Pengalaman Klaim Barang Hilang yang Melelahkan di Tokopedia

Saya seorang pelanggan setia Tokopedia. Saya ingin berbagi pengalaman pahit yang saya alami, ketika mencoba untuk melakukan pembelian online yang seharusnya simpel. Pada tanggal 26 Agustus 2023, saya melakukan pemesanan sebuah ponsel melalui platform Tokopedia, dengan nomor invoice: INV/20230826/MPL/3423265526 dan memilih layanan kurir Anteraja, nomor resi: 10007699114953.

Sebagai upaya pencegahan, saya juga membeli asuransi pengiriman untuk memastikan keamanan barang yang saya pesan. Namun harapan saya hancur, ketika tanggal 29 Agustus 2023 tiba dan saya tidak melihat update pada resi tersebut.

Mengikuti estimasi waktu pengiriman yang disediakan oleh kurir, saya memilih untuk bersabar dan menunggu perkembangan lebih lanjut. Pada tanggal 3 September 2023, saya akhirnya tidak bisa menahan diri lagi dan mengajukan komplain kepada Tokopedia, mencermati bahwa pengiriman sudah melewati estimasi waktu yang dijanjikan oleh kurir.

Seiring berjalannya waktu, ketegangan meningkat ketika pada tanggal 11 September, status resi akhirnya berubah menjadi “Delivery tertunda karena receiver tidak dikenal/tidak merasa memesan paket“. Ini adalah puncak ketidakpastian dalam kisah ini, dan sekaligus menandakan dimulainya masalah yang lebih besar.

RESI TIDAK BERGERAK SEMEJAK TANGGAL 29
Update resi saat ini

Berdasarkan pernyataan yang diberikan oleh Anteraja, paket saya dijadwalkan untuk dikembalikan. Karena tidak dapat diserahkan kepada saya, dengan alasan bahwa ada kendala di bandara terkait pemeriksaan x-ray. Meskipun pemberitahuan ini sudah ada selama dua minggu, sampai saat ini penjual masih belum menerima produk yang seharusnya telah diretur.

Saya telah berupaya menghubungi Anteraja untuk mendapatkan klarifikasi lebih lanjut. Namun sayangnya, upaya tersebut tidak mendapatkan respons yang memadai. Saya melakukan komplain melalui email dan twitter, tapi tidak mendapatkan balasan. Sementara itu, Tokopedia memberitahu saya bahwa mereka akan mengajukan klaim atas barang yang hilang. Namun setelah tiga minggu berlalu, pihak Tokopedia mengatakan bahwa kurir mereka belum memberikan berkas klaim yang diperlukan untuk melanjutkan proses klaim ini.

Keseluruhan pengalaman ini telah membuat saya merasa frustrasi dan kecewa dengan kurangnya respons yang memadai dari Tokopedia dan Anteraja dalam menangani situasi ini. Saya, sebagai pelanggan yang setia, berharap agar masalah ini segera diselesaikan dan agar pihak berwenang memberikan perhatian yang pantas kepada keluhan saya. Hingga saat ini, komplain saya masih tergantung tanpa kejelasan yang jelas.

Seyken Kitahara
Kab. Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

56 komentar untuk “Pengalaman Klaim Barang Hilang yang Melelahkan di Tokopedia

  • 24 September 2023 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Hingga saat ini per tanggal 24 September masih belum ada update dari pihak Tokopedia apa lagi anteraja.

    6
    1
    • 24 September 2023 - (13:50 WIB)
      Permalink

      Langsung saja hubungan pihak terkait di Aplikasi yang sedang bermasalah denganmu.

      Dari situ dia akan memberi respon/jawaban akan terlihat apakah dia benar atau sedang di proses atau barang belum sampai karena pengiriman yang terlalu jauh dari Kota OOOO ke Kota kamu.

      2
      1
      • 24 September 2023 - (15:10 WIB)
        Permalink

        Saya sudah menghubunginya kak, hanya dibalas itu itu saja selama 3minggu tanpa ada perkembangan. Bahkan pihak kurir si Anteraja tidak merespon chat saya sudah 1minggu

          • 25 September 2023 - (09:13 WIB)
            Permalink

            Saya sudah biasa. Aman-aman saja

          • 25 September 2023 - (12:23 WIB)
            Permalink

            sekarang ini udh jaman online bos.kenapa gak berani.beli=berani resiko gitu aja..

