Beli Samsung S20 tapi Dikirim Blackberry, Shopee Malah Memenangkan Penjual

Saya memesan sebuah HP Samsung S20 Ultra RAM 12/128 GB melalui Shopee. Nomor pesanan: 2109257KBE55PD, dengan akun penjual “gadgetin aja store“, pada tanggal 26 September 2021. Saya melakukan pembayaran dan pada tanggal yang sama penjual sudah mengirim barangnya dan diterima oleh saya keesokan harinya.

Tanggal 28 September 2021, saya baru melakukan unboxing. Betapa terkejutnya saya, ternyata yang dikirim bukan hp yang saya pesan, tetapi hp Blackberry. Kemudian saya langsung melakukan komplain pengembalian barang dan dana. Namun ditolak penjual, dengan alasan sudah mengirimkan barang yang sesuai. Padahal sudah saya kirim semua bukti yang diminta oleh pihak Shopee dan sudah dilakukan investigasi langsung oleh SiCepat.

Pihak SiCepat pun mengatakan timbangannya hanya selisih 0,05 gram dan ini murni kesalahan penjual. Namun Shopee malah memenangkan penjual, dengan alasan saya tidak memberikan bukti video unboxing saat diskusi komplain. Padahal saya sudah kirim (kebijakan Shopee hanya bisa memasukkan video tidak boleh lebih dari 30 MB).

Saya sudah menjelaskan kalau saya memasukkan video 17 detik, karena di kolom bukti hanya bisa dimasukkan video gak lebih dari 1 menit. Saya sudah bilang video aslinya 1 menit 13 detik dan pihak Shopee meminta screenshot rincian video, juga telah saya berikan. Alasan Shopee memenangkan penjual, karena saya tidak memasukkan bukti video unboxing. Padahal saya sudah kirim video unboxing-nya. Kok jadi saya yang salah? Kan itu kebijakan Shopee sendiri. Kalau gitu ganti saja kebijakannya, supaya bisa memasukkan video dengan durasi yang lebih panjang agar bisa masuk ke kolom bukti.

Pihak penjual a.n. randyefrirahmanda, dengan kata-kata mengejek melalui akun Instagram bernama zenostoregadget, menanggapi video unboxing saya di link: https://www.instagram.com/tv/CUpuVurpEQd/

Saya sebenarnya juga sudah mengirim video yang asli ke pihak investigasi SiCepat serta email ke Shopee (link Youtube). Saat ini masuk ke nomor pelaporan SiCepat untuk Shopee: Shopee-243907 dan masuk ke pelaporan Shopee: 220787352.

Tolong kembalikan dana saya, karena saya menerima barang yang tidak sesuai. Sementara saya menerima balasan email dari Shopee yang menutup kasus terus. Padahal saya tidak menerima hasil keputusan. Pihak Shopee meminta saya menghubungi penjual terus-terusan, padahal saya diblokir oleh penjual. Saya sudah lampirkan bukti juga ke email dan dana telah diteruskan ke penjual sebesar Rp6.000.000 pada tanggal 6 Oktober 2021.

Mohon bekukan akun penjual tsb (sesuai info CS tim terkait Shopee yang telah menelepon saya tanggal 17 Oktober 2021 pukul 10 pagi), karena terbukti adanya indikasi penipuan/kesalahan seller, sesuai info yang telah disampaikan oleh tim internal SiCepat kepada saya.

Pihak SiCepat juga sudah berusaha menghubungi penjual, tapi belum juga berhasil tersambung sampai saat ini. Mohon segera kembalikan dana saya sebesar Rp6.000.000 sesuai dengan kesepakatan. Karena penjual terbukti bersalah sesuai info dari pihak internal SiCepat dan tidak dapat mengirimkan bukti timbangan paket yang tertempel resi awal kirim sebelum dikirim ke gerai SiCepat.

Dewi Natalia
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

199 komentar untuk “Beli Samsung S20 tapi Dikirim Blackberry, Shopee Malah Memenangkan Penjual

  • 22 Oktober 2021 - (18:21 WIB)
    Permalink

    Saya pernah juga kaya gitu.

    Beli produk digital di shopee. semacam Tools gitu. dan yang dikirim ga work sama sekali.

    Waktu klaim ke shopee, yang dimenangkan pihak penjual dengan alasan produk digital ga bisa diretur.

