Tokopedia Memberikan Keputusan Retur Refund Tanpa Bukti Foto “Packingan” Awal Saat Diterima Pembeli

Tokopedia memberikan keputusan retur refund tidak berdasarkan syarat dan ketentuan dalam komplain Tokopedia yang tertera di link: https://www.tokopedia.com/help/article/cara-ajukan-komplain-produk-tidak-sesuai. Pembeli tidak perlu bukti foto paking awal saat diterima, sesuai yang telah tertera di syarat dan ketentuan komplain Tokopedia poin pertama.

Melalui surat pembaca ini, saya ingin sampaikan kekecewaan saya terhadap admin Pusat Resolusi Tokopedia yang mengambil keputusan untuk retur refund atas bukti ketidakjelasan rekaman CCTV saya. Sedangkan bukti foto yang dilampirkan pembeli sudah dalam kondisi packingan terbuka. Padahal bukti foto packingan awal saat diterima sudah tertulis jelas di syarat dan ketentuan komplain Tokopedia di link berikut ini: https://www.tokopedia.com/help/article/cara-ajukan-komplain-produk-tidak-sesuai

Tolong kasih alasan retur refund yang masuk akal dong. Video CTV itu baru terlihat jelas tulisan invoice dan resi, jika jaraknya di bawah 30cm. Jika jarak CCTV jauh, yang terlihat jelas hanyalah bentuk packingan.

Admin Pusat Resolusi Tokopedia tidak peduli dengan pertanyaan saya dan penjelasan saya dan tetap membalas untuk retur refund. Hingga batas 1 menit waktu tenggang berakhir, dengan sangat terpaksa saya memberikan alamat retur saya, daripada saya mengalami kerugian yang begitu dalam. Akibat tidak mengisi alamat retur hingga batas waktu tenggang berakhir.

Berikut kronologi kejadian kasus ini:

Tanggal 12 Mei 2022, dengan nomor invoice: Tokopedia INV/20220512/MPL/2310484784, ada pesanan flash disk Sandisk 64 GB sebanyak 7 pcs. Esoknya tanggal 13 Mei 2022, pesanan sampai ke tangan pembeli. Lalu pembeli komplain ke saya mengatakan bahwa salah kirim, kenapa yang dikirim produk 32 GB, padahal pesannya 64 GB.

Kemudian saya mengecek CCTV. Saya sangat terkejut, karena saya telah mengirimkan pesanan pembeli berisi 32 GB sebanyak 21 pcs. Saya mengatakan ke pembeli bahwa saya memang salah kirim, Kirimnya 32 GB bukan 64 GB, tapi kirimnya kebanyakan isi 21 pcs. Pembeli pun kembali menjawab bahwa paket bukan pembeli yang terima, tapi anggota keluarganya. Jadi pembeli tidak tahu berapa banyak jumlah barang yang dikirim, pembeli hanya tahunya salah kirim 32gb, dari info anggota keluarga yang menerima paket.

Berikut saya lampirkan bukti chat nya , dengan judul lampiran “Bukti 1”.

Penyelesaian masalah ini dilanjutkan kembali ke WhatsApp, dan tetap tidak didapatkan kesepakatan. Pembeli tetap bersikeras bilang terima 32 GB sebanyak 7 pcs. Sedangkan sudah saya kasih bukti screenshot CCTV bahwa saya kirimnya 21 pcs 32 GB. Karena tidak terjadi kesepakatan, akhirnya saya minta tolong ke pembeli untuk mengajukan komplain ke Tokopedia.

Saya tunggu komplain pembeli di Tokopedia. Hingga tanggal 15 Mei 2022 sejak pembeli menerima paket tanggal 13 Mei 2022, pembeli belum juga mengajukan komplain. Sebelum pesanan otomatis selesai, saya hubungi kembali pembeli untuk melakukan komplain. Dijawab pembeli, dengan alasan, berharap masalah ini diselesaikan tanpa bantuan pihak ketiga yaitu pihak Tokopedia.

