iPhone 11 yang Hilang dalam Pengiriman, Hanya Diganti 1 Juta Rupiah

Saya melapor atas nama istri saya (Nathasya Amima R), selaku pemilik barang yang dinyatakan hilang oleh JNE. Rincian barang yang dikirim sebagai berikut:

Jenis barang: Handphone second.
Merek: iPhone 11 128 GB iBox (garansi resmi masih ada sampai 8 bulan ke depan).
Harga transaksi : Rp7.900.000 (Tujuh Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah)
Nomor resi JNE: CM88507026507.

Yang sudah dinyatakan hilang oleh pihak JNE. Selanjutnya izinkan saya untuk menceritakan kronologi permasalahan tersebut. Sebagai informasi tambahan, saya di sini sebagai pihak penjual (pemilik barang). Saya menjual barang tersebut, menggunakan akun Shopee atas nama istri saya, sehingga dalam resi JNE pun tertulis nama istri saya sebagai pengirim.

Pada tanggal 21 Agustus 2023 pukul 20.35, kami mendapat pesanan dari pembeli a.n. Ma****** Am** melalui aplikasi marketplace Shopee, dengan nomor pesanan: 2308218ATX2NV6 (bukti screenshot pesanan terlampir). Selanjutnya kami langsung memproses pesanan tersebut dan melakukan pengiriman melalui ekspedisi JNE Naripan Kota Bandung dan diterima sesuai resi pada 21 Agustus 2023 pukul 21.15 (resi terlampir). Estimasi tiba dalam waktu 5 hari, dengan nomor resi: CM88507026507.

Saat itu kami tidak menggunakan asuransi pengiriman, dengan alasan:

  • Transaksi ini via marketplace bersifat cashless. Jadi kami sebagai pihak penjual hanya men-drop barang tersebut ke ekspedisi untuk diteruskan ke pembeli.
  • Sampai saat itu kami berpikir bahwa asuransi sifatnya ditanggung oleh pembeli via marketplace.
  • Pihak ekspedisi tidak melakukan penolakan pengiriman barang walau tidak asuransi.
  • Pengalaman kami bertahun-tahun dengan proses yang sama, tapi barang tetap delivered dengan aman.

Seiring berjalannya waktu, pihak pembeli pada tanggal 26 mengkonfirmasi kembali kepada kami, karena berdasarkan pengecekan resi barang tidak bergerak dari tanggal 24 Agustus 2023 (status sedang diproses di pusat penyortiran Bandung). Sejak saat itu kami langsung melakukan pengecekan dan mulai melaporkan pengaduan via CS resmi JNE. Jawaban dari pihak CS JNE yaitu barang sedang diinvestigasi oleh tim terkait dan belum dinyatakan hilang.

Sejak itu kami terus melakukan komplain berkala, baik online maupun mendatangi kantor pusat Soekarno Hatta Bandung. Namun tidak pernah ada kejelasan status barang tersebut, hanya selalu dijawab masih ditangani dan diinvestigasi oleh tim terkait

Kemudian pada tanggal 31 Agustus 2023 pukul 12.40, pihak Shopee tiba-tiba membatalkan transaksi ini, dengan alasan “Paket hilang di perjalanan. Kompensasi yang memenuhi syarat telah dikreditkan ke Saldo Penjual-mu”. Setelah itu tiba-tiba masuk saldo ke akun penjual kami sebesar Rp1.020.000 (Satu Juta Dua Puluh Ribu Rupiah), yang dasar angkanya saya hingga saat ini belum jelas dari mana.

Seketika saya langsung menelepon CS JNE untuk mengkonfirmasi dan kami mendapat jawaban bahwa pihak JNE masih melakukan investigasi, belum ada pernyataan barang hilang (kami ada bukti rekaman percakapan telepon dengan CS JNE).

Menjadi sangat tidak wajar dan aneh karena pihak marketplace dan ekspedisi tidak sinkron. Saya paralel menanyakan ke pihak marketplace Shopee terkait pergantian kompensasi tersebut dan dijawab bahwa pihak JNE lah yang menentukan nominal pergantian, pihak Shopee hanya meneruskan laporan (sebagai fasilitator) dalam transaksi ini

Tanggal 1 September 2023, kami langsung mendatangi lagi kantor JNE Cabang Soekarno Hatta Bandung untuk mengkonfirmasi, dan pihak JNE sudah resmi menyatakan barang hilang pada 31 Agustus 2023. Namun pada pukul 23 dan selanjutnya, kami diarahkan oleh CS JNE untuk membuat pernyataan keberatan atas pergantian kompensasi tersebut. Tuntutan kami adalah pergantian full atas nilai barang yang hilang.

