Akulaku Masih Menagih atas Barang yang Sudah Saya Retur 2 Tahun Lalu

Selamat pagišŸ™,Ā Assalamualaikum wr.wb

Kenalkan nama saya Oong. 2 tahun yang lalu saya pesan hp Xiaomi Redmi 2 smartphone note layar 5.5inc 2GB 16ROM dari Akulaku. Dengan sistem pembayaran kredit yang disediakan oleh Akulaku. Akan tetapi saat barang yang saya pesan dari Akulaku datang, ternyata barangnya tidak sesuai dengan apa yang saya pesan. Terus barangnya pun matot.

Waktu itu saya merasa kecewa sekali dan saya bertanya-tanya kenapa hp matot ko dijual, walaupun sistem pembayaran yang saya ajukan kepada Akulaku sistem kredit atau /bulannya saya harus membayar angsuran, tapi saya sebagai konsumen walaupun sistemnya kredit tapi bukan berarti saya harus kredit hp/barang matot.

Maka dengan itu lalu saya mencoba menghubungi pihak Akulaku melalui chat dan memberitahukan kalau barang yang saya pesan ternyata mati total. Lalu pihak Akulaku membalas chat sayaā€¦ ā€Coba saja bawa dulu ke tukang servis dan untuk biaya servisnya saya yang menanggungnyaā€

Saya coba ke tukang servis dan mempertanyakan biaya servisnya kurang lebih 300rb untuk biaya servisnya. Lalu saya beritahukan lagi kepada pihak Akulaku melalui chat kalau biaya servisnya kurang lebih 300rb.

Lalu pihak Akulaku menjawab chat saya..katanya kemahalan. Lalu saya chat lagi gimana kalau barang yang saya pesan akan saya retur/dikembalikan saja? Saya dianjurkan untuk menghubungi custamer service. Coba saya telepon CS-nya, katanya saya harus mengirimkan no resi pengiriman lalu mengirimkan bukti kalau hp yang pesan itu mati total melalui email Akulaku.

Sayapun langsung melakukan apa yang dianjurkan oleh pihak Akulaku yaitu mengirimkan no resi serta bukti-bukti kalau hp yang saya pesan itu mati total. Awalnya tidak ada tanggapan apapun dari pihak Akulaku, Namun beberapa hari kemudian saya disuruh untuk mengirimkan video dengan durasi 2 menit dan isi dari videonya bukti-bukti kalau hp yang saya pesan itu rusak. Saya pun melakukannya membuat video dan mengirimkannya melalui email sesuai anjuran dari pihak Akulaku.

Namun masih saja belum ada tindak lanjutinya dari pihak Akulaku tentang retur barang yang saya ajukan. Terus menerus saya menghubungi CS-nya jawaban tetap saja sama seperti waktu saya menghubunginya pertama kali. Setelah beberapa hari kemudian saya mendapatkan email dari pihak Akulaku memberitahukan kalau hp/barang yang saya ingin saya retur akan segera diproses

Lalu pihak Akulaku mengirimkan alamat serta no telepon toko hp yang saya pesan. Kata pihak Akulaku bila hp/barangnya sudah dikembalikan kepada alamat toko yang dikirim oleh pihak Akulaku saya disuruh untuk mengirimkan tanda bukti no resi pengiriman kepada pihak Akulaku.

Setelah saya mengirimkan hp/barangnya ke alamat dan pemilik toko Ridwan di Kota Depok, nama, alamat toko dan no teleppn sesuai yang diberitahukan oleh pihak Akulaku maka saya langsung mengirimkan tanda bukti no resi pengiriman kepada pihak Akulaku. Setelah itu saya kira sudah selesai untuk pengajuan soal retur barang yang saya pesan dari Akulaku.

Tapi selang 3 minggu ada yang menghubungi saya mengatasnamakan dari pihak Akulaku dan memberitahukan kalau angsuran saya sudah terlewat beberapa hari ini dan cepat-cepat harus membayar angsurannya biar egak menunggak. Sontak saya kaget bukankah saya sudah meretur/mengembalikan barangnya sesuai anjuran yang diberikan oleh pihak Akulaku, tapi kenapa saya masih harus membayar angsurannya. Dalam sehari hampir 6 kali yang menelpon saya dengan orang yang berbeda dan mengatasnamakan dari pihak Akulaku dengan tujuan yang sama yaitu menyuruh saya untuk membayar angsurannya.

