Barang Dikembalikan dan Saldo Seller Shopee Ditarik untuk Ongkir

Terima kasih Media Konsumen yang sudah menerbitkan surat pembaca ini. Saya seller di Shopee, sudah berjualan 3 tahun lebih, yang setia berjualan di Shopee kali ini merasakan kekecewaan akibat kerugian dari kebijakan Shopee yang akhir-akhir ini sangat blunder merugikan seller, yaitu kebijakan pengembalian barang.

Entah apa maksudnya pihak Shopee merajakan pembeli dan merasa bisa menjual sendiri barangnya (tanpa butuh seller). Padahal dari awal platform ini adalah marketplace yang menghubungkan seller dan buyer, yang seharusnya menjadikan jembatan transaksi yang aman dan nyaman bagi seller dan buyer, bukan salah satu pihak saja yaitu buyer.

Berikut adalah transaksi yang saya masalahkan karena merugikan saya, yaitu barang dikembalikan, dan saldo saya di minus oleh Shopee sebesar Rp170.500.

Berikut adalah informasi terkait pesanan di toko saya:

  • No Transaksi: 240618BY8A6U9U
  • No Laporan: 1805915278359515194

Kronologi buyer membeli unit sepeda lipat di toko kami tanggal 18 Juni 2024 dan dikirim ke ekspedisi pada tanggal 19/06/2024 pukul 21:18, sampai keesokan harinya tanggal 20/06/2024 karena masih satu kota dan beda kecamatan saja (lokasi tidak jauh).

Lalu buyer chat di Shopee komplain karena tidak bisa setting sepedanya, yaitu setting fork miring dan RD belakang miring. Padahal sudah jelas bahwa di deskripsi produk tertulis bahwa barang segel dos belum disetting dan harus disetting mekanik ahli dulu agar bisa dipakai.

FYI bahwa produk sepeda seringkali belum disetting dan perlu disetting seperti RD, rem, fork, dan untuk cara setting, padahal di YouTube ada https://www.youtube.com/watch?v=XB_BEegJgns dan konten tersebut langsung dibuat oleh pabrikan yang artinya memang ada risiko RD miring, fork miring ketika unit segel dari pabrik ke toko sampai ke konsumen karena barang segel dos ditumpuk-tumpuk, tetapi tetap bisa disetting.

Lain halnya jika komponen pecah, retak, patah pasti masuk garansi pabrik, dan selama saya jual merek sepeda Pacific, pabrikan selalu tanggung jawab jika ada unit yang rusak di tangan konsumen.

Ketika buyer chat kami, sudah beri solusi yaitu bawa ke bengkel untuk disetting, bawa ke toko kami untuk dibantu setting (karena jarak dekat), atau jika konsumen tipe perfeksionis, kami bantu buka unit segel dos baru untuk sekalian dirakitkan (padahal untuk perakitan seharusnya dirakit oleh buyer sendiri).

Tetapi buyer tidak kooperatif, dan tidak mau repot membawa barang ke toko, sehingga mau tidak mau kami juga tidak mau repot untuk bertransaksi dengan buyer seperti ini, dan segera konfirmasi untuk dikembalikan barangnya.

Ketika barang sudah sampai di toko, kami setting ulang dan barang tersebut juga langsung dibeli oleh buyer lain dan selesai transaksi (tanpa komplain apapun).

Tetapi tiba-tiba setelah kami cek, ternyata saldo saya dibuat minus oleh Shopee sebesar Rp170.500 pada transaksi dengan buyer ini, yang seharusnya bukan kesalahan toko.

Dan seharusnya ongkir ditanggung oleh buyer karena untuk menyetting sepeda itu tanggung jawab buyer (sesuai deskripsi produk segel dos), buyer tidak mau membawa ke bengkel untuk setting, barang dikembalikan. Sudah buyer yang salah, yang dirugikan penjualnya, serasa ditusuk dua kali oleh Shopee.

Kami mencoba melaporkan hal ini kepada customer service Shopee, dan seperti biasanya, customer service Shopee sama sekali tidak membantu dan kekeh bahwa ongkir untuk pengembalian ini dikenakan kepada seller karena kesalahan seller. Padahal bukti sudah kami submit kepada CS Shopee bernama Zenfanya.

Kami mohon kepada pihak Shopee untuk segera mengembalikan saldo yang terpotong sebesar Rp170.500 kepada kami, dan kami harap seller di Shopee bisa merasa aman dan nyaman terhadap kebijakan-kebijakan baru Shopee, terutama kebijakan pengembalian barang ini.