Dari sini saya sudah curiga, seharusnya pembeli mengalami kerugian sekitar Rp200 ribu karena yang diterimanya 32 GB sebanyak 7 pcs. Sedangkan di pihak saya mengalami kerugian sekitar hampir Rp500 ribu akibat kelebihan kirim ini. Saya ngotot agar jangan sampai rugi karena kelalaian saya mengirim pesanan.

Berikut bukti percakapan chat WhatsApp tentang pemberitahuan untuk segera melakukan komplain di Tokopedia sebelum masa pesanan selesai otomatis. Dilampirkan dengan bukti berjudul “Bukti 2”.


Tanggal 15 Mei 2022, pembeli telah mengajukan komplain. Alangkah senangnya saya, dan berharap pembeli mengakui kelebihan kirim saya ini. Saya menolak penukaran barang, dengan lampiran bukti foto hasil packingan dari CCTV dan mengatakan kepada pihak Tokopedia, bahwa saya mengakui salah kirim. Yaitu mengirimkan pesanan pembeli dengan isi 32 GB sebanyak 21 pcs.

Tanggal 18 Mei 2022 sekitar pukul 14, Saya melampirkan link Youtube video CCTV ke admin Tokopedia melalui chat Tokopedia Care. Berikut lampiran bukti yang saya lampirkan melalui chat Tokopedia Care dan saya berikan judul “Bukti 7”.

30 menit kemudian, Tokopedia meminta bukti tambahan ke pembeli berupa video simulasi unboxing, dan pembeli melampirkan video simulasi tersebut di tanggal 19 Mei 2022 pukul 01.54. Lama juga ya video simulasi dibuat, mungkin karena gak ada bukti dari awal, jadi pembeli berpikir video simulasi apa yang harus dibuat. Di video simulasi unboxing tersebut dibuktikan pembeli dengan isi packingan-nya berisi 3 box, dengan masing box berisi flash disk dengan total sebanyak 7 pcs.

Alasan saya memberikan bukti ke admin melalui chat Tokopedia Care, agar pembeli tidak mengetahui isi packingan saya sebelum pembeli melampirkan bukti video simulasi packing, Dan trik saya ini ternyata berhasil, pembeli tidak tahu isi dalam packingan ada berapa box. lalu dibuatkan lah video simulasi packing dengan isi packingan 3 box, dan dilampirkan esoknya tanggal 19 Mei 2022. Setelah saya melampirkan bukti packing saya ditanggal 18 Mei 2022 melalui chat Tokopedia Care.

Berikut lampiran foto tangkapan layar dari video simulasi unboxing yang dilampirkan pembeli melalui diskusi Tokopedia. Saya tidak tahu cara mengambil video tersebut jadi saya lampirkan foto tangkapan layar dari video simulasi tersebut. Berikut lampiran buktinya berjudul “Bukti 3”.

Tanggal 20 Mei 2022, sehari setelah lampiran bukti simulasi video unboxing dari pembeli yaitu 19 Mei 2022, Admin Tokopedia langsung memutuskan untuk retur refund. Berikut lampiran bukti keputusan Tokopedia untuk retur refund, dan saya berikan judul “Bukti 4”.

Saat itu, saya langsung menolak keputusan admin untuk mengecek kebenaran bukti video simulasi unboxing pembeli ke pihak kurir Ninja. Karena saya yakin di dalam packingan itu berisi 7 box , yang masing-masing box berisi 3 pcs, jadi total 21 pcs. Setelah 2 hari berlalu, didapatkanlah bukti foto dari pihak kurir Ninja. Berikut bukti foto lampiran pihak kurir ninja. Foto pihak kurir Ninja bagian pickup, saya beri judul “Bukti 5”.

Sedangkan bukti foto pihak kurir Ninja bagian delivery, saya beri judul “Bukti 6”.