    Jadi sempat mikin. Buat jualan produk digital yang harganya mahal banget. trus pas ada pembeli kirim aja foto mantan.
    Jadi kan bisa cepet kaya, karena pembeli gabisa komplain apapun. aturannya kan “barang digital tidak bisa diretur”

  • 22 Oktober 2021 - (19:18 WIB)
    Permalink

    Pake shopee COD klo brng di buka gak sesuai lngsung kmbalikan gak ush di byr kurir nya beres

    • 22 Oktober 2021 - (19:59 WIB)
      Permalink

      Sistemnya shopee cod bayar dulu baru dikasih paketnya sama kurir . itupun klaim juga sama aja musti ke shopee buat pengembalian barang dan dana. Dan gak ada asuransi buat barang yang gak sesuai hanya ada jika barang rusak/hilang

  • 22 Oktober 2021 - (20:10 WIB)
    Permalink

    Makanya COD dibyr kurir jgn sruh prgi biar tau klo gak sesuai ambil lgi uangnya ,dirumah kita sndri kok gak brani,biar urusan penjual sm kurirnya,,,1 lgi pihak si cpt atau kurir yg lainnya itu kryawannya oknum dlm tnda petik ada jg yg nakal

    • 23 Oktober 2021 - (09:58 WIB)
      Permalink

      Nah, om ini salah presepsi dlm urusan cod an.. bukan begitu cara pengembalian barang yg diretur cod an om.. cod = cas on delivery atau bayar ketika sampai. Dan bila kurir mendapatkan dananya urusan pengantaran selesai.
      Dan bila kita ada komplinan barang tak sesuai atau kurang kita tetap kita harus melakukan komplain ke apknya, melakukan diskusi dgn bukti barang unboxing, kurir disini hanya sebagai penghantar barang seperti biasa.. dan juga saksi kalo mau dijiadiin saksi.
      dan kalau ada praduga kesalahan kurir, barang akan ditimbang disesuaikan waktu awal dikirim oleh seller dan waktu kita terima.

  • 22 Oktober 2021 - (22:19 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya pembeli kurang teliti dalam memilih produk. jika berniat beli barang second, lebih baik lihat dulu reputasi tokonya. harga 6 juta bisa dapat samsung a52 loh yg baru dan dari official store. tapi nasi sudah menjadi bubur. semoga permasalahan nya bisa segera di selesaikan

  • 23 Oktober 2021 - (07:45 WIB)
    Permalink

    Saran saya. Dr pengalaman saya sendiri. Yg paling manjur cepat ditindak lanjuti

    Bikin laporan ke BADAN PERLINDUNGAN KONSUMEN. Tulis tulisan dgan rapi terteuktur dan kronologi. Dan usaha apa aja yg udah dilakukan

    +- sebulan (atau bisa lbh lama) pihak badan perlindungan konsumen akan hubungin anda terkait kasus dan mendapat surat resmi jika terdapat indikasi penipuan dan p m cahan masalah yg akan dibantu badna perlindungan konsumen.

    • 23 Oktober 2021 - (09:09 WIB)
      Permalink

      Cara melapor ke badan perlindungan konsumen langkah langkahnya bagaimana ka? Boleh share?

      • 23 Oktober 2021 - (09:12 WIB)
        Permalink

        Cari websitenya. Buka aja. Nanti disana ada kolom khsus buat pengaduan. Ya karna ini lapor lagsung ke pusat emang agak lelet.

        Tp untungnya disini adalah gratis dibanding lapor polisi. Dan badan perlindungan konsumen akan langsung menghubungi perusahaan marketing place dan penjual yg bermasalah

        • 23 Oktober 2021 - (09:18 WIB)
          Permalink

          Makasih ka…nanti coba saya cari websitenya. Iya kalau lapor polisi dibilang musti tanyain dulu gimana keputusan market place dan penjual lama banget pastinya….nah kemarin saya dapat email tim mediasi shopee saya akan dihubungi tanggal 24 oktober 2021 jam 12 nanti lihat gimana keputusan tim mediasi shopee jika masih tidak mau mengembalikan dana saya maka akan saya buat pelaporan di badan perlindungan konsumen ka…kira kira setelah membuat laporan di badan perlindungan konsumen akan diproses berapa hari kerja? Dan ada pengguna yang komen yang menyarankan untuk ke YLKI itu bagaimana ka?