Di mana kebijakan pengembalian barang lebih condong merugikan seller dan menguntungkan buyer, terutama buyer yang sengaja atau menyalahgunakan garansi pengembalian ini tanpa adanya penolakan atau sanggahan dari seller terkait barang yang dikirim ternyata sesuai dengan pesanan, deskripsi, atau halaman produk.

Terima kasih atas responsnya.

Christian
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Barang Dikembalikan dan Saldo Seller Shopee Ditarik untuk Ongkir

  • 28 Juni 2024 - (19:27 WIB)
    Permalink

    [bawa ke toko kami untuk dibantu setting (karena jarak dekat)]

    Kalo sebaleknya, nawarin bantu setting atau tuker part yg bermasalah (ambil dr stok toko) ke rumah pembeli, mgkn endingnya ngga begini.

    • 28 Juni 2024 - (22:52 WIB)
      Permalink

      bro kita sudah menawarkan gratis rakit yang kalau rakit sendiri ente bisa habis 100-150rb dibengkel, jadi no komplain2 ya.. buyer juga bawa ke jnt juga bawa sendiri kan tidak dipickup?

  • 28 Juni 2024 - (19:34 WIB)
    Permalink

    Kalau dipikir, ini ceritanya mirip kaya yang kode Steam Wallet. Yang surat pembaca “Masalah Pembelian Voucher Steam di Itemku” belum lama ini.

    Di kedua kasus, dua2nya pembeli kurang ngerti produk yang dibeli. Dan dari pihak penjual anggap ini pengetahuan umum yang pembeli sudah pasti tahu, dan tidak terlalu kasih peringatan apa yang bakal terjadi. Bedanya, Shopee mihak pembeli di sini.

    • 28 Juni 2024 - (22:51 WIB)
      Permalink

      jumat tutup bro, kita juga sudah menawarkan “gratis rakit juga” yang seharusnya berbayar, jadi sama sama menawarkan solusi, tapi buyer tidak kooperatif, mending dibawa ke jnt daripada dibawa ke toko, so silahkan dipikir sendiri

  • 28 Juni 2024 - (20:37 WIB)
    Permalink

    Memang bnr toko Oren ini byk memihak seller,kirim bukti²pun kadang percuma,ntah CSnya yg kurang tegas atau gmn?..bikin pusing

    1
    1
  • 29 Juni 2024 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Solusi terbaik dalam menghadapi marketplace seperti ini adalah tidak menggunakannya… atau menggunakannya dengan sangat hati2.

    Karena kebijakan free return shopee yang selalu memihak pembeli, sebaiknya jangan menjual apapun yang bisa rugi jika barang dikembalikan. Sepeda yang butuh di rakit, setting, saya kira sangat rawan merugi jika dijual di shopee. Barang yang butuh ongkir besar juga rawan. Mungkin di shopee jual barang2 sparepart kecil saja, dan yang utuh sepeda offline dan diluar shopee.

    Pada dasarnya jangan membuka peluang kena getahnya kebijakan shopee ini. Kemungkinan besar memang shopee ujung2nya mau jualan sendiri semuanya.

    • 30 Juni 2024 - (19:34 WIB)
      Permalink

      ya sebenarnya nyaman nyaman saja kak, cuman kebetulan ini orderan dapat buyer yang begitulah, sudah tau dirinya tidak bisa merakit malah beli, disuruh bawa ke bengkel ga mau keluar biaya, lucunya buyer ini

  • 2 Juli 2024 - (16:08 WIB)
    Permalink

    Terimakasih banyak media konsumen sudah menyampaikan surat kepada shopee sehingga komplain cepat ditanggapi, saldo saya sudah dikembalikan shopee, terimakasih atas responsnya

  • 5 Juli 2024 - (20:35 WIB)
    Permalink

    sy ada di pihak penjual, tapi memang, pembelinya pengajuan pengembaliannya pasti “Produk salah, atau tidak berfungsi” dan penjual tidak banding dengan mencantumkan videonya.. dan begitu produk diterima dari pembeli, langsung dikonfirmasi terima barang.. JANGAN.. sya ulangi, mau pembeli berubah pikiran, mau produk salah, SELALU ajukan banding, dan berikan video unboxing, video pemasangan atau apapun yang diminta Shopee untuk banding… sekali penjual terima barangnya, dan konfirmasi pengembalian dana, PASTI menanggung ongkir pengiriman pembeli dari awal..
    sya juga seller, dan wlaupun tahu pasti kalah dengan pembeli, tapi sy tahu, ketika barang pengajuan retur sya terima, sya pasti dianggap melakukan kesalahan (kesalahan penjual)

 Apa Komentar Anda?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Barang Dikembalikan dan Saldo Seller Shopee Ditarik untuk Ongkir

oleh rudi dibaca dalam: 2 menit
12