Kepada pihak Akulaku saya sudah meretur/mengembalikan barangnya sesuai anjuran dan alamat toko yang di berikan kepada saya oleh pihak Akulaku. Tapi kenapa sampai saat ini saya masih saja ditagih? Sudah gitu diteror oleh pihak Akulaku. Apakah tidak diproses retur barang yang saya telah lakukan? Kalau belum tolong kepada pihak Akulaku untuk segera memprosesnya karena hampir 2 tahun ini saya disuruh untuk membayar angsuran oleh pihak Akulaku, padahal saya sudah meretur/mengembalikan barangnya.

Lalu saya harus membayar angsuran itu untuk apa kalau barangnyapun sudah saya kembalikan? Tolong profesionalitasnya Akulaku, jujur saya merasa terganggu hampir tiap hari melalui chat di wa ada yang menyuruh saya harus membayar angsurannya. Selain menagih juga meneror. Saya jujur dibuat stres sama pihak Akulaku.

Saya pun telah melaporkannya kepada BPKN (Badan Perlindungan Konsumen Nasional) dan laporannya pun diterima, dengan bukti-bukti yang ada laporan saya diterima oleh BPKN tapi kenapa sampai saat ini saya msih saja diteror oleh pihak Akulaku?

Maka dengan ini kepada pihak terkait mohon bantuannya saya sebagai konsumen. Pertama saya merasa dirugikan, kedua saya setiap hari diteror oleh pihak Akulaku. Mohon dengan sangat cepat tanggap dan ditindaklanjuti karena saya merasa terganggu sekali dengan adanya chat wa dari pihak Akulaku yang menyuruh saya untuk membayar angsuran padahal barangnyapun sudah saya retur.

Kepada Akulaku sekali lagi mohon untuk diproses untuk barang yang saya retur agar saya tidak ada lagi yang menagih, meneror bahkan mengancam. Kalau tidak segera diproses mungkin saya akan bawa kasus ini ke jalur hukum.

Saya ucapkan banyak terimakasih kepada media konsumen yang telah memberi saya akses untuk menceritakan pengalaman saya sebagai konsumen Akulaku. Dan buat Akulaku tolong segera proses dan beri tanggapan.

Sekian dan terimakasihā€¦

Oong
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:151    Rata-Rata: 3.1/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Oong

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Oong pada tanggal 30 April...
Baca Selengkapnya

26 komentar untuk “Akulaku Masih Menagih atas Barang yang Sudah Saya Retur 2 Tahun Lalu

  • 30 April 2022 - (18:15 WIB)
    Permalink

    Walau transaksi di toko Ijo 350an kali, gak akan pernah transaksi di akulaku sekalipun,..
    Kayaknya horror pengalaman penulis diatas..

    25
    3
    • 30 April 2022 - (22:47 WIB)
      Permalink

      Waduh… Ok. Kalo ga ada penjelasan sama permasalahan ini, sy mau tutup akun aku laku nya. Padahal selama ini ga ada masalah.

      6
      4
  • 30 April 2022 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Market place di akulaku itu banyak yg gak benar jualan. Lihat saja iklan dan promosinya banyak amet. Menawarkan harga murah gak masuk akal. Pas beli rernyata bnyak produk palsu murahan.
    Dah bnyak sih konsumen komplain dan dirugikan beli di situ. Lebih baik dan terpercaya Shopee ama tokopedia.