  • 23 Oktober 2021 - (11:25 WIB)
    Permalink

    Turut bersimpati atas kejadian yang menimpa mbak, semoga segera dapat jalan keluar.

    dan untuk kita semua jadikan pelajaran agar tidak pernah sekali kali tergiur untuk membeli barang dengan harga miring.

    (saya udah sering kejadian kek gini soalnya)

  • 23 Oktober 2021 - (16:47 WIB)
    Permalink

    Lalu bagaimana handphone blackberinya. Aoakah berfungsi juga atau tidak dan blackberry type apa. Sy turut prihatin dan mengutuk keras tindakan penipuan yg dilakukan seller

    • 23 Oktober 2021 - (17:28 WIB)
      Permalink

      Hapenya kondisi tidak nyala…kata tim mediasi itu tipe blackberry gemini. Saya tadi dapet telpon dari tim mediasi shopee untuk mentake down/menarik kembali artikel ini karna ada screenshoot percakapan dari shopee katanya saya telah melanggar data privasi perusahaan. Saya makin bingung kalau saya gak ada bukti screenshoot bagaimana mungkin yang membaca akan percaya. Saya juga sebelum membuat laporan di media konsumen saya sudah warning ke shopee akan melaporkan ke media konsumen sebelumnya juga saya kasih bintang 1 di playstore tapi tidak digubrish oleh pihak shopee, pihak tim mediasi menanyakan kenapa saya baru buat pelaporan di media konsumen tanggal 21 oktober padahal kasus ini tutup tanggal 6 oktober 2021… Ya kan saya udah kasih warning ke shopee awalnya sebelum kasih bintang 1 di playstore udah kasih warning tapi tidak digubrish sampe akhirnya saya bener bener kasih ulasan bintang 1 di playstore..dan saya kasih warning lagi jika tidak mengembalikan dana saya maka akan saya buat artikel di media konsumen semenjak itu baru ada telpon dari pihak shopee. Saya gak maulah masa cuman diganti voucher belanja senilai 30% dari total belanja…saya rugi 70% dong…saya maunya utuh 100% karna kan pihak shopee harus bertanggung jawab karna saya ada pegang bukti pihak Sicepat mengatakan kesalahan seller masa saya diminta bukti surat keterangan kesalahan seller oleh shopee…aneh banget. Dan pihak shopee juga pernah memberi info lewat telpon jika terbukti bersalah maka akun penjual akan dibekukan dan menarik kembali saldo penjual untuk dikembalikan ke pembeli.. Tapi dari omongan tim mediasi seperti tidak percaya bahwa ada pihak cs shopee yang berkata begitu. Lalu saya beritahu kalau saya mendapatkan info itu atas nama cs siapa dan ditelpon ke berapa kalinya . kita lihat saja kelanjutannya bagaimana..katanya saya jika tidak menerima kompensasi voucher 30% maka ada tim khusus yang akan menghubungi saya untuk pelanggaran yang diduga dilakukan oleh saya berupa screenshoot percakapan hasil mediasi shopee.

      1
      1
  • 24 Oktober 2021 - (00:32 WIB)
    Permalink

    Selama itu benar jangan takut mba, klo perlu up lagi di Tik tok.. Kenapa pihak sh**ee gak becus ya padahal udah pengalaman di bidang nya.. Klo gak ada tanggapan positif gw bakal OTW apus apk nya..