          • 25 September 2023 - (13:39 WIB)
            Permalink

            Jauh dari kota kak, Saya kira Tokopedia marketplace paling aman soal beli barang elektronik gini, ternyata ya begitu sama aja tetap ada resiko. Dan disini kendalanya karena kurir sih

            2
            1
          • 26 September 2023 - (16:11 WIB)
            Permalink

            Soalnya dari marketplace sama penjualnya menyanggupi bang, jadi gada salahnya dimanfaatin buat beli antar kota, bahkan antar pulau. Selain itu juga yang di Kalimantan jadi bisa ikut akses e-commerce kan? masalah risiko itu udah pasti, makanya ini TS lagi nyari solusinya

      • 24 September 2023 - (16:49 WIB)
        Permalink

        Untuk elektronik sy masih percaya si biru dalam jual beli di banding hijau atau orange banyak komplain. Dan terbukti selama ini masih aman2 saja di si biru

    • 28 September 2023 - (10:20 WIB)
      Permalink

      Asuransi di tokped sekarang bodong.
      1.Kalau semisal barang rusak di jalan, di bilang nya kalau rusak fungsi tapi tidak rusak fisik tidak di ganti
      2.kalau semisal rusak fisik, ngeles lagi bilang nya kata ekspedisi tidak ada kerusakan packingan.
      3. Barang hilang pun / ditukar batu pun tidak di ganti pula.

      Jadi, Yang di ganti asuransi di Tokopedia, kondisi yang macam mana? Seperti nya dugaan saya, yg di ganti nominal kecil / receh saja.

    • 21 Desember 2023 - (01:06 WIB)
      Permalink

      trs sekarang gmk ka duitnya udh balik blm, saya juga kasusnya sama kaya gini dari awal desember sampe sekarang blm ada kejelasan

  • 24 September 2023 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Di riwayat pengiriman disebut “nomor telepon pengirim tidak bisa dihubungi” yang kemungkinan besar ada kendala dalam pengiriman. Di titik ini anda bisa serahkan urusan antar pihak terkait (Tokopedia, AnterAja, dan penjual) sedangkan anda sendiri bisa minta pengembalian dana karena pengiriman sudah lewat estimasi. Campur tangan anda sayangnya tidak memberi dampak positif, kasihan dengan penjualnya.

    • 24 September 2023 - (12:57 WIB)
      Permalink

      Iya kak ini ga tau berbelit belit, resi juga tidak ada update. Dm saya di Twitter dan bahkan cs anteraja langsung tidak ada balasan. Respon Tokopedia hanya membalas pakai template yang ada, apakah ada solusi lain?

      3
      2
    • 25 September 2023 - (09:05 WIB)
      Permalink

      Pesan tanggal 26, lalu komplain sana sini sejak tanggal 3. Kayaknya terlalu cepat deh. Saya setuju bahwa ini adalah ulah TS sendiri. Kalau saya biasanya tunggu sampai habis waktu, uang saya otomatis dikembalikan oleh Tokopedia.

      1
      2
      • 25 September 2023 - (10:44 WIB)
        Permalink

        Hello bang? Ulah ts dari mana??? Dari tanggal 26 sampai tanggal 3 itu 1mungguan dan sesuai estimasi dari kurir dimana letak salahnya?? Kalo mau komplain kan memang ada waktu sampai estimasi selesai dan ini sudah lewat extimasi makanya saya melakukan komplain.

        1
        2
        • 25 September 2023 - (14:47 WIB)
          Permalink

          Estimasi dari kurir biasanya memang 4-5 hari, kalau pengiriman reguler. Anda benar bahwa itu sudah lewat dari waktu estimasi. Namun pihak Tokopedia, Shopee maupun Lazada biasanya memberikan batas waktu 2-3 minggu kepada pihak ekspedisi. Tanggal pastinya bisa diperiksa di menu ‘pesanan’. Jika lewat dari tanggal itu, status barang tersebut belum kita terima, maka uang kita otomatis kembali. Aku sudah pengalaman beberapa kali, kubiarkan saja, tidak ada masalah. Uang otomatis kembali dan aku tidak mengalami kerugian apa pun.

          1
          3
          • 25 September 2023 - (15:25 WIB)
            Permalink

            Beda dong, inikan di Tokopedia. Saat kita komplain disuruh menunggu 1minggu jika tidak ada update akan dilakukan klaim barang hilang. Yang jadi masalah dari pihak Tokopedia tidak memberikan jawaban yang pasti dan pihak kurir bahkan tidak membalas komplainan saya. Saya komplain begini saja sudah 3minggu ga ada update apa lagi saya biarkan??

