Pesanan HP Hilang dalam Pengiriman, Sudah Satu Bulan Dana Tidak Kunjung Dikembalikan

Assalamualaikum,

Perkenalkan nama saya M Ain Efendi. Sudah satu bulan lebih semenjak saya memesan di Tokopedia, dengan nomor invoice: INV/20230812/MPL/3398456248, berupa 1 unit HP seharga Rp1.450.000. Namun barang pesanan saya hilang dalam pengiriman kurir rekomendasi Tokopedia, yaitu Anteraja. Sampai sekarang saya belum menerima refund pengembalian dana saya, padahal saya memesan menggunakan asuransi serta proteksi barang.

Kronologinya, pada tanggal 12 Agustus 2023, saya memesan satu unit hp melalui aplikasi Tokopedia. Ketika saya check out dan memilih kurir, tertulis di sana kurir rekomendasi yang di sediakan oleh Tokopedia, estimasi barang saya akan tiba keesokan harinya. Saya pikir itu hal yang wajar, mengingat saya memesan barang tersebut dari penjual di kisaran Kota Medan. Lebih tepatnya toko tersebut berada di daerah Tuntungan, sedangkan saya berada di Belawan, jika menggunakan angkutan umum hanya berjarak 2 jam.

Namun esok harinya estimasi pesanan saya berubah menjadi 13-15 Agustus 2023. Saya mencoba melihat di website cekresi, barang yang saya pesan hanya keluar masuk gudang saja, dan tidak ada keterangan lain. Saya mencoba bertanya ke Tokopedia Care tentang hal itu dan mereka mengatakan bahwa itu masih dalam waktu estimasi dan saya dimohon bersabar.

Keesokan harinya tanggal 14, barang saya bergerak tapi hanya keluar masuk gudang lagi. Jelas saya bingung dan menanyakan hal tersebut kembali ke pihak Tokopedia Care. Namun mereka mengatakan bahwa itu masih dalam waktu estimasi akan di-follow up ke pihak kurir agar pesanan dikirim lebih cepat.

Sampai tanggal 15 Agustus 2023 sore, keterangan pesanan saya tidak ada sama sekali dan tiba-tiba estimasi berubah menjadi 14-18 Agustus 2023. Saya marah dong dan menanyakan ke Tokopedia, ini maksudnya apa? Kok tiba-tiba berubah? Mereka mengatakan bahwa kurir rekomendasi mereka yaitu Anteraja masih membutuhkan waktu untuk mengantarkan barang saya. Saya bilang, secara logika gudang Antaraja dari tempat saya itu cuma setengah jam, sementara sudah dari tanggal 12 barang pesanan saya hanya keluar masuk gudang saja.

Jika memang kurir tidak bisa mengirim barang saya, biar saya ambil atau pick up sendiri barang saya. Kemudian Tokopedia mengatakan kepada saya “Kami akan coba berbicara kepada pihak kurir terlebih dahulu ya kak, mengenai pengambilan barang secara mandiri”. Kemudian saya mencoba menghubungi pihak Anteraja melalui email untuk pengajuan mengambil barang sendiri.

Saya masih bersabar dan menunggu mereka, tetapi sampai tanggal 18 Agustus 2023, barang saya tidak kunjung sampai. Kemudian saya, mengajukan komplain, di tanggal 18 Agustus 2023. Pihak Tokopedia mengatakan jika mereka akan mengajukan follow up ke pihak kurir untuk menginvestasi barang saya. Tepat tanggal 25 Agustus barang saya dinyatakan hilang oleh pihak kurir rekomendasi Tokopedia yaitu Anteraja.

Sampai sekarang tidak ada kejelasan mengenai pengembalian dana saya. Tokopedia mengatakan bahwa mereka memerlukan BAP dari pihak kurir terhitung sejak tanggal 25 Agustus 2023 dan sekarang sudah 1 bulan lamanya, pihak kurir tidak kunjung melampirkan BAP tersebut. Saya sudah mencoba mengirimkan atau spam ke pihak kurir, tetapi pihak kurir tidak merespons saya sekali.

Kemudian pihak kurir tiba-tiba menghubungi saya tanggal 14 September 2023, dan mengatakan bahwa mereka akan bertanggung jawab, dan akan segera melampirkan BAP paling lama 3 hari kerja. Namun sampai sekarang ketika saya menghubungi Tokopedia Care, mereka mengatakan masih menunggu lampiran BAP dari pihak kurir

Bahkan pihak lapangan kurir Anteraja tersebut sudah tidak membalas pesan saya. Kemudian saya mencoba chatting dengan menggunakan nomor lain, dia sangat cepat merespons saya. Yang saya salut dengan beliau ini, dengan santai bahwa bukan barang saya saja yang hilang, melainkan banyak barang yang hilang dimainkan oleh kurir mereka dan pihak Tokopedia masih menggunakan jasa mereka! Pihak ekspedisi ini sudah banyak komplain terhitung dari tahun 2020, jejak rekam digitalnya ada di Google Maps “Ulasan Hub Anteraja Medan”

Sekian surat yang saya tulis. Mungkin tulisan saya sulit dimengerti, mohon maaf🙏. Inti yang ingin saya sampaikan ialah dana saya tidak kunjung di-refund setelah satu bulan lamanya. Sedangkan komplain makin banyak menumpuk di halaman Facebook Tokopedia, mau sampai kapan saya harus menunggu?