    • 24 Oktober 2021 - (07:36 WIB)
      Permalink

      Saya malah dibilang disuruh take down karna telah melanggar peraturan perusahaan yang telah menyebarkan screenshoot dari hasil mediasi shopee , kalau gak ada bukti screenshoot gimana pembaca mau percaya ya kan, lalu anehnya kalau misalnya melanggar seharusnya buat sistem supaya layarnya tidak bisa screenshoot dibagian yang melanggar, seperti e-com ijo. Saya ditelpon tim mediasi shopee hasil keputusannya bukan karna tolak klaim Sicepat atau video unboxing tapi karna hasil kesimpulan tim Sicepat dalam menimbang packingan kardus ,bubblewarp apapun dan contoh s20 ultra yg asli beratnya katanya 300 gram bener sedangkan menimbang pafkingan kardus,bubblewarp apapun dan contoh blackberry gemini yang asli (bukan hp blackberry yang saya terima) beratnya katanya gak sampe 300 gram bahkan 200 gram pun tidak . itu yang menjadi patokan mereka , itu sangat tidak relevan sedangkan aslinya kan barang saya sudah dibawa tim investigasi Sicepat ada buktinya saya berfoto sama kurir yang membawa ke tim investigasi itu hasil investigasi adalah kesalahan penjual dan hasil timbangannya itu selisih 0.05kilo atau 50 gram dikarenakan telah dilakukan unboxing/paket dibuka dan hasil investigasi juga mengatakan tidak ada lakban ulang/sobek pada paket yang telah saya terima. Sangat berbeda sekali pernyataan tim mediasi dengan investigasi Sicepat , padahal saya sudah kasih bukti screenshoot Sicepat akun resmi yang ada centang hijau kalau hasilnya itu kesalahan penjual , namun tim mediasi mengatakan hasil keputusannya tidak dapat diubah. Dan mungkin kasus ini akan ditangani tim khusus dan tidak ada pengembalian dana 30% jika saya masih tetep kekeh ingin dana saya kembali 6 juta. Sangat aneh bukan?

  • 24 Oktober 2021 - (00:45 WIB)
    Permalink

    Harga S20 di official store lebih dari 8,7 jutaan, sedangkan penulis surat diatas beli S20 seharga 6 juta. Logis gak???

    Anda penulis memang korban dari penipu yang berkedok penjual di Shopee. Tapi penipu bisa “memakan” Anda karena kesalahan Anda sendiri, tergiur harga murah. Anda sangat pingin punya S20 sehingga hilang akal sehat, langsung sikat saja ketika ketemu S20 dengan harga murah, padahal cuma typo-typo!

    Sekedar saran, jika pingin punya barang original, jangan pernah beli di seller abal-abal, belilah di official store atau offline biar gak ketipu. Seller HP non official tidak bisa jual barang dibawah harga resmi dari official store, kecuali penipu berkedok seller. Anda harus ambil pelajaran dari kasus yang anda buat sendiri.

    2
    3
  • 24 Oktober 2021 - (16:43 WIB)
    Permalink

    LApor polisi… Gitu aj bu. Ntar smua akan tbukti….. Klo tnyata bnar dr polisi ada tindak penipuan stlh diselidiki, baru tuntut balik shopee

    1
    1
  • 25 Oktober 2021 - (07:45 WIB)
    Permalink

    Saya pribadi suka belanja online tp ga prnh harga di atas 200 rb.
    Saran saya viralkan saja via fb or medsos mbak. Mungkin itu cara ampuh buat menegur dan menghukum pihak2 yg curang. Jgn takut sama uu ite, sekarang netizen yg punya power kok.
    Trus lain kli hati2 sblm blanja mahal di ol shop. Liat testi, reputasi dan kewajaran harga. Taktik penipu jual harga miring itu taktik kuno tp ga nyangka aja masih ada yg kena

    • 25 Oktober 2021 - (19:16 WIB)
      Permalink

      Masa kata tim mediasi shopee begini : Mengenai pernyataan di whatsapp dengan pihak jasa kirim silakan kamu validasi juga kebenarannya
      Kami tidak dapat membenarkan pernyataan tersebut hanya berdasarkan bukti whatsapp
      Wkwkkk…masa bukti whatsapp akun resmi centang hijau Sicepat gak bisa dijadikan bukti dan hasil investigasi Sicepat juga tidak bisa dijadikan acuan juga kata tim mediasi shopee…mereka bikin kesimpulan sendiri. Kalau gitu mah gak usah sok sok ada tim investigasi segala . pihak shopee gak mau ganti dana saya tapi ngancem suruh take down dan suruh kirim screenshootnya ke email. Gak bakalan saya mau

    • 25 Oktober 2021 - (18:25 WIB)
      Permalink

      Lucu masa tim mediasi shopee bilang begini : Mengenai pernyataan di whatsapp dengan pihak jasa kirim silakan kamu validasi juga kebenarannya
      Kami tidak dapat membenarkan pernyataan tersebut hanya berdasarkan bukti whatsapp , padahal itu akun whatsapp resmi Sicepat loh centang hijau… Parah parah parah

