Kurir Tidak Mau Mengantar Paket ke Alamat, Malah Meretur Sepihak

Saya ingin mengeluhkan respons dari pihak pengiriman J&T. Pada tanggal 22 Desember 2023, saya melakukan pembelian barang di Shopee, dengan nomor pesanan 231222URK7MSNB, menggunakan pengiriman J&T. Pada tanggal 24 Desember 2023, paket tersebut dikirim oleh penjual dan telah diambil oleh pihak J&T, dengan nomor resi pengiriman: JP1916239402. Pengiriman dilakukan dari Garut menuju Sifaoroasi Huruna Nias Selatan.

Pada tanggal 30 Desember 2023, paket sudah tiba di Cabang Teluk Dalam Nias Selatan. Kemudian kurir konfirmasi melalui WA menyampaikan, bahwa paket telah sampai dan hari itu akan mengantarkan paket tersebut.

Kemudian tanggal 3 Januari 2024, saya di-WA kembali oleh kurir. Dia mengatakan paket telah sampai dan disuruh untuk melakukan penjemputan paket tersebut di kantor J&T Teluk Dalam, dengan alasan kurir arah daerah yang saya cantumkan kosong. Sementara jarak alamat rumah saya (yang saya cantumkan ) kurang lebih 80 Km. Saya tetap minta untuk bisa dikirimkan sesuai alamat yang saya cantumkan atau minimal di cabang terdekat dengan alamat saya.

Namun justru dari pihak kurir mengabaikan dan melakukan update di pengecekan resi, bahwa pada tanggal 4 Januari 2024 paket ditolak dengan keterangan :Pengiriman paket sedang tertunda dengan alasan: Gagal Delivery (buyer tolak tanda terima). Padahal kurir sendiri tidak pernah sampai di rumah atau melakukan pengiriman ke alamat saya.

Kemudian saya di-WA kembali, bahwa jika paket tidak dijemput, maka akan dilakukan retur. Saya hubungi call center J&T di nomor 021-80661888 dan menyampaikan keluhan saya. Saya mau paketnya dikirim sesuai dengan alamat atau minimal di cabang yang dekat dengan alamat saya. Saya tidak mau paket tersebut sampai diretur. CS menyampaikan bahwa laporannya akan ditindaklanjuti dan akan segera dikirimkan.

Tanggal 6 Januari 2024, paket saya justru diretur. Saya hubungi call center J&T beberapa kali dan responsnya tetap sama akan ditindaklanjuti tanpa solusi yang jelas. Saya juga konfirmasi ke admin Shopee. Pihak Shopee menginformasikan bahwa ini kendala dan akal-akalan dari kurir J&T agar paketnya tidak dikirim.

Sampai dengan surat ini saya buat, pihak J&T sama sekali tidak memberikan solusi dan malah paket saya diretur. Saya berharap pihak J&T segera memberikan klarifikasi dan solusi terkait dengan masalah ini, agar kepercayaan saya sebagai pelanggan dapat dipulihkan dan saya berharap untuk cabang J&T Teluk Dalam bisa bekerja dengan profesional.

Agnes Kurnia
Nias Selatan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

50 komentar untuk “Kurir Tidak Mau Mengantar Paket ke Alamat, Malah Meretur Sepihak

  • 13 Januari 2024 - (09:49 WIB)
    Permalink

    Hahaha… udah kirimnya ke antah berantah… pake COD pulak.. High risk sesampainya disana ga dibayar pulak,, kalau aku jadi kurirnya juga lebih milih Returin aja paketnya.. wkwk

    20
    28
    • 13 Januari 2024 - (14:01 WIB)
      Permalink

      sepertinya memang benar gara2 COD jadinya kurir enggan antar sampe 80 km…
      secara SOP sebenarnya kurir harus antar tapi ya gitu deh

      6
      13
      • 13 Januari 2024 - (20:45 WIB)
        Permalink

        Kurir mana yg mau antar paket dengan jarak 80km dengan bayaran 1000 rupiah?
        Saya Jarak 5km aja pikir2 kok