Tanggal 2 September 2023, kami mendapat telepon dari CS JNE Pusat Jakarta perihal kasus klaim ini, dan pihak JNE hanya akan mengganti 10x ongkir, karena transaksi ini tidak diasuransikan. Tentunya kami keberatan dan tetap menuntut untuk pergantian full dari pihak JNE sebagai pihak yang harus bertanggung jawab atas kejadian ini.

Hingga kini tanggal 9 September 2023, pihak JNE belum ada konfirmasi kembali terkait kasus ini. Setiap hari kami selalu melakukan komplain kepada admin CS JNE via Twitter, meskipun tidak mendapat jawaban. Mereka hanya memberikan jawaban normatif “Sedang ditangani oleh tim terkait”.

Saya sebagai pihak yang kehilangan barang, belum menerima kronologis bukti kehilangan barang berupa CCTV atau data dukung lainnya, yang bisa membuktikan kepada saya bahwa barang itu tidak dicuri oleh pihak ekspedisi sendiri.

Dengan kejadian ini, saya menduga bahwa barang kami yang tidak diasuransikan, menjadi celah untuk pihak ekspedisi melakukan penghilangan barang secara sengaja atau sengaja mengambil barang saya. Terlebih barang yang saya miliki ini memiliki value yang tinggi.

Kalau memang asuransi menjadi syarat mutlak karena barang ini memiliki value tinggi, maka pihak ekspedisi seharusnya tidak mau menerima pengiriman barang kami. Namun nyatanya pihak ekspedisi tidak mewajibkan asuransi dan tetap memproses kirim barang kami dan kejadian seperti ini sudah sangat sering dilakukan oleh pihak ekspedisi.

Sekian kronologi singkat dari kejadian yang kami alami. Mohon bantuan pihak yang berwenang untuk memproses ini sehingga kami mendapatkan keadilan atas kejadian ini. Terima kasih.

Rulli Setiadi & Nathasya Amima
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

65 komentar untuk “iPhone 11 yang Hilang dalam Pengiriman, Hanya Diganti 1 Juta Rupiah

  • 11 September 2023 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Lg bnyk kasus barang mahal hilang di ekspedisi sama di instan kurir, smntara jngn jualan barang mahal dlu via online, resiko tinggi

    14
    • 11 September 2023 - (13:06 WIB)
      Permalink

      Kak kalo boleh saran. Jika jual produk barang mahal. Hanya kirim kwitansi pembelian dan dikirim pakai kurir toko/sellernya sendiri. Buat pembelian produk barang mahal itu khusus wilayah daerah sekitar kk saja.

      Sama halnya spt saya beli ac, kulkas, dan springbed new itu dikirim pakai kurir toko. Expedisi hanya kirim nota pembelian saja. Alhasil kk ngga akan kehilangan barang/uang penjualan

      22
      2
      • 11 September 2023 - (15:26 WIB)
        Permalink

        Hati2 dengan kurir sekarang, hampir semua kurir mengicar barang mahal yg pada akhirnya interogasi ke kurir hilang begitu saja.

      • 13 September 2023 - (12:30 WIB)
        Permalink

        Klo kejadian kyk gt, biasa ada aja yg nakal dr pihak seller dan buyer kerja sama dg dalih klaim barang hilang/sejenis ny

        Tp cuma dugaan, tp klo dr awal salah penanganan di jne, alias tdk mw nambah biaya asuran + paking maka biasanya TTD SP

        • 13 September 2023 - (13:54 WIB)
          Permalink

          utk kasus saya, yang menyatakan barang hilang adalah pihak JNE sendiri

          jadi dugaan seller dan buyer yg nakal itu tidak masuk yaa 🙂

    • 11 September 2023 - (15:06 WIB)
      Permalink

      betul, pihak JNE Bandung yang saya datangi juga mengakui sedang lumayan banyak menangani kasus barang hilang dan kebanyakan memang elektronik terutama HP