  • 25 Oktober 2021 - (19:01 WIB)
    Permalink

    tim mediasi yang terhormat, maaf ya bukannya saya gak bisa buktiin validasi kebenaran cuman maafff banget ya saya sudah bertanya ke Sicepat pusat lewat telpon tadi kalau gak bisa proses lagi karna sudah tolak klaim apalagi minta surat keterangan…mohon lebih bijak juga ya minta buktinya saya dipersulit begini. Maksudnya minta bukti itu yang bisa saya minta kalau yang gak bisa saya minta gimana? Itu artinya tim mediasi lepas tanggung jawab , nyuruh saya yang kumpulin bukti sendiri bukan tim mediasi yang mintain. Ini gak adil si…kalau seandainya bukti whatsapp resmi Sicepat aja gak bisa jadi acuan itu artinya tim mediasi berat sebelah ke saya sebagai pembeli..maaf ya saya harus katakan demikian . saya aja waktu diblokir penjual tim mediasi nyuruh saya menghubungi berkala dan diluar shopee boleh…tapi bukti resmi akun Sicepat centang hijau gak bisa jadi acuan. Ya saya cuman bisa sebatas itu dan paling juga cuman telpon, mana mungkin si saya bisa minta sampe surat keterangan. Lalu saya juga mempertanyakan perbedaan kesimpulan Sicepat dan tim mediasi shopee…di youtube udah ditonton 5.800 orang dalam 5 hari saja… Ya gapapa lucu aja si…saya tunggu aja hasil akhirnya gimana. Maaf saya gak paham maksud tim mediasi kok nyuruh saya nyari bukti yang gak bisa saya kerjain. Itu imei gimana coba jelas jelas saya dapet barang yang beda kok nyuruh saya yang lacak. Kan lucu…gak usah ada tim investigasi Sicepat kalau gitu bikin aja kesimpulan tim mediasi shopee sendiri kan hasil investigasi Sicepat kan gak dihitung kan . lucu… Maaf saya hanya ingin uang saya kembali 6 juta jangan mempersulit saya, saya gak bakalan mau takedown artikel di media konsumen kalau dana saya gak dikembalikan 6 juta.terimakasih

  • 25 Oktober 2021 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Ini seriusan masalahnya blom beres jg? Kacau Shopee, di MK ini banyak yg komplain akun sellernya pada diblokir dengan tuduhan pelanggaran, tapi di kasus ini sellernya enak2 aja tuh dibelain Shopee, tanpa harus repot. ?

    Kalo seller merasa benar udah ngirim barang yg sesuai tapi pembeli terima barang yg beda, berarti yg harus dikejar ya kurirnya. Pembeli komplain ke Shopee buat refund, seller komplain ke kurir buat klaim kerugian. Itu baru fair kalo keduanya memang punya bukti kuat.

    Tapi di kasus ini sellernya enak betul yah, hit n run. Yang dispute justru Shopee sama pembeli. Padahal harusnya peran Shopee sebagai mediator yg netral.

    • 25 Oktober 2021 - (20:11 WIB)
      Permalink

      Iya malah katanya bukti investigasi dari Sicepat dari whatsapp resminy tidak valid dan hasil investigasi Sicepat juga bukan acuan hasil keputusan. Dana saya tidak mau dikembalikan pihak shopee dan malahan saya diancam suruh take down tanpa pengembalian dana saya dan suruh kasih bintang 5 diplaystore dan kasih bukti screenshoot ke email dispute shopee . kan lucu…enak aja dong tim disputenya.

      • 25 Oktober 2021 - (21:23 WIB)
        Permalink

        Akun penjualnya masih tetep ada dishopee. Tidak diapa2kan oleh shopee. Aneh. Hrs nya kl ada laporan penipuan dll, akun sellernya hrsnya kena punishment juga.
        Smoga masalah km cepet

        • 25 Oktober 2021 - (21:28 WIB)
          Permalink

          Akun nya sudah aku laporkan namun kata tim mediasi hanya mengarahkan penjual supaya tidak melakukan hal yang sama dan tim mediasi tidak menindak penjual tersebut sama sekali…bahkan pihak tim mediasi meminta bukti yang tidak tidak masa minta surat keterangan ke Sicepat katanya bukti screenshoot whatsapp resmi Sicepat itu tidak dapat di jadikan bukti. sedangkan penjual tidak di pinta bukti apa apa terkait timbangan paket sebelum dikirim ke Sicepat. Dan hasil email terakhir saya disuruh take down artikel ini serta menyuruh kasih bintang 5 diplaystore serta discreenshoot dikirim ke email tapi tim mediasi tidak mau mengembalikan dana saya sepeserpun…saya menolak dan belum mendapat balasan email lagi

