Paket COD Shopee via JNT Dikembalikan Dalam Kondisi Rusak Parah

Dear Shopee dan JNT,

Saya yang mempunyai akun Shopee: noe_123_yes, nomor pesanan: 210815NJQ49GBM, nomor resi J&T: JP6552266463. Kronologinya, pada tanggal 15 Agustus 2021 saya mengirimkan barang berupa alat musik keyboard dan saya sudah packing benar. Saya mendapat notifikasi untuk mengirimkan barang dengan sistem COD lewat Shopee. Barang saya packing dengan benar, di dalamnya saya kasih wrap double. Saya bungkus kardus sangat kuat dan masih saya bungkus plastik trash back 4 lapis.

Setelah saya  kirim lewat JNT dan saya tunggu 4 harian, ternyata pembeli menolak dan akhirnya barang dikembalikan. Saat dikembalikan, saya ambil paket tersebut pada tanggal 23 Agustus 2021, tepat saat paket sampai di agen saat saya mengirim barang.

Saat saya terima, saya unboxing dulu dan paket hancur lebur, benar-benar hancur lebur! Saya yakin ini pasti dibanting. Karena kalau hanya ditumpuk tidak akan seperti itu.

Lalu saya melapor dan klaim ke Shopee, karena saya yakin barang COD itu ada asuransinya. Karena memang saya search di Shopee, bahwa barang COD jika kembali dalam keadaan rusak/hilang pasti akan diganti 10× kali ongkos kirim atau senilai barang.

Setelah saya melapor, tunggu 5 hari. Pada tanggal 27 Agustus 2021 saya dapat email bahwa dari Shopee atas klaim saya bahwa barang saya tidak bisa diganti oleh JNT karena tidak ada packing kayu dan standar packing yang benar. Saya sangat terkejut, padahal barang itu seharga Rp1,2 juta dan Shopee COD pasti ada asuransi.

Saya panik. Saya terus chat CS Shopee, tapi malah saya dilempar untuk tanya ke JNT dan tidak ada kepastian. Padahal saya sudah puluhan kali kirim barang keyboard aman-aman saja. Baru kali ini rusak hancur parah. Saya yakin pasti dibanting. Saya rugi besar. Walaupun uang Rp1,2 juta bukan uang besar bagi sebagian orang, tapi bagi seller seperti saya itu besar.

Lalu apa gunanya asuransi COD kalau tidak ada pengganti sama sekali? Kalau kiranya barang saya packing tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki JNT, kenapa tidak ditanyakan dulu kepada saya? Kenapa tidak ada prosedur harus packing kayu yang ditawarkan ke saya? Saya sudah kirim puluhan kali ke luar pulau aman-aman saja dengan packing yang biasa saya lakukan.

Tolong pihak Shopee/JNT untuk menanggapi surat saya ini? Tolong JNT bertanggung jawab karena Shopee COD kan ada garansinya.

Wisnu Samodro
Boyolali, Jawa Tengah


Update (1 September 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas penyelesaian masalah oleh para pihak terkait sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Paket COD Shopee via JNT Dikembalikan Dalam Kondisi Rusak Parah

oleh Bajindul dibaca dalam: 2 menit
67