      10
    • 12 September 2023 - (12:24 WIB)
      Permalink

      Jngn prnh pkai js pngrmn JNE krn mereka sllu tidak bertanggung jwab dngn brang yng d kirimkn sy jg prnh mnglmi dulu pesan aki motor brang dri pnjual d kirim tp d prjlnan hilang smpai tidak ke trma 👎👎👎👎👎intinya jne itu buruk

      2
      0
        • 13 September 2023 - (12:36 WIB)
          Permalink

          Sy kirim paket via jne laptop rozog 80jt, ikutin aturan Expedi jne aman2 aja

          Klaim juga gampang,

          Mgkg anda aja yg Goblok gk membaca aturan
          Ibarat lampu merah berhenti anda beranggapan jalan teruz, giliran ketabrak lawan arah anda yg ngamuk2

          Simple jgn dibuat sulit

          • 13 September 2023 - (18:53 WIB)
            Permalink

            Mohon kebijakan dari perusahaan dan harus profesional… Karna setiap suatu pekerjaan harus ada pertanggung jawaban sesuai kesepakatan kedua belah pihak…

          • 14 September 2023 - (05:41 WIB)
            Permalink

            Pasti orang JNE ni 😁😁😁

    • 12 September 2023 - (12:47 WIB)
      Permalink

      memang sekarang banyak maling di perusahaan jasa pengiriman.
      barang ga bakalan hilang kalau ga ada yang ambil.

      • 12 September 2023 - (14:53 WIB)
        Permalink

        setuju, barang tidak mungkin jalan sendiri kalau tidak ada yang memindahkan

    • 11 September 2023 - (15:27 WIB)
      Permalink

      semoga apabila benar karena oknum. Pihak JNE dapat menyelesaikan kasus ini secara internal dan secara professional mengganti kerugian yang saya alami karena oknum ini

    • 11 September 2023 - (21:10 WIB)
      Permalink

      Itu mah bukan hilang nmnya, sengaja di gelapkan Krn sdh tau barang mahal…mnding jual yg kecil² aja klo d sh**e mah…
      Yg mhl² jangan ..

    • 12 September 2023 - (00:18 WIB)
      Permalink

      Bukanya mau menuduh pihak jne tapi bs jadi ada oknum karywan yg tidak bertanggung jwb sengaja barang itu di gelapkan.tapi dr pengalaman sya, yg sering transksi rekber.via shoppe ataupun jne aman2 aja pertama jual huawei p30 pro aman smpe ke pembeli di luar kota.transksi kedua pun alhamdulillah gak ada kendala. Ya smoga ada titik temunya 8jt hilang gitu aja

  • 11 September 2023 - (12:52 WIB)
    Permalink

    Sudah banyak kejadian, barang nilainya mahal…… mendadak dinyatakan hilang oleh ekspedisi. Apalagi bila barang tsb tidak diasuransikan seller.. . Jadinya amsyong, hny diberi ganti 10x biaya ongkir.

  • 11 September 2023 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Tokopedia aman c
    … Shopper agak agak to rada rada… Brg bisa ke sadar tetangga la… Ilang la…. Ina itu Ina itu… COD laaa

    0
    6
    • 11 September 2023 - (15:19 WIB)
      Permalink

      iya, tapi concern saya adalah keberatan dinyatakan barang hilang sepihak tanpa memberikan penjelasan, kronologis barang hilang yang disertai bukti2 kongkrit kepada saya sbg konsumen . Dan saya sebagai konsumen memiliki hak untuk mengetahui hal tersebut . Padahal ini udah hari ke-11 setelah barang sy resmi dinyatakan hilang oleh JNE, hingga kini masih rutin kami cek progressnya belum berubah “masih dalam penanganan tim operasional JNE”

      1
      2
        • 11 September 2023 - (22:34 WIB)
          Permalink

          mungkin kalau JNE bisa men-delivered barang saya sampai ke tangan penerima nya, saya tidak akan menuntut apa2 dan akan sangat berterima kasih kepada JNE 🙂

  • 11 September 2023 - (13:40 WIB)
    Permalink

    Resiko jualan ga pake asuransi ya gitu, dan marketplacenya shopee lagi shopee lagi. Seingatku cuma seller tertentu aja yg bisa nyalain asuransi, seller lain terima nasib aja. Beda sama toped yg bisa wajibin asuransi dan biayanya ditanggung pembeli waktu checkout.