          • 4 November 2021 - (19:33 WIB)
            Permalink

            Saya ngikutin kasusnya nih. Shopee setau saya marketplace tanggung jawab kok. Tapi biasanya harus ada penjelasan dulu. Saya pernah juga dihubungi shopee tapi hasilnya bagus kok ga mengecewakan. Kalo masalah rating mungkin karena kasusnya pasti udah selesai. Wajar karena saya juga dijelasin kok baik2 sama orang shopee. Just sharing aja ya kak

  • 25 Oktober 2021 - (21:32 WIB)
    Permalink

    @shopeecare @shopeeID tolong bantu usut masalah ini, tim mediasi tidak mau mengembalikan dana saya dan meminta saya untuk menyelidiki sendiri bukti yang diminta juga aneh yang tidak bisa saya dapatkan. Mohon tindak tim mediasi tersebut..apabila saya nanti dapat balasan email tetap sama tidak mau mengembalikan dana 6 juta saya utuh dan atau saya mendapatkan ancaman maka dengan maaf saya akan sebutkan nama tim mediasi terkait yang telah membuat keputusan aneh ini. Saya tunggu etikat baiknya…terimakasih

  • 25 Oktober 2021 - (21:38 WIB)
    Permalink

    @shopeecare_id masa saya dapat balasan email tim mediasi dimita take down artikel ini dan menghapus bintang 1 diplaystore disertakan bukti screenshoot dikirim ke email tetapi tidak mau mengembalikan dana saya sepeserpun.mohon kembalikan dana saya karna saya terbukti menerima barang yang tidak sesuai namun menurut tim mediasi bukti dari whatsapp akun resmi Sicepat centang biru dan keterangan investigasi Sicepat tidak dapat di jadika acuan dan tidak valid buktinya. Saya mana bisa minta surat keterangan saya kan bukan tim tapi saya customer yang meminta keadilan . kok aneh minta buktinya si tim mediasi ini, saya udah kasih bukti tapi dibilang gak valid. Parahhhhhh ini sudah melanggar hak perlindungan konsumen

    • 25 Oktober 2021 - (21:40 WIB)
      Permalink

      Maksud saya centang hijau , no whatsapp akun resmi Sicepat ini kan +62 812-9966-6088 kok dibilang gak valid chatnya sama tim mediasi. Parah . ini sudah menyalahi aturan! Kembalikan uang saya!

  • 25 Oktober 2021 - (22:40 WIB)
    Permalink

    Percuma deh kakak keras disini, shopee tak pernah memberikan tanggapan di media konsumen ini, dan mungkin kasus kakak akan dihilang ditelan waktu bila tidak dilaporkan ke pihak yg berwajib, saya sudah liat video sellernya waktu membungkus pesanan kakak dan ada waktu dimana ketika produk mau dimasukin kekotak, barang tidak terekam kamera, kecuali dia bikin video ngbungkus yg baru, itu sebab instagramnya di private/ditakedown.. (kalau lapor polisi minta video yg diinstagram sebagai bukti seller).
    Atau y kakak ikhlasin dah.. biar jangan jadi penyakit di kakak menyimpan dendam..
    Semoga kakak sehat selalu dan dimurahin rezeki..

    • 25 Oktober 2021 - (22:49 WIB)
      Permalink

      Berarti pihak shopee telah melanggar hak perlindungan konsumen . masa bukti whatsapp resmi Sicepat dianggap tidak valid…lalu penjual gak ditindak dan hanya diminta bukti video packing sama pengecekan brg dan pihak tim mediasi berbohong katanya sudah menelepon untuk menindak keras penjual nyatanya hanya menelepon penjual cuman 1x yaitu tanggal 22 oktober 2021 tapi bilangnya sudah menghubungi berkali kali dan pihak Sicepat juga saya tanya katanya pelaporan shopee belum masuk yang menanyakan surat keterangan yang dimaksud tim mediasi shopee.

