COD JnT Disalahgunakan untuk Penipuan, Pesan Modem Dikirim Sandal Murahan

Berawal ketika saya membeli sebuah modem di Shopee (Advan Hybrid CPE start), pada hari Kamis 11 Januari 2024 sekitar pukul 9 malam. Perkiraan saya mungkin diproses dan dikirim keesokan harinya oleh seller. Namun hingga hari Sabtu, status pesanan masih belum diserahkan ke pihak pengiriman (JnT).

Kemudian, pada hari Minggu, 14 Januari 2024, saya dikabari adik saya bahwa ada paket COD. Karena status di Shopee masih dikemas, saya heran, kenapa sudah sampai di rumah? Saya langsung meminta adik saya untuk memotret label paket dan membuka paket tersebut. Dan benar saja, nomor resi berbeda, dan barang di dalamnya sandal murahan.

Saya langsung menyuruh adik saya ke kantor JnT untuk komplain. Namun tidak bisa, karena tidak ada koordinator di hari Minggu. Sedangkan saya langsung melapor ke pihak Shopee, dan diminta menunggu untuk tim yang bersangkutan. Saya juga menghubungi CS JnT untuk meminta refund jika memungkinkan. Namun saya diminta untuk menunggu respons tim Shopee.

Keesokan harinya, saya menerima respons dari tim Shopee, yang mengatakan bahwa uang yang sudah dibayarkan di paket COD tersebut tidak bisa di-refund.

Kemudian saya kembali menghubungi CS JnT. Setelah saya menjelaskan panjang lebar, CS berkata akan dibuatkan tiket laporan, tapi CS meminta keterangan lebih lanjut dan video unboxing. Namun karena video tidak bisa dikirim langsung melalui chat, dan keterangan di web dalam bahasa Mandarin, saya mengunggah dan mencantumkan link video melalui chat. Namun CS ingin video dikirimkan langsung dalam bentuk file di chat, sedangkan saat saya coba tidak bisa. Kemudian CS secara sepihak mengakhiri sesi obrolan.

Pihak Shopee seperti tidak mau tahu mengenai masalah ini. Penyelesaian hanya berupa penghapusan produk yang telah saya laporkan, dan email balasan yang tidak membantu. Seller masih bisa membuat akun baru dan kembali beraksi. Memang kerugian yang saya alami tidak seberapa, tapi jika ada korban lagi bagaimana? Karena seller mendapatkan alamat dari Shopee, secara tidak langsung Shopee juga bertanggung jawab kan?

Lalu, untuk pihak JnT, di label pengiriman tidak ada informasi tentang isi paket. Bukankah di Syarat dan Ketentuan JnT tercantum bahwa pengirim diwajibkan mencantumkan isi dari paket tersebut? Ketika saya menanyakan hal tersebut, CS JnT menjawab bahwa ada paket yang tidak diperlihatkan datanya untuk privasi. Lah, lalu kolom barang di label untuk apa? Setidaknya jika ada keterangan lengkap akan meminimalisir tindak penipuan.

Saya berharap pihak Shopee ataupun JnT bisa membuat kebijakan baru agar kejadian ini tidak terulang. Terimakasih.

Purnomo
Kab. Lumajang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “COD JnT Disalahgunakan untuk Penipuan, Pesan Modem Dikirim Sandal Murahan

  • 16 Januari 2024 - (10:29 WIB)
    Permalink

    Kenapa berani sekali beli di penjual yang belum ada penilaian dan chat dibalas hanya 1%. Dikira COD aman taunya disalahgunakan penipu.

    2
    2
  • 16 Januari 2024 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Saya juga lupa cek pas mau beli, yang kelihatan di halaman produk kan biasanya hanya ada berapa kali terjual dan review. Mungkin pihak Shopee bisa memberi peringatan untuk seller dengan kriteria seperti ini agar kedepannya tidak ada yang tertipu lagi.

  • 16 Januari 2024 - (12:26 WIB)
    Permalink

    TS sebetulnya salah alamat komplain ke JNT yang sudah benar dalam tugas dan kewenangannya. Keterangan barang di paket bisa dikosongkan berdasarkan permintaan pengirim (dalam hal ini seller, apalagi modusnya memang ingin menipu). Refund harus lewat mekanisme Sopi, nggak bisa anda menuntut JNT agar uang COD dikembalikan. TS tahu mekanisme pesan COD lewat e-commerce nggak sih? 🙄

    Ini termasuk trik penipuan COD yang umum, memanfaatkan celah kelemahan sistem yang mengijinkan buyer konfirmasi barang diterima (jika COD, konfirmasi oleh kurir) padahal status barang masih diproses seller. Saya pikir TS sudah melakukan 3 kesalahan: Pertama, belanja di toko yang belum punya penilaian sama sekali. Kedua, screenshot menunjukkan batas pengiriman oleh seller adalah SEBELUM 20-01-2024, sedangkan status paket sedang diproses (menunggu pickup kurir) sudah tertanggal 21-01-2024. TS tidak membatalkan pesanan yang kadaluarsa. Ketiga, TS mengakui sendiri kalau resi berbeda, tetapi kenapa dibayar juga? Seharusnya menolak paket dengan dalil resi berbeda. Kurir pasti paham dan maklum.

    3
    2
    • 16 Januari 2024 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Iya, memang saya akui saya yang kurang teliti, dan kebetulan cuma ibu saya yang ada di rumah saat paket datang. Dan soal mekanisme COD nya saya paham, tapi saya coba refund di Shopee tidak bisa karena status pesanan masih diproses seller, makanya saya coba hubungi CS JnT juga, siapa tahu ada solusinya.

  • 16 Januari 2024 - (13:23 WIB)
    Permalink

    kesalahan Anda pake COD dimana hal ini sering dimanfaatkan seller KW buat nipu pake akun lain yang resinya berbeda ya gak Sope aja Toktok juga sering kejadian lbh baik bayar tranfer kalo tdk sesuai msh bisa komplen asal sesuai prosedur

    2
    2
  • 16 Januari 2024 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Iya ini…modus ini sering banget lolos, saya juga pernah beli sepatu lumayan mahal, begitu dibuka isinya cuma sandal murahan dan kecil ukurannya…

  • 16 Januari 2024 - (13:39 WIB)
    Permalink

    inilah alasan sy kenapa selalu beli di toko yg sudah ramai pembelinya, bisa diliat dr jumlah ulasan. ngeri kalo toko msh baru

    1
    2
    • 16 Januari 2024 - (19:53 WIB)
      Permalink

      Awalnya saya memang iseng cari modem LTE di google, kebetulan muncul itu produk yang saya beli. Saya lanjut nyari di tempat lain, karena saya biasanya pakai si Ijo. Setelah beberapa hari iklan produknya selalu nongol tiap kali saya buka Shopee, makanya saya jadi tergiur. Bahkan setelah saya kena tipu pun, iklannya tetap muncul di aplikasi shopee saya.
      https://photos.app.goo.gl/bHstKNwFbRKJQnX29

  • 16 Januari 2024 - (23:46 WIB)
    Permalink

    lebih baik beli dengan cara transfer daripada cod. kalau transfer setidaknya bisa di kembalikan walau agak lama

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

COD JnT Disalahgunakan untuk Penipuan, Pesan Modem Dikirim Sandal Mura…

oleh Purnomo dibaca dalam: 2 menit
10