Tim Legal Tokopedia Menurunkan Produk Saya atas Laporan Pihak Ketiga Tanpa Adanya Bukti Sertifikat Merek yang Terdaftar di PDKI Indonesia

Salam semuanya,

Pertama-tama, saya ucapkan terima kasih kepada mediakonsumen yang telah menerbitkan surat pembaca ini.

Langsung ke inti permasalahan untuk mempertanyakan kinerja tim ‘legal Tokopedia’ yang ‘menyetujui penghapusan produk atas pelanggaran hak merek’ dari pihak pelapor atas nama PT. Popup Global Indonesia/ PETKIT Indonesia dan tanpa adanya bukti merek dan sertifikat merek yang terdaftar resmi di PDKI Indonesia.

Jadi, pada tanggal 8 Januari 2024, toko saya (JAMZ*) mendapat laporan via email ‘Informasi Dugaan Pelanggaran Merek Report ID: 1022325’ dan ada 8 produk yang dihapus (semua dengan merek/brand PETKIT).

Yang isinya seperti ini:

Pada saat mendapat laporan, langsung saya buat sanggahan. Saya pikir pelapor melaporkan produk PETKIT yang saya jual karena palsu dan menyalahgunakan merek PETKIT, sehingga saya kirim bukti penunjang 2 invoice pembelian terakhir dan bukti Authorization PETKIT dari supplier di China yang menyatakan bahwa produk yang saya beli/import sendiri adalah Original PETKIT.

Saya juga mencoba hubungi CS Tokopedia, tapi hanya disuruh menunggu 7 hari dengan minimal 3 kali sanggahan via email. Berikut sanggahan saya:

Dan berikut bukti penunjang yang saya attach:

2 invoice pembelian terakhir

Bukti Authorization PETKIT yang menyatakan bahwa toko tersebut adalah distributor resmi PETKIT

Setelah 4 kali kirim email sanggahan ke pelapor (tanggal 8, 10, 12, dan 14 Januari), tidak ada jawaban dari email pelapor, sehingga saya lanjut chat CS Tokopedia, dan disuruh menunggu follow up dari pihak Tokopedia. Tanggal 17 Januari baru mendapat forward dari Tokopedia Report yang juga diteruskan kepada email pelapor, berikut isi emailnya dan balasan juga dari saya.

Sampai tanggal 19 Januari, pihak pelapor merespon email dari Tokopedia report dengan isi seperti:

Setelah membaca jawaban dari pelapor, ternyata dugaan saya yang mengira dilaporkan karena palsu adalah salah. Lalu saya membaca-baca perihal masalah ‘Hak Atas Kekayaan Intelektual’, dan masuk ke halaman PDKI yang nyatanya merek tersebut (PETKIT) masih belum terdaftar.

Dengan jawaban di atas, dan beberapa bukti screenshoot dari halaman PDKI, maka dapat disimpulkan bahwa PT. Popup Global Indonesia / PETKIT Indonesia / PETMART Indonesia menyalahgunakan wewenang / membuat laporan yang tidak benar / tidak berdasarkan hukum yang berlaku dengan membawa ‘hak kekayaan intelektual’ di Indonesia, yang jawabannya harus dipertanggungjawabkan, dan juga pelaporannya disetujui oleh TIM LEGAL Tokopedia yang menyebabkan produk saya dihapus.

Hal ini juga sudah dikonfirmasi oleh konsultah HKI (via justika.com), berikut bukti chat:

Bahwa hanya suatu nama/brand/merek yang terdaftar di PDKI yang memiliki hak/kewenangan atas suatu nama/brand/merek, dan jika tidak terdaftar di PDKI adalah suatu nama/brand/merek tersebut bebas digunakan oleh siapa saja sampai terdaftar.

Tapi balik lagi ke awal, pihak pelapor yaitu PT. Popup Global Indonesia melaporkan pada tanggal 8 Januari, dan sampai surat ini dibuat tanggal 23 Januari masih tidak ada nama/brand/merek PETKIT terdaftar resmi di halaman PDKI. Dan juga sudah berkali-kali coba bertanya ke CS Tokopedia untuk menanyakan bukti apa saja yang diberikan oleh pelapor sehingga bisa dinyatakan saya melanggar hak kekayaan intelektual di Indonesia dan bisa disetujui oleh pihak Tokopedia, tapi jawabannya hanya template sedang diprioritaskan oleh tim legal, yang jawabannya tidak membantu sama sekali.

Atas hal tersebut, tentu saja saya mengalami kerugian material dan immaterial karena laporan yang tidak sesuai. Waktu 2 minggu terbuang sia-sia dan stok barang hanya jadi pajangan. Oleh karena itu, saya minta pertanggungjawabannya atas pelaporannya kepada PT. Popup Global Indonesia / PETKIT Indonesia / PETMART Indonesia dan juga TIM LEGAL Tokopedia.

Christian
Kota Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Tim Legal Tokopedia Menurunkan Produk Saya atas Laporan Pihak Ketiga Tanpa Adanya Bukti Sertifikat Merek yang Terdaftar di PDKI Indonesia

  • 24 Januari 2024 - (11:03 WIB)
    Permalink

    gugat balik aja pak pake pengacara biar jangan sewenang wenang kalo gka da merk resmi/terdaftar atau kalo perlu ke pengadilan kalo bapak sudah dirugikan

  • 24 Januari 2024 - (12:06 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya dari satu sisi bagus karena ada distributor resmi di Indonesia yang mau memboyong merk ke Indonesia, tetapi sepertinya mereka lupa ya.
    Karena jasa seller2 importir di awal itu produk bisa di kenal di kalangan pet lovers di Indonesia juga, sehingga terbentuk 1 demand dan jadi mereka mau untuk memboyong merk itu ke Indonesia.
    Sepertinya salah cara pendekatan ya, harusnya menggandeng importir2 lokal sebelumnya, menginfokan bahwa mereka sebagai distributor resmi di Indo (yg sedang mendaftarkan merek / sejenis) lalu ngajak kerja sama agar importir ke depannya bisa lanjut beli dari mereka, tidak butuh import lagi.
    Di saat mereka sedang setup, jadi importir juga ada kesempatan menghabiskan stock barang yang statusnya masih pembelian import.
    Semoga dapat titik terangnya ya Pak.

    • 24 Januari 2024 - (14:33 WIB)
      Permalink

      importir mana mau beli dr distro indo, harga jd mahal, pengalaman, ini mah kayak persaingan antar importir, brand china-nya itu kasi peluang ke semuanya, ga ada hak eksklusif, pada akhirnya siapa yg modal gede dia yg menang

    • 24 Januari 2024 - (15:32 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf, sepertinya bukan pendekatan lagi kalo modelan begini. Soalnya dari semenjak dilaporin, buat sanggahan dan sampai menit ini, pelapor hanya menjawab 1 kali yang jawabannya diatas.

      1
      1

 Apa Komentar Anda?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Tim Legal Tokopedia Menurunkan Produk Saya atas Laporan Pihak Ketiga T…

oleh JAMZ dibaca dalam: 2 menit
10