Saya mohon dengan adanya tulisan saya ini kendala saya yang saya hadapi akan segera diselesaikan. Terima kasih.

M Ain Efendi
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

27 komentar untuk “Pesanan HP Hilang dalam Pengiriman, Sudah Satu Bulan Dana Tidak Kunjung Dikembalikan

  • 5 Oktober 2023 - (08:48 WIB)
    Permalink

    “tidak berguna, asuransi hanya sekedar tulisan , jika memang ada asuransinya kenapa dana saya tidak kunjung di kembalikan”

    • 6 Oktober 2023 - (01:15 WIB)
      Permalink

      hehehe asuransi toped emang SAMPAH.
      barang saya jg hilang 1 bln masi dalam penyelidikan terus

      2
      1
    • 11 Oktober 2023 - (23:49 WIB)
      Permalink

      Namanya juga ENTARAJA, ENTAR ENTARAN AJA GUA ANTER MENDING GUA EMBAT DULU PAKETNYA, ekspedisi payah ini, isinya maling semua, masih aja di pake mending tutup aja, gua yg ga pernah mau pake ekspedisi ENTARAJA , karena isinya maling semua

  • 5 Oktober 2023 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Penggunaan asuransi pengiriman bukan berarti hari ini klaim besok cair, kecuali mungkin jika perusahaan asuransinya milik anda sendiri. Adapun refund dana biasanya butuh waktu proses (biasanya 14 hari kerja) tapi bisa makan waktu lebih lama jika proses investigasi berbelit dan bertele-tele. Terbaru malah ada berita kepala kantor ekspedisi (entah apa) di Sumut ngamuk dan nembak burung virtual di langit-langit (jadi ingat Angry Birds). Mungkin dia ngamuk karena karyawan kurirnya maling semua.

    2
    7
    • 5 Oktober 2023 - (10:37 WIB)
      Permalink

      “masalahnya bg, dari tanggal 25 udah dinyatakan hilang ngurus BAP ga siap” di tanggal 14 September kata entaraja mau tanggung jawab, sampe sekarang nanya ke Tokopedia care mereka belum juga melampirkan “BAP” nya, mau sampe kapan nunggu BAP, kemaren rencana mau ku OTT orang lapangan mereka di medan, ku kasi peringatan seminggu ga siap proses BAP OTT , malah di blocknya tapi mukanya uda ke save kok

  • 5 Oktober 2023 - (10:39 WIB)
    Permalink

    yang bikin males dan bikin emosi itu ya mereka ini berbelit tanggung jawab, ditanya lewat cs jawabanya kaya bot, ngasih estimasi tapi tidak sesuai dengan aturan yang dibuat mereka sendiri. padahal kita sudah sabar menunggu proses sesuai S&K mereka…

    blow up ke media dan viral baru mereka gerak cepat.

    • 5 Oktober 2023 - (12:11 WIB)
      Permalink

      “iya kak” ada temen juga orang lampung dia di tanggal 8 agustus Alhamdulillah uda kelar, pas masukin ke media Konsumen, nah saya di suruhnya untuk up kesini dan semoga masalah saya cepat terselesaikan”

  • 5 Oktober 2023 - (11:19 WIB)
    Permalink

    Saran aj bg utk ngindari kayak gini mending blik brg offline atau toko langsung ada uang ada barang gag bakalan ada kadal beranak2 harimau lagi 🤣🤣

    • 5 Oktober 2023 - (12:09 WIB)
      Permalink

      “nah itu dia bg, kebetulan saya kerja bg, itu saya beli untuk istri saya pas ultah pernikahan mau ngasi kado kejutan buat dia,” eh malah zonk, dan bg saya sudah mengajukan juga di tanggal 14 Agustus kebetulan aktifitas ga terlalu sibuk, saya minta pickup sendiri, kata antaraja yang aman nyaman amanah dan bertanggung jawab, mereka memiliki kurir yang bertanggung jawab tenang aja ga usa khawatir, dan te deng di di curi, mending kasus2 kemaren bg iphone jadi batu, masih merasakan unboxing lah aku wkwkw