    Persoalan tagihan emang pihak aku laku tidak mau tahu dg masalah yg terjadi. Bagi mereka jika uang sdh ke pakai dan jatuh tempo sdh tiba ttp harus bayar. Gak mau tahu dg persoalan retur yg sdng diurus

    Saran saya bayarlah dulu tagihan. Agar tdk menumpuk denda. Lalu selesaikan jg urusan retur sampai ada pengembalian dana

    13
    11
    • 30 April 2022 - (19:41 WIB)
      Permalink

      ngapain dibayar, uang retur aja masih nyangkut…itu juga belum tentu balik…sya udh lunas tahun 2018 yg lalu aja tiba2 ada tagihan dari akulaku…keenakan akulaku, lah kan sya beli laktop cuma pake skema cicilan 2x angsur….koq dibilang masih ada sisa cicilan yang belum bayar…sisanya masih 2x lagi…lah wong skema saya cuma 2x angsur itu juga lsg dibayar, belum jatuh tempo udh dibayar

      10
      3
  • 30 April 2022 - (19:07 WIB)
    Permalink

    Memang gak beres kalau belanja di akulaku…apalagi banyak oknumnya yg mengatasnamakan akulaku yg hobby nya menipu…

    10
    • 30 April 2022 - (20:28 WIB)
      Permalink

      Wedew, ternyata bukan aku aja yang ngalamin.saya langsung tutup akun setelah itu terjadi.saya pikir itu terjadi antara adanya oknum di akulaku, ataupun sistem keamanan di akulaku terlalu mudah untuk di bocorkan.
      Bahaya juga sih kalo data kita ampe di bobol gitu.
      Apalagi data orang orang yg pinjem duit.

      7
      1
      • 1 Mei 2022 - (02:55 WIB)
        Permalink

        Pengalaman yg sama terjadi sama saya, pd saat itu saya pesan hp di laz** pembayaran menggunakan kartu kredit BC* tp berhubung dr toko tidak meresponsĀ² pesananny hingga 2-3 hari dan akhirnya saya cancel pesanannya. Tp apa yg saya alami trnyata hp yg saya pesan di laz** yg saya cancel itu sdh ada tagihan yg masuk ke pihak CC BC* alhasil bln berikutnya saya cek tagihan CC BC* saya ada tagihan hp yg saya cancel di laz**. Kemudian saya confirm ke CS BC* katanya sdh masuk tagihan dr Laz** dan saya harus membayarkan tagihan barang yg saya cancel itu. Dan klo pun nanti ada pengembalian dana itu bysanya jatuhnya cm menambah limit CC kita dan itu cm jd akalĀ²an CC aj menurut saya .

        2
        3
        • 2 Mei 2022 - (06:32 WIB)
          Permalink

          Itu mah bukan akal2an pak. Semua sistem refund dana cc seperti itu.
          Kurang lebih butuh 14 hari kerja dana balik lagi ke limit kartu kredit, bukan cm cc BCA aja tp cc bank lain jg sama.

          Kronologinya kan begini:
          -BCA sdh bayarkan duluan pembelian hp bapak di Lazada , dan sukses terbayar
          -Stelah sukses dibayar BCA, bapak ternyata Cancel transaksi di Lazada
          -Lazada butuh waktu 7-14 hari kerja utk ngembalikan dana ke limit kartu kredit bca nya bapak

          Jadi di sini BCA ya ga bs apa2 wong uangnya masih di Lazada. Komplainnya salah klo ke bca kan yg tanggung jawab buat balikin dana ke limit kartu kreditnya pihak Lazada.

          Nah krn BCA jg nunggu dana dari Lazada, maka tagihan yg sdh tercetak ttp harus bapak bayarkan dlu. Sambil nunggu dana refund balik dr Lazada. BCA ya ngga mau tau kan tugas dia sudah selesai dgn bayar hp bapak di awal.
          Nanti klo Lazada sdh selesai proses refundnya, dana yg masuk ke limit cc bca bapak akan memotong tagihan transaksi lain di bulan berikutnya sesuai nilai refund hp dr Lazada.

          Nah sampai di sini semoga paham tentang tata cara pemakaian cc ya pak.