    • 26 Oktober 2021 - (00:23 WIB)
      Permalink

      Ini sudah jelas tim mediasinya melanggar peraturan perlindungan konsumen, kita lihat saja nanti . tim mediasi shopee minta takedown artikel ini tanpa mau mengembalikan dana saya 6 juta padahal sudah jelas bukti yang ada tapi dianggap tidak valid , saya diminta cari bukti yang lebih . padahal itu sudah bukti yang lebih sedangkan penjual gak dicecer dan Sicepat juga gak dicecer. Cuman saya aja yang dicecer . gak adil tim mediasi shopee

    • 27 Oktober 2021 - (20:24 WIB)
      Permalink

      Saya sudah laporkan ke badan perlindungan konsumen , bantu beri bintang 1 dan komen supaya artikel ini up terus. Terimakasih supportnya

  • 26 Oktober 2021 - (00:26 WIB)
    Permalink

    Shopee telah melanggar undang undang perlindungan konsumen pasal 4 yang berbunyi : Hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, dijamin oleh Pasal 4 d Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

  • 27 Oktober 2021 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Mohon masukannya teman teman jika ada yang pernah mengalami hal seperti saya , tolong komen supaya artikel ini up terus

  • 27 Oktober 2021 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Saya mau tanya nih teman teman…apa iya bukti whatsapp resmi dari akun Sicepat centang hijau itu tidak sah/tidak valid dijadikan sebagai bukti… Karna tim mediasi tidak mau Menganti dana saya dikatakan karna tim mediasi menganggap kalau bukti screenshoot whatsapp akun resmi centang hijau Sicepat yang menyatakan hasil investigasi adalah kesalahan pengirim/penjual dan pengantian dana dilakukan oleh pihak marketplace yaitu shopee itu dianggap tidak sah/tidak valid. Kemarin alasan tim mediasi katanya karna tolak klaim Sicepat lalu karna video unboxing tidak keditek lalu meminta maaf ke saya tim mediasinya katanya kesalahan penyampaian dari tim terkait shopee lalu sekarang bukti saya dianggap gak valid yang bukti whatsapp resmi akun centang hijau Sicepat lalu tim mediasi mau lepas tangan nih si tim mediasi atas nama firman ini…sengaja minta bukti yang gak bisa saya minta ke pihak Sicepat supaya dana saya tidak dikembalikan.

    • 27 Oktober 2021 - (20:40 WIB)
      Permalink

      Padahal jelas jelas pihak shopee mengatakan apabila terbukti bersalah maka dana saya akan dikembalikan dengan membekukan akun penjual dan menarik saldo penjual lalu dikembalikan ke saldo shopee saya, tapi si tim mediasi atas nama firman ini tidak percaya kalau saya diberi info seperti itu dan katanya mau menelepon jam 4 sore dihari yang sama tapi saya tunggu tunggu gak di hubungin lalu saya dapat email dibilang mohon maaf belum bisa menghubungi karna masih dilakukan pengecekan lebih lanjut nanti bakalan dihubungi lagi tau tau besoknya diinfoin kalau dana saya gak mau digantikan oleh pihak shopee dan meminta takedown artikel ini . padahal kan bilangnya nanti di hubungin lalu nanti didiskusikan ke saya , saya gak mau ribet padahal jelas jelas bukti dari pihak Sicepat sudah ada tapi dianggap gak valid/gak sah. Aneh banget. Dan artikel ini belum dibalas sama sekali oleh pihak shopee ini sudah melanggar hak perlindungan konsumen yang berhak untuk direspon keluh kesahnya dan melanggar. Hak perlindungan konsumen tentang pengembalian dana saya karna terbukti saya menerima barang yang tidak sesuai.

