI GUDNAG ATAU PADA SAAT DI BAWA KURIR SIAPA NAMA DAN LENGKAT NOMER HP ALAMATNYA.

    • 31 Agustus 2023 - (06:27 WIB)
      Permalink

      Kalau isi paket adalah barang yang berharga dan status paket bukan COD, biasanya modus dari kurir yg nakal untuk memiliki barang yang ‘ilegal jadi legal’ adalah dengan meng_klik ‘barang sudah diterima’ padahal sejatinya si penerima belum menerima barang.

      • 31 Agustus 2023 - (06:59 WIB)
        Permalink

        Nah ini om, saya kmrn minta bukti pengiriman ke sicepat jg gk dikasih2. Masalah nya yg nakal si oknum kurir pengiriman, tpi yg kena getah nya kita, para penjual

      • 21 Oktober 2023 - (10:22 WIB)
        Permalink

        Entah ini yg nakal si kurir atau admin expedisi nya. Seharusnya kl kurir yg nakal ngeklik barang di terima, harusnya dia juga nyetor duit ke kantor.

  • 31 Agustus 2023 - (04:38 WIB)
    Permalink

    Ekspedisi sekarang udah banyak yg kacau efek ngajinya kecil para para pelanggan jadi korban sering baca kasus begini gak hanya si cepat.

  • 31 Agustus 2023 - (05:06 WIB)
    Permalink

    Barang yg melebih harga 10x ongkir harus pake asuransi, mau koar2 juga ya hanya akan lewat gitu saja. Jadikan ini pelajaran, karna oknum di ekspedisi banyak liat barang berharga bisa di tilep.

    • 31 Agustus 2023 - (10:14 WIB)
      Permalink

      Ya kan si pembeli uda asuransi om. Masa penjual mesti asuransi jg. Double asuransi dong, menang banyak dong si shopee 😂😂

      • 31 Agustus 2023 - (11:19 WIB)
        Permalink

        Lah, gitu kan cara main sekarang, tggl anda pilih saja, mau ikut atau ngak, mau koar2 ke MK juga ngak guna si shopee palingan ngomong hak anda sudah di kasih ya 10x lipat itu.

  • 31 Agustus 2023 - (05:55 WIB)
    Permalink

    Di Shopee apa gak ada Asuransi ya?? Klo ada mending wajibkan asuransi sj, yg bayar kan pembeli dan biasanya nilai asuransinya tdk terlalu memberatkan tp manfaat bagi penjual dananya lbh aman. sy beberapa kali brng orderan hilang tp ordernya via Tokopedia, pakai sicepat juga sih…krn sdh diasuransikan dana pembeli maupun penjual sama2 kembali utuh, iya memang sih gak lgsng kembali d hari itu butuh bbrp hari nunggu baru dana masuk.

    • 31 Agustus 2023 - (10:13 WIB)
      Permalink

      Ada om, di shopee itu gk cm pembeli aja ya yg mesti asuransi, masa penjual jg mesti asuransi. Ibarat nya dia makan 2 asuransi, asuransi dr pembeli dan penjual. Padahal 1 asuransi dr pembeli aja cukup. Saya jualan di toped gk pernah ada asuransi untuk penjual, hanya asuransi pembeli.

  • 31 Agustus 2023 - (12:42 WIB)
    Permalink

    shoppe dan sicepat layanan nya jelek dan sangat tidak profesional yah merugikan , dan hanya mementingakan keuntungan perusahaan , kalo gitu better tutup aja malu sama expedisi dan marketplace yang profesioanl
    kalau mau buat perusahaan makin kaya jangan rampas uang seller atau penjual, buat usaha yang halal

  • 31 Agustus 2023 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Masing-masing Marketplace emang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing… Bagi pelanggan/pembeli, keuntungan di Shop** adalah ongkir paling murah, kalau di TOKO**DIA harga barang murah. Misal harga barang di SHOP** 2.275.000+gratis ongkir, kalau di TOKO**DIA dg Barang yg sama dan toko yg sama harganya 2.150.000+ongkir, dari perbandingan tsb jatuhnya tetep murah di SHOP**, karena ada beberapa voucher yg bisa digunakan. Saya sering membandingkan harga dari Toko yg sama didua Marketplace tersebut. Kalau dari sisi Seller saya nggak tahu besaran potongan dari hasil penjualan berapa…

  • 31 Agustus 2023 - (12:45 WIB)
    Permalink

    Saya belum pernah tahu, belum pernah baca berita ada oknum kurir yg diPENJARA karena menggelapkan barang. Entah karena apa pihak Ekspedisi tidak membawa oknum kurir/pegawainya yg “NAKAL” ke jalur hukum. Apa karena takut nama baiknya tercemar???

  • 1 September 2023 - (20:47 WIB)
    Permalink

    setau saya, pada umumnya ekspedisi di Indonesia itu menawarkan 10x ongkir sebagai ganti rugi maksimal. jadi selama pengalaman jualan di tokopedia, saya selalu centang opsi wajib asuransi karena barang di etalase memang jauh di atas 10x ongkir.

    pembeli akan bayar asuransi saat order dan saya tidak akan dibebani asuransi.

    selama berjualan 4 tahun, hanya 3x terjadi barang hilang. itu pun diproses hari yang sama sehingga pembeli dan saya sama2 mendapatkan uang.

    saya kurang paham untuk kasus TS. apakah pembeli TS sudah bayar asuransi? atau apakah TS mewajibkan asuransi? setau saya, mau dikasuskan sebesar apapun, ya kurir hanya ganti maksimal 10x sesuai ketentuan. kalo mau aman dan dapat jaminan uang utuh kembali ya itu tadi, asuransi. toh bukan TS yang bayar melainkan pembeli.
    apakah shopee memiliki ketentuan yang berbeda sehingga harus pembeli dan penjual bayar asuransi? mungkin rekan seller shopee bisa cerita lebih detail tentang asuransi di shopee.
    sebab saya terbiasa di tokopedia, tidak pernah ada masalah. semua item di etalase saya ya wajib asuransi.

    • 26 September 2023 - (00:28 WIB)
      Permalink

      sistem asuransi di shopee itu beda kak sama tokped, kalau di shopee itu penjual yang dikenakan asuransi 0,5% dari harga barang untuk SEMUA transaksi. Sedangkan jelas kalau menaikan harga barang 0,5% itu berat terlebih untuk barang – barang kebutuhan sehari – hari, yang mana malah takutnya pembeli gajadi beli di toko. Tetapi kalau gak dinaikan itu toko rugi juga terkena tambahan potongan 0,5% lagi dari potongan – potongan penjualan lainnya di marketplace yang sudah ada. Seharusnya SHOPEE YANG BERBENAH DENGAN SISTEM ASURANSI MEREKA AGAR TIDAK MERUGIKAN PIHAK PENJUAL.

  • 2 September 2023 - (05:58 WIB)
    Permalink

    Harga barang 1 juta, ongkir 10ribu lalu hilang, buyer cuma diganti 10X ongkir cuma 100.000 cape dechh . ??

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Status Pesanan Senilai Rp1,4 Juta Sudah Diterima, tapi Dinyatakan Hila…

oleh david saputra dibaca dalam: 1 menit
27