Paket Sudah Diterima Pembeli, Dikembalikan dengan Alasan Berubah Pikiran

Saya sebagai penjual di Lazada, ID toko: k1m1 (id11xc1). Untuk pertama kali sejak adanya aturan baru mengenai retur produk, yang mana produk dengan nilai Rp70 ribu, pihak pembeli bisa melakukan retur pengembalian dana dan tidak bisa ditolak, meskipun dengan alasan berubah pikiran.

Paket kami kirimkan dengan kondisi baik, ada bukti CCTV pengemasan dan foto produk sebelum dikirimkan.
Paket dengan nomor order: 1282186840740929, diterima customer tanggal 1 November 2023. Pada tanggal 4 November 2023, pembeli mengajukan retur dengan alasan “Berubah pikiran dan tidak membaca deskripsi”. Disertakan pula foto waktu retur, jelas terlihat produk terlipat. Sementara kardus packing luar masih utuh, tidak terlipat, tidak penyet.

Karena sewaktu diretur produk di dalamnya terlipat, akhirnya menjadi barang bekas. Paket terpaksa kami terima, karena tidak ada opsi penolakan. Bisa jadi pembeli ini sudah sering berbuat seperti ini.

Paket retur kami terima 8 November 2023, dan kami menunjukkan buktinya kepada pihak Lazada. Namun sesuai dugaan dan yang sering terjadi, pembeli dimenangkan, meskipun kami punya bukti kuat (foto dan CCTV) waktu pengemasan dan foto.

Pembeli bebas melakukan ini kembali, karena pada tanggal 9 November 2023 dana dikembalikan ke pembeli. Sementara kami mendapat produk cacat. Apakah perlu nantinya dipasang CCTV di paket agar penjual bisa menang jika terjadi kembali?

Boedi Widjaja
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Paket Sudah Diterima Pembeli, Dikembalikan dengan Alasan Berubah Pikiran”

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 12 November 2023 berjudul “Paket Sudah Diterima Pembeli, Dikembalikan...
Baca Selengkapnya

25 komentar untuk “Paket Sudah Diterima Pembeli, Dikembalikan dengan Alasan Berubah Pikiran

  • 12 November 2023 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Kalau memang ada marketplace punya “aturan baru mengenai retur produk, yang mana produk dengan nilai Rp70 ribu, pihak pembeli bisa melakukan retur pengembalian dana dan tidak bisa ditolak, meskipun dengan alasan berubah pikiran.”, maka tinggalkan. Saya bisa gunakan celah aturan itu untuk nge-prank ribuan UMKM di marketplace bersangkutan, artinya aturan itu sangat merugikan penjual.

    32
    0
  • 12 November 2023 - (21:31 WIB)
    Permalink

    Saya kemarin begitu, kirim nya ke ibu Yuni daerah Lhoksukon, order nya bel harga 1jt lebih via shopee, Di retur alasan sama seperti itu, yg jadinya barang kembali PP namanya elektronik ancur jadinya kalo PP untung shopee dan jnt tanggung jawab. Harus nya marketplace ada desakan ke pembeli supaya jangan memainkan penjualan karena itu barang bisa rusak di perjalanan, ujung2 nya ancur penjual jadi rugi

    12
    • 12 November 2023 - (22:05 WIB)
      Permalink

      Nah yg dipermasalahkan disini dari pihak kami sudah membungkus dengan cukup baik. Bahkan kemasan yg dipakai retur adalah kemasan awal kami. Masih lurus tanpa lipatan. Namun produk di dalamnya bisa terlipat sejak awal dikirim. Hal tsb yg menyebabkan kami mengajukan banding.
      Jika nantinya pembeli mengaku diterima dlm kondisi terlipat, seharusnya pihak lazada meminta video unboxing (yg sejauh ini TIDAK diminta oleh lazada).
      Malah lazada menyarankan kami sebagai penjual untuk menolak kurir jnt sewaktu mengantar paket retur dan membuat BAP. Yg seolah olah salah kurir menyebabkan produk cacat.

  • 12 November 2023 - (22:02 WIB)
    Permalink

    Wkkwkwk

    Emank it marketplace terbodoh terbangsat selama ad penjualan online…user bebas retur produk biarpun dia yg slah…maka nya tiap ad lazada yg wa pasti saya ledekin…biar mati it marketplace ikut si merah

  • 13 November 2023 - (01:26 WIB)
    Permalink

    Sya sebagai pembeli agak aneh kalo retur karena alesan berubah pikiran.kalo retur krena barnag tidak sesuai, barang ad yg cacat atau rusak.atau barnag ada kurang.
    Kalo sya berubah pikiran pasti sebelum barang dikirim sya minta cancel atau sya batalkan.jd gak merugikan penjual dan kurir.

  • 13 November 2023 - (01:40 WIB)
    Permalink

    Ane paham klo barang yg dijual itu harus dlm keadaan mulus (tanpa lipatan, sobekan, tekukan) tp apakah memang barang yg dlm keadaan tdk mulus (dgn lipatan) seperti keadaan barang yg diretur ini tdk dpt dijual lg? Ane sih yakin msh bs dijual lg apalagi klo melalui online karena ane pun sering mendapatkan barang yg ane beli dlm keadaan yg tdk mulus (kemasannya) bahkan malah ada jg yg barangnya yg tdk mulus. Klo yg TS permasalahin direturnya dlm keadaan kemasannya sdh terlipat sih, ane rasa itu ga perlu dipermasalahkan selama barang (isinya) itu sesuai dgn yg dikirimkan sebelumnya (tdk ditukar dgn yg rusak atau dgn barang yg berbeda dr yg dikirimkan sebelumnya) karna barang yg tdk mulus kemasannya jg msh bs dijual lg apalagi jika dijualnya secara online. Banyak seller2 online yg mengirimkan barang dlm keadaan kemasannya yg tdk mulus bahkan ada yg kemasannya sdh buluk dan sobek2 koq..