Dari bukti lampiran foto kurir Ninja, dapat disimpulkan terjadi perbedaan dalam bentuk packingan video simulasi pembeli. Dimana bukti foto pihak kurir Ninja, dapat dijelaskan tidak memungkinkan bisa terisi 3 box. Kejanggalan lampiran bukti video simulasi unboxing dari pembeli ini , ditanyakan juga oleh admin Tokopedia. Pembeli menjawab, bahwa dia tidak tahu isi dalamnya berapa box, karena bukan dia yang menerima paketnya. Lalu pembeli mengalihkan pembicaraan dengan meminta bukti packing dari saya.

Berikut bukti lampiran video packing saya yang telah saya berikan melalui chat Tokopedia Care, ada di link:

Dilanjutkan dengan bukti video penempelan alamat, karena pihak kurir Ninja datang pickup paket, baru saya tempelkan alamat. Berikut buktinya ada di

Lampiran video packing saya, dikomentari oleh pembeli, bahwa bukti CCTV packingan saya, ada editan patching. Saya menjawab, terserah penilaian Anda, mau nilai ini video CCTV rekayasa atau tidaknya. Tapi hasil akhir packingan menunjukkan kesamaan bukti dengan bukti foto yang telah dilampirkan oleh kurir ninja.

Admin Tokopedia kembali memberikan keputusan untuk retur refund, karena bukti lampiran video packing saya kurang jelas, dan tidak bisa dipakai buat analisa oleh admin. Saya terus menolak keputusan admin untuk retur refund, dengan alasan bukti yang dilampirkan pembeli telah dibuktikan tidak adanya kesesuaian dengan lampiran bukti foto kurir Ninja.

Saya terus berusaha menolak keputusan admin, dan memberikan penjelasan. Admin tetap menganggap kedua pihak tidak ada bukti, adanya bukti foto kurir Ninja. Pembeli tidak bisa menjelaskan tentang bukti yang dilampirkan pembeli, kenapa terjadi perbedaan bentuk dan ukuran packing. Malah pembeli menyalahkan saya dengan bukti CCTV yang palsu alias editan.

Akhirnya admin selalu membalas dengan perkataan yang berulang agar saya mengisi alamat retur untuk retur refund, dengan batas waktu hanya 24 jam. Dalam hal ini saya tidak tahu, kepada siapa saya melakukan pembelaan untuk menolak keputusan admin Tokopedia, yang sewenang-wenang memberikan keputusan tidak berdasarkan kebenaran bukti yang dilampirkan pembeli dan selalu menyalahkan kejelasan video packing saya. Emangnya video CCTV ada yang bisa terlihat jelas hasil rekamannya? Video rekaman CCTV saya yang terlihat bentuk packingan-nya, dan itu sudah dibuktikan adanya kesamaan bentuk packing dari foto pickup kurir Ninja.

Admin seolah olah tidak mau memperhatikan bukti kebohongan yang telah dilampirkan pembeli, dan terus menekan saya dengan kejelasan bukti video packing. Saya terus menanyakan soal mana bukti pembeli yang menunjukkan paket diterima pembeli dalam keadaan baik dan rapi? Mana bukti foto pembeli tentang foto penerimaan barang pertama kali saat diterima sesuai dengan syarat dan ketentuan komplain Tokopedia?

Burhan Martambun
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Tokopedia:
[Total:29    Rata-Rata: 1.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

33 komentar untuk “Tokopedia Memberikan Keputusan Retur Refund Tanpa Bukti Foto “Packingan” Awal Saat Diterima Pembeli

  • 8 Juni 2022 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Ini istilah nya, Sudah jatuh tertipa tangga. Sudah rugi salah kirim jumlah, masi di siksa admin tokped juga ya, kena retur-refund. Pembeli uang nya full tapi penjual rugi 21 pcs flashdisk 32gb.

    Secara bukti pdhl menang penjual koq, bukyi pembeli lebih ga valid, krn beda sama packingan di cctv penjual maupun cctv kurir.

