Berbagai Masalah yang Saya Alami dengan XL SATU, Sejak Ganti Paket pada Bulan Agustus 2023

ID pelanggan XL SATU saya: 38360428. Berikut ini ringkasan ketidakpuasan dan permasalahan yang saya alami:

Pada bulan Juli 2023, rencana saya mau ganti paket berlangganan XL Home Fiber Family 100 Mbps dengan harga Rp387.390 ke XL SATU. Saya minta ganti paket XL SATU Fiber Value dengan harga Rp259.000 dan kecepatan 50 Mbps, kuota bersama 15 GB untuk 2 nomor.

Namun permintaan saya tidak disetujui oleh CS. Alasannya, harga di website berlaku untuk pelanggan baru. Ya sudah, saya pilih saja yang tersedia, dapatnya XL SATU Fiber Value dengan harga Rp304.140 dan kecepatan 30 Mbps, kuota bersama 15 GB untuk 2 nomor (sekarang sudah naik jadi Rp311.910). Paket baru XL SATU Fiber Value mulai berjalan sejak tanggal 24 Agustus 2023.

  • Kerugian materi: Sejauh ini nihil.
  • Kerugian non materi: Ganti paket sesuai website kok gak dikasih? Padahal pelanggan sudah lama, gak pernah menunggak, gak pernah hutang, gak pernah telat bayar. Sama sekali gak ada perlakuan bagus untuk pelanggan lama.
Case number: C28147202

Kartu perdana yang dijanjikan 6 hari kerja bisa sampai ke tangan saya, tidak kunjung datang sampai. Sekitar 1 bulan kemudian, barulah sampai ke tangan saya. Paket baru sudah mulai berjalan sejak tanggal 24 Agustus 2023. Akhirnya saya beli perdana dengan uang sendiri sekitar awal bulan September 2023.

  • Kerugian materi: Beli 2 kartu perdana, masing-masing seharga RP30.000. Beli kuota dari operator lain seharga Rp25.000.
  • Kerugian non materil: Waktu terbuang untuk kirim-kirim email. Sudah bayar tagihan, tidak bisa mendapatkan hak yang sesuai, tidak bisa pakai kuota, padahal saya harus pakai kuota tersebut untuk kepentingan pribadi dan pekerjaan.
Case number:  C28354382

Sudah bayar tagihan tanggal 12 November 2023 (jatuh tempo tanggal 15 di tiap bulannya), tiba-tiba kuota bersama habis, padahal seharusnya sudah terisi ulang sehabis bayar tagihan. Posisi saya habis turun KRL, mau pesan kendaraan online jadi gak bisa. Untung ada abang ojek online berbaik hati meminjamkan kuota dengan cara thetering wifi pakai handphone dia.

  • Kerugian materi: Beli kuota dari operator lain seharga Rp25.000.
  • Kerugian non materi: Waktu terbuang telepon CS 820 tanpa ada hasil penyelesaian masalah saat itu juga. Terlambat menghadiri acara pribadi yang penting akibat telepon CS. Sudah bayar tagihan, tidak bisa mendapatkan hak yang sesuai, tidak bisa pakai kuota, padahal saya harus pakai kuota tersebut untuk kepentingan pribadi dan pekerjaan.
Case number:  C28473104

Bulan Desember 2023, terjadi lagi masalah kuota bersama. Sudah bayar tagihan, tidak bisa mendapatkan hak yang sesuai, tidak bisa pakai kuota.

  • Kerugian materi: Beli kuota dari operator lain seharga Rp25.000.
  • Kerugian non materi: Waktu terbuang telepon CS 820 tanpa ada hasil penyelesaian masalah saat itu juga. Tidak bisa pakai kuota tersebut untuk kepentingan pribadi dan pekerjaan.
Case number: C28515054

Lagi-lagi kuota bersama, sedikit perbedaan dengan case sebelumnya bulan November dan Desember 2023. Kuota bersama bisa dipakai setelah bayar tagihan, tapi hanya untuk nomor pengelola, tidak bisa di pakai untuk nomor anggota.

  • Kerugian materi: Beli kuota dari operator lain seharga Rp25.000.
  • Kerugian non materi: Waktu terbuang telepon CS 820 tanpa ada hasil penyelesaian masalah saat itu juga. Tidak bisa pakai kuota tersebut untuk kepentingan pribadi dan pekerjaan.
Case number:  C28634358

Pada bulan Mei 2024, saya kaget ternyata nomor anggota telah hangus alias expired. Saya telepon CS kenapa bisa begitu, dijawab karena tidak ada kuota masuk jadinya habis masa berlaku. Saya jawab, bagaimana mau kasih kuota untuk nomor anggota kalau saya coba gak bisa-bisa sejak Desember 2023. Untungnya masih bisa diaktifkan kembali beberapa hari kemudian.

  • Kerugian materi: Beli kuota dari operator lain seharga Rp25.000. Disuruh isi pulsa Rp5.000 ke nomor anggota.
  • Kerugian non materi: Waktu terbuang telepon CS 820 tanpa ada hasil penyelesaian masalah saat itu juga. Tidak bisa pakai kuota tersebut untuk kepentingan pribadi dan pekerjaan.

