Masalah Komplain Barang Cacat dari Seller Luar Negeri melalui Shopee

Saya belanja di Shopee dari toko luar negeri, dengan 2 kali transaksi (produk yang sama), yaitu Magsafe Case. Nomor pesanan: 220726DH4NKYHW dan 220725CJ6950K6.

Produk yang datang tidak sesuai dengan barang yang di foto, cetakkannya miring/tidak pas, sehingga saya tidak mau menerima dan mengajukan komplain. Namun pihak Shopee menolak karena foto yang dikirimkan tidak jelas.

Akhirnya saya melakukan telepon ke CS Shopee. Dua kali saya telepon, tapi dua kali pula hasilnya Shopee menolak untuk refund, dikarenakan katanya saya tidak mengajukan saat tenggang waktu. Padahal saya sudah mengajukan sesuai tenggang waktu, tapi memang di tolak.

Sebelumnya saya ada histori pernah belanja dari Shopee luar negeri dan memang produk yang datang cacat. Setelah berdebat berpuluh-puluh kali, akhirnya Shopee mau refund transaksi pada 29 Juli dengan 7-14 hari kerja. Hingga lewat 14 hari kerja masih tidak ada refund pada kartu kredit saya. Barulah setelah saya telepon untuk komplain keras, mereka menanggapi sesuai janji. Itu pun baru di-refund tanggal 19 Agustus. Apabila saya tidak komplain mungkin Shopee tidak akan melakukan refund.

Bersifat himbauan dan opini, mohon untuk pertimbangkan beberapa kali apabila mau berbelanja di Shopee luar negeri. Karena tidak ada opsi untuk pengembalian barang dan dana, dan secara absolut Shopee Indonesia sepertinya memegang keputusan. Sistemnya seperti “beli-lepas” antara Shopee dan penjual luar negeri, karena seller luar negeri sama sekali tidak diikutkan dalam diskusi saat saya komplain (yang mana pada normalnya begitu).

Johan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Belanja online di Shopee:
[Total:17    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Masalah Komplain Barang Cacat dari Seller Luar Negeri melalui Shopee

  • 14 September 2022 - (10:21 WIB)
    Permalink

    Modus CS shopee yg ga mau ngurusin klaim. Beda sama toko ijo.
    Setelah masuk MK pasti beres.
    Dan bpk dirusuh bikin klarifikasi dan si shopee ga mau bikin surat tanggapan merasa si shopee nya yg raja.😑

    6
    3
    • 15 September 2022 - (07:20 WIB)
      Permalink

      Toko luar negeri pasti lepas tangan, karena Shopee beli putus sm toko luar negri, jd toko luar tidak dilibatkan.
      Sm seperti sy juga jual barang ke luar negri via Shopee dan barang sy dibeli putus sm luar negri.
      Jd komplainnya memang Anda dan Shopee makanya Shopee bersikeras untuk tidak mengganti.

  • 14 September 2022 - (12:18 WIB)
    Permalink

    “Bersifat himbauan dan opini, mohon untuk pertimbangkan beberapa kali apabila mau berbelanja di Shopee luar negeri.”

    Agak kurang jelas, apakah dari SoPee luar negeri atau dari SoPee Indonesia dengan toko yang barangnya dipesan dari luar negeri (mirip mirip mekanisme Pre Order). Saya asumsikan yang tersebut terakhir.

    Jangankan pesanan barang dari luar negeri, yang barang lokal toko lokal gudang lokal ekspedisi lokal saja semakin bermasalah, dan keluhan soal marketplace ini selalu mampir ke MK nyaris setiap hari.

    Betul kata bung Dhan. Kalau masalah selesai tetapi anda lah yang diminta klarifikasi ke MK (atau media lainnya), jangan mau kecuali anda dapat kompensasi 10x lipat dari kerugian anda. Hahaha.

    (Anda yang komplain, Anda yang klarifikasi. Di mata hukum posisi anda lemah jika penyelesaian masih berbuntut panjang)

    7
    3
    • 14 September 2022 - (12:51 WIB)
      Permalink

      halo kak, terimakasih respon nya ya.

      saya disini domisili Indonesia, maka saya menggunakan jasa aplikasi Shopee Indonesia untuk berbelanja dari toko yang terdaftar di Shopee Luar Negri (apabila user di aplikasi, bisa sort dengan lokasi “Luar Negri”).

      saya disini hanya share saja, karena memang saya sudah berkali-kali telfon shopee tidak ada itikad baik dari mereka. total kerugian saya sekitar hampir 500rb. biar saya aja yang mengalami, user yang lain kalo bisa jangan.

      beli yang jelas-jelas aja, kalo ga jelas dan ga berani ambil resiko jangan.
      barang boleh murah, aftersales nya tanda tanya besar. kalo mau yang CS nya good quality, tau sendiri pilih yang mana hehe..