    6
    2
    • 9 Juni 2022 - (11:46 WIB)
      Permalink

      itu lah peraturan tokopedia, punya aturan sendiri . hukum sendiri. Tidak berlandaskan asas undang-undang dasar 1945.

      • 9 Juni 2022 - (11:56 WIB)
        Permalink

        ?

        tidak ada yang mengharuskan berdasar UUD bang, asal tidak melanggar saja, dan sudah pasti apabila mereka melanggar, tidak perlu menunggu kasus anda, sudah diminta rubah aturannya dari dlu

        • 9 Juni 2022 - (14:57 WIB)
          Permalink

          Betul bang, admin tokopedia memberikan keputusan retur refund, atas dasar apa ya bang ? bukti pembeli sudah ketahuan berbeda,tapi masih saja dibela admin untuk retur refund

      • 13 Juni 2022 - (06:29 WIB)
        Permalink

        Jadikan pelajaran aja bro,next harus lebih berhati hati dlm kirim dan paking, dan untuk siapa yg berbohong kelak akan dpat ganjaran seperti halnya mencuri..ikhlaskan saja ,semoga diganti dengan lebih baik dan dagangan semakin laris.

  • 8 Juni 2022 - (09:31 WIB)
    Permalink

    ikhlasin aja, sampaikan ke pembeli bahwa sampai kapanpun anda tidak ikhlas akan 21 pcs tersebut biar nanti jadi perhitungan di akhirat …

    5
    1
    • 9 Juni 2022 - (10:20 WIB)
      Permalink

      pembeli nya berkata berani bersumpah, demi agama nya, tapi saat saya tanya, kenapa dus nya tinggal 3 box, ? dia jawab sudah dibuang, lalu saya tanya kembali “coba liat bukti foto kurir ninja nya, liat ukuran packingnya, mungkinkah ukuran packingan itu bisa terisi 3 box ?”, lalu dia jawab “pokoknya saya terima nya 7pcs”, lalu dia mengalihkan pertanyaanku dengan berbalik bertanya “mana buktinya kalo lu kirim 21 pcs”, lalu kujawab “liat bukti saya, di youtube itu”,, lalu pembeli jawab “ah.. videonya editan, emangnya itu bungkus buat pesanan ku? kan gak keliatan tulisannya, mana tau itu bungkus buat pesanan yang lain, cctv mu gak jelas, gak yakin aku itu buat pesananku,, pokoknya aku hanya terima 7”,,

  • 8 Juni 2022 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Satu hal yang harus di ingat, mengambil yang bukan haknya urusannya bukan hanya di dunia melainkan sampai akhirat nanti. Mahkamah Allah pasti adil dan siksaNya pasti sangatlah pedih.

    5
    1
    • 9 Juni 2022 - (10:22 WIB)
      Permalink

      dia berani bersumpah demi agamanya, bahwa dia memang terima nya 7pcs, tapi saat ditanya2, selalu membalik menyerang video cctv ku yang tidak jelas keliatan tulisan2nya

      1
      1
  • 8 Juni 2022 - (14:17 WIB)
    Permalink

    @TokopediaCare ayo dibuka kembali itu video, kasian sellernya kalau penyelesaiannya seperti ini.

    1
    1
    • 9 Juni 2022 - (10:32 WIB)
      Permalink

      admin tokopedia selalu berkata, video cctv saya tidak jelas, , tidak keliatan tulisan2nya, dan saya jawab, jarak cctv nya jauh min, gak akan keliatan tulisanya jika di zoom , jadi yang keliatan itu hanya bentuk ukuran packing,min,
      admin tokopedia tidak perduli dengan penjelasanku, dan tetap membela pembeli, walaupun saya tanya ke admin, coba jelaskan, bagaimana ukuran packing yang ada dibukti foto kurir ninja hanya bisa terisi 3 box saja?
      admin terus menjawab dengan perkataan, silahkan masukkan alamat retur hingga batas waktu yang ditentukan (24jam), maka dana dikembalikan ke pembeli.