        6
        11
      • 14 Januari 2024 - (19:42 WIB)
        Permalink

        Haha,ini buyernya seharusnya sebelum order tanya2 dulu Soaln kurir keteman2 yg lain yg pernah belanja diMP,sudah sampai tempat anda belum jangkauan kurirnya ,,jangan asal ngorder anda harus perhatikan kurirnya,banyak kurir yg disediakan shopee,Jne paling jauh jangkauanya,kasihan seller packing barang butuh lakban,butuh plastik haha.80km mikir atuh bos .harus nya anda tanya kekurir Jnt kesanggupan antarnya sampai mana,seterusnya anda jemputlah..

        1
        4
        • 25 Maret 2024 - (16:15 WIB)
          Permalink

          Harusnya JNT yg copot penyediaan jasa di MP kalau memang gak sanggup antar ke alamat tersebut. Jangan menyediakan pilihan tapi tidak boleh dipilih atuh. Kalau opsi tersedia, itu berarti ekspedisi menyanggupi.

    • 14 Januari 2024 - (06:06 WIB)
      Permalink

      WKWKWK UDAH COD ALAMAT DI UJUNG DUNIA SIAPA JUGA YANG MAU NGANTER, JARAK 10KM AJA MASIH MIKIR 100X 😂🤣

      7
      11
    • 14 Januari 2024 - (09:20 WIB)
      Permalink

      Orgnya jg sangat peritungan. Blm diantar aja udah ngomong akan bayar sesuai tagihan 394.120 (genapin 400 aja ogah). Mgkn krn merasa sudah bayar ongkir mahal (100rb diluar subsidi). Mestinya order bisa dipecah per 2 pcs per invoice, hemat di ongkir (per paket hanya bayar sekitar 9rb stlh subsidi 40rb). Selisihnya ada sekitar 70rb kan (drpd per invoice lsg 6pcs bayar ongkir 3kg). Kasih lah 50rb nya ke kurir diluar insentif dia per paket 1-2rb, win-win solution.

      7
      9
    • 14 Januari 2024 - (11:02 WIB)
      Permalink

      Bener, resiko tinggi, 80KM itu sdh antar kota kalau di jawa, ketika sampai di sana bisa terjaid, alamat tidak ketemu, pelanggan tidak ada, atau pelanggan gk bisa di hubungi, ini kemungkinan yg bisa terjadi, jadi kurir tidak mau ambil resiko karena ini COD, kalau bukan COD saya yakin pasti di antar

      6
      8
        • 15 Januari 2024 - (04:52 WIB)
          Permalink

          Yang mosting mikirlah kurir juga manusia bukan robot.. gausa sok jadi raja kalau otaklo msih sempit.. bayangkan itu saudara kau yg kirim paket.. pasti sama mengeluh jugaa.. 5km msih mikir” apalagi 80km.. seharusnya anda lapor callcenter shopeenya knp kok d buka jasa pengiriman ke tempatmu.. kalo shopee sih tdk peduli.. dan yg kena ekspedisinya…apa ada selama ini ekspedisi kirim paket sampai tempatmu itu.. kalau ada kasihlah uang tipp jgn keras kepala kasihan kurirnya

          5
          4
    • 14 Januari 2024 - (18:25 WIB)
      Permalink

      Hai mbak, cod 80KM, bayaran tidak seberapa, sampai sana ada kemungkinan di tolak. Atau malah kurirnya disiram air. BERESIKO. Apalagi pelanggan rewel beuhh. Bagus lah kurirnya cerdas. Saran saya kalau mau media komplaint yang cerdas ya dan kalo bisa anda jangan cod kalo bisa. Lapor media juga percuma. Netizen udh cerdas dan perusahaan bakal tetep ada. Saya kirim barang ke toba pake kurir ini normal aja. Karena bukan cod. Semoga kelar ya.