    4
    1
    • 11 September 2023 - (15:25 WIB)
      Permalink

      betul sekali, sampai saat itu saya masih berpikiran kalau asuransi itu dibebankan ke pembeli

      1
      2
    • 11 September 2023 - (15:23 WIB)
      Permalink

      iya, tapi concern saya adalah keberatan dinyatakan barang hilang sepihak tanpa memberikan penjelasan, kronologis barang hilang yang disertai bukti2 kongkrit kepada saya sbg konsumen . Dan saya sebagai konsumen memiliki hak untuk mengetahui hal tersebut . Padahal ini udah hari ke-11 setelah barang sy resmi dinyatakan hilang oleh JNE, hingga kini masih rutin kami cek progressnya belum berubah “masih dalam penanganan tim operasional JNE”

      barang yg sudah diterima oleh JNE, sudah menjadi tanggung jawab mereka utk melakukan servis sebaik2nya dengan menyampaikan barang tersebut ke tangan penerima, karena kita sudah mengeluarkan uang untuk jasa ekspedisi yang dinamakan Ongkos Kirim dan
      bukan berarti barang yang tidak asuransi menjadi bahan untuk dinyatakan hilang sepihak kan ?

      6
      4
      • 13 September 2023 - (10:17 WIB)
        Permalink

        hukum dinegara ini lemah makanya kurang perlindungan konsumen termasuk klausul barang hilang diganti 10x ongkir jadi cela utk mencuri barang mahal

        • 13 September 2023 - (12:34 WIB)
          Permalink

          Asuran + paking ketika ada barang nilai nya 10x lbh mahal itu kembali pd anda sendiri,

          Resiko ny pake jasa perpanjangan tangan, alias bnyk tangan

          Tp klo ikutin aturan exedisi mw harga 100jt aman2 aja

  • 11 September 2023 - (15:21 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya kalau barang mahal bagian label keterangan nama barang ditutupi aja. Karna bagi yg nakal kalau mengetahui nama barang tersebut sangat rentan raib. Shopee sebenarnya sdh kenyediakan fitur asuransi cuma tersembunyi tuh. Sebaiknya kalau jual hape jangan di shopee. Sukit mengaktifkan asuransinya

  • 11 September 2023 - (15:58 WIB)
    Permalink

    Gausah denial sudah jelas anda salah ga pake asuransi mereka sudah menjalani kewajiban mereka ganti 10x ongkir sesuai ketentuan yang berlaku gausah putar balik fakta dari pada concern ga ada knologis lah apa lah apa susahnya bayar asuransi sedikit? Coba pikir kalo ada asuransi skrg barang hilang di ganti full. Secara sadar anda kiri dan malah salahkn pembeli ga pake asuransi terlalu denial anda.

    5
    8
    • 11 September 2023 - (16:16 WIB)
      Permalink

      Dan sy jg baru tau kalo ternyata di shopee itu yg harus bayar asuransi adalah penjual, kalau di toped kan yg bayar pembeli. Tapi emang sih, asuransi itu utk kebaikan penjual, karna kalo barang hilang, pembeli tinggal klaim gak terima barang, duitnya balik. Kalo penjual hrs ada asuransi baru bs balik full duitnya.

      1
      1
      • 11 September 2023 - (19:40 WIB)
        Permalink

        Setau saya dulu saya jual laptop second Asus, yg bayar asuransi itu pembeli. Bukan penjual. Saya jg pake ekspedisi JNE kirim pake packing kayu. Alhamdulillah aman… emang rawan sih kirim barang elektronik pake ekspedisi. Harus pake asuransi biar lebih safety

    • 11 September 2023 - (16:19 WIB)
      Permalink

      kronologis dan bukti barang hilang sepengetahuan saya itu sepenuhnya merupakan hak konsumen utk mengetahui, dengan adanya kronologis jelas disertai bukti kongkrit maka menghindari dugaan pihak ekspedisi dalam penghilangan barang secara sengaja

      menurut informasi dari pihak JNE sendiri bahwa kronologis dan bukti barang hilang akan diterbitkan dalam 1×24 jam setelah barang resmi dinyatakan hilang, nyatanya ini sudah hari ke 11 dan saya masih belum menerima kronologis tsb
      perihal asuransi, sudah sy tulis di thread alasan sy tidak mengasuransikan pesanan tsb

      artikel ini saya tulis sebagai edukasi dan sharing agar kasus serupa tidak kejadian kepada yang lainnya dikemudian hari 🙂

      • 11 September 2023 - (22:26 WIB)
        Permalink

        sudah benar TS push ke JNE karena dsini kesalahan ada di pihak mereka. mereka harus memberikan penjelasan mengapa barang gampang hilang jika tidak diasuransikan.