  • 8 Juni 2022 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Wah repot kalu gitu, kalo kejadian persis dengan yang TS ceritakan.
    Istilahnya penjual telodor ketemu pembeli/keluar pembeli yang tidak jujur.

    Hemat saya sama2 di jakarta langsung aja silaturahmi ke rumahnya.

    1
    1
    • 9 Juni 2022 - (11:16 WIB)
      Permalink

      iya gan, saya lagi banyak pikiran dan juga lagi berkabung, karena 20 hari lalu ayah dari istri saya meninggal, dia terus selalu teringat kenangan ayahnya, terus menangis, dan saya juga bersedih disaat teringat mertua saya saat ngobrol dengan mertua saya,

      sebelum masalah ini muncul, pembeli sudah langganan beli flashdisk terus di toko saya dari bulan nopember 2021. dengan quantity berbeda-beda, kadang beli 6,10,1, 21

      Pembeli kadang suka minta pesanannya digabung ke akun lain, dia pakai dua akun, akun 1 gojek, akun 2 pakai ninja, tapi pesananya yg ninja , isinya gabungin ke akun 1 yg pakai gojek. Akun ke 2, kirim nya kotak kosong aja. Dan saya turutin.

      Kasus Salah kirim ini tgl 12 mei, di tanggal 10 mei, dia pesan 21pcs, makanya pembeli bilang itu video nya editan, Mungkin dari sini kali, admin dan pembeli mengira itu video cctv pesanan tanggal 10 , di edit jadi tgl 12 mei, tapi mereka gak bilang begitu, hanya perasaan ku saja,

      ok lah anggap mereka berpikiran begitu, sehingga menggangap bukti cctv ku gak sah, kalau begitu mari kita liat bukti yang jelas saja,, yaitu bukti foto kurir ninja., Didalam packing itu,, tidak ada yang tau kalau isi nya berapa pcs, hanya saya saja yang tau isinya berapa pcs.

      Anggap saja mereka berpikir mana tau isinya memang 7pcs, dengan ukuran packing sebesar itu hanya berisi 7pcs, tapi kenapa pembeli membuat video simulasi hanya memakai 3 box saja ? sedangkan saya sudah bilang ke pembeli sebelum dia buat video simulasi, bahwa isinya 7 box, tetap saja dia bikin video 3 box

      setelah diupload video unboxing nya ke diskusi, saya berkali kali bilang,, isinya 7box,, bukan 3 box, pembeli tetap pada pendiriannya, isi 3 box, gak mau ngakui isinya 7 box, akhirnya tokopedia putuskan retur refund, saya naik banding, minta investigasi ke ninja, cek kebenaran video pembeli,

      Setelah didapatkan bukti foto ninja, admin bertanya ke pembeli, minta penjelasan tentang foto kurir ninja, bagaimana ukuran packing begitu bisa terisi 3 box, pembeli mengelak,, dengan berbagai alasan, dan kemudian mengalihkan pembicaraan dengan menyerang bukti video cctv ku

      1
      1
    • 9 Juni 2022 - (11:21 WIB)
      Permalink

      Jika memang pembeli tidak mau mengakui kalau saya memang kirim 21 pcs,, tapi Tolong please jangan nekan atau hukum saya lagi dengan retur refund, sehingga kerugian ku bertambah, Saya berusaha agar pembeli ngaku bahwa saya salah kirim 21 pcs Dan membawa masalah ini ke komplainan, tapi tetap saja gak mau ngaku, malah hukum saya lagi dengan retur refund.

      1
      1
  • 8 Juni 2022 - (22:14 WIB)
    Permalink

    Kadang kala sedikit kesalahan harus dibayar mahal, betul pesan bang napi waspadalah waspadalah😀😀

    • 9 Juni 2022 - (11:23 WIB)
      Permalink

      iya gan,, saya ngaku salah,, teledor.. dan berharap agar pembeli ngaku saya kirim 21pcs, dengan membawa masalah ini ke komplainan, Bukannya ngaku,, malah saya di tekan balik dengan retur refund.. semakin besar kerugian saya.