      2
      3
    • 15 Januari 2024 - (18:22 WIB)
      Permalink

      Lawak bgt yg bikin postingan gue jg jualan sering bgt dpt pembeli model begini tp setelah diselidiki lg ya gw maklumi kalo retur krn kendala di kurir tidak mau antar yg memang jangkauan nya terbatas terlebih daerah pedalaman itu jarak 80 km udh gitu cod yg kemungkinan pembeli nya bisa nolak atau ga ada di tempat hrs nya si pembeli sebelum co tny² dulu di daerah nya support kurir apa jgn asal menyalahkan pihak lain

  • 13 Januari 2024 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Oalaah COD ya pantesan aja wkwkwk…
    Kecuali alamatnya masih di kota besar atau dekat kota besar aman cod kadang yg dikota aja suka gak dibayar kalo cod, karena banyak yg gak ada ditempat.

    8
    12
  • 13 Januari 2024 - (17:56 WIB)
    Permalink

    Barang nya COD sih riskan buat kurirnya…
    Udah 80km ternyata gak di bayar kurirnya yang rugi

    10
    13
  • 13 Januari 2024 - (20:53 WIB)
    Permalink

    Kalau yg nganter cabang Teluk Dalem, berarti itu cabang terdekat kak. Kalo agen emang bnyk, tp itu cm drop point, alias nerima paket doank. Kalo mau ambil paket ya di collection point. Sabar ya sm JNT. Paket sy dr Ciputat ke Pamulang aja bs seminggu baru sampai, makanya kalo belanja di oren, dpt kurir JNT buru2 gantiiii. Mendingan JNE sih, sehari sampai.

    4
    13
    • 14 Januari 2024 - (12:04 WIB)
      Permalink

      Sebelah bilang JNT LELET
      Sebelah bilang Sicepat LELET
      Sebelah bilang JNE LELET
      DAN sebelah bilang SPX/ANTARAJA/lion lelet.

      Mbok semua ada kekurangan kelebihan di Mata customernya kalo lagi apes ya apes aja ga usah nyalain ekspedisi , gue nganter paket juga liat2 kalo emng wilayah nya ya ke anter tapi kalo bukan wilayah nya ya ga diantar karena resiko nanti ribut/cekcok yg punya area , kurir cuman eksekusinya diluar paket ada di gudang/gudang besar toh mbok jgn nyalahin kurir

      2
      5
      • 14 Januari 2024 - (12:26 WIB)
        Permalink

        Kebetulan sy gak pernah pake lion parcel. Kalo yg lain pernah. Faktanya yg paling cepat ya layanan gosend/grab express, gak ada itu ceritanya lg dianterin trs tiba2 balik gudang hehe. JNE pernah telat, tp dgn frekuensi paling bnyk, telatnya paling jarang. Kurir Sicepat di daerah sy bagus bngt, jd walaupun teman2 sy bnyk yg ngeluh tentang sicepat buat sy sicepat gak ada masalah, msh lumayan oke walau regulernya kadang bs 2 hari karna muter2 dan sering criss cross. Anteraja skrg udh jarang pake, dulu bagus sih. Utk skrg pake anteraja cm layanan sameday aja, Dan selalu dianterin hari yg sama walaupun sampe malam bngt. Kalo SPX kadang cepet kadang lama tergantung lg overload apa nggak cm pasti hancur dusnya, makanya skrg kalo belanja di shopeemall, sy lbh milih ambil paket ke indomaret, aman bngt dusnya msh rapi kyk baru dipacking. Gak nyalahin kurir kok bang, mungkin lbh baik nyalahin pembeli ya? Ngapain lw pake acara belanja online? Kan kasian ekspedisi dan kurir jadi nambah kerjaannya wkwkwk…

