Janji Hanyalah Janji, Pihak XL Tidak Menyelesaikan Permasalahan Kartu 4G Saya

Selamat pagi Media Konsumen. Izinkan saya menyampaikan keluhan dan kekecewaan saya pada provider XL.

Saya adalah pengguna XL, dengan nomor 081831**62. Permasalahan ini awalnya adalah sinyal 4G yang tidak muncul pada kartu saya. Terdapat dualitas opini yang diberikan oleh CS XL. Yang pertama mengatakan bahwa saya harus membeli kartu baru untuk upgrade ke 4G, dikarenakan kartu yang saya pakai saat ini masih belum mendukung 4G. Atas saran ini saya kemudian membeli kartu perdana kosong untuk upgrade di official store XL. Ternyata proses upgrade gagal. CS XL yang pertama ini seolah lepas tangan dan tidak lagi menjawab keluhan saya.

Opini yang kedua muncul setelah saya coba mem-follow up kendala saya ke CS yang berbeda. Pada nomor laporan saya: Ref.CM/CU/E/004/0823/IL. Entah bagaimana, setelah diotak-atik pada sistem XL, kartu lama yang saya gunakan akhirnya berhasil muncul sinyal 4G-nya. Pihak CS XL yang kedua ini mengatakan bahwa sebenarnya kartu saya ini sudah 4G.

Saya malah heran. Jika memang sudah 4G, kenapa setelah dicek pada CS XL yang pertama, kartu saya malah dikatakan belum mendukung 4G? Tapi okelah, saya sudah bersyukur karena saya pikir kendalanya sudah tuntas. Pihak XL juga tidak lupa mengatakan jika terjadi masalah lagi di kemudian hari, bisa langsung mengontak Twitter myXL ataupun email CustomerService@xl.co.id.

Saya pikir karena sudah muncul sinyal 4G, seharusnya tidak ada masalah untuk digunakan berinternet. Tanggal 8 November 2023, saya kemudian membeli paket internet 61 GB. Namun apa yang terjadi? Kuota sudah masuk, tapi kartu saya masih tetap tidak bisa dipakai untuk internet sama sekali.

Sinyal di tempat saya padahal bagus dan tanda 4G juga muncul. Sebagai pembanding, teman kantor saya yang juga memakai provider XL tidak ada masalah memakai internet di lokasi yang sama. Saya lalu menanyakan hal ini melalui Twitter dan juga email. Namun sungguh mengecewakan karena pesan saya sama sekali tidak dibalas hingga saat ini. Lalu apa gunanya mereka menyarankan kedua channel ini jika pesan saya sama sekali tidak digubris?

Saya merasa sangat dirugikan karena hal ini dan merasa pihak XL tidak berusaha menuntaskan dengan baik masalah konsumennya. Rugi karena harus membeli kartu perdana yang ujung-ujungnya tidak perlu dipakai. Rugi karena membeli paket kuota yang juga tidak dapat digunakan. Hanya melalui surat dari Media Konsumen inilah saya harap permasalahan saya bisa segera sampai ke pihak XL dan mendapat solusi yang benar-benar tuntas.

Hary Gimulya
Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Janji Hanyalah Janji, Pihak XL Tidak Menyelesaikan Permasalahan Kartu 4G Saya”

Jakarta, 30 November 2023 Ref.CM/CU/E/019/1123/IL Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Hary Gimulya melalui...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Janji Hanyalah Janji, Pihak XL Tidak Menyelesaikan Permasalahan Kartu 4G Saya

    • 13 November 2023 - (17:12 WIB)
      Permalink

      Saya sudah mencoba memasukkan ke ponsel lain dan hasilnya tetap sama pak. Sedangkan ketika nomor XL lain saya coba masukkan ke ponsel saya tidak ada masalah untuk mengakses internet.

      • 14 November 2023 - (05:35 WIB)
        Permalink

        Biasanya jika tidak muncul 4G bisa juga dipindahkan ke hp lainya, atau pada menu hp Bapak di pengaturan jaringan pindahkan dari 4G ke 3G lalu pindahkan kembali beberapa menit 3G ke 4G. Bisa juga ubah ke mode pesawat terlebih dahulu. Saya juga pernah kartu Axis saya juga seperti itu tidak muncul 4G malah EDGE padhal masih ada kuotanya

        • 14 November 2023 - (08:01 WIB)
          Permalink

          Terima kasih komentarnya pak Iwan. Pada permasalahan saya ini, kartunya tadi hanya muncul sinyal Edge. Setelah diperbaiki oleh tim XL, barulah sinyal 4G muncul. Namun itupun ternyata tetap tidak bisa dipakai untuk berinternet. Padahal sinyal full. Dicoba ke ponsel lain pun tetap sama.

  • 24 November 2023 - (20:09 WIB)
    Permalink

    Saya ingin menyampaikan update terkait kendala yang dialami terkait gagalnya akses internet pada nomor XL yang digunakan :
    Sejak surat saya dimuat di Media Konsumen pada tanggal 12 November 2023, kendala saya baru bisa diatasi pada tanggal 21 November 2023, dan baru benar-benar tuntas pada hari ini, tanggal 24 November 2023. Bisa dibilang cukup memakan waktu yang lama. Setelah diotak-atik pada sistem XL, akhirnya memang diputuskan bahwa meskipun kartu XL saya sudah muncul sinyal 4Gnya, tetap tidak dapat dipakai untuk internet. Akhirnya kartu XL saya pun harus tetap diganti dengan kartu yang baru. Dan setelah diganti dengan kartu yang baru, akhirnya saya baru benar-benar bisa menikmati akses internet pada nomor saya.

    Saya ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh tim XL. Tapi saya mohon perbaiki layanan customer service kalian. Saya sangat kecewa karena begitu sulitnya menyampaikan keluhan kepada kalian. Lewat email maupun twitter sama sekali tidak mendapat tanggapan. Barulah ketika surat saya dimuat di Media Konsumen, tim XL menghubungi saya untuk memfollow up. Saya sendiri jika tidak terpaksa sekali, tidak ingin membuat surat di Media Konsumen.

    Apresiasi dan terima kasih juga kepada Media Konsumen yang telah memuat surat saya, sehingga kendala saya bisa tersampaikan langsung kepada tim XL dan bisa mendapat penanganan yang seharusnya. Dengan ini saya nyatakan kendala yang dialami sudah selesai dan semoga tidak ada masalah lagi ke depannya dengan provider yang satu ini.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Janji Hanyalah Janji, Pihak XL Tidak Menyelesaikan Permasalahan Kartu …

oleh Hary Gimulya dibaca dalam: 2 menit
5