      1
      1
  • 9 Juni 2022 - (06:33 WIB)
    Permalink

    Jngn jualan online,bnyk yg rugi ,dan merepotkan,kecuali cod langsung dengan pembeli dan penjual

    • 9 Juni 2022 - (11:27 WIB)
      Permalink

      aku melayani cod dgn datang ke rumah ku , hanya untuk barang2 yang tidak bisa repot dikirim seperti kasur, lemari, sepeda, mesin cuci,
      Saya susah mengatur waktu utk cod an, karena saya sambil nyari barang, sambil jual juga,

  • 9 Juni 2022 - (07:23 WIB)
    Permalink

    Ya itulah resiko yang harus ditanggung kalau jual beli online, jangankan online offline pun juga ada resikonya kok, kalau aku pribadi, kalau sdh tahu resikonya ya mau nggak mau harus tanggung resikonya, pernah beli semacam tang rivet yang menggunakan mesin bor tapi dikirim obeng murahan dan onderdil motor,aku komplain penjual dia bilang kan barangnya sama, dari situ aku tau kalau pedagang itu hanya dropshipper, akhirnya aku beri bintang 1,eeeee setelah dipikir pikir nggak tega juga akhirnya saya ubah bintang 3 ….

        • 9 Juni 2022 - (11:38 WIB)
          Permalink

          saya dapat barangnya dari lazada, shopee, jdid, akulaku, blibli, dari semua ecomerce.
          jadi packing bawaan sering kupakai buat packing juga.

      • 9 Juni 2022 - (11:43 WIB)
        Permalink

        iya gan,, saya dapat barangnya dari berbagai ecomerce, Untuk retur , pembeli menggunakan kurir JNT,

    • 9 Juni 2022 - (11:30 WIB)
      Permalink

      tokoku sering dapat pembeli dropshiper, karena tokoku paling murah setokopedia, tapi dengan stok terbatas, jika abis, belum tentu restok kembali.

      jika kasus bang iktiar itu nilai pesanannya diatas 500ribu, apakah tetap tidak keras minta retur ?

  • 9 Juni 2022 - (08:34 WIB)
    Permalink

    aseeek mantap jiwa tokopedia. jadi bisa minta refund tanpa video unboxing ya? cukup foto aja? hahaha… ngapain gua selama ini kalo buka paket pasti dividioin…

    • 9 Juni 2022 - (11:35 WIB)
      Permalink

      video unboxing adalah persyaratan opsional, seharusnya itu penting, tapi dikategorikan ke dalam pilihan opsional / jika diperlukan. Kan banyak penjual kena kerugian karena peraturan tokopedia yang tidak perlu video unboxing, Kasus gak perlu video unboxing pun sudah ada di media konsumen ini.

      Di kasus saya ini,, pembeli lampirkan bukti foto.yang sudah dalam terbuka, packingnya.

  • 9 Juni 2022 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Ga wajib kok pembeli komplain harus disertai video unboxing kalau di Tokopedia. Saya sendiri beberapa kali seperti itu, cukup foto saja. Dan selalu menang.Tapi dilihat juga dari yiap kasus dan status pembeli juga sepertinya. Saya sendiri tiap bulannya belanja bisa lebih dari 100X di Tokped, kalau semua harus di unboxing ya tidak mungkin. Kalau dari penjual mungkin merasa tidak adil, tapi sebagai pembeli saya merasa aman. Dan belanja di Tokped sudah belasan ribu kali, komplain saya total bisa dihitung dgn jari. Dan kasus seperti ini sering terjadi ke saya, dikirim kelebihan oleh seller. Jika dihitung terjadi sudah puluhan kali, saya juga blnja buat usaha dan rata² sudah toko langganan lama. Jadi saya selalu kabari kalau salah kirim. Dan jujur saja ya, tidak ada satupun penjual yang minta video unboxing begitu saya bilang kelebihan kirim. Langsung saja kirim norek untuk transfer uang kelebihan barang.
    Semoga untuk kedepannya lebih hati², dan diganti dengan rejeki berlimpah.