    • 13 September 2023 - (10:54 WIB)
      Permalink

      Bukan masalah asuransi atau bukan lol… Tapi kinerja dan tanggung jawab ekspedisi nya seharusnya.. pengiriman barang harus dijaga keamanannya .mau murah ataupun mahal.. buat apa kita bayar orang hanya untuk mencuri barang kita.. jklau tidak bisa menjaga keamanan barang yg diamanahkan mendingan bubar saja..klau ekspedisi bisa aman.. asuransi mungkin tidak diperlukan.

      • 13 September 2023 - (11:18 WIB)
        Permalink

        setuju, tidak ada kaitannya barang hilang dengan asuransi
        seharusnya mau asuransi atau tidak barang tidak boleh hilang

  • 11 September 2023 - (18:55 WIB)
    Permalink

    Tolonglah pihak JNE bekerjalah dengan amanah, krn sya juga beberapakali pake jasa JNE klw pesan online. Biar sama2 untung kita yg berlangganan untung dg nrg yg dipesqn selamat smpe tujuan, negtu juga penjualnya, dn JNE untung klw amanah.

  • 11 September 2023 - (19:37 WIB)
    Permalink

    Waduh kok jadi ngeri ya sekarang beli HP lewat online, saya belanja HP lewat online udah dari tahun 2016 baru kejadian ilang di ekspedisi bulan juni kemarin. Mana harga HP nya lumayan lagi 6 jutaan.untung waktu check out aktifin asuransi jadi bisa keganti penuh uangnya. Makin bahaya nih banyak kurir maling

    • 12 September 2023 - (01:05 WIB)
      Permalink

      Hilang barang bukan salah di marketplace tapi lebih ke mental orang yg kerja di jasa pengiriman lebih ke mental maling status kontrak atau freelance jadi kurang tanggung jawab dan hukumannya paling di pecat tapi bisa dapat barang yg di ambil lebih dari nilai 5jtan

    • 12 September 2023 - (21:36 WIB)
      Permalink

      Menurut saya pribadi untuk jual barang2 mahal jgn dijual di marketplace, seperti kejadian ini kan ngeri juga, apalagi gak ada asuransi. Jdi kemana kita minta ganti rugi ??
      Ini pelajaran yg berharga utk kita semua.

  • 11 September 2023 - (21:40 WIB)
    Permalink

    Jne lagi parah”nya .. saya belanja di toko ijo .. pilih kurir rekomendasi .. dapetnya ID Express, karena di tempat tinggal saya gak ada ID Express(padahal wilayah surabaya) akhirnya di oper ke JNE, dari tanggal 2 sept 2023 gak berubah, komplain di toko ijo jawabannya estimasi 4 hari penanganan, ternyata hingga saat ini sudah hari ke 6 belum ada kejelasan, komplain di t*p*d care malah bertambah jadi 7 hari kerja .. kapok dah pakai JNE ..

  • 11 September 2023 - (23:58 WIB)
    Permalink

    Jual barang mahal tapi asuransi di seller gak mau nyalain ? Terus salah shopee dimana dong

    • 12 September 2023 - (14:52 WIB)
      Permalink

      dalam kasus ini, kesalahan bukan ada di shopee kak, tulisan saya diatas jg tidak menyalahkan shopee ko

  • 12 September 2023 - (06:01 WIB)
    Permalink

    Waduh ini sih salah anda tidak buat asuransi kan bisa aja tuh kita tanya JNE untuk asuransi berapa terus tambahin aja biaya total HP + asuransi tar kan bisa dibuat di di iklan sudah termasuk asuransi jika anda tak ingin bayar asuransi ya! Mau gimana lagi iklas aja jadi pelajaran berikut ya soal ya prosedur asuransi juga dah anda tolak dan anda tanda tangani ya jadinya dibayar 10x ongkir deh sesuai peraturan JNE kan tercantum di syarat 3 anda tunduk dengan peraturan JNE dan bersedia menanggung resiko