  • 5 Oktober 2023 - (12:21 WIB)
    Permalink

    STOP BLANJA DITOKO IJO TIDAK ADA PERLINDUNGAN PEMBELI ADANYA MAFIA ASURANSI + MALING

    3
    1
  • 5 Oktober 2023 - (12:51 WIB)
    Permalink

    “iya sih bg aku juga curiga gitu, secara logika entaraja di hub medan aja uda sering kena komplain malah dari tahun 2020 selalu dari toko ijo, dan logika nya lagi ini si toko ijo kan perusahaan besar 1 PT dengan Gojek, tapi mereka malah make kurir yang jelas sudah bermasalah terus udah banyak komplain pembeli dari 3 tahun yg lalu tapi masi di pake, sedangkan merchants lain malah make go-send dimana lebih enak bisa di live tracking eh malah yg satu perusahaan ga make kan aneh”

  • 5 Oktober 2023 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Saran saya sih COD saja, biar aman. Karena oknum kurir tidak mungkin nyolong barang, bila pembayarannya COD.
    Mereka baru bisa ngembat paket, jika si malingnya mau ngebayari itu orderan kita.

  • 5 Oktober 2023 - (18:55 WIB)
    Permalink

    Intinya jangan salahin tokped atau pihak ke 3 lainnya untuk trx jual beli.ini resiko jual beli online dan yg jadi masalah di jasa kirim barang rata2 mental maling semua untuk kurir di bagian terakhir jasa kirim barang.barang model electronik HP atau laptop sudah jadi incaran maling2 di jasa kirim barang saran untuk kedepannya beli hp di offline aja kerena maling2 jasa kirim barang makin parah kedepannya

    1
    1
    • 5 Oktober 2023 - (19:10 WIB)
      Permalink

      ” terima kasih sarannya om, maaf om bukan membandingkan setelah kejadian itu saya coba mesan di blibli dan hanya hitungan jam sampai bahkan bisa di live tracking mengunakan go-send,
      Nah toko ijo ini satu perusahaan kenapa ga begitu ?”
      Disini menjadi pertanyaan bagi sama om,

      • 5 Oktober 2023 - (19:39 WIB)
        Permalink

        Bli2 belum sebesar toko ijo dan oren kalau uda besar kaya ijo dan oren kasusnya pasti sama tapi masih mending di ijo ada asuransi coba di oren lebih parah lagi titik masalah ada di jasa kirim barang yg lewat beberapa tangan kalau go send itu cuma satu tangan lebih gampang di treck

  • 5 Oktober 2023 - (19:12 WIB)
    Permalink

    “setelah sebulan lamanya tarik tambang, kemudian saya naikan ke mari Alhamdulillah ada perkembangan, kata Tokopedia care kurir sudah melampirkan BAP nya, akan di pantau terus”

    • 6 Oktober 2023 - (00:23 WIB)
      Permalink

      Nah ini samo persis smo kejadian aku, dan samo jg buat kado isteri… Jam tangan Alexandre Christie lenyap dgn kurir yg smo pulok. Sdh mau sebulan kejadian masih jg blm ada kabarnyo…😭

      • 12 Oktober 2023 - (00:02 WIB)
        Permalink

        Antareja cm 1x sih hilang. Setelahnya itu kurir Antareja sangat cekatan utk memproses barang saya baik itu kirim maupun Terima barang.

  • 6 Oktober 2023 - (02:28 WIB)
    Permalink

    sama seperti yg aku alami. tokopedia dan anter aja…
    sejak kejadian itu aku ga mau pake tokopedia lagi..
    di up terus bang. emang suka ngaco mereka .. semoga cepet balik duit nya..

  • 6 Oktober 2023 - (05:21 WIB)
    Permalink

    Masih ada saja yg beli hp di tokped, asuransinya lagi boncos karna banyak klaim di bandingkan premi yg masuk makanya lama pengembaliannya.

  • 6 Oktober 2023 - (11:38 WIB)
    Permalink

    Toko ijo, orange, merah, biru, hitam, semua sama saja karena semua menggunakan jasa kurir pihak ketiga untuk pengiriman barang ke konsumen. Dan sebagian besar masalah belanja online terjadi di proses pengiriman barang entah karena hilang, rusak atau malah isi paket ditukar dengan batu.
    Dan apabila terjadi masalah seperti itu biasanya akan sangat lama/sulit penyelesaiannya karena ada banyak sekali pihak yang terlibat, ada seller, toko online, kurir, dan konsumen.
    Sebagai konsumen sebaiknya berhati2 karena sangat banyak kerawanan belanja di toko merah kuning ijo.

  • 7 Desember 2023 - (02:52 WIB)
    Permalink

    Jangan lagi pake gratis ongkir tokopedia, krn kurir nya ga jelas, tiba2 bisa berubah jadi kurir rekomendasi yg merk nya tidak ada di daftar kurir penjual yg tidak jelas itu namanya,,

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Pesanan HP Hilang dalam Pengiriman, Sudah Satu Bulan Dana Tidak Kunjun…

oleh Friest dibaca dalam: 3 menit
27