“Trade In” Samsung S24 Ultra di Shopee dan MauJual.com, Bukan Untung Malah Buntung

Saya membeli Samsung S24 Ultra pada saat promosi pre-order di Shopee Official Shop Samsung, pada tanggal 04 Februari 2024, dengan nomor pesanan: 240204NK0C36HA. Saya membeli dengan mengikuti dengan program trade in HP lama saya dan diarahkan ke MauJual.com. Dengan janji akan diberikan voucher cashback sebesar Rp2 juta rupiah, setelah saya melakukan transaksi pembelian dan HP lama saya diambil oleh MauJual.com.

Setelah sekian lama menunggu, saya tidak kunjung mendapatkan voucher cashback tersebut. Saat saya tanyakan, dikatakan voucher akan dikirimkan ke email saya pada tanggal 15 Maret 2024. Namun saya tidak mendapatkan voucher pada tanggal yang dijanjikan.

Saat saya tanyakan berulang kali ke Samsung Official Shop di Shopee, mereka tidak pernah mau memberikan jawaban. Saya juga konfirmasi ke MauJual.com, tapi sampai sekarang tidak ada penjelasan yang clear mengenai voucher tersebut.

Ironisnya, saya menghubungi call center Samsung di nomor 0800-112-7777, pada tanggal 16 Maret 2024 pukul 10.20. Ketika saya menanyakan status transaksi dan voucher saya, pihak call center mengatakan tidak ada koneksi dengan Online Store di Samsung Official Shop di Shopee. Hal ini makin membingungkan, karena di Shopee jelas-jelas mereka mengklaim bahwa itu adalah toko resmi Samsung, dan pada saat program pre-order, seharusnya memang Samsung yang secara langsung mengadakan promosi ini.

Saya sebagai pelanggan merasa sangat kecewa dengan Samsung. Semua pihak-pihak terkait saling melempar sana sini pertanyaan saya dan tidak ada satupun yang berinisiatif mau memberikan solusi. Pengalaman ini memberikan gambaran pada saya, bahwa walaupun Samsung terkesan merk besar dan menggunakan banyak klaim (termasuk call center), itu semua bukan jaminan. Terlebih jika semua pihak yang terkait tidak ada yang perduli dengan klaim-klaim dan permasalahan dari customer.

Sangat ironis kembali, saya mencoba menanyakan kembali status cashback yang dijanjikan pada saat Samsung Official Shop melakukan Live di Shopee pada tanggal 18 Maret 2024 pukul 22.15, yang terjadi malah saya diminta untuk “Jaga mulut Anda…”. Benar-benar pengalaman yang memprihatinkan berurusan dengan Samsung. Jika model karyawannya begini semua, tergambarlah bagaimana keseriusan perusahaannya terhadap produk-produknya.

Irwanto TM
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk ““Trade In” Samsung S24 Ultra di Shopee dan MauJual.com, Bukan Untung Malah Buntung

  • 22 Maret 2024 - (14:10 WIB)
    Permalink

    kalo saya jadi anda, ketika live akan saya ganggu mereka..biar mereka kepanasan karena hak anda tidak diberikan, maka saat live lah anda saatnya ganggu biar yang lain paham

    3
    6
  • 22 Maret 2024 - (14:34 WIB)
    Permalink

    Lah ya emang betul prinsipal Samsung tidak terafiliasi dengan shope, kalau terafiliasi/terkoneksi ke salahsatu matketplace bisa kena sangsi Kemendag.

    Produk official itu hanya akal2an marketplace & pelaku usaha. Di semua marketplace sama asal si pelaku usaha ini bisa kasih persentasi lebih yg diatur besarnya oleh marketplace dengan skema per transaksi.

    Saran saya ambil lagi saja itu HP lama nya. Kalau mau tuker tambah lebih baik ke offline aja.

    2
    5
  • 22 Maret 2024 - (15:02 WIB)
    Permalink

    Hp sdh diambil terus laku brp ? Kalo dibaca chat itu akan dapat casbek setelah barang laku terjual upto 2 jt bisa aja cuma 1% casbeknya

    3
    5
  • 22 Maret 2024 - (21:03 WIB)
    Permalink

    Jangan ikut program trade-in yang di awal cuma janji ini-itu. Masih lebih afdol metode primitif face-to-face, eye-to-eye, heart-to-heart. Nggak semua hal kudu online.

    1
    3
  • 23 Maret 2024 - (21:36 WIB)
    Permalink

    Tips tukar tambah.
    Datanglah ke salah satu gerai tanyakan kalau bekerjasama dengan “TradeIn Plus”,
    Mereka akan cek kondisi handphone secara online dengan aplikasi TradeIn yang sudah diinstall. Nilai jual akan langsung dipotong dengan harga handphone baru yang anda beli.
    Sangat Fair. Dan saya sudah dua kali melakukan tukar tambah di gerai Xiaomi Central Park. Mereka juga kerjasama dengan beberapa provider yang menawarkan paket bundling untuk internet selama setahun.
    Jadi saran saya kalau mau trade in atau tukar tambah jangan online, lebih baik offline. Harga jual handphone lama langsung dapat, tinggal tukar dengan handphone baru, lalu bayar selisih harganya. Beres.

    Daripada TradeIn “aneh” yang dilakukan oleh TS ini. Antara kecele atau ketipu beda tipis.

    1
    2

 Apa Komentar Anda?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

“Trade In” Samsung S24 Ultra di Shopee dan MauJual.com, Bu…

oleh Irwanto dibaca dalam: 1 menit
10