  • 30 April 2022 - (20:24 WIB)
    Permalink

    Saya pernah pakai akulaku untuk beli pulsa, dengan pembayaran d bulan depannya beberapa kali.saya hanya transaksi itu saja di sana.tapi tiba tiba ada penipu mengatasnamakan akulaku, kemudian menyebutkan data saya yang ada di akulaku.menyebutkan kalau saya dapat hadiah.dia tau nomer dan alamat saya darimana coba?pdhal di akulaku saya hanya beli pulsa langsung d aplikasinya saja.kalau bukan karena kebocoran data, apalagi??
    Setelah itu saya nelpon pihak cs akulaku dan bersikeras data saya tidak bocor.akhirnya saya meminta kepada akulaku untuk menutup akun saya, demi keamanan data.
    Sampai sekarang saya tidak pakai lagi akulaku karena takut data saya dipakai untuk hal yang tidak baik.
    Oh ya, lain kali jangan mau bang buat servis hp matot gitu.mending langsung kembaliin aja.
    Kemudian, kalo sudah di retur konfirmasikan lagi status pembayarannya, apa mau batal ato misal minta d kirim yang baru.
    Servis hp selain angus uangnya, bisa merusak segel garansi yang mengakibatkan bisa aja mereka menolak di retur karena itu.
    Mari kita jangan percaya toko online, karena kalo ada masalah, akan habis berhari hari, itupun klo d urusin, kalo ngak??
    Semoga urusannya cepat kelar bang, ,
    Semoga pihak akulaku juga baca komentar ini

    13
    1
    • 5 Mei 2022 - (00:43 WIB)
      Permalink

      Tutup akunnya dimintain foto selfie ktp gitu ga ya ? Dan kirim email ke belakangnya .com, soalnya saya juga ga ada minta beli pulsa tiba2 udah ada t

  • 30 April 2022 - (21:17 WIB)
    Permalink

    Kebetulan saya ada kredit hp di akulaku… Sering di teror juga tiap hari… Bahkan sudah bayar pun tetap di tagih terusĀ²an… Saya sampai bingung, sistem akulaku ini lemot atau gimana sih? Masa udh byar tepat waktu bahkan sbelum jatuh tempo tetap di tagih terusĀ²an, mana nelpon ga sekali dua kali doang tapi berkaliĀ² pagi sampe malam.. di wa pun juga sering. Sumpah ya terganggu banget! Tolong ya pihak akulaku sistemnya di percepat lagi.. klo org udh bayar gausah ditagihĀ² di telponĀ² Mulu! SANGAT SANGAT MENGGANGGU!

    4
    1
  • 30 April 2022 - (23:19 WIB)
    Permalink

    Masalah nya sama seperti yg saya alami saat ini, saya dapet teror terus menerus. Hanya bedanya penjual tidak mau ngasih alamat pengembalian jd barang blum saya kembalikan. Ponsel yg saya terima tidak bisa dipergunakan. Saya sudah hubungi CS AKULAKU, jawabannya sudah terlambat 14hari setelah barang dterima. Pdhl saya mengajukan retur 3jam setelah barang saya terima. Siapa tau pihak AKULAKU membaca,, saya mohon solusinya.

    5
    1
  • 1 Mei 2022 - (08:13 WIB)
    Permalink

    Sudah dari tahun lalu saya bilang jika orang Indonesia ini aneh aneh… Suka dengan yang bobrok.. makin bejibun masalah yang dihadapi konsumen akulaku makin banyak yang menggandrungi…

  • 1 Mei 2022 - (12:50 WIB)
    Permalink

    Sering bgt baca permasalahan akulaku entah itu di FB dan group”.
    Serem lah kalo akulaku.

  • 1 Mei 2022 - (16:17 WIB)
    Permalink

    Dulu pernah beli laptop di akulaku laptop ga sampe, cicilan disuruh bayar, OGAH!! Akhirnya capek sendiri yg nagih. Heran dah pelapak di akulaku, kok bermasalah mulu, dan akulakunya sendiri kok terkesan ga tegas sama pelapak2 nakal. Saya sih kapok beli elektronik di akulaku, mending si ijo

  • 2 Mei 2022 - (08:28 WIB)
    Permalink

    Alulaku banyak seller nakal. Pengawasan dr Akulaku thdp seller nakal sangat rendah. Bak sarang penyamun….

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Akulaku Masih Menagih atas Barang yang Sudah Saya Retur 2 Tahun Lalu

oleh She dibaca dalam: 3 menit
26