          • 25 September 2023 - (20:11 WIB)
            Permalink

            kalau di tokped selama udh terbit no resi gk akan semena2 duit balik kalau lewat estimasi., paket gw udh jelas2 status hilang aja nunggu 45 hari baru duit balik., si ijo kurir rekomendasinya bandit semua sekarang, mending bayar sndiri ongkirnya

          • 25 September 2023 - (21:33 WIB)
            Permalink

            Kurang tepat. Di Tokopedia kalau resi sudah diinput biarpun sudah lewat dari estimasi barang tiba di bagian Pesanan, tetap akan menggantung, tidak ada auto refund. Kenapa? Karena saya sudah mengalaminya sendiri, beli barang antar kota di Jawa, seller ternyata licik resi yg diinput diganti2 setiap beberapa hari sekali. Terus begitu sampai lewat dari 2 minggu dari estimasi barang tiba. Komplain ke Tokopedia disuruh menunggu dengan alasan resi sudah diinput. Sampai saya ancam dengan laporan di berbagai media cetak, baru oleh admin Toped di eskalasi ke team manager, kemudian oleh team manager langsung di otorisasi refund paksa. Setelah refund, barulah seller merengek-rengek minta agar transaksi diulang, alasannya stock barang kosong lah, nunggu kiriman dari supplier lah, karyawannya kelabakan orderan lah, dsb.

  • 24 September 2023 - (15:40 WIB)
    Permalink

    Saya sudah kapok di Tokopedia, kerugian 3 jutaan belum alat kesehatan,, paket hilang klaim asuransi susah sekali,, kapok.. fokus di shopee dan lazada, blibli

    4
    1
    • 24 September 2023 - (17:25 WIB)
      Permalink

      Kronologi gimana tuh kak, iya kalok juga nih karena kejadian begini

      1
      1
      • 24 September 2023 - (21:15 WIB)
        Permalink

        Saya beli alat kesehatan namun entah kenapa paket gagal dalam pengiriman kemudian stts berubah akan diretur,, alhasil paket saya tidak terima belum juga ada pengembalian dana sudah 3 bulan ini.. selalu di suruh tunggu giliran ditanya sampai kapan mereka katakan tidak tau pasti.. Tokopedia an**ng

        4
        1
  • 24 September 2023 - (16:32 WIB)
    Permalink

    saya tgl 13 sep, beli hp samsung a14 5g, di tokopedia juga, penjual samsung indonesia…. saya sih pilih pengiriman jne yes ( bayar sendiri , bukan gratis ongkir ), dan asuransi juga….. aman kok , hari ini pesan, besok siang sampe …. dr jakarta ke bogor.. malah untung dapat caahback 15% yaitu rp 400 ribu … itu crita ku ….

    • 24 September 2023 - (17:26 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah kak kalo gitu, ini lagi apes banget kayaknya mana sudah 1bulan ga ada kabar lebih lanjut

      2
      1
  • 24 September 2023 - (17:28 WIB)
    Permalink

    Coba datengin lagi gerai kurir anteraja nya, karna kalo begitu caranya rugi waktu juga itungannya selain materi. Sya pun komplain paket saya sebesar 20jt lebih dinyatakan hilang karna kelalaian kurir, namun klaim saya di tolak oleh pihak tokio marine indonesia. Alhasil 20jt melayang begitu saja. Gak lagi saya beli di online.

    • 24 September 2023 - (19:14 WIB)
      Permalink

      Iya kak ini saya nyoba anteraja karena otomatis dapat bebas ongkir Tokopedia..disini ga ada anteraja jauh susah ngehubunginya. Kata pihak toko dia ngechat kurir ga dibales bales juga, btw udah nyoba lihat kendala kaka sih makanya saya ikut melakukan buat berita ke media konsumen agar dapat tanggapan

      • 24 September 2023 - (21:04 WIB)
        Permalink

        Sama kaya saya ini,pasti korban gratis ongkir,sampe sekarang klaim saya di gantung sudah 1 bulan lebih masih proses bap ga logis bgt..

        3
        1
      • 25 September 2023 - (00:40 WIB)
        Permalink

        Salut sama TS beli hp berani pake kurir terburuk Krn free ongkir, sy beli produk recehan aja klo dpt vocher free ongkir dpt nya kurir ENTARAJA suka sy ubah pke yg lain wlopun ada tambahan ongkir

        • 25 September 2023 - (08:08 WIB)
          Permalink

          Hehe nyoba kurir sekalian, Taunya dapat kurir sampah. Malah gagal diproses dibandara sampai Sekarang ga ada update lebih lanjut entah akan dilakukan proses Klaim Atau Paket diretur. Bahkan pihak anteraja tidak membalas chat dan dm saya

      • 25 September 2023 - (10:38 WIB)
        Permalink

        Kalau di daerah, kkta mendingan menyesuaikan dgn kurir yg ada dekat2 rmh deh. Kl yg jauh2 gitu takutnya terkendala di oengiriman, kurirnya malas jauh2 cm antar 1-2 paket aja. Mendingan keluar duit dikit dr pd kejadian kaya gini

