Kehilangan HP, Uang Tidak Kembali

Pada tanggal 18 Juli 2023, saya membeli hp di toko Infinix Official Store melalui e-commerce Tokopedia. Pengiriman menggunakan Kurir Rekomendasi Tokopedia, dengan nomor resi: TKP01-V9Q94V2. Estimasi tiba pada tanggal 24 Juli 2023. Namun sampai tanggal 25 Juli 2023, barang belum juga sampai kepada saya, sehingga dilakukan perpanjangan masa garansi sampai tanggal 28 Juli 2023.

Setelah tanggal 28 Juli 2023, ternyata barang belum juga sampai kepada saya, maka dari itu saya mengajukan komplain kepada Tokopedia. Tanggal 3 Juli 2023 komplain baru dinaikkan oleh Tokopedia, dan estimasi selesai pada tanggal 4 Agustus 2023.

Satu bulan telah berlalu, tidak juga ada kejelasan mengenai kasus ini, dan dari pihak Tokopedia pun terkesan lambat menangani dan memberikan update kepada pembeli dan penjual. Sehingga sampai pada puncaknya, setelah 2 bulan belum juga selesai kasusnya. Menurut pihak Tokopedia, mereka masih menunggu pembuatan BAP dari pihak ekspedisi kurir Lion.

Sampai saat ini telah melebihi batas waktu yang diberikan oleh pihak Tokopedia sendiri, tapi belum juga ada kejelasan kasusnya. Uang saya pun tidak dikembalikan, sampai saat ini sudah 2 bulan lebih waktu berlalu.

Sri Sutirah
Kab. Lampung Selatan, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

38 komentar untuk “Kehilangan HP, Uang Tidak Kembali

  • 7 Oktober 2023 - (17:51 WIB)
    Permalink

    Kurir rekomendasi, ini paling aneh, lucu dan bisa buat tertawa 😀 pernah beli di toped dapetnya ini kurir rekomendasi, jadi kurirnya itu bisa gonta ganti. Misal dr kota A ke kota B, pakai kurir X, dr kota B ke penerima pakai kurir Y. Sangat tidak efisien dan waktu kirimnya lebih lama dr seharusnya, blm lagi jika terjadi kasus kehilangan akan lebih rumit.

    • 7 Oktober 2023 - (19:38 WIB)
      Permalink

      Betul kak. Yg prtama bkn lion pdhal pas barng gak datng2 tiba2 katanya kurir nya ganti jadi lion.

      • 8 Oktober 2023 - (13:56 WIB)
        Permalink

        Berarti Tokopedia parah ya, untung udah ngga pake Tokopedia sekarang cuma pakai mitra Tokopedia buat jual pulsa dalam kondisi darurat.

  • 7 Oktober 2023 - (17:53 WIB)
    Permalink

    ini aja lama, apalagi punya ku nih… duit ditahan 12 juta emang parah kurir sama tokopedia

    • 7 Oktober 2023 - (19:39 WIB)
      Permalink

      Punya saya gak sbrpa sih kak. Cuma 1.200 tapi kan pake gopaylater, jd barng gak dteng uang paylater ilang cicilan ttp aja hrus byar

      • 8 Oktober 2023 - (18:55 WIB)
        Permalink

        Push trus kak cs tokped nya, pasti kembali saldonya kak, saya juga pernah bgtu belanja pakai gopay later, barang ga sampe tapi alhamdulillah nya saldo gopay later saya kembali walaupun lama & dengan sedikit ancaman kl saya ga akan bayar cicilan kl pesanan saya ga sampai, walaupun pihak DC dri Tokped datang ke rumah saya sekalipun.

      • 9 Oktober 2023 - (06:51 WIB)
        Permalink

        Saran saja kak. Kehilangan barang saat pengiriman itu tanggung jawab ekspedisi. Bukan tanggung jawab seller dan ecommerce. Seller hanya membuat laporan kehilangan utk dikirim ke tokopedia. Tokopedia punya kewajiban mengganti kerugian yang diterima seller. Hanya itu saja SOPnya. Penggantian kerugian kehilangan barang itu jasa ekspedisi tempat di mana barang tsb hilang. SOP ekspedisi hanya mengganti sejumlah uang berdasarkan nilai barang saat dibeli. Dan itu prosesnya juga ribet. Nanti juga bakal diminta tanda pengenal juga. Tapi kalau udah beres semua bakal diganti kok. Jadi agan percuma kalau lapornya hanya ke tokopedia dan seller.

