Tokopedia Memihak Official Store yang Membuat Kesalahan

Terima kasih atas kesempatan dari Media Konsumen yang telah menayangkan surat saya, terkait Official Store Tokopedia: Inti Health Store – Bandung.

Awalnya pada tanggal 14 Desember 2023, saya memesan produk obat dan kesehatan di Tokopedia melalui Official Store Inti Health Store – Bandung, dengan nomor invoice : INV/20231214/MPL/3625200287. Penjual memproses pesanan dengan waktu yang cukup lama dan akhirnya tanggal 18 Desember 2023, status pesanan sudah dikirim dengan kurir rekomendasi. Kemudian paketnya tiba di rumah saya pada tanggal 20 Desember 2023.

Setelah menerima paket dari kurir, saya lakukan video unboxing. Ternyata ada 3 produk bermasalah:

  1. Produk gelas cuci mata Onemed tidak ada di dalam paketnya.
  2. Produk Vicks Inhaler sudah expired tanggal 29 November 2023.
  3. Produk Vicks Inhaler expired date tanggal 15 Desember 2024.

Sebelum saya memesan produk, sudah ditanyakan via chat ke penjual dan dijawab Vicks Inhaler expired date-nya tahun 2025. Namun yang datang tidak sesuai.

Kemudian sore hari pada hari yang sama, langsung saya ajukan komplain resolusi atas pesanan saya di Tokopedia, dengan prosedur melampirkan video unboxing dan foto paketnya. Saya mau retur saja produk yang tidak sesuai dan meminta pengembalian dana keseluruhan totalnya sebesar Rp37.500.

Setelah itu saya disuruh menunggu respons dari penjual. Infonya apabila penjual tidak merespons komplain sampai maksimal tanggal 22 Desember 2023, maka Tokopedia akan mengembalikan dana saya senilai Rp37.500.

Setelah menunggu 1 hari, pada sore harinya tanggal 21 Desember 2023, penjual baru merespons, dengan menolak pengajuan komplain untuk retur dan pengembalian dana ke saya. Malah penjual meminta bukti lagi video unboxing paketnya. Padahal sebelumnya sudah saya lampirkan video unboxing dan foto paket pada komplain resolusi tersebut kemarin sorenya.

Jadi sistem Tokopedia meminta saya untuk merespons permintaan dari penjual tersebut, dengan batas waktu yang ditentukan. Setelah saya melampirkan untuk kedua kalinya bukti video unboxing paketnya pada komplain resolusi, sistem Tokopedia meminta saya menunggu kembali respons dari penjual, dengan tenggang waktu hingga tanggal 26 Desember 2023. Apabila penjual tidak merespons, dananya baru dikembalikan ke pembeli.

Jadi Tokopedia menunda kembali pengembalian dana saya. Padahal laporan komplain sudah saya lengkapi sejak awal pengajuan komplain. Saya sudah meminta bantuan Tokopedia Care agar menindak tegas toko Official Store Inti Health Store – Bandung (https://tokopedia.link/ChM2jHItIFb). Karena penjual ini memang sengaja menolak komplain saya yang sudah lengkap dengan bukti-bukti terlampir dan tidak mau menyelesaikan masalah.

Saya sudah chat pihak toko ini berulang-ulang, tetapi penjual tidak mau menyelesaikan komplain. Namun Tokopedia tetap tidak ada tindakan tegas atas toko ini. Tokopedia Care hanya menjawab berulang agar saya menunggu sampai tanggal 26 Desember 2023.

Uang senilai Rp37.500 memang tidak besar, tetapi ini membuat pembeli merasa tidak nyaman bertransaksi di Tokopedia. Apakah terus begini belanja di Tokopedia? Membuat tidak nyaman dan sengaja membuat pembeli harus menunggu lama penyelesaiannya atas kesalahan dan kecurangan penjual. Tokopedia memihak ke penjual yang mengirimkan barang yang sudah expired dan tidak lengkap, serta mengabaikan komplain pembeli.

Bersama surat ini saya lampirkan juga bukti-bukti komplain ke toko tersebut. Saya sarankan para konsumen agar hati-hati dan tidak perlu belanja di Official Store Inti Health Store – Bandung. Demi keamanan dan agar tidak membuang waktu lagi seperti pengalaman saya ini. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Margareth
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Tokopedia Memihak Official Store yang Membuat Kesalahan

oleh Margareta dibaca dalam: 2 menit
0