    2
    2
    • 12 September 2023 - (12:26 WIB)
      Permalink

      saya 100% setuju dan mengerti mengenai regulasi asuransi, tapi sekali lagi yang sy tekankan adalah JNE menyatakan barang hilang tanpa ada bukti apa2, dan itu merupakan hak saya sebagai konsumen dan pemilik barang utk mengetahui kronologis kehilangan barang tersebut, apakah ada force majeur (mis: apakah ada gudang kebakaran, pesawat ekspedisi jatuh, kapal yg membawa muatan barang tenggelam, dll . itu pun tetap perlu dibuktikan dengan bukti kongkrit)

      kalau hilang tanpa alasan apakah tetap masuk dalam regulasi asuransi ? tentunya saya sbg konsumen yang kehilangan barang akan sangat keberatan karena dengan tidak ada nya alasan maka bisa jadi disalahgunakan oleh pihak/oknum internal JNE melakukan penggelapan, penghilangan secara sengaja, pencurian dan tentunya apabila benar spt itu maka sudah jadi bagiannya penegak hukum karena ini sudah masuk tindak pidana

      utk alasan tidak asuransi sudah sy jelaskan di dalam artikel yg saya tulis

      sekali lagi tulisan ini sifatnya edukasi agar kejadian spt ini tidak terjadi lagi dikemudian hari
      apapun alasan nya, pihak ekspedisi seharusnya tidak menghilangkan barang saya karena tugas pokok mereka itu mengantarkan barang ke penerima yg berhak, bukan menghilangkan barang tsb 🙂

      • 12 September 2023 - (14:05 WIB)
        Permalink

        yup setuju!
        asuransi tidak serta merta menjadikan pembenaran atas kegagalan kirim apalagi hilang. dalam cerita ini pihak jasa kirim telah gagal mengirimkan barang.

  • 12 September 2023 - (06:59 WIB)
    Permalink

    Lebih baik hati hati dalam mengirim barang2.. Apalagi yang harganya jutaan…. Karena banyak oknum kurir yang nakal… Pihak perusahan ekspedisi seolah tidak membenahi sistim mereka….

  • 12 September 2023 - (08:35 WIB)
    Permalink

    Setuju sama TS, at least JNE sebelum menyatakan hilang harus bertanggung jawab dengan menyertakan kronologis hilangnya
    Kalaupun hilang karena dicuri kurir, harus ada tindakan dan sangsi keras terhadap oknum kurir tersebut. Kan sudah dikasih amanah dari pelanggan untuk deliver barang, masa menyatakan hilang barang mahal seenaknya tanpa ada investigasi dan pelaporan kronologis yang jelas sih.

    • 12 September 2023 - (14:59 WIB)
      Permalink

      iya betul intinya sampai saat ini (hari ke 12 setelah barang resmi dinyatakan hilang) saya masih menunggu klarifikasi dan kronologis dari kegagalan JNE dalam mengirim barang saya

      kalau memang ulah oknum, biar internal JNE yg menyelesaikan . tapi jangan jadikan konsumen yg menanggung kerugian atas ulah oknum nya

  • 12 September 2023 - (08:41 WIB)
    Permalink

    jaman serba online begini konsumen gak ada pilihan kirim selain kurir, jd gimana ini klo komplain pasti dibilang nya oknum cm tanggung jawab dr perusahaan nya gak ada. konsumen lagi jd korban

  • 12 September 2023 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Itulah di era modern sekarang wajib aktifkan asuransi agar barang aman apalagi ini iPhone harga ya gak murah tapi gak pake asuransi auto jadi sasaran oknum dalam yg nakal lah

  • 12 September 2023 - (12:25 WIB)
    Permalink

    dgn asuransi saja barang bisa hilang kok, aplg tanpa. makanan lezat buat para kurir.

  • 12 September 2023 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Kenapa ga pake asuransi? Saya jualan makanan aja. Asuransi saya wajibkan aktif. Dan klo shopee asuransi seller yg bayar sebesar 0,5 dr hrg barang. Ada menu nya kalau mau aktifkan. Pake asuransi aja suka ribet apa lagi ga? Saya brg rusak aja makanan itu krn ga pake asuransi, ga di ganti loh jd asuransi penting. Dan kli di tokopedia asuransi yg byr customer. Klo ga pk asuransi sop nya memang 10x ongkir ganti nya.
    Dl kurir pernah cerita klo brg ilabg itu suka di bandara nya. Sory sebelum nya ini krm dr mana k mana? Apa pake pesawat? Tp kdng kurir jg bs jd oknum. Saya krm makanan aja misal nya 10 bs ilang 1. Pdhl saya kirim uda benar. Mau ga mau kita ganti yg kurang itu. Pdhl makanan. Masi aja di maling in. Apa lg brg berharga. Klo jual hp dan brg apa pun wajib asuransi y kak jngn sampe ga di pake. Walau sebelum ny aman aja. Tp apesnya org sapa yg tau? Skrg smua produk saya pake aauransi.