      • 25 September 2023 - (20:14 WIB)
        Permalink

        lain kali kalau beli brg yg mahal jgn pernah pake gratis ongkirnya, sistem ekspedisi paham mana2 aja yg pake gratisan, trus kalau ada apa2 jg ribet., mending pake ekspedisi yg udh ada reputasi macem JNE atau sicepat.,

      • 25 September 2023 - (20:20 WIB)
        Permalink

        Kemungkinan kurirnya ngembat barang konsumen. Kasus di kurir ini banyak, sampai barang saya pun di embat, padahal kurirnya temen sendiri, dia ga tau nama lengkap saya😅

  • 24 September 2023 - (21:51 WIB)
    Permalink

    Kalopun refund dana balik,gak penuh 100% yg dibayarkan.Yg gak balik itu ongkir+asuransi.Si ijo sejak anjlog sahamnya,mulai cari duit nambal kerugian pake cara2 licik.Paket saya juga pernah hilang di kurir EntarAja.Saldo refund yg balik dikurangin dulu sama bebas ongkir + voucher diskon

    • 25 September 2023 - (08:05 WIB)
      Permalink

      Haha, Rugi waktu, Rugi Materil. Ayo yang punya kasus seperti ini kalo di up ada banyak, bisa di cek di akun Tokopedia maupun di AntarAja

  • 24 September 2023 - (22:42 WIB)
    Permalink

    Kalau analisa Saya gini Bang:
    1. Penjual awalnya salah nempel resi (ketuker resi), terbukti dengan nama penerima di invoice berbeda dengan di nomor resi.
    2. Pihak jasa kirim lambat dalam memperbarui status pengiriman, dari tanggal 29 Agustus 2023 baru di-update lagi tanggal 11 September 2023. Itupun masih menggantung apakah akan dikirim ulang atau dikembalikan ke penjual.
    3. Koordinasi pihak e-Commerce dengan jasa kirim juga lambat.
    4. Tanggung jawab utama saat ini sebenernya ada di pihak jasa kirim. Apakah paketnya akan dinyatakan hilang ataukah akan dikembalikan ke penjual. Jika paket sudah dinyatakan retur/hilang, maka pihak e-commerce akan menindaklanjuti laporan dari jasa kirim tersebut.
    5. Untuk menghindari pesanan terselesaikan secara otomatis pada app e-commerce nya, baiknya pembeli secepatnya ajukan pengembalian dana agar dibantu juga proses investigasinya ke pihak jasa kirim.

    • 25 September 2023 - (13:35 WIB)
      Permalink

      Iya banyak banget kasus kehilangan paket di kurir anteraja, apalagi paket hp

    • 25 September 2023 - (13:33 WIB)
      Permalink

      Saya pembeli kak, paketnya dari Purwakarta mau dikirim ke Kalimantan Timur terus ada kendala dibandara. Jadi paket akan diretur sampai sekarang belum diterima oleh penjualnya

  • 25 September 2023 - (13:31 WIB)
    Permalink

    dari dulu sy protes keras sama tokopedia, kenapa kerja sama dgn kurir baru anteraja. Hanya demi masalah harga (mungkin lebih murah & menguntungkan), reputasi tokopedia jadi taruhannya. Terbukti banyak banget keluhan tertuju pada anteraja. Kalo ky gini kan nama tokopedia jd tercoreng

  • 26 September 2023 - (17:16 WIB)
    Permalink

    Update terbaru..!!
    Kendala teratasi dengan barang di retur kembali ke penjual.

    Untuk kedepannya harap Pihak Anteraja memperbaiki kualitas penggirmannya. Dan pihak Tokopedia jika ada terkendala begini harap cari solusi lain kasihan pembeli maupun penjual, Rugi Waktu dan Pikiran.

    Terimakasih kepada pihak Mediakonsumen.com berkat saya up kasus ini langsung diproses oleh pihak yang bersangkutan.

  • 7 Februari 2024 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Saya juga dari pertengahan desember 2023 sampai sekarang statusnya melengkapi dokumen bap dan hanya dijawab template oleh cs tokped.

    • 9 Februari 2024 - (07:15 WIB)
      Permalink

      Hello saran saya bantu follow up ke kurirnya juga hubungi kurir lewat gmail dan Twitter, ini cukup membantu.

      Jika tidak dibuatkan bap nanti klaimnya bisa hangus karena ditolak asuransi Tokopedia dan uang hilang

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 56 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Klaim Barang Hilang yang Melelahkan di Tokopedia

oleh Seyken dibaca dalam: 1 menit
56