        2
        5
        • 15 Januari 2024 - (12:05 WIB)
          Permalink

          GO-SEND sama grab express juga max jaraknya 40km
          Saya pesen GO-SEND jakarta – bekasi aja kl lebih dr 40km gak bisa
          Untuk si cepat reguler sebenernya memang standar pengiriman itu 3 hari.
          Tapi di jabodetabek entah knp kalau pake sicepat seringnya 1 hari udah sampe. Jadinya kl di olshop ada pilihan kurir sicepat pasti pilih itu.
          Yg saya hindarin itu dr anteraja. Karena punya pengalaman buruk dan karena dia jadi rugi 150k

          1
          3
  • 13 Januari 2024 - (22:05 WIB)
    Permalink

    Yaelah paket COD. Ya jelas berisiko lah, bayangkan aja. Kurir dah jauh-jauh antar, gak dibayar, atau ada masalah misalnya wawasan pembeli yg rendah terus tolak paket, yang rugi kurirnya lah. Masih mending lu dikabari paket sudah sampai. Lagian lu yang butuh knp gak ambil sendiri aja. So makanya jgn COD, kurir malas antar karena berisiko dan banyak kasus di medsos.

    7
    9
  • 14 Januari 2024 - (05:51 WIB)
    Permalink

    Makanya KALAU BELI online jangan COD gak bakalan diantar kurir alamat jauh daerah pelosok

    6
    11
  • 14 Januari 2024 - (06:01 WIB)
    Permalink

    Iya kalau jauh dari kurir jgn cod lah. Kurir dibayar per paket resiko bensin harus antar pp 160km.

    3
    9
    • 14 Januari 2024 - (06:40 WIB)
      Permalink

      1. Belum sampai udah cerewet, apalagi klau udah sampai.
      2. Kurir udah menandai beberapa konsumen yg masuk daftar bermasalah.
      3. Bayangkan 80 km berasa kayak mudik, COD pula… Begitu sampai lokasi, paket dibuka ntar ngamuk karna sesuai harapan…

      6
      10
    • 14 Januari 2024 - (07:14 WIB)
      Permalink

      Kasian di buli habis2an, ya wajar saja kejauhan itu mbak. 80km bukan jarak yg deket.

      7
      11
  • 14 Januari 2024 - (07:10 WIB)
    Permalink

    Ga mungkin ada orang yang mau antar paket dengan upah paling besar 2 ribu rupiah per paketnya dan harus menempuh jarak pp 160km
    Itu mungkin seperti jarak Jakarta – Purwakarta kalau diliat dari Google Maps.
    Kalau ada yang mau, silakan balas komentar saya.
    Nanti saya minta antar paket ke tempat saudara saya disana, saya kasih upah 2 ribu rupiah. Hehehe

    7
    10
  • 14 Januari 2024 - (07:11 WIB)
    Permalink

    Wkwk kirimnya ra jelas nyuruh nyuruh antar kesana kemari dan parahnya COD wkwk retur wes jelass kasian kurirnya 80 km di bayar 1000 perak . Malah nombok yg ada bensin .

    8
    12
  • 14 Januari 2024 - (07:25 WIB)
    Permalink

    Setiap ekspedisi pasti ada buyer kek gini wkwk.
    Jadi ya kalau masih anak baru, boleh tanya ke kurir senior cara ngehadapinnya

    3
    9
  • 14 Januari 2024 - (08:34 WIB)
    Permalink

    Biasakan jangan COD. Kasian lah kurir antar paket gk seberapa dia dapet sejauh itu pula. Kalo merasa lokasi udah pelosok bukan di kota mah langsung bayar cash.

    5
    7
  • 14 Januari 2024 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Tante bikin susah kurir sj niii…..cb klo tante sbg kurirnya psti ogah anter wong jauhnya pke banget

    6
    11
    • 14 Januari 2024 - (13:02 WIB)
      Permalink

      Kalo jauh kenapa paket di terima sama kurir,kalo tidak punya kurir tutup aja itu expedisinya

      2
      12
      • 15 Januari 2024 - (05:06 WIB)
        Permalink

        paket bukan punya mbknya saja.. paket punya banyak orang.. ekspedisi mempermudah jual beli loo.. cuman org seperti anda saja yg gk siap utk maju.. pikirr… baca komenan org” sebelumnya pasti kau paham.. kenapa dan apa permasalahnya lalu kok bisa.. pakai rumus 5W + 1H nya.. jgn asal ngomong..