    Walau shopee asuransi yg bayar seller loh hehe
    Tetap saya nyalain
    Dr pd saya rugi klo ilang dan rusak mending pk asuransi 0.5 persen itu.

    Klo tokopedia asuransi yg bys customer
    Cuma shopee beda sendiri dia.

    Oo iy dl saya ada pengalaman loh

    Kirim paket an sebesar 600 rb
    Trs paket an saya itu jatuh di jalan
    Jd kurir itu bawa paket kan banyak
    Terus jatuh di jalan sampe tuh kurir ga engeh klo barang saya jatuh.

    Terus saya tau dr mana?
    Krn di paket an ada nomer saya
    Ada org baik
    Hubungi saya
    Kalau nemu paket an ini di jalan
    Terus dia ketemuan sama saya di mana gt.
    Masi ada org baik yg nolong loh
    Klo ga paket an saya ilang.
    Nah ini salah satu cerita
    Jd banyk sih penyebab paket ilang

    Bs di ambil kurir
    Atau jatuh di jalan kek saya
    Atau di ambil ma org bandara
    Jd bnyk macam

  • 13 September 2023 - (09:14 WIB)
    Permalink

    ikut komen setelah baca semua komentar.
    hallo kak, semoga diikhlaskan yaa dan berdoa semoga oknum yang ambil dapat dosa. dari sumber media konsumen yang lain, walau sudah pakai asuransi aja tetap lama prosesnya dan bahkan ada yang belum balik berbulan bulan. sepertinya ada oknum yang berpengalaman di kurir dia tau celahnya, jadi utk barang yang tidak di asuransikan sama dia digelapkan, kasian jika pembeli dan penjual tidak mengaktipkan asuransi pastinya rugi wkt dan tenaga mengurus retur uang. kalo mau dikirm bisa juga jangan ditampilkan nama produknya dan disamarkan bisa dikirm dalam box besar agar tidak dicurigai dalamnya barang bernilai tinggi. semoga membantu dan makasih telah berbagi pengalamannya

    • 13 September 2023 - (10:25 WIB)
      Permalink

      mana bisa disamarkan sistem cashless itu kurir bisa liat isi pkt dr sistem makanya dgn mudah pilih barang mahal utk dicuri tinggal pilih aja

      • 13 September 2023 - (11:36 WIB)
        Permalink

        betul sekali, semua transaksi yg bukan via marketplace pun saya selalu memberikan informasi sebenar2nya terhadap isi barang yang saya kirim karena saya mempercayakan sepenuhnya kepada pihak ekspedisi utk mengantarkan barang saya hingga sampai

        sesuai SOP nya ekspedisi, untuk HP selalu dibongkar untuk melihat kelengkapan isi barang

    • 13 September 2023 - (11:39 WIB)
      Permalink

      terimakasih doa nya kak, semoga kejadian ini menjadi pelajaran utk saya dan org lain yang membaca

      karena dengan adanya kejadian ini, terus terang sangat menguras energi, waktu dan tentunya kerugian materi itu sendiri

  • 13 September 2023 - (22:25 WIB)
    Permalink

    Next kalau harga mahal..diasuransikan saja..untuk menjaga jaga kalau hilang..skr mau nuntut jg sulit..krn ada point point yg sdh terlampir dan itu sah..

  • 14 September 2023 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Paling aman sih , nama barang dan harga nggak perlu tercantum dgn jelas di bag.luar paket . Walaupun dapat ditelusuri , tp itu kan butuh waktu dan niat. Tp kl sdh tetcantum harganya di bagian luar paket , bisa muncul niat tdk baik scr spòntan .

  • 18 September 2023 - (09:46 WIB)
    Permalink

    update hingga saat ini, 18 sept 2023

    belum ada penyelesaian dari pihak JNE, saya tetap belum menerima laporan kronologis dan bukti2 dari barang sy yang hilang

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 65 komentar sampai saat ini..

iPhone 11 yang Hilang dalam Pengiriman, Hanya Diganti 1 Juta Rupiah

oleh Rulli dibaca dalam: 3 menit
65