Kesamaan pola dari semua case di atas:

  • Kuota bersama terus yang bermasalah.
  • Kalau gak ditanya lewat telepon atau email, gak pernah ada balasan baik itu lewat telepon atau lewat email. Kesannya didiamkan saja itu laporan saya menumpuk.
  • Kesannya tidak ada perbaikan terhadap masalah yang sama terulang terus tiap bulan.
  • Ditelepon dan email hanya bisa bilang sedang dalam perbaikan. lalu bilang mohon maaf ini mohan maaf itu.
  • Tidak ada kompensasi dalam bentuk apapun terhadap kerugian-kerugian saya di atas.

Bagaimana kalau kondisi dibalik, saya sebagai pelanggan melakukan hal telat bayar, menunggak bayaran, apakah saya tetap bisa pakai layanan dengan cara minta maaf saja? Paling tidak kena denda atau langsung diputus layanan. Lah ini sudah bayar tepat waktu, tidak lewat jatuh tempo, tidak bisa mendapatkan hak sesuai dan gak ada kompensasi apapun terhadap kerugian akibat masalah-masalah di atas.

Sampai detik ini, nomor anggota masih belum bisa diberikan kuota.

Andy Satria
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Berbagai Masalah yang Saya Alami dengan XL SATU, Sejak Ganti Paket pada Bulan Agustus 2023”

Jakarta, 10 Juni 2024 Ref.CM/CU/E/001/0627/SN Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Andy Satria melalui...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Berbagai Masalah yang Saya Alami dengan XL SATU, Sejak Ganti Paket pada Bulan Agustus 2023

  • 1 Juni 2024 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Pada tanggal 29 Mei 2024 jam 17:41, tiba-tiba saya di telepon nomor 818, awalnya tidak tahu ini nomor apa, setelah dijawab baru tahu ternyata ini nomor CS dari XL. CS berbicara menanyakan masalah yang saya alami dengan layanan XL Satu khususnya tentang kuota bersama yang tidak bisa dipakai untuk nomor anggota. Cukup terkejut kenapa CS dari XL tiba-tiba telepon karena sebelumnya tidak pernah ada follow up kalau tidak ditanya terlebih dahulu. Ternyata eh ternyata, setelah saya cek email baru tahu bahwa di tanggal yang sama pada jam 10:08 saya mendapat email dari MEDIAKONSUMEN.COM bahwa surat saya telah tayang di situs MEDIAKONSUMEN.COM. Jadi itu toh sebabnya…

    Singkatnya pada tanggal 31 Mei 2024 jam 13:59 saya ditelepon lagi oleh nomor 818, CS bicara bahwa masalah yang saya alami sudah diselesaikan dengan baik. Tidak langsung percaya dong, lalu saya tes sendiri, ternyata benar bahwa kuota bersama sudah bisa diberikan kepada nomor anggota. CS juga bilang bahwa akan dilanjutkan mengenai kompensasi terhadap masalah yang saya alami. Ditawarkan untuk diberikan pulsa sebesar 99.800 rupiah.

    Masih di tanggal yang sama jam 14:09 ada pulsa masuk ke nomor anggota sebesar 99.800 rupiah, dan pada jam 14:23 ditelepon lagi oleh CS dari nomor 818 memberitahukan bahwa kompensasi sudah diberikan. CS bilang bahwa case masalah saya akan ditutup dan minta agar saya memperbarui perihal masalah di website MEDIAKONSUMEN.COM.

    Dengan ini saya tutup case yang saya alami. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak MEDIAKONSUMEN.COM yang telah membantu menyuarakan suara konsumen yang mengalami masalah seperti saya ini pada umumnya. Kemungkinan besar, apabila tidak ada wadah macam MEDIAKONSUMEN.COM ini, mungkin masalah yang saya alami tidak akan pernah selesai. Bayangkan, saya mengalami masalah kuota bersama sejak November 2023 sampai bulan Mei 2024, 6 bulan kemudian baru diselesaikan oleh pihak yang seharusnya bertanggung jawab. Barulah setelah surat ini tayang pada tanggal 29 Mei 2024, lalu masalah bisa selesai pada tanggal 31 Mei 2024, hanya dalam 2 hari setelah surat ini tayang masalah langsung selesai.

    Terima kasih juga kepada pihak XL akhirnya bisa menyelesaikan masalah yang saya alami dan memberikan kompensasi. Saya harapkan ke depannya XL bisa berbenah dan menjadi lebih baik dalam hal penanganan masalah. Jangan tunggu masalah di unggah ke ranah publik barulah ada aksi cepat untuk menyelesaikan keluhan dan masalah yang dialami oleh konsumen.

  • 10 Juni 2024 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Wah termasuk beruntung akhirnya diganti dan diperbaiki. Saya karena malas lapor via media konsumen dan juga sudah sangat jenuh sama layanan XL yang makin kesini makin hancur, sehingga hilang rasa percaya ke XL, maka dengan SENANG HATI sekali tanpa pikir panjang, langsung tutup akun, close nomor XL Prio. Ga akan pernah yakin sama layanan XL kedepannya.

    Ini perusahaan aneh, Indonesia sudah kedatangan kompetitor yang kuat (starlink) eeee malah layanannya bukan diperbaiki malah memble.. kayaknya XL emang pengen bikin pailit diri sendiri dah

 Apa Komentar Anda mengenai XL SATU?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Berbagai Masalah yang Saya Alami dengan XL SATU, Sejak Ganti Paket pad…

oleh Andy dibaca dalam: 3 menit
2