  • 14 Januari 2024 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Jangan gunakan expedisi J&t pasalnya tidak ada tanggung jawabnya bila terjadi kendala di lapangan,dan Para cs j&t tidak bisa bekerja secara profesional selalu mengulur ulur waktu penyelesaian yang tidak ada ujungnya,hampir semua kurir j&t seperti itu,kapok saya menggunakan expedisi J&t

    3
    7
    • 15 Januari 2024 - (05:09 WIB)
      Permalink

      kamu punya masalah apa sama ekspedisi J&T.. semua daerah punya ekspedisi top dan itu berbeda beda setiap daerah.. gausa jelek”an J&T kalau pemikiranmu masih sempit..

      0
      4
    • 15 Januari 2024 - (10:29 WIB)
      Permalink

      Lagi apesnya aja kali. Saya seumur” belanja ga pernah pilih pilih ekspedisi. Karna saya ya emang ga pernah COD. CO pake free ongkir langsung bayar. Dan alhamdulillah kok sampe sampe aja paketnya. Memang pernah 1kali dikirim ke alamat yg salah, saya komplain besoknya kurir dateng bawa paketanya sambil minta maaf karna salah antar alamat. Selebihnya selalu sampai dengan selamat. Mau itu jnt, jne, spx, wahana, sicepat atau apalah. Balik lagi, berarti kudu lihat lokasi Anda seperti apa. Pernah liat tetangga nerima paket engga? Pernah liat kurir ekspedisi wara wiri sekitar tempat Anda engga? Tanya tetangga apa pernah belanja online? Nyampe ngga paketnya? Jgn asal aja belanja online, COD pula, ternyata tempatnya belum terjangkau

  • 14 Januari 2024 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Mungkin cara penulisan atau cara membalas pesan WA nya harus dipelajari lagi bu yang lebih ber-etika. Dan nominal transaksi tidak usah disebutkan. Nampak dari yang saya lihat dan saya pelajari dari cara penyampaian ibu cenderung maaf “nampak perhitungan / pelit” & maaf “nampak emosional / tidak mau tau”. Dengan berat dan jarak yang jauh diawal penyampaian expedisi sudah dibalas dengan perkataan jumlah nominal yang harus dibayar. Sebaiknya buat lain kali ibu jangan menyebutkan nominal pembelanjaan. Ingat! Jagalah etikamu maka orang lain juga akan menjaga etikanya. Semua itu seperti karma. Apa yang terjadi dihari itu adalah hasil dari perbuatan kita dihari yang lalu.

    4
    6
  • 15 Januari 2024 - (03:41 WIB)
    Permalink

    80 km diantar pakai motor, ngabisin bensin berapa liter ya?
    Pembelinya aja ogah jemput karena kejauhan, begitu pun pemikiran si kurir

    2
    3
  • 15 Januari 2024 - (05:19 WIB)
    Permalink

    Paket cod belum milik kamu.. gausa sok jadi raja.. kamu saja sadar jaraknya jauh dari tempatmu kenapa belagak jadi raja.. kurir jg manusia sama pemikirannya jauh juga jaraknya ke tempatmu apalagi klo bawa 1 paket ke tempatmu.. banyak rintangan juga d jalan.. jadi mikirlah klo punya otak itu d pakai.. trs lo posting di media konsumen.. jelas d bully habis”an kau.. makanya kalau mau posting d pikir” dlu.. kalau sdh bengini kau jadi malu kan.. apalagi kalo ada org nias jga yg baca jd malu jga..