    • 8 Oktober 2023 - (10:18 WIB)
      Permalink

      senasip beli pad buah ilang diganti pasir. ampe skr masi di komplain.
      lagi mikir mau ta naikin jg ke MK.

      • 8 Oktober 2023 - (00:32 WIB)
        Permalink

        Skrg Sy blanja di online cuma receh2 aja, udah males belanja online nominal di atas 500rb.
        Kebetulan sy blm prnh beli hp di online emang brp sih selisih nya dg ofline? Klo dulu sy biasa beli power tools di online krn selisih hrg lumayan gede misal hrg ofline 2jt smntara di online bisa dpt 1,5jt tp krn sering mslh di pengiriman jd skrg balik ke ofline lg

      • 8 Oktober 2023 - (03:20 WIB)
        Permalink

        Gak hanya di tokp”d..hampir semua layanan online sangat menakutkan saat mendapatin barang pesanannya gak datang – datang dan hilang gak berbekas karena semua yang terlibat terutama kurir – kurir dan ekspedisinya pada lepas tangan alias gak bertanggungjawab..sekarang kalo pesan barang di atas jutaan ngeri juga kalo pengiriman pake kurir. Udah banyak kasus barang hilang ..uang gak di ganti🙏🙏

  • 7 Oktober 2023 - (18:08 WIB)
    Permalink

    Pokoknya jangan tergiur harga murah, beli barang nilai besar mending offline saja ke counter atau agen terdekat, resiko beli online ya gitu, sekarang banyak penipu dan pencuri…

    5
    2
    • 7 Oktober 2023 - (19:40 WIB)
      Permalink

      Iya kak. Ini sbgai pengingat ke dpn nya, mdh2n gak ada lagi korban2 yg lain dari tokped

      • 8 Oktober 2023 - (07:16 WIB)
        Permalink

        Knp suka sekali beli online, udah tau ada yg namanya HP refurbished, dan lain nya, blum HP second dijual baru oleh oknum, official store itu hanya kerjasama, tidak sedikit kasus yg muncul di media konsumen beli di official ternyata palsu barang nya, jadi anda sudah termakan ekonomi belanja yg palsu yg di inginkan oleh orang asing agar produk dan kebiasaan masyarakat belanja disekitar nya, beralih ke produk yg murah atau produk china, miris masyarakat sekarang tidak sadar sadar juga, nunggu Indonesia krisis moneter barulah pada sadar

        3
        9
    • 7 Oktober 2023 - (19:41 WIB)
      Permalink

      Betul kak. Saya chat aja gak direspon minta cepat buatkan bap nya supaya uang nya bisa kmbali

      • 8 Oktober 2023 - (00:31 WIB)
        Permalink

        meski next time ttp mau beli online, mending nyari aman, bayar ongkir sendiri, pke kurir yg dri pengalaman masing2 gk pernah dpt zonk

  • 8 Oktober 2023 - (08:11 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah… pengalaman saya belanja online selama ini 99,9% aman, yg 0,01% barang hilang😂. Dari ratusan kali belanja online, dari mulai aksesoris, HP beberapa kali, TV LED 3kali, laptop sekali, beberapa power tool, hand tool dan aksesorisnya, barang pecah belah, dan ratusan pakaian. Hanya 3 kali mengalami masalah, yg pertama paket tercecer/hilang sebagian, yg kedua paket pecah, dan yg ketiga paket hilang. Yg pertama dan kedua masalah Beres dg ekspedisi siCepat, meskipun butuh waktu agak lama. Yg ketiga lenyap tak berbekas 😇 dg ekspedisi JNE, saya males sekali ngurusnya, untungnya harganya hanya 100rban. Dari mulai POS Indonesia, JNT, Ninja, Anteraja, JNE, siCepat, idexpress, shopeexpress, LEX (Lazada), Alhamdulillah 99,9% Aman dan Amanah. Untuk saat ini yg sering kami pake adalah J&T, Shopeexpress, siCepat. Pos Indonesia sepertinya hilang dari Marketplace. Semoga bisa dijadikan perbandingan dan pertimbangan, dan Semoga bermanfaat…

  • 8 Oktober 2023 - (11:31 WIB)
    Permalink

    haha toko ijo, kmaren2 komplainan iphone belasan juta ilang, ini yg hp sejutaan ilang jg busett

  • 8 Oktober 2023 - (15:40 WIB)
    Permalink

    Barang saya hilang, diganti dana setelah 3 minggu setelah kirim.
    Saya seller tokopedia tp ga pernah aktifkan kurir rekomendasi. Memang kurir rekomendasi membantu omzet kurir kayak lion, id express, ninja, sapx dll tp trackingnya susah.