  • 27 Oktober 2021 - (20:59 WIB)
    Permalink

    Seharusnya pihak tim mediasi itu netral gak boleh memihak salah satu pihak, ini terlihat jelas sekali tim mediasi atas nama firman ini memihak sekali penjual masa penjual cuman ditelpon 1x doang ditanyain bukti packing barang sebelum kirim tapi gak diminta bukti timbangan , itupun videonya barangnya gak merekam di kamera cuman video packingannya aja, barangnya gak merekam dimasukin ke kotak duanya itu tapi dibilang valid hanya karna dia nunjukin imeinya dan jam dan hari penjual packing . konyol banget…kedua itu di pinta video pengecekan unit… Dan email terakhir yang saya terima itu begini dari tim mediasi shopee : Mengenai penjual beberapa hal yang telah kami lakukan investigasi, diantaranya :
    Penjual melakukan pengemasan sesuai dengan adanya pesanan yang masuk
    Mengenai IMEI pernah ditunjukkan penjual pada video pengemasan
    Mengenai pembatasan chat kami telah mengingatkan penjual (padahal si penjual ganti nama toko dan menghapus videonya di instagram gak ditindak, padahal sudah pelaporan akun) lalu penjual gapapa menyebarkan data pribadi saya katanya itu urusan saya sama penjualnya padahal jelas jelas di kebijakan shopee tidak boleh ada penyebaran data pribadi yang dilakukan oleh akun dishopee kemudian penjual blokir saya dichat shopee sampai sekarang tanggal 27 oktober 2021 masih diblokir juga tidak ditindak oleh pihak shopee dan lucunya saya diminta tim shopee menghubungi penjual lewat kontak whatsapp yang diberikan penjual untuk diskusi berarti diluar shopee diperbolehkan sama tim mediasi si firman ini. Lalu saya diminta buat lacak hape sendiri , saya aja yang dicecer disini sama shopee udah saya kasih bukti dibilang gak sah/tidak valid diminta bukti terus menerus sedangkan penjual cuman diminta 2 bukti doang. Itu sudah melanggar perundang undangan perlindungan konsumen juga ini si tim mediasi shopee atas nama firman ini

  • 28 Oktober 2021 - (06:06 WIB)
    Permalink

    Menurut saya ini si, salah dari tim mediasi awal, karena main langsung memenangkan pihak penjual dan dana langsung cair ke ke akun penjual.

    Langsung lapor polisi aja, siapa tau dpt jalan keluar.

    Walau lapor polisi nambah ribet lagi hehehe….

    • 31 Oktober 2021 - (01:54 WIB)
      Permalink

      Nah itu yang saya pertanyaan ke tim mediasi…seharusnya saat banding awal saya dikembalikan dananya bukan bikin ini berlarut larut, bukti sudah ada dibilang gak valid padahal itu dari akun resmi Sicepat loh bukan dari pihak kurir… Katanya tim mediasi hasil diskusi sama pihak berwenang katanya bukti whatsapp tidak dapat dijadikan bukti valid , jangan jangan omongan dia sendiri bukan hasil diskusi sama pihak berwenang, soalnya kesimpulannya aja dia yang buat sendiri bukan berdasarkan dari investigasi Sicepat

  • 30 Oktober 2021 - (08:05 WIB)
    Permalink

    menurut saya, tidak cukup hanya di post disini saja, tapi coba di post di media sosial juga – sudah waktunya, terlepas dari kesalahan memilih merchant yang diduga penipu, pihak resolusi Shopee juga sangat tidak menyelesaikan masalah padahal dari video unboxing saja sudah jelas barang yang diterima tidak sesuai deskripsi – dan itu seharusnya wajib untuk marketplace investigasi mendalam.

    • 31 Oktober 2021 - (01:50 WIB)
      Permalink

      Mohon bantu up juga ka dengan beri bintang 1 untuk shopee , karena tim mediasinya lepas tangan. Masa minta bukti yang bukan wewenang saya dan juga bukti yang saya punya dibilang tidak sah/tidak valid diminta bukti kevalidannya sedangkan penjual cuman 2 bukti saya dibilang valid padahal barangnya juga gak terekam di video tangan penjual seperti keatas dan saat itu ditukar , hanya ada penjual tunjukin jam dan hari saat packing dan pengecekan unit , tidak ada bukti timbangan paket sebelum kirim ke secepat dibilang valid ama tim mediasi shopee… Lucunya lagi hasil investigasi Sicepat gak dijadikan acuan tapi tim mediasi bikin kesimpulan sendiri dengan bimbang perbandingan berat yang faktanya bukan barang yg saya terima sudah dijadikan kesimpulan . lalu buat apa ada tim investigasi dari Sicepat…udah gitu masa kompensasinya 30% jelas jelas ada bukti dibilang gak valid . saya kan punya hak dana saya kembali 100% bukan 30%

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 199 komentar sampai saat ini..

Beli Samsung S20 tapi Dikirim Blackberry, Shopee Malah Memenangkan Pen…

oleh natade petcare dibaca dalam: 2 menit
199