    • 9 Juni 2022 - (19:08 WIB)
      Permalink

      iya gan lisianto, peraturan tokopedia memang tidak mewajibkan video unboxing, Foto yang agan maksud cukup melampirkan foto itu ,, foto yang sudah terbuka kah paketannya ? Saya senang atas tindakan agan lisianto, jujur dalam bertransaksi, mau mengakui kelebihan kirim. Bolehlah mampir ke toko saya untuk liat liat. Barangkali tertarik,

      Di dalam kasus saya ini, pembeli tidak mau ngaku kalo terima kelebihan kirim saya, dari awal sudah saya bilang, saya kirim 7 box didalam packingan,, tapi pembeli tetap bersikeras bilang terima 3 box aja dalam packing, Setelah didapat bukti foto kurir ninja, Pembeli tidak bisa memberi penjelasan bagaimana ukuran packing itu bisa terisi 3 box ? Pembeli terus mengalihkan pembicaraan dengan menyerang bukti cctv saya. Admin pun ikut nyerang bukti cctv saya, setelah saya memberikan penjelasan hingga sejelas2nya bukti cctv saya. tetap aja bilang, video cctv saya tidak jelas. Saya juga terus minta ke admin termasuk pembeli juga, untuk menjelaskan bukti foto maupun video serta pengakuan dari pembeli ,, bagaimana bukti foto dari kurir ninja bisa terisi 3 box. Admin dan pembeli tidak mau memberikan penjelasan, Akhirnya admin membalas diskusi dengan pernyataan yang terus berulang “retur refund”, Stiap saya ngoceh tentang bukti pembeli, jawabannya retur refund terus..

  • 10 Juni 2022 - (06:02 WIB)
    Permalink

    Iya padahal ada bukti jelas dari kurir, meski tanpa bukti penjual pun bukti dari kurir udah cukup jelas ada perbedaan. Harusnya yg ditekan memang pihak pembeli. Tapi masalahnya kalaupun yg dinyatakan menang adalah penjual pembelian akan diberikan seratus pembelian yg berhasil/sesuai. Tetep penjual akan rugi juga karena ga akan ada tambahan pembayaran. Ah entahlah jadi serba salah. Yg jelas sejauh ini pembeli sudah berbohong. Ketahuilah adzan Allah itu sangat pedih dan menyakitkan. Buat penjual cuma bisa saya sarankan sabar.

    • 10 Juni 2022 - (12:02 WIB)
      Permalink

      iya gan adam, Saya membawa kasus ini bertujuan agar pembeli mengakui kesalahan kirim saya, yaitu kelebihan kirim saya, Dan hasilnya malahan pembeli dan pihak tokopedia menekan balik saya dengan pengembalian retur refund berdasarkan bukti kebohongan foto maupun video simulasi unboxing pembeli.

      Saya pun terus menjelaskan ke admin untuk menolak keputusan retur refund di diskusi pusat resolusi tanpa meminta kelebihan kirim saya, akibat keteledoran saya. Akan tetapi admin tidak perduli dengan penjelasan saya dan tetap membalas dengan perkataan retur refund. Seolah-olah berusaha menutupi kebohongan dari bukti pembeli.

      Bukti pembeli sudah keliatan sangat jelas berbeda dengan bukti foto kurir ninja. Jika saya menerima retur refund ini, berarti saya sudah membantu orang berbohong. Sebelum saya mendapatkan penjelasan atas perbedaan bukti tersebut, Saya tetap pada pendirian saya untuk menolak menerima paketan returan pembeli.

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Memberikan Keputusan Retur Refund Tanpa Bukti Foto “Pa…

oleh Burhan dibaca dalam: 5 menit
33