      • 8 Oktober 2023 - (18:43 WIB)
        Permalink

        Ya nunggu berita kehilangan dari kurir, baru klaim asuransi bisa dicairkan. Saya dulu posisi sebagai seller dan pake kurir Anteraja. Benernya sih pihak Tokopedia nunggu laporan kehilangan dari pihak kurir baru bisa diajukan ke pihak asuransi. Klo saya lihat dari tulisan anda kayaknya Lion parcel yg berbelit BAPnya.

        • 8 Oktober 2023 - (20:14 WIB)
          Permalink

          Iya kak. Saya chat awalnya di bls, lama kelmaan suruh koordinasi dgn tokped.. Udh brpa hari ini saya chat gak direspon kak

        • 9 Oktober 2023 - (04:40 WIB)
          Permalink

          Bener nih kata abg nya,mmg dari pihak ekspedisi nya yg lambat nge respon tokopedia terkait bap,saya rasa karna ekspedisi baru kali ya?

  • 8 Oktober 2023 - (22:17 WIB)
    Permalink

    Up terus di chat mediasinya. Saya satu setengah bulan baru kembali uangnya. Laptop saya dulu dg expedisi si cepat dan banyak terbuang waktu karena harus kekantor polisi sebagai saksi kalau barang tidak sampe.

  • 9 Oktober 2023 - (04:39 WIB)
    Permalink

    Lagi” Kurir rekomendasi, saya juga korbanya, dan sama juga paket saya di handover ke lion parcel dan hilang,sampe skrng digantung sudah 52 hari alasan nya bap belum dilampirkan, saya jadi heran emang buat bap sebegitu lamanya ya?

  • 9 Oktober 2023 - (06:13 WIB)
    Permalink

    Kok bisa2nya tokopedia milih lion jadi kurir rekomendasi yg punya track record busuk? Dulu ada loh kasus penggelapan paket berisi puluhan hp oleh agen lion parcel sendiri trus kabur meski akhirnya ditangkap polisi. Ini agen loh bisa senekat ini.

  • 9 Oktober 2023 - (07:56 WIB)
    Permalink

    Jgn pakai free ongkir dpt nya zonk skg dpt kurir rekomendasi, atau bisa chat seller sblm beli untuk non aktifkan kurir lion anteraja sicepat dan JNE jd kalian chat seller untuk matikan kurir dari ke tiga diatas jd pakai satu aja, itu ntr tetep bebas ongkos kirim, klu semua aktif kurir nya dilapak itu ntr dpt kurir rekomendasi yg oper sana oper sini paket nya,

    Ini aja sekelas official store infinix dibikin emosi apa lagi seperti saya cmn seller power merchant aja, itu bisa tip dari saya biar gak dpt kurir rekomendasi. Akhirnya lapak saya cmn saya aktifkan kurir jnt khusus produk hp dan aksesoris nya pakai jnt dan JNE biar gak dpt kurir rekomendasi saya kirim nya, biar aja konsumen byar ongkir nya dari pada saya nanggung pusing liat brg gak sampai2…. Krn punya pengalaman sekali pakai kirim kurir rekomendasi lama nian gak update resi nya, pengiriman awal dr Jatim ke Pontianak saya dl kirim anteraja tp di tengah jalan ganti JNE mana sistem tracking nya ngikut anteraja di tokped jd brg dah sampai seminggu an lalu gak update resi nya untuk saya kejar kurir anteraja dikota saya dan akhirnya dikasih tau crossover kirim ke JNE dan diksh resi JNE dan sudah diterima dan foto penerima juga langsung saya cus laporan ke admin tokped marah2 maki2 akhirnya ditelp cs tokped dan saya jelas kan sama kasih bukti pengiriman JNE baru nunggu 2x24jam duit penjualan cair sejak saat ini tiap produk hp saya cmn aktifkan kurir jnt atau JNE atau paxel biar gak kena kurir rekomendasi calon buyer nya.

  • 10 Oktober 2023 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Ini yang bermasalah di ekspedisinya ya? Kurir rekomendasi nggak bisa milih kan, apalagi yang gratis ongkir. Kalau jarak dekat lebih baik yang instan atau sameday, lebih terpercaya (tapi ada juga oknum kurir-nya maling). Panjang urusannya ini kalau sudah barang hilang, ada aja alasannya buat klaim ganti rugi.

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 38 komentar sampai saat ini..

Kehilangan HP, Uang Tidak Kembali

oleh sri sutirah dibaca dalam: 1 menit
38