Kasus Penipuan Batu Mulia Palsu Saat Berbelanja di Tokopedia

Saya membeli sebuah batu mulia di Tokopedia, pada tanggal 24 September 2021. Nama penjualnya adalah REZEKI PERMATA, dengan nomor invoice: INV/20210924/MPL/1614804162. Batu mulia tersebut saya terima hari Sabtu, 25 September 2021 pukul 12:00.

Dikarenakan hari Sabtu siang dan Minggu, GEM LAB pengecekan batu mulia tutup, maka saya baru bisa melakukan pengecekan batu tersebut di hari Senin. Karena batas waktu penyelesaian Tokopedia hanya 2 x 24 jam, maka ketika saya mendapat hasil pengecekan GEM LAB ZCGL yang ternyata batu sintetis (bukan batu natural) pada pukul 15:00, transaksi telah diselesaikan secara otomatis oleh Tokopedia. Sehingga saya tidak bisa mengajukan klaim. Saya telah ditipu.

Saya telah menghubungi Tokopedia untuk mengajukan retur, tapi penjual REZEKI PERMATA dengan nomor 082124864543 tidak bisa dihubungi dan tidak membalas chat di Tokopedia juga. Menurut Tokopedia, mereka juga selama ini sudah menghubungi penjual lewat pesan dan telepon, tapi tidak berhasil juga.

Saya mohon kepada Tokopedia:

  1. Selama kasus ini belum selesai, mohon lakukan pembatasan akun (blokir) kepada REZEKI PERMATA dengan harapan akan membuka hati untuk menyelesaikan kasus ini. Saya lihat dia sudah memposting barang dan foto serta keterangan yang sama untuk dijual lagi ke pembeli lainnya. Mohon disetop agar tidak muncul korban berikutnya.
  2. Mohon Tokopedia tambah fitur Perpanjangan Masa Garansi (masa pengecekan), seperti yang ada di fitur online shop lainnya. Mereka bisa perpanjang masa garansi 3×24 jam. Hal ini memungkinkan pembeli mengecek barang tanpa tergantung masa tutup di hari Sabtu dan Minggu.
  3. Mohon Tokopedia tindak tegas akun penipu dan timnya. Saya cek di Tokopedia ada beberapa akun yang menjual batu yang sama, dengan foto dan keterangan sertifikat sama persis. Di dunia ini tidak ada batu mulia natural yang sama persis dari segi bentuk, ukuran, warna. Saat ini saya merasa tidak aman dan nyaman berbelanja di Tokopedia karena fitur terbatas ini.
  4. Saya mengerti jawaban Tokopedia akan cenderung tidak bertanggung jawab lagi akan transaksi yang sudah selesai. Namun membiarkan akun penjual yang tidak jujur bebas berjualan di Tokopedia, saya rasa tidak bagus untuk portofolio Tokopedia.

Joko Priyatna
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sudah terstruktur penipunya ituu.. Sampai bikin serti palsu, waktu kedatangan pas sabtu minggu shg tak bs lsgg di cek.. Kalo reviewnya gimana Pak.. Apakah top merchant, komennya pbeli lainnya.. Harusnya tokped bantu buyer krn nama baik tokped jg tercoreng, banyak disusupin seller penipu.

  • setelah saya coba cek ternyata akun tokopedia penjual juga baru dibuat... dan ada review pembeli yang lagi juga ada yg kecewa .. saran sebelum berbelanja cek dulu akun tokonya..

  • Beli begituan kok online tok pak pak. Eman eman karo duet pak. Saiki jamane wes ra karuan.

  • Setelah sy cek toko baru buka Agustus 2021 dan belum memiliki badge sama sekali, deskripsi produk pun cenderung asal kaya penjual kaki lima lain kali hindari transaksi toko kaya gitu apalagi transaksi besar pula, dimoderasi pun penjual tdk rugi karna bisa buat toko baru lagi.

  • Ini mah penipuan, dan buyernya juga teledor, sebelum beli, pastikan reputasi toko baik, tokopedia sdh byk menyediakan info paramater tsb di tokonya, dr banyaknya ulasan, reputasi toko, kapan dia berdiri dan ada pengamanan order klo bermasalah.

    Itu oleh buyer tidak diperhatikan dan order jg pas weekend, padahal tau tuk pengecekan tdk bs di waktu weekend

  • Kayanya itu toko dibuat cuma buat Gestun makanya deskripsi.nya dibikin asal asalan

  • Tapi kan jelas tertera pada sertifikat nya kalo itu Rubi sintetis. Bukan alami. Pada bagian komen sertifikat juga ada keterangan kalo itu man Made. Jadi bingung siapa yang salah.

  • Udah tau lab tutup weekend, belanja jumat. Udah tau mau habis masa barang diterima, bukannya ajukan komplain. Klo ajukan komplain kan dana masih aman kan ya?

    ya sudah lah, semoga dengan 3,5 jt, si penulis dapat benefit meng-upgrade otak nya

  • Untung anda pinter pak, dilakukan pengecekan keasliannya. Mudah"an tidak ada yang kena penipuan kayak bapak juga.