Akun Shopee Dibatasi karena SPayLater Saya Tersambung dengan Akun Orang Tidak Dikenal

Salam, saya pengguna Shopee yang sudah cukup lama, baik sebagai pembeli maupun penjual. Saya pernah beberapa kali menggunakan Shopee SPayLater dan tidak pernah satu kali pun telat membayar tagihan secara penuh. Pada akhirnya saya berhenti menggunakan, karena saya sudah membaca banyak kejadian oleh pengguna Shopee lain di Media Konsumen ini. Ditambah, biaya-biaya tambahan lain yang hanya menambah pengeluaran saya kalau menggunakan layanan tersebut.

Saya tidak pernah ada masalah dengan Shopee sebagai pengguna, walaupun pernah 1x punya pengalaman buruk sebagai penjual, tapi itu sudah lewat dan saya ikhlaskan. Sekarang muncul masalah baru setelah beberapa tahun dari masalah terakhir, dimana akun saya dibatasi dengan alasan adanya tagihan SPayLater yang belum saya bayar.

Jelas saya komplain, karena tidak masuk akal. Bagaimana bisa ada tagihan kalau saya tidak pakai Shopee SPayLater sama sekali? Jawaban mereka kali ini, karena ada pengguna dengan nama Wil***** Alex***** Nainggolan mempunyai tagihan dan akun SPayLater dia terhubung dengan nama saya.

Heran, saya tidak pernah kenal nama orang tersebut, punya kenalan dengan nama belakang Nainggolan saja tidak. Dari nama tersebut sudah jelas beda dari nama asli saya. Namun pihak Shopee memaksa saya untuk lakukan pelunasan dengan kirim bukti pelunasannya agar akun saya dilepas dari perbatasan ini.

  1. Ini jelas blackmail, perilaku buruk dari pihak Shopee. Karena saya tidak punya tanggung jawab atas hutang yang dilakukan oleh orang lain, apalagi orang yang tidak dikenal. Mau sampai kapan pun juga, akun saya akan terus dibatasi karena saya tidak kenal orang tersebut. Jadi pelunasan tidak mungkin terjadi dari pihak saya.
  2. Apa memang bisa orang tidak dikenal dengan sembarangan menyambungkan akun SPayLater-nya dengan orang tidak dikenal lain? Karena itu jelas sudah masuk kategori “Identity Theft“.
  3. Saya sudah kirim bukti Kartu Keluarga dan tidak ada satu pun orang dengan nama tersebut.

Tolong kepada pihak Shopee diselidiki ulang. Aalau ada yang berhutang kepada Anda, Anda yang tagih sendiri. Tidak perlu manipulasi orang lain untuk melakukan kerjaan kotor kalian.

Ryo Osari
Jakarta Timur


Update (7 Juni 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tindak lanjut dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPayLater?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Akun Shopee Dibatasi karena SPayLater Saya Tersambung dengan Akun Oran…

oleh Ryo dibaca dalam: 1 menit
36