Berulang Kali Terjadi, Barang Hilang dalam Pengiriman Shopee Xpress Tanpa Ganti Rugi

Ini ke sekian kalinya saya bermasalah dengan jasa kirim Shopee Xpress. Saya tidak pernah mau menggunakan jasa kirim ini di toko saya, dan sudah berulang kali saya meminta kepada tim Shopee untuk menonaktifkan jasa pengiriman ini di toko saya (karena dari pihak saya tidak bisa dinonaktifkan, harus dari pihak Shopee yang menonaktifkan jasa pengiriman ini).

Saya dirugikan oleh Shopee dan jasa kirim Shopee Xpress sebesar Rp481.000 + Rp305.000 + Rp930.500 = Rp1.716.500 dan saya baru menerima ganti rugi sebesar Rp90.000 saja. Lucunya, ketika saya melakukan komplain  mereka beralasan bahwa kesalahan saya tidak menggunakan asuransi. Padahal jelas di tabel deskripsi yang mereka buat sendiri (lihat gambar terlampir) bahwa jika menggunakan jasa kirim Shopee Xpress standar/hemat, maka tidak ada asuransinya.

Jadi seller dipaksa menggunakan jasa kirim paling busuk yaitu Shopee Xpress, yang mana adalah anak perusahaan dari Shopee Indonesia. Namun ketika ada masalah, mereka dengan entengnya tidak mau bertanggung jawab. Berikut saya lampirkan nomor pesanan dan nomor resi barang yang bermasalah, dan tidak ada pertanggung jawaban sama sekali dari Shopee dan Shopee Xpress

Saya minta pertanggung jawaban pihak Shopee dan Shopee Xpress untuk mengganti seluruh kerugian saya secara penuh, dan menonaktifkan jasa pengiriman tersebut di toko saya.

Dwi Tita Noer
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Berulang Kali Terjadi, Barang Hilang dalam Pengiriman Shopee Xpress Tanpa Ganti Rugi

      • 6 September 2023 - (16:38 WIB)
        Permalink

        Mau bagaimana lagi, sebagai ekspedisi pengirinab milik sendiri mereka pasti memprioritaskan untuk kepentingan dan keuntungan mereka dulu.

        Semoga saja mereka bisa memperbaiki kekurangan dan masalah kurir mereka tersebut

        1
        1
    • 6 September 2023 - (21:58 WIB)
      Permalink

      Ada teman seller uda gk jualan di shopee yg masih aktif tokped sama BL meminimalisir kerugian

      • 7 September 2023 - (06:09 WIB)
        Permalink

        Ya shopee profit dari karna bisa ambil untung dari jasa expedisi di banding toko hijau atau lain2 yg tidak ada expedisi sendiri, pilihan tinggal kembali ke seller mau tetap jualan di shopee atau menerima keadaan. Kelemahan seller2 di shopee itu jelas yaitu ngak ada paguyuban atau serikat makanya tiap kebijakan ya harus di terima seller tanpa bisa melawan. Ngak ada nilai tawar istilahnya.

        1
        0
    • 7 September 2023 - (18:51 WIB)
      Permalink

      Sama ajah sekarang expedisi,banyak oknum yg ga beres. Spx reguler masih mending dibanding yg lain.

      • 8 September 2023 - (13:23 WIB)
        Permalink

        Shopee express kayak nya memang kayak gini deh. soalnya saya juga hilang barang 1 minggu yang lalu. Krn udh besar masalahnya. Jdi kurir mengembalikan barang/isi paket kepda sy. Pokonya kita sbgian pembeli harus di kejar terus. Biar brng kita kmbli. Klo kita diam2 aja. Akan d lewatin

  • 6 September 2023 - (16:23 WIB)
    Permalink

    Kalau shopee ga mengubah tindakannya..org2 yg kerja di shopee express bisa mengutil barang org. Toh ga ada tindakannya dari shopee.

    Tinggal bikin laporan barang hilang selesai. Ga ada diusut². JD pekerja busuk bisa seenaknya ngutil barang org

  • 6 September 2023 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Buka halaman toko saya, pilih pusat bantuan, kemudian pilih pusat edukasi penjual. Pada menu pencarian ketik asuransi pengiriman shopee. Coba cari² informasi di situ cara untuk mengaktifkan asuransi pengiriman shopee.
    Semoga membantu.

    Pernah 2 x paket saya hilang dalam pengiriman j&t, Alhamdulillah semua di ganti penuh.

    • 6 September 2023 - (20:23 WIB)
      Permalink

      Tapi dia keluhannya spx bukan j&t… dan disitu dia bilangnya jika pakai spx ga ada asuransinya…

  • 6 September 2023 - (19:05 WIB)
    Permalink

    padahal kalau kurir yang kehilangan atau kehilangan di hub/DC tersebut. pihak yang menghilangkan wajib mengganti penuh biayanya.

    • 6 September 2023 - (21:10 WIB)
      Permalink

      Kalo saya ketika ketemu kurir bermasalah entah hilang tanpa ganti atau lambat maka saya nonaktifkan kurir tsb, terus di bikin note atau di chat setiap ada order yg make kurir tsb untuk cancel atau biarlah cancel otomatis. Prinsip saya kalo orang mau belanja di toko saya apapun kondisinya mereka akan belanja selama barang yg kita jual kita kabarkan dg baik, jujur, apa adanya.

  • 6 September 2023 - (20:21 WIB)
    Permalink

    1. jgn pakai sopee lg
    2. Jgn diproses pesanannnya jika pakai spx
    3. Minta konsumen utk ganti jasa pengiriman

  • 6 September 2023 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Saya aja jga gtu… Dari tanggal pick up tanggal 1 September.. Terus itu tak sadarin paket dah di peking.. Biasanya kalo masuk tanggal 1 pasti di tanggal dua saya peking… Tapi kenapa ngga berubah sampe tanggal 5 .. Tak sadari kaya ada permainan shope.. Mulai skarang tiap kirim mnta struk pengiriman… Saya pikir ke kirim 2 kali.. Ea sudah cukup tau aja.. Mulai kirim mnta struk.. Kalo kirim kirim taro barang doank percuma … Takutnya ga di tembak sama pihak shope.. Makannya mulai skarang mnta struk tiap kirim… Jangan taro taro paket… Ga sadari nnti ke kirim 2 kali.. Yg ada rugi kita… Kalo barang 30 rb mah gpp merem aja.. Ini 200 rb

  • 7 September 2023 - (23:15 WIB)
    Permalink

    Kalo ini kan hilangnya dalam proses pengiriman.
    Punya saya lebih lucu lagi.2x paket saya hilang di gudang hub SPX. Sore ini di drop di Hub SPX Jogja, besok nya udah hilang nggak tau dimana. Serah terima paket cuma disuruh taruh ke meja ato keranjang, ditumpuk Ampe banyak dulu tanpa langsung di scan. Yg Nerima di awal dg yg scan paket²nya beda org. Pas minta pertanggung jawaban, pada maen lempar sana sini.Dan fatalnya ketika ditanya rekaman cctv, mrk blg cctv nya nggak aktif. Rasa pengen ngumpat langsung saat itu.

  • 10 September 2023 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Sudah lebih 2x berarti anda sudah tidak cocok lagi berdagang disitu. Saran saya keluar saja pindah MP yang lain.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Xpress?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Berulang Kali Terjadi, Barang Hilang dalam Pengiriman Shopee Xpress Ta…

oleh dwi dibaca dalam: 1 menit
18