    3
    4
  • 15 Januari 2024 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Coba tuker posisi kira kira anda mau ngga nganterin paket tersebut, di tambah alamat yang tidak di ketahui kurir? Belum resiko di jalan, mis, ban bocor, mogok, jalan rusak, nyasar, dan di khawatirkan perampokan, sepadan kah dengan uang yang di terima hanya kurleb 2000perpaket, di tambah dia masuk lewat outsourcing tidak dapat gapok?

    Tuh jarak segitu Kurir sudah bisa kirim puluhan paket.

  • 15 Januari 2024 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Menurut saya, semua itu sudah sesuai dengan perjanjian antara pembeli dan penjual. Memang banyak kurir yang nakal dan tidak profesional. Bagaimana jika barang yang dipesan adalah sesuatu yang bersangkut paut dengan NYAWA seseorang.? Karena Saya juga pernah berpengalaman seperti itu. Kurir secara sepihak meretur barang pesanan saya. Jarak antara kantor jasa pengiriman dan alamat saya hanya 1,5 km. Pasalnya saya sedang bekerja. Tetapi kurir tidak mau mengantar ke tempat saya bekerja. Ke esokan harinya kurir misscall. Dan saya telepon balik lalu tidak diangkat. Demikian juga pada hari yang berikutnya terjadi hal yang sama. Lalu pada hari ke tiga Saya bilang mau jemput sendiri ke kantornya. Tetapi si kurir bilang bahwa barang pesanan saya sudah dikembalikan. Padahal Jarak rumah dan tempat kerja ±700m. Dan ada juga beberapa teman yang mendapat pengalaman yang sama dengan saya. Jadi saya harap teman teman sekalian jangan menyalahkan pembeli. Karena pemesanan sudah ada perjanjian antara pembeli dan penjual. Bukan antara pembeli dan kurir.

    2
    5
    • 25 Maret 2024 - (16:09 WIB)
      Permalink

      Menurut saya juga sama, pembeli dan penjual sudah sepakat. Sementara masalah ekspedisi adalah ke marketplace yg bersangkutan. Sebenarnya ekspedisi sudah menetapkan tarif dan itu disetujui kedua belah pihak, lalu disampaikan ke pembeli yg kemudian membayar tarif agar barangnya sampai ke alamat.

      Untuk keluhan kurir, seharusnya menyampaikan keberatan pada pihak ekspedisi, karena pembeli adalah pelanggan yg gak paham masalah internal ekspedisi. Pembeli pahamnya menggunakan jasa, bayar jumlah tertentu dan “dijanjikan” paket akan diantarkan. Jadi dari sudut pandang pembeli ya wajar kalau protes paketnya tidak sampai, padahal sudah mengisi alamat tujuan dengan harga yg diminta oleh ekspedisi. Istilah kata, dia mendapat penawaran, begitu sudah bayar tapi pihak penjual gak serahkan barang. Kalau dalam kasus ini ya okelah itu COD beresiko, tapi untuk keluhan jarak tempuh, itu bukan seharusnya dikeluhkan ke pembeli karena itu bagian dari tugas dan resiko pekerjaan kurir.

      Kesulitan dalam bekerja itu wajar dikeluhkan, tapi keluhkanlah pada pihak yg bertanggung-jawab, jgn menyalahkan pihak lain yg tidak tahu menahu. Diluar attitude pembeli, gaya texting dan COD, tetap ada tanggung jawab pihak ekspedisi yg harus dijalankan, bagaimanapun kalian menjual jasa “pengantaran paket ke alamat tujuan”.

  • 16 Januari 2024 - (03:26 WIB)
    Permalink

    Wiiii, sadis sekali 80 km.
    Tukang Ojek aja dibawar 200 ribu buat ngantar barang kurasa tak mau.😂😂😂😂

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 50 komentar sampai saat ini..

Kurir Tidak Mau Mengantar Paket ke Alamat, Malah Meretur Sepihak

oleh Agnes dibaca dalam: 2 menit
50