    5
    4
    • 13 November 2023 - (08:29 WIB)
      Permalink

      Lah iya klo pembeli kaya situ n saya semua.. Gk masalahin packing yg penting barang ok n fungsi ok… Nah klo ketemu pembeli yg ribet lagi… Retur lagi… Kn byk pembeli SDM rendah di marketplace online

  • 13 November 2023 - (01:59 WIB)
    Permalink

    Harap hati hati, Marketplace sekarang lebih memanjakan pembeli.
    Sekarang perhatikan, Marketplace apa yang benar-benar milik Indonesia?
    So, Seller pada cabut juga mereka punya barang sendiri. Yang pasti data buyer sudah di data base mereka, kategori barang yang diminati orang-orang juga mereka sudah punya.
    Kategori Seller Official juga sudah nggak jelas; perputaran duit kalau 100-200 juta bisa menaruh embel embel Official Brand. Jangankan UMKM, Distributor resmi saja sudah semakin terpojok. Apalagi Seller Seller yang ada lebih dominan yang reseller beli barang untuk dijual lagi, hanya sedikit yang berstatus produsen.
    Sudah saatnya, bersiap siap banting setir

  • 13 November 2023 - (05:44 WIB)
    Permalink

    Makanya kalau jualan jangan mau untung duit aja. Ingat bos duit gak bisa di bawa mati. Walaupun rugi terus nikmati aja, ikhlas kan biar bisa dapet pahala. Biar jalan masuk Sorga. Ente mau masuk sorga gak?

    2
    20
    • 13 November 2023 - (06:34 WIB)
      Permalink

      jualan itu semua nyari untung bukan nyari rugi, coba anda jualan online yang mahal sekalian terus saya retur gaya lazada biar anda tau rasanya dikerjain pembeli

    • 13 November 2023 - (06:46 WIB)
      Permalink

      Ngga gitu jg pemikiran nya bambang…jualan kl sekali2 rugi gpp,Itung2 pembelajaran.tp kl rugi mulu,ngapain jualan?lagian masuk sorga bkn cm krn ikhlas trs dpt pahala kencana aja,tp dr hal lain jg

      3
      1
    • 13 November 2023 - (10:34 WIB)
      Permalink

      Ini adalah komentar terbodoh .sesuai dengan pernyataan bahwa SDM kita kurang .ada yang komen seperti ini wkwkkw .kalo jualan jangan mau untung duit .lah emang lembaga amal .goblok nya bukan main bin tolol ngakak dah

      5
      0
    • 13 November 2023 - (17:34 WIB)
      Permalink

      Mati memang ga bawa duit, tapi lu atau orang mati mati memang ga bawa duit, tapi mati butuh duit bos. Emang lu mau meninggal jenazah lu ga di kubur atau di makamin? Pemakaman butuh duit bos

    • 13 November 2023 - (17:37 WIB)
      Permalink

      Ga nyambung lu, kalo mau ceramah begini di keluarga lu aja biar semua melakukan kaya pembeli ******* tadi, pe jual di suruh ikhlas.

  • 13 November 2023 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Pembeli adalah raja, saya sangat suka dengan lazada. kalau seller merasa tidak nyaman dengan aturan lazada Silahkan cari marketplace yg cocoa. saya juga sudah merasa pusing dengan banyaknya seller yg nakal. jadi para seller yg baikpun terkena imbasnya.
    apalagi shopee aturan sekarang yg membolehkan membuka paket cod sebelum membayar. kalau paket tidak cocok dapat langsung di kembalikan kepada kurir.

    2
    6
  • 13 November 2023 - (10:11 WIB)
    Permalink

    Kalo sya mending sistem yang diterapkan shopee cod cek dlu aturan nya daripada harus dibatalkan dengan alesan berubah pikiran.win win solusi bagi seller dan buyer kalo cod cek dulu.bisa keliatan spa yang salah kalo buka ditempat.

  • 13 November 2023 - (14:05 WIB)
    Permalink

    Saya beli barang di Lazada selalu dikembalikan…. kurirnya tidak nelpon saya. Sudah saya kasih lokasi juga .. tapi, GK mau nelpon tiba-tiba barang di kembalikan ke seller dengan alasan pelanggan menolak ditempat… sebanyak 2 x gini terus. Kesal sama kurirnya harusnya nelponlah… kalau patokan rumah tidak tahu. Ini di kembalikan lagi .. akhirnya kan saya tidak bisa cod lagi. Kecewa sich Sama lazada…. dengan pengiriman seperti ini.

  • 14 November 2023 - (09:42 WIB)
    Permalink

    Untuk masalah ini sudah diselesaikan dan dibantu oleh ibu Pritha dari pihak lazada. Dan kami diberikan kompensasi atas kerusakan barang tsb. 🙏

  • 20 November 2023 - (07:52 WIB)
    Permalink

    Bapak mohon maaf saya izin bertanya untuk melihat keterangan baru Lazada “mengenai retur produk, yang mana produk dengan nilai Rp70 ribu, pihak pembeli bisa melakukan retur pengembalian dana dan tidak bisa ditolak, meskipun berubah pikiran” di tertera di bagian mananya enggeh pak. Atas perhatiannya terima kasih 🙏.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Lazada?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Paket Sudah Diterima Pembeli, Dikembalikan dengan Alasan Berubah Pikir…

oleh Boedi dibaca dalam: 1 menit
25