      5
      5
  • 14 September 2022 - (14:23 WIB)
    Permalink

    emang ga ada pilihan dari indonesia kah produk yg kaya gitu??sayang aja jauh jauh pilih barang receh kaya gitu dari luar negeri eh ga taunya ga puas
    ngurus retur produk seller dalam negeri aja kadang ribetnya minta ampun apalagi ngurus retur produk dari luar

    paling mentok dikasi voucher doang ama shopee buat beli barang pengganti

    1
    1
    • 14 September 2022 - (14:27 WIB)
      Permalink

      terimakasih feedback nya kak, pelajaran juga buat saya (dan hopefully buat yang lain) karena nominal juga lumayan hampir 500K.

      perihal tidak beli dari dalam negri, nah ini pertimbangan saya kak, saya pun juga sebener nya prefer kalo beli dalam negri. kenapa? lebih cepat proses & pengiriman dan penjual juga bisa di tanya (lain hal nya dengan luar negri kalo di chat bahasa nya sering baku & ga nangkep pertanyaan pembeli).

      alasan nya saya beli dari luar negri karena produk memang ngga ada disini. kalo pun ada harga nya udah bukan selisih nya persen, tapi lipat. bisa 3-4X lipat sedangkan disini saya perlu untuk sample jadi butuh banyak. boncos juga kalo selisih nya buanyak.

      yang saya sesalkan sih response aplikasi disini sebagai “rekber” yang berat sebelah.

      3
      3
  • 15 September 2022 - (10:31 WIB)
    Permalink

    cukup mengerikan MK meloloskan tulisan ini. Himbauan dan opini. Himbauan disini lebih ke mengajak bukan ke memberi perhatian untuk berhati-hati.
    Dengan tidak mengurangi rasa hormat pada penulis ataupun membela shopee. Jika di pengembalian luar negri tidak ada pilihan pengembalian barang dan dana dirasa cukup wajar karena berbeda negara, tapi perlu diperhatikan masih ada opsi lain terkait pengembalian yaitu pengembalian sebagian atau penuh tanpa pengembalian barang ini bisa jadi opsi terbaik. memegang keputusan absolute ini hanya opini atau perasaan yang di sampaikan penulis. Tidak mungkin dari tim mediasi shopee memihak ke salah satu penjual atau pembeli semua kembali lg kepada bukti yang diberikan dan tidak mungkin juga diskusi tanpa melibatkan penjual dan pembeli serta tim mediasi pasti di sana ada semua. mungkin dari sistem yang memang ada pembatas agar komen atau kiriman dari pembeli atau penjual tidak bisa dilihat, sistem seperti mungkin dimaksudkan agar tidak ada cekcok sehingga tim mediasi bisa fokus menentukan keputusan dengan adil seadil adilnya. Adanya market place ini bertujuan agar tidak ada jual beli lepas bukan seperti opini penulis karena shopee masih memberi garansi dan menyediakan forum diskusi jika memang sedari awal jual beli lepas penulis tidak mungkin diberi garansi dan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan dan semua berlaku di semua market place. Terkait pengembalian limit yg proses nya lama biasanya estimasi memang 14 hari bahkan menurut temen saya yg kerja di bank limit kartu kredit yang sudah terpakai dibulan berjalan akan dikembalikan dibulan berikutnya sebagai limit plus dan memang limit dibulan berjalan biasanya harus di bayarkan dulu.
    Semua komen saya bersifat opini tanpa menjatuhkan satu atau beberapa pihak, cukup wajar opini penulis yang merasa kecewa tapi tidak membenarkan untuk himbauan atau opini yang bersifat mengajak atau menjelekan salah satu pihak. Lebih bijak menghibau untuk berhati-hati tanpa menjatuhkan. Dan kembali lagi untuk urusan berbelanja mau dari dalam negeri atau luar negeri memang lebih baik dan nyaman datang langsung ke toko untuk memastikan barang yang dibeli, Namun adanya market place seperti shopee, tokopedia atau yang lainnya menjadi pihak ketiga yang memberikan kemudahan untuk berbelanja. Dari pilihan itu tetap berhatihati pilihan kembali lagi ke semua konsumen untuk berbelanja.

    1
    7
  • 15 September 2022 - (23:45 WIB)
    Permalink

    Saya sekitar 10x blanja lewat shopee dr LN 95% ga ada masalah sih. Mungkin krn yg sy beli aksesoris mobil dan kebutuhan iseng lainny. Mmg sy pernah tertipu harga murah beli HDD dr LN. tapi sy videokan semua proses buka sampe cek d komputer. Saat itu sy d bukakan pintu diskusi dng pnjual yg akhirny sy harus kirim balik barang k gudang shopee dan uang kembali 100%. Ohya ongkirny jg gratis krn tinggal cetak label klaim dan kirim k expedisi yg d tentuin. Berdasar pengalaman tu skr sy rajin video unboxing. Jangan tergiur harga murah ja kl mnurut sy. Ada harga ada kualitas

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Shopee?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Masalah Komplain Barang Cacat dari Seller Luar Negeri melalui Shopee

oleh Johan dibaca dalam: 1 menit
10